Rata-Rata Gaji Data Analyst di Beberapa Perusahaan Indonesia

Saat ini data menjadi kebutuhan yang penting untuk suatu perusahaan. Sebab dapat digunakan untuk membuat strategi dan keputusan terkait berjalannya suatu usaha. Sayangnya tidak semua orang dapat memahami data. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang analisis data yang biasa disebut dengan data analyst.

Karena tanggung jawabnya ini, data analyst mendapatkan gaji yang cukup menggiurkan. Nah, berikut ini penjelasan mengenai gaji data analyst berdasarkan pengalaman dan beberapa perusahaan.

Sekilas tentang Data Analyst

Gaji data analyst
Seseorang yang bekerja sebagai data analyst. (Vista Education)

Data analyst merupakan suatu pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menganalisis dan menerjemahkan segala jenis data, kemudian diimplementasikan dalam bentuk laporan untuk membantu proses manajemen data perusahaan.

Peran data analyst di suatu perusahaan ini juga sangat penting. Sebab hasil analisis data yang dibuat dapat menjadi dasar pengambilan keputusan untuk meningkatkan keuntungan dan kredibilitas perusahaan.

Apabila ingin bekerja di bidang ini, biasanya harus menempuh setidaknya pendidikan Strata 1 di jurusan Statistika, Pemasaran, Ekonomi, Teknik, dan Matematika. Akan tetapi, Anda juga masih bisa melamar pekerjaan ini dengan mengikuti kursus atau pelatihan. Yang terpenting adalah kemampuan.

Gaji Data Analyst Berdasarkan Pengalaman

Gaji data analyst
Data analyst melakukan analisis. (Campuspedia)

Pengalaman seseorang dapat menentukan besarnya gaji yang diterima, sebab ilmu dan pengetahuannya terbilang cukup banyak.

1. Gaji data analyst pemula

Yang dimaksud dengan data analyst pemula adalah seseorang yang masih memiliki pengelaman di bidang ini kurang dari 4 tahun. Sebutan ini kadang juga diberikan kepada seorang Fresh Graduate. Meskipun begitu, gajinya per bulan mencapai Rp. 3.500.000 – 7.000.000 juta di perusahaan besar.

2. Gaji data analyst junior

Seorang data analyst junior biasanya memiliki pengalaman sekitar 5-8 tahun masa kerja. Pada lini ini, biasanya sudah dapat mengambil keputusan penting di perusahaan. Gajinya mencapai sekitar Rp. 9.000.000 – 15.000.000 per bulan.

3. Gaji data analyst senior

Data analyst senior telah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, sehingga pengalamannya tidak dapat diragukan lagi. Maka dari itu, pada level ini data analyst juga bertanggung jawab menentukan arah perusahaan.

Umumnya data analyst senior akan bekerja sama dengan berbagai macam spesialis dalam satu tim. Gaji karyawan level ini mencapai Rp. 30.000.000 ke atas.

Kisaran Gaji Data Analyst Beberapa Perusahaan

Seorang data analyst yang sedang bekerja (Fuentitech)
Seorang data analyst yang sedang bekerja. (Fuentitech)

Setiap gaji karyawan tentu berbeda-beda tergantung perusahaannya. Nah, berapa sih gaji data analyst di beberapa perusahaan di Indonesia? Nah, berikut ini contohnya yaitu :

  1. Gaji data analyst Tokopedia sebesar Rp. 8.200.000.
  2. Gaji data analyst Traveloka sebesar Rp. 11.090.246 – 11.655.808.
  3. Gaji data analyst Shopee sebesar Rp. 20.900.000.
  4. Gaji data analyst Gojek sekitar Rp. 6.000.000.

Itulah beberapa penghasilan data analyst dari beberapa perusahaan yang bisa menjadi referensi Anda.

Tugas dan Tanggung Jawab Data Analyst

Ilustrasi data analyst (Radio Duna)
Ilustrasi data analyst. (Radio Duna)

Dengan kisaran gaji diatas, ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang wajib dipenuhi seorang data analyst diantaranya adalah :

1. Melakukan analisis data

Ini adalah tugas utama seorang data analyst. Tugas ini berupa analisis data dan melaporkannya dalam bentuk laporan. Analisis data umumnya berbentuk kalimat dan berisi alasan diperolehnya angka dalam data tersebut.

2. Memberikan arah bisnis

Setelah melakukan analisis data, seorang analis data juga perlu memberikan prediksi arah bisnis perusahaan. Prediksi ini sangat berdampak dan memberikan perubahan besar pada perusahaan. Sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan ketelitian.

3. Mengomunikasikan hasil dengan baik

Apabila telah menemukan kesimpulannya dan membuat prediksi, Anda juga perlu memaparkan hasil analisis tersebut ke divisi dan tim terkait.

4. Bekerja sama dengan tim manajemen

Tugas terakhir seorang data analyst adalah bekerja sama dengan tim manajemen. Tujuannya untuk menyusun srategi dan konsep pengembangan produk ke depannya.

Kemampuan yang Diperlukan

Data analyst sedang bekerja (Simplilearn)
Data analyst sedang bekerja. (Simplilearn)

Supaya bisa menganalisisi data dengan baik, Anda harus menguasai beberapa skil agar mendapatkan hasil yang baik.

1. Kemampuan analisis

Data mentah tidak dapat digunakan untuk membuat suatu keputusan. Hanya dengan melakukan analisis, suatu data dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain. Nah, tugas Anda adalah mengomunikasikannya dengan divisi lain melalui analisis.

2. Memahami bahasa pemrograman

Seorang data analyst perlu memahami setidaknya satu bahasa pemrograman agar bisa memahami data dengan baik. Bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan adalah pemrograman SQL.

Namun apabila ingin mempelajari lebih dari satu bahasa pemrograman akan jauh lebih baik.Bahasa pemrograman lainnya yang bisa Anda pelajari adalah XML, Javascript, atau kerangka ETL.  

3. Kemampuan menilai bisnis

Tak hanya berkaitan dengan angka, seorang data analyst juga perlu memahami dunia bisnis. Ini karena Anda perlu mengaitkan data dengan kegiatan perusahaan. Misalnya pengembangan produk, promosi, pangsa pasar, dan masih banyak lagi.

4. Memahami Machine Learning

Machine learning dapat membantu Anda membantu menetapkan keputusan dan memprediksi sesuatu. Jadi mulailah untuk mempelajari Machine Learning agar bisa menjadi data analyst.

5. Memahami statistik

Untuk menafsirkan suatu data, Anda perlu memahami statistik deskriptif dan inferensial. Misalnya saja median, mode, mean, dan standar deviasi perlu Anda pelajari.  Selain itu, Anda juga harus menguasai alat statistik seperti SPSS, SAS, Eviews, dan masih banyak lagi.

6. Kemampuan menggunakan Microsoft Excel

Alangkah lebih baiknya jika Anda memahami Microsoft excel secara mendalam. Sebab profesi ini berhubungan dengan Excel, seperti mengatur data, menghitung angka, membuat grafik, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai gaji data analyst baik berdasarkan pengalaman maupun di beberapa perusahaan. Apabila mengharapkan gaji yang tinggi, Anda bisa meningkatkan kemampuan terlebih dahulu.