Rata-Rata Gaji Sales Force dari Berbagai Perusahaan di Indonesia

Gaji Sales Force – Sistem informasi menjadi hal yang sangat krusial dalam bisnis. Pasalnya, sistem informasi yang ter-manage dengan baik dan tepat dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa pada perusahaan. Salah satu jenis sistem informasi tersebut dikenal sebagai sales force.

Seorang sales force dikenal juga sebagai tenaga penjualan yang menunjang kebutuhan bisnis. Lalu, bagaimana tugas dan fungsinya? Apa saja manfaat dan tujuannya dalam perusahaan bisnis? Serta berapa kira-kira gaji sales force? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak hingga tuntas ulasan mengenai artikel gaji sales force berikut.

Sekilas Tentang Sales Force

Sales force adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi untuk menjalankan proses penjualan produk maupun jasa (service) pada sebuah perusahaan. Seorang pegawai, tim, maupun divisi yang tergabung di dalamnya memiliki aktivitas rutin untuk mengunjungi atau menelpon pelanggan maupun calon konsumen.

Jadi, seorang sales force memiliki tugas untuk mengatur, menyusun, dan mengelola strategi penjualan beserta teknologi yang digunakan agar dapat meningkatkan penjualan produk maupun jasa pada perusahaan bisnis. Dalam hal ini, sales force bertujuan untuk mengembangkan bisnis dengan jauh lebih baik lagi melalui Sales Force Automation (SFA) yang didukung oleh software CRM (Customer Relationship Management).

SFA sendiri bermanfaat untuk mengotomatisasi sistem pelaporan dan analisis data, manajemen data, serta membantu pelacakan KPI (Key Performance Indicator) dan GPS Sales. Selain itu, beberapa manfaat atau keuntungan dari penerapan sales force dalam perusahaan bisnis, yaitu:

  • Memberikan kemudahan dalam proses administrasi divisi sales dan marketing.
  • Memberikan informasi terkait customer journey secara langsung.
  • Memberikan informasi terkait laporan penjualan yang komprehensif dan bersifat analitik.
  • Mengotomatisasi proses komunikasi dengan pelanggan bisnis serta memonitoring keefektifan KPI.

Baca Juga: Besaran Gaji Call Center Halo BCA Mitracomm

Gaji Sales Force

Rata-rata gaji sales force di Indonesia adalah Rp 1.800.000 per bulan atau setara dengan Rp 21.600.000 per tahun dan Rp 11.077 per jam. Untuk pemula, awal karir gaji sales force yang diterima berada di kisaran Rp 1.340.863 per bulan atau Rp 16.090.350 per tahun. Sedangkan untuk yang sudah berpengalaman, gaji yang diterima berada di kisaran Rp 3.060.000 per bulan atau Rp 36.720.000 per tahun.

Meskipun demikian, gaji yang diperoleh akan tetap disesuaikan dengan kebijakan perusahaan masing-masing. Berikut ini daftar gaji sales force berdasarkan beberapa list perusahaan dan wilayah di Indonesia:

  • Sales Support Force (Shelter Nusantara, Gresik): Rp 1.050.000 / bulan.
  • SF (Indihome): Rp 1.500.000 – 7.000.000 / bulan.
  • SF (PT. Sejahtera Mitra Solusi, Balikpapan): Rp 1.914.301 / bulan.
  • SF (CV Bahagia Jaya Raya, Yogyakarta): Rp 2.1500.000 – 4.000.000 / bulan.
  • SF (PT Rutan, Jakarta): Rp 2.800.000 – 4.400.000 / bulan.
  • SF (PT Sarwa Manggalla Raya, Bandung): Rp 3.000.000 – 3.400.000 / bulan.
  • SF (Immanuel Global Santosa, DKI Jakarta): Rp 3.750.000 / bulan.
  • SF (United Motors Centre/UMC, Surabaya): Rp 4.000.000 / bulan.
  • SF (PT Rumah Sunatan Indonesia, Jakarta): Rp 4.000.000 – 4.400.000 / bulan.
  • Koordinator SF (Rajawali Anugrah Resources, Tangerang): Rp 6.000.000 / bulan.
  • Salesforce Developer (PT Aku Pasti Bisa, Jakarta): Rp 15.000.000 – 21.000.000 / bulan.

Tugas Sales Force

Sales Force
Ilustrasi sales force foto: theabj.com.au

Dengan kisaran perolehan gaji sales force di atas, kira-kira apa saja tugas yang harus dilakukan, ? Berikut ini beberapa tugas yang harus diselesaikan oleh seorang sales force, antara lain:

  1. Memenuhi target KPI (Key Performance Indicator)

KPI (Key Performance Indicator) adalah hal penting yang menjadi ukuran pencapaian goals suatu perusahaan bisnis dalam menilai kinerja dari tim penjualan. Hal ini berkaitan dengan pemberian insentif kepada karyawan berdasarkan evaluasi kinerja yang dilakukan menggunakan KPI tersebut. Oleh karena itu, perusahaan bisnis tidak hanya berorientasi pada sektor pendapatan saja, tetapi juga berfokus pada kinerja para karyawannya.

  1. Melakukan penjualan

Penjualan adalah tugas utama dari seorang tenaga penjualan. Oleh karena itu, setiap karyawan yang berasal dari departemen penjualan harus mampu menjual produk maupun jasa dari perusahaannya kepada pelanggan maupun calon konsumennya, serta memastikan agar produk yang dijual sampai dengan baik di tangan konsumen.

  1. Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan

Salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah adanya komunikasi yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. Oleh karena itu, setiap bagian dari perusahaan terutama bagian penjualan harus mampu membangun dan menjalin hubungan serta komunikasi yang baik dengan pelanggan maupun calon konsumen.

Tugas Sales Force

Disamping melaksanakan tugas, seorang sales force juga memiliki fungsi terhadap keberlangsungan bisnis perusahaan. Berikut ini fungsi dari sales force, antara lain:

  1. Meningkatkan brand awareness perusahaan

Dengan bantuan teknologi CRM (Customer Relationship Management), Anda dapat mengelola hubungan dan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan, serta calon konsumen potensial dengan menghadirkan dukungan informasi yang relevan dan kredibel tentang perusahaan. Dengan kata lain, sistem CRM ini mengintegrasikan penjualan, pemasaran, dan customer service dari ujung ke ujung. Upaya ini dilakukan dengan memulai sebuah promotion campaign melalui media sosial dan website agar dapat mengefisiensi waktu dan meningkatkan produktivitas kerja.

  1. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah melalui media promosi, penambahan diskon pada setiap produk maupun layanan yang ditawarkan perusahaan, serta menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.

  1. Sebagai sales support

Dalam hal ini, fungsi sales support yang dimaksud adalah untuk membantu tim sales dalam melakukan close deal penjualan secara lebih cepat. Selain itu, fungsi sistem informasi dari software CRM tersebut mampu menginvestigasi calon pengguna, membuat profil pelanggan, serta research data mengenai informasi pelanggan.

  1. Menyediakan layanan pelanggan

Fungsi lainnya yaitu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga dapat menumbuhkan pendapatan secara maksimal. Untuk itu, hal yang harus diperhatikan adalah dengan memastikan semua permintaan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik dan maksimal.

Itulah beberapa informasi seputar gaji sales force berikut dengan penjelasan tugas dan fungsinya dalam bisnis perusahaan . Apakah Anda tertarik menjadi sales force? Pada umumnya, Anda dapat meningkatkan nilai penjualan produk maupun layanan perusahaan bisnis Anda dengan mencoba menggunakan SFA yang didukung software CRM. Selain itu, dukungan tim expert yang sesuai dengan keahlian masing-masing di bidang sales dan marketing juga penting untuk diperhatikan. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar