Rincian Biaya Sekolah Pramugari Kereta Api dan Syaratnya

Berprofesi sebagai pramugari KAI (Train Attendant) menjadi salah satu bagian yang banyak diincar oleh masyarakat. Seperti profesi pramugari di pesawat, profesi pramugari KAI juga dianggap bisa memberikan banyak keuntungan. Namun, sebelum bisa menjadi pramugari kereta api, Anda perlu melakukan beberapa tahap seleksi dan bersaing dengan banyak pendaftar lain.

Anda bisa menempuh sekolah pramugari kereta api terlebih dahulu untuk bisa lolos tes pramugari kereta api dengan lebih mudah. Karena Anda akan mendapatkan ilmu-ilmu khusus yang berkaitan dengan kepramugarian. Lalu, berapa sih biaya sekolah pramugari kereta api? Untuk mengetahui rincian biaya sekolah pramugari kereta api bisa Anda ketahui melalui artikel ini. Selamat menyimak!

Biaya Sekolah Pramugari Kereta Api

Berapa biaya sekolah pramugari kereta api di Jakarta? Berapa biaya sekolah pramugari kereta api di Jogja? Berapa biaya sekolah pramugari di Jawa Tengah atau Jawa Timur maupun kota lainnya? Melansir dari berbagai sumber, sebenarnya belum ada sekolah khusus untuk pramugari kereta api.

Namun, Anda bisa sekolah dan mendapatkan sertifikat pelatihan pramugari pesawat sebelum menjadi pramugari kereta api. Karena sebenarnya materi pelatihan yang ada di sekolah pramugari pesawat sama seperti apa yang dibutuhkan oleh pramugari kereta api, yaitu tata cara melayani penumpang dengan baik.

Jika Anda tertarik untuk sekolah pramugari kereta api, Anda bisa sekolah pramugari kereta api di Trans Avia Airlines and Cruise Centre Solo karena Trans Avia termasuk salah satu sekolah pramugari terbaik di Indonesia. Berikut ini perkiraan rincian biaya sekolah pramugari kereta api di Trans Avia Airlines yang perlu Anda persiapkan, berpatokan dengan biaya sekolah pramugari secara umum.

  • Registrasi : Rp 3.500.000
  • Uang gedung : Rp 12.000.000
  • Angsuran 1-6 : Rp 2,5 juta x 6 = Rp 15.000.000
  • Total : Rp 30.500.000
Baca juga:  Besaran Gaji Pramugari Citilink 2024 Beserta Tunjangannya

Sekolah pramugari ini terdiri dari 7 bulan class training ditambah 2 bulan on job training (OJT). Biaya sekolah pramugari kereta api di lembaga lain bisa berbeda.

Bisa saja sekolah pramugari kereta api di Jakarta lebih mahal daripada sekolah pramugari kereta api Surabaya mengingat biaya hidup yang berbeda. Jadi, setidaknya Anda perlu menyiapkan biaya sekitar 30 sampai 40 juta rupiah.

Baca juga: Pinjam Uang 20 Juta Tanpa Jaminan

Pengalaman Kerja Pramugari Kereta Api

biaya sekolah pramugari kereta api

Setelah mengetahui biaya sekolah pramugari kereta api dan gaji yang akan diterima, apakah Anda tertarik untuk menjadi pramugari kereta api? Sebelum mendaftar jadi pramugari kereta api, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana tugas dan pengalaman kerja sebagai pramugari kereta api.

Dilansir dari kanal youtube KAI Service, ada seorang pramugari yang membagikan pengalamannya selama bekerja di KAI. Dia bercerita mengenai kegiatannya saat menjalankan tugas sebagai pramugari kereta api. Hal pertama yang dilakukan untuk mengawali tugasnya adalah absen di kantor stasiun.

Selanjutnya, 60 menit sebelum keberangkatan, ia melakukan boarding untuk memastikan penumpang tidak salah naik kereta dan sesuai dengan jam keberangkatan yang tertera di boarding pass. Setelah waktu keberangkatan kurang 15 menit lagi, para pramugari akan melakukan apel dengan petugas lain seperti kondektur, polsuska, dan petugas kebersihan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan semua petugas dalam keadaan prima dan siap untuk menjalankan tugas. Tugas yang diemban oleh pramugari kereta api adalah melayani penumpang agar memiliki perjalan yang nyaman dan memuaskan.

Dan sudah pasti, setiap hal akan memiliki masa suka dan duka. Menurutnya, masa-masa suka cita selama bekerja menjadi pramugari adalah dapat berkomunikasi dengan banyak orang, mengenal banyak karakteristik, dan bagaimana cara menghadapinya.

Baca juga:  Gaji Pramugari Lion Air Per Bulan 2024 Beserta Bonusnya

Sedangkan untuk keadaan duka yang akan dialami adalah tidak bisa berkumpul dengan keluarga di hari libur seperti hari raya, natal, tahun baru, dan lain sebagainya. Karena pada saat-saat ini penumpang kereta api akan lebih banyak daripada hari biasanya. Bahkan pihak KAI sering menjadwalkan kereta tambahan atau menambah jumlah gerbong untuk memberikan layanan prima.

Nah, kurang lebih seperti itulah tugas yang akan Anda emban jika menjadi pramugari kereta api. Apakah Anda masih berminat untuk menjadi pramugari kereta api?

Baca juga: Gaji Pramugari Lion Air

Gaji Pramugari Kereta Api

Apakah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi pramugari kereta api sebanding dengan biaya sekolah pramugari kereta api yang dikeluarkan? Lalu, berapa gaji yang bisa didapatkan oleh seorang pramugari kereta api? Berikut ini rincian perkiraan gaji pramugari kereta api.

  • Gaji pokok : Rp 4 juta
  • Tunjangan kinerja : Rp 2 – 3 juta
  • Insentif biaya grooming make-up : Rp 1,5 – 2 juta

Gaji di atas hanya bersifat perkiraan karena gaji pramugari kereta api berbeda di tiap penempatan kerjanya.

Baca juga: Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Cara Daftar Pramugari Kereta Api

Jika Anda berminat menjadi pramugari kereta api, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk melakukan pendaftaran. Sebelumnya, berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mendaftar pramugari kereta api.

Syarat Fisik

  • Pria atau wanita
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun
  • Pendidikan minimal SLTA/sederajat
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita dan 170 cm untuk pria
  • Memiliki pengalaman di bidang pelayanan (diutamakan)
  • Memiliki sertifikat vaksin booster

Syarat Dokumen

  • Hasil cetak sertifikat vaksin booster
  • Fotokopi KTP dan KK
  • Surat keterangan sehat yang diterbitkan oleh klinik/rumah sakit
  • Surat lamaran kerja yang sudah ditandatangani
  • Daftar riwayat hidup (CV)
  • Fotokopi SKCK yang masih berlaku dan sudah dilegalisir
  • Pas Foto berwarna 4×6 sebanyak 2 lembar (background merah)
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi BPJS Kesehatan
Baca juga:  Gaji Pramugari Singapore Airlines per Bulan 2024

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran berikut ini.

  1. Masuk ke website karir.reska.id
  2. Klik menu “REGISTRASI” yang ada di bar menu bagian atas
  3. Isi kolom registrasi dengan lengkap
  4. Klik tombol “KIRIM VERIFIKASI KE EMAIL”
  5. Buka email dan ikuti langkah-langkah verifikasi sampai otomatis dialihkan ke halaman rekrutmen
  6. Jika tidak beralih secara otomatis, buka kembali website rekrutmen lalu login dengan akun yang Anda buat tadi
  7. Isi semua kolom informasi pribadi dan unggah semua dokumen yang diperlukan
  8. Setelah terisi semua, periksa kembali email Anda untuk melakukan konfirmasi aplikasi, lalu tunggu untuk langkah selanjutnya

Dokumen yang Anda kirimkan akan diseleksi. Tahap selanjutnya adalah tes kesehatan dan tes wawancara. Lalu Anda akan melakukan tes psikotes sebelum dinyatakan lulus pramugari kereta api.

Nah, setelah mengetahui biaya sekolah pramugari kereta api, gaji, tugas, dan cara mendaftar, apakah Anda semakin berminat untuk menjadi pramugari kereta api? Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar