10+ Lowongan Kerja Tanpa Ijazah Gaji Besar

Lowongan Kerja Tanpa Ijazah – Bagi banyak perusahaan, salah satu persyaratan wajib setiap pelamar kerja adalah harus menyertakan ijazah. Ijazah memang berpeluang untuk mendapat pekerjaan dengan posisi terbaik, mendapat gaji tinggi, dan lebih cepat mencapai puncak kesuksesan.

Namun di era sekarang, ijazah bukan satu-satunya penjamin kesuksesan. Telah banyak perusahaan yang justru lebih mengutamakan skill karyawan daripada sekadar nilai akademis. Entah itu Anda sebagai lulusan SMA Sederajat hingga Sarjana sekalipun. Simak daftar lowongan kerja tanpa ijazah di bawah ini!

Alasan Tidak Memiliki Ijazah

Satu hal yang paling sering digaungkan oleh banyak orang adalah “sekolah yang tinggi, lulus, dapat ijazah, daftar kerja di perusahaan bonafit, menjadi karyawan sukses dengan jabatan tinggi”.

Sayangnya, ada sebagian orang yang tidak memiliki privilege tersebut. Takdir berkata lain dan siapa yang bisa menolaknya? Tidak mampu melanjutkan sekolah tinggi karena keterbatasan biaya. Memiliki ijazah namun hilang kena bencana alam dan banyak permasalahan lainnya.

Daftar Lowongan Kerja Tanpa Ijazah

Anda memang tidak bisa mengubah takdir, tetapi Anda bisa mengubah nasib. Jangan putus harapan saat lowongan kerja yang Anda temukan memerlukan ijazah, sementara Anda tidak memilikinya. Di bawah ini ada daftar lowongan kerja tanpa ijazah yang bisa Anda coba untuk memulai berkarir dan mendapat penghasilan yang menjanjikan.

Fashion Stylist

lowongan kerja tanpa ijazah

Berprofesi menjadi fashion stylist di masa kekinian sepertinya seru untuk dijajal. Lowongan kerja tanpa ijazah yang satu ini bukan hanya menjadi angan semata bagi Anda yang suka dunia fashion. Walau tidak menempuh pendidikan tinggi, Anda bisa mulai mengasah kemampuan di dunia fashion secara otodidak. Praktik membangun portofolio dan memasarkannya kepada khalayak ramai.

Akan lebih baik jika Anda tidak hanya belajar secara otodidak. Cobalah untuk mengikuti kursus atau sekolah fashion terlebih dahulu. Di Jakarta misalnya, banyak sekolah fashion design dengan kualitas baik loh. Dengan begitu, peluang gaji tahunan fashion stylist yang nilainya fantastis bisa Anda capai dengan mudah. Mengutip dari lifestyle.kompas.com, seorang fashion stylist atau penata gaya bisa mendapat gaji Rp 1,6 miliar per tahun.

Makeup Artist

lowongan kerja tanpa ijazah

Masih berhubungan dengan lowongan kerja tanpa ijazah sebelumnya, profesi makeup artist cukup tren di kalangan milenial. Daripada hanya hobi merias diri, bukankah lebih baik Anda bisa menekuni dunia rias wajah dengan mengikuti kursus atau belajar otodidak? Mulai dari merias wajah pengantin, model, pemain teater, dan lainnya.

Profesi ini bisa dikatakan memiliki gaji besar yaitu ratusan ribu hingga jutaan per satu wajah, karena Anda bisa menetapkan tarif sendiri, sesuai harga pasar dan tingkat kesulitan. Apalagi jika sebelumnya Anda mengeluarkan uang untuk kursus, tarif tinggi bisa Anda pertimbangkan dan Anda pun berpeluang untuk membuka kelas private kepada calon makeup artist baru.

Master of Ceremony (MC)

lowongan kerja tanpa ijazah

Banyak orang memandang profesi MC sebagai pekerjaan yang mudah, tetapi gajinya tinggi.  Fakta gaji tinggi memang benar. Dilansir dari sociabuzz.com, tarif jasa MC di berbagai wilayah seperti Sidoarjo, Surabaya, Solo, Jogja, Gresik, Madiun, Bandung, Bekasi, bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah satu kali event. Sementara, untuk kelas MC profesional seperti Andre dan Sule, bisa mencapai Rp 50 juta.  Ini juga tergantung apa eventnya dan dimana Anda nge-MC.

Melihat tarif mahal tersebut memang lowongan kerja tanpa ijazah sebagai MC cukup diminati oleh banyak orang. Namun, seorang MC profesional juga perlu mempersiapkan segalanya dengan baik. Bukan sekadar banyak omong. Bagaimana MC bisa sukses membangun suasana, meninggalkan kesan positif, dan mampu memimpin serangkaian acara formal dan nonformal.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Content Creator

content creator

Bukan tidak mungkin pekerjaan content creator di era sekarang masuk ke dalam list lowongan kerja tanpa ijazah. Banyak pekerja di bidang ini tidak melalui proses rekrutmen dengan kualifikasi pendidikan khusus. Yang penting seorang content creator harus memiliki hard skill, soft skill, dan bisa multitasking. Ada banyak hal yang harus dipelajari seperti menulis wording yang readable, belajar otak-atik kamera, belajar edit video, dan lain-lain.

Namun, mengutip dari binus.tv, seiring bertambahnya content creator di Indonesia, hanya 10% yang mampu bertahan. Banyak yang menyerah di awal dan putus di tengah jalan. Padahal, jika mampu bertahan, siapa tahu 3 tahun lagi Anda bisa sukses berkiprah di dunia ini layaknya Nagita Slavina dan Raffi Ahmad.

Event Organizer (EO)

eo

Jasa EO sering dipakai dalam acara product launching, gathering, exhibition, fun games, party planner, festival budaya, hingga acara olahraga. Biasanya, pihak EO membuka lowongan kerja untuk siapa saja yang ingin menjadi tim kesuksesan suatu acara tersebut, tanpa kualifikasi pendidikan tertentu.

Gaji kotor EO sendiri cukup fantastis. Mengutip dari lifepal.co.id, gaji kotor EO bisa mencapai RP 300 juta hingga Rp 500 juta. Sementara, untuk staff penyelenggara bisa mendapat gaji pokok mulai dari Rp 3 juta + bonus dan freelancer bisa mendapat gaji Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu per hari.

Air Traffic Controller (ATC)

atc

ATC atau pemandu lalu lintas udara bertugas memberikan layanan pengaturan lalu lintas udara, khususnya pesawat. ATC yang akan membantu mencegah terjadinya tabrakan antar pesawat yang terlalu dekat satu sama lain sekaligus menghindarkan dari kecelakaan apapun di sekitar landasan.

Syarat mendaftar sebagai ATC di Indonesia tidak harus memiliki ijazah sarjana, tetapi cukup memiliki ijazah SMA dan menempuh pendidikan khusus ATC sebelumnya. Seiring jam terbang, seorang ATC akan mendapat gaji yang semakin besar, mulai dari Rp 15 juta hingga lebih per bulannya.

Penulis Online

Penulis Online

Lowongan kerja tanpa ijazah selanjutnya adalah penulis. Di zaman sekarang, banyak dibutuhkan penulis online. Mulai dari penulis SEO, penulis fiksi, dan masih banyak lainnya. Yang baiknya, banyak agensi bahkan pemilik blog tidak membutuhkan kualifikasi pendidikan khusus saat proses rekrutmen.

Jangan pernah takut pekerjaan ini tidak dibutuhkan di masa depan. Justru, sebagus-bagusnya inovasi teknologi, profesi penulis tidak akan pernah tergantikan. Jadi, yang saat ini Anda tertarik di dunia kepenulisan, cobalah untuk menjadikannya sebagai pekerjaan paruh waktu atau penuh waktu sekaligus. Banyak mencari ilmu dan praktik. Dari rumah bisa mencetak jutaan rupiah.

Web Developer

Web Developer

Di era digital, hampir semua pelaku bisnis memerlukan web untuk menjalankan bisnisnya. Bayangkan jika Anda memiliki keterampilan mengembangkan web, bukankah keterampilan Anda ini akan dicari oleh banyak klien? Apalagi rata-rata gaji pengembang web menurut situs Neuvoo bisa mencapai Rp 6 juta per bulan.

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan linier dengan profesi ini, bagus. Sangat disayangkan jika Anda memiliki latar belakang pendidikan sesuai, tetapi tidak bisa menambah penghasilan dari sini. Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dan ingin mencari penghasilan dari sini, Anda bisa belajar secara otodidak dan banyak berlatih. Sebab, banyak pengembang web sukses dari proses otodidak.

Koreografer

Koreografer

Seorang koreografer memiliki tugas untuk membuat gerakan, melatih, serta mengarahkan para penari. Meskipun saat ini banyak kampus yang menyediakan jurusan seni tari, tetapi banyak juga klien yang tidak menilai latar belakang pendidikan. Para klien lebih menilai kemampuan Anda dalam menciptakan gerakan sekaligus melatih penari.

Lebih bagus lagi, Anda bisa terus belajar berbagai skill tentang koreografi. Jika ada lowongan kerja tanpa ijazah menjadi koreografer, coba lah. Sebab, mengutip dari campus.quipper.com, seorang koreografer bisa mendapat gaji tinggi, yaitu Rp 4 juta hingga Rp 10 juta per bulannya.

Desainer Grafis

Desainer Grafis

Lowongan kerja tanpa ijazah selanjutnya adalah menjadi desainer grafis. Seorang desainer grafis harus memiliki kemampuan utama yaitu kreativitas artistik tinggi. Kemampuan ini tidak melulu harus didapat dari pendidikan formal. Banyak desainer grafis yang sukses tanpa pendidikan formal, melainkan dari pendidikan singkat maupun kursus, seperti David Carson.

Jika Anda ingin berkarir di bidang ini, Anda tidak hanya harus menguasai kemampuan utama, tetapi juga memiliki kemampuan lain. Anda harus memahami software komputer, khususnya yang berkaitan dengan desain. Asah terus kemampuan desain Anda dengan software yang ada. Semakin artistik karya Anda, bayaran yang Anda terima semakin tinggi.

Itulah 10 jenis lowongan kerja tanpa ijazah dengan gaji tinggi yang bisa Anda perjuangkan. Wajar jika penyedia lowongan pekerjaan tidak terlalu membutuhkan ijazah saat proses rekrutmen. Hal ini disebabkan, semua pekerjaan di atas lebih membutuhkan keterampilan, kreativitas, dan kegigihan dalam menghasilkan karya. Yang mana, semuanya bisa didapat secara otodidak dan melalui latihan yang terus-menerus.