Besaran Gaji Copywriter Berdasarkan Jenjang Karir dan Wilayah

Copywriter menjadi salah satu pekerjaan yang banyak ditawarkan oleh pemilik usaha. Pasalnya copywriter dapat memasarkan produk dengan cara yang efektif dan efisien dibandingkan dengan menyebarkan selebaran.

Mungkin banyak yang berpikir pekerjaan ini hanyalah menulis saja, namun ternyata banyak kemampuan yang diperlukan. Sehingga gaji copywriter pun dapat dibilang cukup tinggi. Lalu, apakah Anda tertarik dengan pekerjaan ini? Jangan lewatkan pembahasan di artikel ini, ya.  

Sekilas tentang Copywriter

Gaji copywriter
Ilustrasi copywriter. (Groedu Content Marketing)

Copywriter merupakan pekerjaan yang merancang kata-kata atau materi untuk keperluan promosi produk. Dalam arti lain, pekerjaan ini bertanggung jawab pada citra produk dan perusahaan.

Pekerjaan ini memiliki tugas untuk menulis beberapa konten seperti konten situs web, konten iklan, brosur, landing page, deskripsi produk, pesan email, konten sosial media, dan tulisan blog.

Dalam dunia kerja, copywriter terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah copywriter pada agensi, copywriter dalam perusahaan, dan copywriter freelance.

Gaji Copywriter Berdasarkan Jenjang Karir

Gaji copywriter
Seorang pekerja copywriter freelance. (IDN Times)

Seorang copywriter dapat menerima gaji sesuai dengan jenjang karirnya. Semakin lama pengalamannya di bidang ini maka gajinya juga semakin banyak.

  1. Gaji copywriter freelance sekitar Rp. 250.000/jam.
  2. Gaji copywriter fresh graduate sebanyak UMR masing-masing daerah.
  3. Gaji copywriter senior sekitar Rp. 15.000.000/bulan.

Nominal di atas tidak selalu pasti sebab perusahaan dapat menentukan sesuai dengan kebijakannya masing-masing.

Gaji Copywriter Beberapa Wilayah

Seorang copywriter yang sedang bekerja di kantor (Detik Finance)
Seorang copywriter yang sedang bekerja di kantor. (Detik Finance)

Bukan hanya tergantung pada perusahaan yang menaungi, rata-rata gaji copywriter juga berbeda tergantung wilayah domisili perusahaan. Berikut ini uraian lengkapnya yaitu :

1. Gaji Copywriter Jakarta

Jakarta merupakan daerah metropolitan terbesar di Indonesia, sehingga gaji yang diperoleh juga cukup besar. Rata-rata gaji yang diterima oleh copywriter adalah Rp. 4.097.642.

2. Gaji Copywriter Surabaya

Surabaya dikenal kota metropolitan dan industri sekaligus sehingga kisaran gaji yang diterima adalah Rp. 4.606.025.

3. Copywriter di Tangerang

Selain dua kota besar di atas, Tangerang juga merupakan wilayah yang menjadi tujuan bagi pengusaha untuk membangun usaha. Sebagian besar dari usaha tersebut tentu membutuhkan seorang copywriter. Nah, rata-rata gaji copywriter di Tangerang adalah Rp. 3.024.500.

4. Copywriter di Bandung

Meskipun tak sebesar gaji yang diterima saat bekerja di Tangerang, seorang copywriter yang bekerja di Bandung akan mendapatkan gaji sekitar Rp. 2.859.449.

5. Gaji Copywriter Jogja

Selama ini Yogyakarta dikenal sebagai daerah dengan nominal UMR yang rendah. Namun jangan salah, itu tak serta merta berlaku dalam semua bidang pekerjaan. Gaji copywriter di Yogyakarta sekitar Rp. 2.668.801.

Tugas dan Tanggung Jawab Copywriter

Copywriter bertanggung jawab untuk melakukan beberapa tugas diantaranya adalah :

  1. Melakukan research jenis konten apa yang tepat untuk produk perusahaan dan konsumen.
  2. Menulis konten atau materi di beberapa platform marketing perusahaan, seperti email, sosial media, dan blog.
  3. Konten yang dibuat harus sesuai dengan pedoman dan citra perusahaan.
  4. Berkolaborasi dengan divisi lainnya seperti humas dan customer experience. Tujuan kolaborasi ini adalah agar konten yang dikemas sesuai dengan pelanggan.
  5. Menuangkan keinginan dan arahan perusahaan menjadi konten yang persuasif.
  6. Mempresentasikan ide dan konsep copywriting kepada pimpinan divisi lainnya maupun pimpinan perusahaan/klien.

Kemampuan yang Diperlukan

Ada beberapa kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang copywriter agar dapat membuat konten yang berkualitas, yaitu :

1. Kemampuan menulis

Sudah jelas bahwa tugas copywriter adalah menulis konten, maka dari itu dibutuhkan kemampuan menulis dengan baik. Apabila Anda ingin bekerja di bidang ini, cobalah untuk menguasai PUEBI, bahasa yang jelas, grammar, dan lain sebagainya.

Apabila ingin menghindari salah ketik atau typo, seorang copywriter dapat menggunakan Google Doc.

2. Kemampuan storytelling

Storytelling akan membuat konten semakin menarik dan tidak membosankan. Ini karena konten yang kaku dan terkesan plain akan membuat pembaca enggan untuk membaca. Selain itu, konten dengan teknik storytelling akan meningkatkan empati pembaca.

3. Kemampuan riset produk

Seorang copywriter juga perlu melakukan riset produk, sebab hasil riset tersebut dapat digunakan untuk membuat tulisan yang berkualitas. Riset dapat berupa hal-hal yang berkaitan dengan kelebihan, kekurangan, manfaat, dan lain sebagainya.

4. Kemampuan memahami data analytics

Tak hanya bertugas menulis materi, copywriter juga harus memahami cara membaca matriks dan data. Hal ini diperlukan untuk membaca hasil iklan di beberapa website seperti Google ads, facebook business manager, dan google analytics.

5. Pemahaman tentang funnel

Funnel merupakan saluran pemasaran yang dilalui audiens sebelum closing produk. Beberapa saluran pemasaran yang biasa digunakan adalah Google, Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, atau yang lainnya.

6. Kemampuan menulis persuasif

Tujuan utama dibutuhkan copywriter adalah untuk mempengaruhi calon pembeli agar tertarik membeli produk. Oleh karena itu, dibutuhkan tulisan persuasif baik hard maupun soft.

Demikian penjelasan mengenai gaji copywriter, tugas, dan kemampuan yang diperlukan. Anda bisa menyiapkan diri dengan melatih kemampuan menulis terlebih dahulu.