Pengalaman Daftar Kuliah Jurusan Teknik di Univerisiti Teknologi Malaysia [Daftar Mandiri Sampai Lulus]

By | September 21, 2020

Selamat datang pemirsa, kali ini, saya akan sharing pengalaman saya saat daftar di jurusan mechanical engineering di Universiti Teknologi Malaysia (next dibaca UTM), UTM yang beralamat di Johor Bahru, salah satu negeri di Malaysia (istilahnya kalau di Indonesia itu provinsi). Kalian bisa cek sendiri ranking universitas ini berapa, yang pasti universitas ini termasuk popular kalau di Malaysia apalagi untuk jurusan teknik nya.

Sebelumnya saya tidak lulus untuk masuk Universitas di Indonesia karena nilai ujian nasional saya terbilang rendah, hehehe. Tapi bapak menyarankan untuk masuk UTM, universitas dimana beliau mengambil gelar doktorat (S3). Selain karena nilai rendah, yang membuat saya agak reluctant adalah perkara biaya. Akhirnya saya coba untuk mengunjungi situs bagian admission nya untuk melihat detail dan prosedur untuk mendaftar.

Prosedur Admission UTM untuk student internasional: Cara Mendaftar

Untuk memulai pendaftaran, kalian bisa langsung search di google kata kunci “UTM admission”, nanti kalian akan menemukan laman untuk yang berisi syarat serta cara mendaftarnya. Berikut langkah2 nya:

  1. Masuk ke situs resmi UTM Admission, kemudian cari button untuk “degree programmes for international student” kemudian klik!cara daftar di utm malaysia
  2. Kalian akan diarahkan ke laman yang berisi requirements / syarat untuk pendaftar baru. Seperti gambar di bawah, kalian butuh fotocopy ijazah yang telah dilegalisir,  ijazah versi bahasa Inggirs (pake jasa terjemahan tersumpah aku dulu), fotocopy transcript (nilai), fotocopy sertifikat IELTS/TOEFL/MUET, fotocopy laman depan passport, foto berukuran passport, bukti pengalaman kerja (aku dulu nggak ada), laporan kesehatan jika mengalami sakit tertentu, dan bukti “processing fee”. Sebelum kalian mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, kalian bisa menekan “apply now” dulu.syarat untuk student baru UTM malaysia
  3. Kalian bisa buat akun dulu dengan mengisi datautmutm
  4. Setelah itu, langusng aja login untuk masuk ke dashboard. Setelah masuk, kalian bisa menekan “edit” untuk melengkapi data, dokumen dan persyaratan pendaftaranutm
  5. Isi semua data2 yang diperlukan mulai dari data pribadi, kulifikasi akademik, nilai/ score di mata pelajaran tertentu, kualifikasi bahasa Inggris, pembayaran processing fee dan sebagainya. Untuk  kualifikasi bahasa Inggris, kalau tidak salah bisa menyusul setelah masuk UTM, jadi untuk ini opsional, bisa di awal bisa nanti setelah masuk. Kalau ada apa2 kalian bisa langsung tanyakan pada email yang tertera perihal hal ini dan hal yang kurang jelas lainnya. Feel free nanya yah, aku dulu juga sering email ke mereka, maklum agak bingun di bagian input nilai.utm

Penjelasan:

  • Personal info: informasi pribadi kalian
  • Field of study: pilihan jurusan di UTM yang kalian inginkan. Di sini kalian bisa milih 2 jurusan sekiranya akan dipertimbangkan oleh pihak UTM.
  • Academic qualification: detail pendidikan terakhir dalam hal ini SMA/MA dilengkapi dengan nilai akhir (single value). Jadi ini bisa di isi setelah semau nilai di akumulasi dan dirata2 kan. Aku dulu hitung manual sih soalnya sekolah tidak provide single score gini.
  • Academic transcript: nilai tiap mata pelajaran ketika sekolah. Tidak semua mata pelajaran bisa diinput dalam hal ini, so kalian input saja mata pelajaran yang ada. Nilai/ valuenya berasal dari akumulasi nilai rapor, ujian akhir sekolah, dan ujian nasional dirata2 kan, jadi fair gitu, hitung2 kalau hanya ujian nasional yang dimasukkan, aku nggak bakalan lolos, hehehhe, so be smart! Nah, setelah ini selesai, kalian tinggal rata kan semua nilai dan masukkan di single score “academic qualification” .utm
  • Work experience: Ini bagus banget kalau ada. Tapi aku dulu gak ada, hehhe
  • English language proficiency: sertifikan IELTS/TOEFL/MUET yang kalau tidak salah aku dulu bisa menyusul
  • Financial support: self-financing kalau pakai biaya sendiri yah
  • Student get student scheme: kalau kalian merasa terbantu dengan informasi yang ada di artikel ini, kalian bisa memasukkan ISID no. “201802M10053“. Maksudnya adalah saya membantu anda masuk UTM dengan adanya tulisan ini, tapi sekiranya ini tidak bermanfaat, kalian bisa membiarkannya kosong. (tidak wajib)

    utm

    Kalau ada yang mau ditanyakan, bisa langusng whatsapp: 085256234872

  • Processing fee: detail fee yang dibayar tertera pada situs tersebut serta opsi pembayarannya pun. Sekarang jauh lebih mudah dari pada waktu saya dulu, bersyukurlah!
  • Upload documents: unggah semua dokumen yang dibutuhkan
  • Dan setelah semua selesai, kalian bisa finalize (confirm and submit) pendaftaran kalian dan menunggu respond dari pihak UTM.

Secara umum, proses pendaftarannya seperti ini:

utm

Tips ketika daftar

Dulu ada kasus ditolak karena nilai tidak mencukupi, jadi kalau bisa kalian perhatikan betul nilai akademik kalian apakah memenuhi atau tidak. Jangan sekali2 bertindak manipulatif karena pihak UTM akan mereview dan mem-validasi semua dokumen yang kalian upload dengan data yang diberikan.

Kalau yakin, daftar sendiri aja. Kalau tidak, coba cari agent aja… Kalau aku dlu daftar sendiri, input nilai sendiri, dan alhamdulillah, bisa dapat offer letter. Intinya, jangan ragu aja.

Nilai yang dibutuhkan

Nilai rata2 yang dibutuhkan untuk mendaftar di UTM adalah 7 (waktu saya, sekarang kurang tahu). Itu adalah gabungan dari nilai rapor, Ujian sekolah dan Ujian nasional.

Menunggu Offer Letter (Pengalaman)

Hampir 1 bulan pun dulu saya menunggu setelah submit, dan alhamdulillah, 19 November 2017, pemberitahuan pun datang melalui email. Awalnya saya sudah psimis dan percaya gak bakal keterima tapi, Alhamdulillah, Allah selalu berbuat baik kepada hambanya, saya sudah dapat offer letter dan meneruskan pengurusan Visa VAL dan SEV. Tak lupa pula akau untuk review sedikit pelajaran dasar seperti Matematika dan fisika biar nanti masuk tidak keteteran.

14 thoughts on “Pengalaman Daftar Kuliah Jurusan Teknik di Univerisiti Teknologi Malaysia [Daftar Mandiri Sampai Lulus]

  1. Daniel

    Untuk biaya nya gimana kak

    Reply
    1. wahyusetiawan Post author

      untuk biayanya, kamu bisa cek langsung situs UTM bagian admission. Di situ tertera semua info yang kamu butuhkan untuk masuk

      Reply
  2. Daniel

    Ada link untuk daftar online nya kk

    Reply
  3. marisa

    lanjutin dong kaa, skrg udh mulai kuliah disana? gimana sistem belajarnya

    Reply
    1. wahyusetiawan Post author

      owh okok tunggu yah saya susun dulu artikel nya

      Reply
  4. Amelia arisya

    Gimana pas daftar ulangnya kak? Berkas apa aja yang dikumpulkan kak?

    Reply
    1. wahyusetiawan Post author

      hanya butuh berkas buat verifikasi kok, Ijazah, SKHUN, Transkript nilai, Beberapa dokumen imigraasi dll.

      Reply
  5. Intan Dwi

    ambil jurusan apa kak? jurusan teknik yang ngga banyak peminat apa kak?

    Reply
    1. wahyusetiawan Post author

      Saya teknik mesin pure, wah kalau yang kurang peminat saya kurang tahu

      Reply
  6. vania

    kakk, email kakak gavalid kenapa ya, saya mau nnya melalui email tapi gabisa. makasi kak.

    Reply
    1. wahyusetiawan Post author

      gak valid bgmn maksudnya?

      Reply
      1. Cornel

        “address not found” kak. Apa mungkin kakak typo nulis alamat email kakak? Soalnya aku juga gabisa ngirim email ke kakak

        Reply
  7. Isna

    Kak maaf aku liat blog kakak tentang kuliah di utm malaysia, kak mau tanya kalo kuliah disana itu buat jurusan teknik perminyakan berapa tahun lama kuliahnya? Buat biaya hidup disana, terus kalo kita belum ada IELTS selama kuliah disana harus tes dulu tapi langsung tes apa harus latihan dulu bahasa inggris? Buat naik pesawat dari jakarta langsung ke johor bahru? Kalo dokumen harus diterjemahin dulu apa engga? Kalo disana ada ospeknya gak? Biaya asrama itu berapa perbulan ? Maaf ya kak tanya2 mau intake thn 2020 febuari nanti insyaAllah

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *