Rekomendasi Magang Data Analyst 2023, Info Gaji & Syaratnya

Di era modern saat ini, banyak perusahaan yang mulai memahami peran penting analisis data dalam menjalankan bisnis. Alhasil, profesi data analyst semakin banyak peminat. Analis data atau data analyst adalah seseorang yang bertugas menganalisis data guna menemukan suatu problem solving dengan menggunakan tools tertentu.

Bagi Anda yang ingin berkarir di bidang analisis data, Anda disarankan untuk mengikuti magang. Ketika mengikuti magang Data Analyst, Anda dapat meningkatkan keterampilan yang berhubungan dengan kemampuan teknis, yaitu Anda akan diperkenalkan bagaimana cara menggunakan beberapa alat yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan.

Gaji Magang Data Analyst

Profesi sebagai data analyst memang dinilai dapat menjanjikan. Gaji yang menggiurkan menjadi salah satu faktor profesi memiliki banyak peminat. Rata-rata gaji seorang data analyst bagi fresh graduate berada di kisaran Rp5.500.000 untuk wilayah Jabodetabek.

Namun, secara umum, gaji magang Data Analyst di Indonesia berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Disisi lain, jika Anda memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun sebagai analis data, Anda akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp. 10 juta. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk meningkatkan skill sehingga Anda dapat bersaing di pasar tenaga kerja.

Rekomendasi Magang Data Analyst

Magang Data Analyst

Peluang Anda untuk mengenal profesi data analyst semakin lebar. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat magang data analyst, diantaranya:

1. Modalku

Modalku adalah platform pendanaan yang memberikan kesempatan bagi usaha kecil untuk mendapatkan pinjaman dengan pendekatan berbasis teknologi. Sehingga, memungkinkan peminjam untuk menerima pinjaman dengan biaya yang lebih rendah dari pada umumnya.

Sebagai tim magang analis data, Anda akan menjadi bagian dari tim dan bekerja secara langsung dengan senior. Disana, Anda dapat menganalisis data, kemudian membuat laporan dan membangun strategi bisnis. Adapun benefit jika bergabung di perusahan ini, meliputi cuti, kerja dengan fleksibel, fasilitas kesehatan serta dukungan terkait perlengkapan atau alat yang dibutuhkan.

Baca juga:  Profesi Yakult Lady 2023 : Gaji, Keuntungan, & Sistem Kerja

2. Hakuhodo Digital Indonesia

Hakuhodo Digital Indonesia merupakan bagian dari Hakuhodo International Indonesia.  Hakuhodo Digital Indonesia berfokus pada agen pemasaran digital dengan layanan lengkap dalam bidang digital, strategi, desain, pengembangan, serta pemasaran di media sosial.

Bagi Anda yang tertarik untuk magang perusahaan ini, Anda dapat bergabung selama 3 bulan. Selama magang, Anda akan bertanggungjawab untuk memproses data dan informasi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Selain itu, Anda akan mengelola dan merancang pelaporan, termasuk sumber data dan metadata.

3. Rakamin Academy

Rakamin Academy adalah platform bagi orang-orang yang ingin belajar, memperluas networking dan membangun karir di era digital. Rakamin Academy bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan yang lebih inklusif dan efisien untuk membantu mereka memulai karir di bidang teknologi.

Saat Anda melakukan magang disini, Anda akan melakukan riset untuk mendukung kebutuhan bisnis, membuat kuesioner untuk mengumpulkan informasi dari pengguna, menerjemahkan tujuan bisnis menjadi penelitian yang objektif, serta melakukan Analisis data.

Baca juga: Gaji Magang Kampus Merdeka

4. PT Aino Indonesia 

PT Aino Indonesia adalah perusahaan teknologi finansial yang fokus pada usaha pengembangan dan integrasi sistem pembayaran non tunai (menggunakan teknologi uang elektronik). Sektor usaha perusahaan ini, meliputi transportasi massal, layanan publik pemerintah, edukasi serta ritel.

Jika Anda menjadi peserta magang perusahaan ini, Anda akan bertugas menyiapkan portal dashboard operational yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi data, sehingga dapat membantu management dalam membuat keputusan-keputusan strategis.

5. Aruna

Aruna adalah perdagangan perikanan terbesar di Indonesia yang menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui platform digital. Dengan adanya platform tersebut, diharapkan terciptanya perdagangan yang adil melalui penetapan harga yang transparan.

Selama 3 bulan, Anda akan melakukan analisis data dari database perusahaan untuk mendorong optimalisasi dan peningkatan pengembangan produk dan strategi bisnis. Dalam pekerjaan ini, Anda akan didukung dengan berbagai aplikasi, diantaranya Python, SQL, R, Microsoft Excel dan Airflow.

Baca juga:  Pengalaman Kerja Part Time Guru Les di Perancis, Ini Caritaku!

6. Magang Data Analyst Lainnya

Berikut ini adalah beberapa perusahaan dan organisasi di Indonesia yang mungkin menawarkan peluang magang untuk Data Analyst. Perlu dicatat bahwa daftar ini bukanlah daftar yang lengkap, dan peluang magang dapat bervariasi tergantung pada waktu dan ketersediaan:

  1. Gojek
  2. Tokopedia
  3. Traveloka
  4. Bukalapak
  5. Shopee
  6. Grab
  7. Bank Mandiri
  8. Bank Central Asia (BCA)
  9. Bank Negara Indonesia (BNI)
  10. Telkomsel
  11. XL Axiata
  12. Indosat Ooredoo
  13. Pertamina
  14. Astra International
  15. PT. Unilever Indonesia
  16. PT. Procter & Gamble Indonesia
  17. PT. Nestlé Indonesia
  18. PT. HM Sampoerna Tbk.
  19. Kompas Gramedia Group
  20. PT. Bank Danamon Indonesia Tbk.

Selain perusahaan-perusahaan di atas, Anda juga dapat mencari peluang magang di perusahaan-perusahaan kecil, startup, dan lembaga penelitian yang membutuhkan Data Analyst.

Jangan ragu untuk mencari lowongan magang Data Analyst di situs web pencari kerja lokal atau menghubungi perusahaan secara langsung untuk menanyakan tentang peluang magang yang mungkin tersedia.

Baca juga: Gaji Data Scientist di Indonesia

Kemampuan yang Dimiliki Seorang Data Analyst

Data Analyst

Setiap perusahaan memiliki kriteria skill atau kemampuan tertentu yang harus dimiliki oleh karyawannya. Kemampuan tersebut berfungsi untuk memastikan seseorang dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Berikut ini adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta magang Data Analyst, meliputi:

1. Data Cleaning

Data Cleaning adalah serangkaian proses untuk memastikan keakuratan data yang dikumpulkan. Prosesnya termasuk menghapus/mengubah data yang salah, mengidentifikasi, menghapus data duplikat dan tidak relevan, memperbaiki pemformatan, serta kesalahan ketik.

2. Data Mining

Data mining adalah proses menganalisis kumpulan data dan mencari pola dengan memanfaatkan berbagai teknik, diantaranya matematika, statistika, dan kecerdasan buatan. Dengan begitu, hasilnya dapat memberikan wawasan tentang masalah bisnis yang perusahaan hadapi.

3. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang mencangkup berbagai bidang, termasuk ilmu data, pengembangan web, dan lainnya. Python dapat berjalan di beragam sistem operasi seperti Windows, Linux, UNIX, Mac OS, dan lainnya. Sehingga,  Python dapat disebut sebagai cross platform. 

Baca juga:  Gaji Magang di Jepang 2024 : Biaya Hidup & Jalur Magang

Salah satu keunggulan Python adalah Library yang dapat memudahkan kita membuat program tanpa harus menulis kode dari awal. Tentu, hal tersebut menjadi kelebihan yang banyak digemari oleh analis data.

4. Pemrograman R

Pemrograman R adalah bahasa pemrograman statistik yang berguna untuk melakukan analisis data statistik dengan data yang besar dan kompleks. Bahasa pemrograman R bersifat open source, sehingga alat tersebut gratis dan dapat digunakan oleh siapapun serta Anda juga bisa melakukan modifikasi untuk ikut mengembangkannya.

5. SQL dan NoSQL

Structured Query Language  atau SQL adalah bahasa query digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. SQL penting karena dapat menganalisis dan memanipulasi data dalam berbagai ukuran. Dengan memahami SQL, Anda dapat mengatur data apa yang harus ditampilkan dan bagaimana data ini terkait satu sama lain.

NoSQL atau Not Only SQL merupakan jenis database yang sangat berbeda dari konsep RDBMS atau ODBMS. Basis data NoSQL ditargetkan untuk model data tertentu dan memiliki skema fleksibel. Database NoSQL dikenal luas karena kemudahan pengembangan, fungsionalitas, dan kinerjanya dalam skala besar.

6. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah proses menampilkan data dalam bentuk yang lebih dapat dipahami. Biasanya data Analyst akan menampilkan dalam bentuk bagan, peta, gambar, grafik, dan lain sebagainya. Visualisasi ini akan bermanfaat untuk memberikan informasi yang lebih baik dan mudah dipahami oleh pemangku kepentingan.

Mengingat persaingan pasar tenaga kerja yang terus meningkat, magang Data Analyst dapat menjadi strategi Anda untuk mulai masuk pada bidang ini. Selain itu, selagi Anda menunggu penerimaan karyawan magang, Anda juga dapat belajar dengan melihat video pembelajaran ataupun mengikuti bootcamp. Dengan begitu, kemampuan Anda dapat lebih terasah dan siap bersaing dengan pelamar lainnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar