8 Cara Ampuh Menghilangkan Stress Menurut Islam, Dijamin Lebih Tenang!

By | April 5, 2020

Stress bisa dirasakan oleh siapapun, tak terkecuali Anda yang sedang membaca artikel ini. Stress itu sendiri bisa dipicu oleh berbagai macam hal seperti kehilangan, kesedihan, masalah dengan pekerjaan, hubungan, memiliki hutang atau alasan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus bisa mencegah atau mengatasi stress dengan baik.

Cara Menghilangkan Stress Menurut Islam

Dalam Islam juga diajarkan bagaimana cara menjaga diri dari perasaan tertekan atau stress dalam kehidupan sehingga menjadi lebih tenang dan ikhlas. Islam selalu mengajarkan umatnya untuk menyerahkan semua urusan kepada Allah SWT sang pencipta. Menurut Islam, masalah yang terjadi merupakan sebuah ujian hidup untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Hal ini juga dijelaskan pada salah satu firman Allah SWT pada surat Al-Imron ayat 139 yang menyatakan,

Janganlah Kamu bersikap lemah dan janganlah pula Kamu bersedih hati, padahal kamulah orang yang paling tinggi derajatnya, jika Kamu orang beriman”.

Berdasarkan ayat Al-Quran tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa sebuah masalah hidup harus dihadapi karena ada hikmah dibaliknya. Jika Kita berhasil melaluinya, maka Allah akan menaikkan derajat dan keimanan Kita.

Tips Cara Mengatasi Stress Menurut Islam

Nah, berikut ini kiat-kiat yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan stress menurut Islam, antara lain:

1 – Bertaubat dan Bertawakal

menghilangkan stress

Stres umumnya disebabkan oleh masalah yang menimpa dalam kehidupan seseorang dan membuatnya tertekan hingga tak bisa mengatur emosi dan menjadi stres. Padahal dalam Islam, semua hal yang terjadi dalam kehidupan Kita adalah takdir dan setiap masalah itu ada untuk membuat Kita menjadi lebih baik. Jika Anda sedang mendapat masalah, sebaiknya bertawakal dan serahkan semuanya kepada Allah SWT, mohon ampunan-Nya. Berikut ini firman Allah SWT pada Al-Quran surat Al-Zumar ayat 53,

Hai hamba-Ku yang melampaui batas, janganlah Kamu berputus asa dari rahmat Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT mengampuni dosa-dosa semuanya, Dialah yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang”.

Luruskan niat untuk memohon ampunan dengan mengambil air wudhu dan segera melakukan sholat taubat. Bertaubat adalah cara yang ampuh untuk membuat hati Kita menjadi lebih tenang dan terhindar dari kondisi stres. Jika Kita ikhlas akan semua hal yang terjadi dalam hidup ini, maka Anda tidak akan mengalami stres dan mengembalikan semua urusan kepada Allah SWT.

2 – Memperbanyak Bersyukur dan Berzikir

menghilangkan stress

Jangan lupa untuk memperbanyak berzikir dan menyebut nama Allah SWT agar semakin dekat dengan-Nya dan tidak mudah stres atau merasa tertekan. Berikut ini firman Allah SWT yang menganjurkan makhluk-Nya untuk berzikir pada surat Ar-Ra’d,

Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati akan menjadi tenang”.

Islam juga mengajarkan untuk selalu bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan dalam kehidupan Kita. Allah SWT pun berjanji akan menambah nikmat dan kebahagiaan hidup Kita. Ingatlah bahwa masih banyak manusia lain yang lebih menderita dari kehidupan Anda, jadi jangan menyerah terhadap masalah apapun yang sedang menimpa Anda.

3 – Memohon Doa dengan Niat yang Ikhlas

menghilangkan stress

Menurut Islam, Allah SWT sangatlah dekat dengan makhluknya, bahkan lebih dekat dari urat nadi. Jadi, Anda tidak perlu sungkan untuk memohon ampunan dan meminta doa apapun kepada Allah SWT. Allah berjanji akan memberikan semua kebutuhan makhluk hidup yang Dia ciptakan di waktu yang tepat. Jangan bersedih, tertekan ataupun stress, mari bersihkan diri dengan niat yang ikhlas untuk memohon doa atas kebaikan dalam kehidupan Kita, aamiin.

4 – Meningkatkan Ibadah Kepada Allah SWT

menghilangkan stress

Jika Anda merasa tertekan atau bahkan stress, lakukan relaksasi untuk membangun suasana positif dalam diri Anda. Dalam Islam, sholat dan beribadah adalah satu-satunya cara paling efektif untuk relaksasi secara sempurna. Sholat juga merupakan penolong bagi semua permasalahan hidup yang menimpa Anda, seperti firman Allah SWT pad surat Al-Baqarah ayat 153 berikut ini,

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sholat dan sabar sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah SWT beserta orang-orang yang sabar”.

Mulai saat ini, mari perbaiki dan tingkatkan ibadah Anda dengan sholat lebih khusyuk, sola tadi awal waktu dan jangan sampai meninggalkan kewajiban sholat. Selain itu, tingkatkan ibadah yang lain seperti sholat sunnah tahajud, witir, dhuha dan lain sebagainya.

5 – Berusaha Menjalin Silaturahmi

menghilangkan stress

Menjalin silaturahmi dalam Islam bukan berkumpul dan bergosip, tetapi menjaga hubungan baik dengan saudara dan sesama manusia. Bersilaturahmi lebih baik dilakukan dengan cara yang baik dan bermanfaat. Silaturahmi memang sangat dibutuhkan oleh manusia karena merupakan makhluk sosial yang perlu aktivitas sosial bersama manusia lainnya. Hubungan yang baik secara tidak langsung akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan terhindar dari tres.

6 – Memperbanyak Sedekah dan Berbagi

menghilangkan stress

Kunci untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia dan jauh dari masalah yang embuat stress adalah selalu bersedekah dan berbagi dengan sesama. Allah SWT maha pemurah dan selalu mengatakan bahwa Dia akan memberi berkali-kali lipat dari apa yang Kita berikan kepada sesama. Berikut ini firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 97,

Barangsiapa yang beramal sholeh bagi laki-laki maupun perempuan beriman, maka akan Kami berikan kehidupan yang lebih baik dan akan diberikan blasan pahala yang lebih baik dari yang mereka kerjakan”.

Beramal sholeh juga termasuk rajin membaca Al-Quran, membantu sesama, berpuasa, mengerjakan ibadah haji/umrah dan berdakwah di jalan Islam. Banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai perwujudan aman sholeh, termasuk murah senyum terhadap sesama.

7 – Mendengarkan Murottal

menghilangkan stress

Daripada mendengarkan atau mengunjungi konser musik, lebih baik Anda mendengarkan murottal dari para penghafal Quran. Mendengarkan murottal dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang serta rileks, akhirnya Anda tidak akan mudah merasa stress. Murottal dalam Islam bisa menjadi terapi yang sangat baik untuk menghindar dari stres.

Mendengarkan murottal juga bisa dijadikan sebagai momen bermuhasabah atau introspeksi diri dalam Islam, untuk melihat dosa apa saja yang telah dilakukan. Setelah itu, segeralah bertaubat dan mohon ampunan Allah SWT serta berusaha untuk tidak melakukan dosa lagi. Introspeksi diri sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental dan psikologi Kita, agar tetap tenang dan rileks menjalani kehidupan ini.

8 – Berkumpul Dengan Orang Sholeh

menghilangkan stress

Untuk menjaga diri Anda dari perasan tertekan atau stress, berkumpullah dengan orang-orang sholeh. Mereka akan membantu Anda untuk selalu menjaga diri mereka untuk berprasangka baik kepada Allah SWT. Anda juga bisa mengikuti berbagai macam kajian di masjid dan lainnya untuk mendapatkan lebih banyak ilmu dalam Islam. Banyak kajian bersama yang dilakukan oleh sekumpulan anak muda yang adar akan pentingnya belajar ilmu Islam sejak dini.

Hindari 10 Faktor yang Menyebabkan Stress Karyawan di Kantor

Di sana Anda akan berzikir dan berdoa bersama serta bertemu banyak tokoh agama yang lebih paham tentang ilmu Islam. Dengan begitu, Anda bisa menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan menjaga diri dari perasaan sedih atau stress berlebihan yang merugikan diri sendiri.

Itulah 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghilangkan atau mencegah stress menurut ajaran agama Islam. Intinya, Anda harus ikhlas dan menyerahkan diri kepada Allah SWT serta terus meningkatkan ibadah agar hidup terasa lebih enteng dan mudah. Hati dan pikiran yang tenang akan sangat membantu dalam menjalani kehidupan yang bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *