Enaknya Kuliah di UT [Universitas Terbuka], Begini Ceritanya!

Ketakutan mahasiswa ketika kuliah sambil kerja biasanya karena pembagian waktu antara belajar dan kerja yang ribet.

Nah, enaknya kuliah di UT selain bisa sambil kerja juga lebih mandiri, praktis dan juga hemat. Nggak percaya??


Baca Juga :
Tertarik Kuliah di Kedokteran Hewan? Ini yang Harus Kamu Persiapkan

Apa sih Enaknya Kuliah di UT?

Kuliah di UT Sistem Belajarnya Terbuka dan Jarak Jauh.

Terbuka maksudnya tidak ada pembatasan tahun ijazah, usia, ekonomi, ataupun latar belakang sosial. Jadi yang baru lulus SLTA ataupun yang sudah bekerja dan ingin kuliah bisa banget, Enak kan??

Persyaratannya hanya harus sudah memiliki ijazah kelulusan SLTA/SMA dan yang terpenting mau dan bersungguh-sungguh.

Jarak jauh artinya kamu tidak harus ke kampus. Jadi enaknya kuliah di UT kamu bisa kuliah dimanapun dan sesuai waktu yang kamu atur cukup dengan media sosial dan akses internet.

Metode Kuliah di UT yang Fleksibel dan Simpel.

Enaknya Kuliah di UT menggunakan metode belajar yang fleksibel dan praktis. Yaitu, TTM dan TUTON.

1. TTM (Tutorial Tatap Muka)

Sama seperti kuliah biasa kamu bertatap muka dengan dosen dan teman-temanmu dalam waktu dan ruang yang sama.

TTM sendiri ada 2, yaitu TTM wajib SIPAS (sistem mata kuliah paketan) dan TTM ATPEM (TTM Atas Permintaan Mahasiswa, dengan syarat minimal 20 mahasiswa).

Baca Juga : Pengalaman Beasiswa Chevening, Lulus? Ini Ceritaku!

Durasinya 120 menit setiap pertemuan dan hanya digunakan untuk membahas materi yang sulit dipahami saja.

Dilaksanakan 8 kali dalam 8 minggu dengan kewajiban hadir minimal 5 kali, biasanya dihari sabtu dan minggu, jadi lebih praktis. Hemat waktu dan bensin kan.

2. TUTON (Tutorial Online)

Yaitu kuliah secara online. Tidak ada acara tatap muka dengan dosen ataupun teman-teman, melainkan dengan mengakses situs http://elearning.ut.ac.id untuk aktifasi TUTON.

Baca Juga : Strategi Memilih Jurusan, Bersiap Menuju Bangku Perkuliahan!

Metode ini sangat mempermudah untuk pekerja shifting, karena tidak terikat tempat dan waktu kuliah.

3. Evaluasi Belajar yang Praktis

Untuk evaluasi belajar baik TTM dan TUTON ada tugas mingguan diminggu ke 3, 5, 7. Nilai tugas mingguan TTM berkontribusi 50% terhadap nilai akhir mata kuliah.

Sedangkan nilai tugas mingguan TUTON berkontribusi 30% terhadap nilai akhir mata kuliah. Jadi semakin rajin mengumpulkan tugas, maka nilai akhir kamu semakin terbantu.

Sistem Input Mata Kuliahnya Bisa Disesuaikan

  1. SIPAS (sistem paket mata kuliah dari kampus), sama seperti PTN lain ada sistem paketnya. Penyediaan bahan ajar dan input mata kuliah dilakukan oleh kampus. Jadi Ibarat makanan sudah siap saji kamu tinggal makan, menyenangkan ya.
  2. Non–SIPAS (pengambilan mata kuliah secara satuan). Disini kamu lebih mandiri, mulai dari bahan ajar dan input mata kuliah kamu lakukan sendiri. Ibarat sudah disediakan wadah makan, tapi nasi dan lauk kamu cari sendiri.

Jadi kamu bisa pilih sesuai kebutuhan kamu. untuk Non-SIPAS bahan ajar bisa dibeli online di TBO (Toko Buku Online) dan Karunika (TBO khusus menjual modul UT) atau pemesanan saat registrasi online.

Di UT Bebas Skripsi, tapi Sistem Kelulusannya akan Melatihmu Lebih mandiri.

Eits,, memang benar di UT tidak ada skripsi. Tetapi sebagai syarat kelulusan ada Tugas Akhir Program (TAP) dan juga diharuskan untuk membuat Karya Ilmiah (KARIL).

Intinya sama dengan skripsi tapi lebih ke arah seminar, jadi enaknya kuliah di UT kamu bebas sidang skripsi.

Sistem kelulusannya ditentukan dari hasil nilai Ujian Akhir Semester (UAS), dilaksanakan 2 kali dalam 1 semester. Sistemnya sama seperti Ujian Akhir Nasional (UAN).

Soal dan nilai ditentukan oleh pusat (Tangerang) termasuk tempat duduk pun diacak, jadi tidak ada kesempatan buat kerjasama atau mencontek. Artinya kamu harus mandiri.

Biaya Kuliah di UT Sangat Terjangkau lho.

Dengan segala kemudahannya biaya kuliah di UT termasuk sangat terjangkau. Per SKS-nya Rp.35.000-55.000 saja. Karena UT berbasis kuliah online jadi bebas biaya gedung, hemat banget.

Info biaya lengkapnya bisa buka langsung diwebsitenya http://www.ut.ac.id atau di https://harga.web.id/info-biaya-di-universitas-terbuka.info

Kualitas dan Akreditasi UT yang Membanggakan.

Diresmikan pemerintah sejak 1 September tahun 1984. UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia.

UT sudah terakreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT No.367/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2019. Beberapa program studi sarjana dan diploma juga sudah terakreditasi A.

Kualitas UT diakui ICDE (International Council for Distance Education) atau Lembaga International Perguruan Tinggi dengan sistem Jarak Jauh. Ini bukti bahwa UT diakui secara Nasional dan Internasional sehingga pantas dijuluki Mega University.

Bahan ajar UT sudah terstandarisasi sesuai ISO 90001. Modul UT atau buku materi pokok UT merupakan hasil kerjasama tim UT dan universitas-universitas besar seperti UI salah satunya.

Dengan legalitas dari lembaga Nasional dan Internasional maka ijazah UT sudah pasti terjamin kualitasnya.

Pendaftaran dan Registrasi UT yang Mudah.

Pendaftarannya 2 kali dalam setahun. Registrasi baru dilakukan sekali selama kamu jadi mahasiswa dan registrasi mata kuliah dilakukan setiap semester.

Pendaftaran dan registrasi online melalui http://www.ut.ac.id atau langsung ke kantor UPBJJ-UT (Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka) di kotamu.

http://www.dibidikmisi.com/2019/01/ut-bakal-beri-beasiswa-bidikmisi-dan.html?m=1Bisa juga melalui pendaftaran dan registrasi keliling ditempat yang sudah ditetapkan, informasi selengkapnya bisa diperoleh di UPBJJ-UT.

Gimana?? Sistem perkuliahan yang praktis, fleksibel dan ekonomis serta pendaftaran dan registrasinya yang nggak ribet, sangat mempermudah mahasiswa kan??

Sehingga kuliah sambil bekerja menjadi lebih menyenangkan. Kualitasnya juga tidak diragukan lagi sebagai Mega Uiversity Di Indonesia, itulah enaknya kuliah di UT.

Informasi lengkap seputar UT, fakultas dan prodi: http://www.ut.ac.id

Alamat kantor/kampus pusa UT: Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangeran Selatan 15418, Banten.

Tinggalkan komentar