Shift Kerja Indomaret 2020: Tips dan Gaji yang Kamu Dapat

Bagi sebagian orang, bekerja freelance untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa menjadi sumber rezeki tersendiri. Salah satu pilihan freelance untuk mendapatkan penghasilan tambahan sendiri salah satunya adalah bekerja di Indomaret.

Indomaret sebagai toko ritel yang melayani pelanggan hampir 24 jam lamanya memang menyediakan pekerjaan freelance bagi beberapa posisi. Hal ini membuat pekerjaan di Indomaret menjadi pilihan bagi beberapa orang.

Dengan jam pelayanan 24 jam, Indomaret pun harus menerapkan sistem shift dalam kerja karyawannya. Hal ini dikarenakan tidak mungkin karyawannya dipekerjakan selama 24 jam terus menerus.

Shift Kerja Indomaret

Maka dari itu, bagi kamu yang mungkin belum bekerja di Indomaret atau hendak bekerja di Indomaret info mengenai shift kerja ini bisa sangat bermanfaat bagi kamu. Seperti apa shift kerjanya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut sedikit ulasannya untuk kamu.

Sistem Shift Kerja di Indomaret

Seperti halnya perusahaan yang menerapkan proses operasi selama 24 jam, Indomaret membagi shift kerja bagi karyawannya menjadi 3 shift. Shift tersebut terdiri dari shift 1, shift 2, dan shift 3. Berikut rincian jam masuk shift Indomaret:

  1. Shift 1: 07.00 – 15.00
  2. Shift 2: 15.00 – 23.00
  3. Shift 3: 23.00 – 07.00

Pembagian shift tersebut memang disesuaikan dengan regulasi yang ada saat ini di Indonesia. Pihak perusahaan tidak boleh membebankan pekerjaan lebih dari 8 jam dalam sehari.

Sementara untuk Indomaret sendiri, penerapan shift di Indomaret dalam seminggu tidak selalu sama. Jika kamu hari ini masuk pagi, besok kamu bisa masuk shift 2 atau shift 3. Hal ini terkadang membuat karyawan cukup bingung dengan sistem shift di Indomaret.

Selain itu, ada beberapa sumber yang juga menyampaikan kalau kamu bisa dipekerjakan 2 shift sekaligus dalam sehari. Sehingga nantinya kamu akan mendapat jatah libur 2 hari atau lebih dari biasanya.

Entah bagaimanapun sistem kerja yang ada, hal tersebut memang merupakan salah satu konsekuensi jika kamu mau bekerja dengan sistem shift di Indomaret.

Hanya saja yang perlu kamu perhatikan memang bagaimana cara mengatur waktu shift tersebut akan tidak berbenturan dengan kegiatan kita selainnya.

Nah, pada poin berikutnya akan kami sampaikan sedikit tips mengenai mengelola waktu bagi kamu yang bekerja dengan sistem shift di Indomaret.

Tips Manajemen Waktu dengan Sistem Kerja Shift di Indomaret

Shift Kerja Indomaret

Sebelumnya sudah disampaikan kalau dalam poin ini akan kami sampaikan beberapa tips manajemen waktu. Berikut penjelasannya untuk kamu.

1. Atur perencanaan dan jangan hanya satu perencanaan

Sistem shift kerja yang bisa berubah sewaktu-waktu memang cukup merepotkan. Namun, hal tersebut bisa diatasi jika kamu sudah menyiapkan beberapa perencanaan jika rencana utama tidak bisa terlaksana.

Dengan perencanaan yang tidak hanya satu, kamu akan bisa lebih tenang dan yakin untuk menghadapi berbagai kemungkinan dengan sistem shift yang tidak menentu.

2. Atur skala prioritas kamu

Inti dari perencanaan yang berhasil adalah skala prioritas yang baik. Kamu harus bisa menilai dan menempatkan mana saja hal-hal yang menjadi prioritas kamu.

Dengan demikian, ketika ada hal-hal yang tidak terduga terjadi dalam perencanaan kamu, kamu bisa menentukan mana hal yang harus kamu dahulukan dan mana hal yang harus kamu tinggalkan.

3. Jangan takut untuk mengajukan izin jika memang ada hal penting yang harus kamu lakukan

Setelah kamu mengatur perencanaan dan skala prioritasmu, ternyata ada hal penting yang harus kamu lakukan. Mau tidak mau kamu harus meninggalkan pekerjaanmu di Indomaret.

Dengan kondisi demikian, kamu tidak perlu sungkan atau takut untuk mengajukan izin ke atasanmu. Jika alasan kamu logis dan kamu memang benar-benar perlu meninggalkan pekerjaan untuk suatu hal tertentu, atasanmu pasti mengizinkan.

4. Jaga kesehatan fisik dan jiwa kamu

Hal yang terakhir dan paling penting adalah jaga kesehatan fisik dan jiwa kamu. Pekerjaan dengan sistem shift yang tidak menentu tentu akan sangat menguras fisik dan emosimu.

Dengan kondisi demikian, jangan lupa jaga kesehatan fisik dan jiwamu. Kamu bisa lakukan olahraga sesekali, istirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan memenuhi pola makan yang seimbang.

Untuk kesehatan jiwamu, kamu bisa melakukan refreshing, jalan-jalan, bermain game, atau sekadar berbincang dengan orang dekat dan tersayang dalam hidupmu.

Gaji Karyawan di Indomaret 2020

Dengan sistem kerja demikian, lantas berapa gaji karyawan di Indomaret? Berikut daftarnya.

  1. Kasir: untuk posisi ini, Indomaret akan memberikan gaji kisaran 4 juta rupiah per bulan.
  2. Head Strore: untuk posisi ini, Indomaret akan memberikan gaji kisaran 6 juta rupiah per bulan.
  3. Asisten Kepala Toko: untuk posisi ini, Indomaret akan memberikan gaji kisaran 2,5 juta rupiah per bulan.
  4. Merchandiser: untuk posisi ini, Indomaret akan memberikan gaji kisaran 4 juta rupiah per bulan.
  5. Pramuniaga: untuk posisi ini, Indomaret akan memberikan gaji kisaran 1,9 – 2,7 juta rupiah per bulan.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai sistem kerja shift pada Indomaret beserta tips dan gaji yang bisa kamu baca.

Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *