11 Pertanyaan Interview Indomaret dan Jawabannya

Perusahaan waralaba Indomaret menerapkan sejumlah seleksi sebelum menerima karyawan. Salah satu tahapannya yakni wawancara. Pada rangkaian ujian ini, Anda akan diberikan sejumlah pertanyaan interview Indomaret guna mengetahui latar belakang hingga kesesuaian calon pegawai dengan karakter perusahaan.

Agar lebih mudah menjawabnya, tidak ada salahnya untuk memperhatikan pertanyaan guna menyesuaikan jawaban yang pas saat interview Indomaret. Meski tidak perlu berpura-pura, mengetahui dan latihan menanggapi pertanyaan akan sangat membantu mengurangi deg-degan. Upaya ini juga membantu Anda menghindari blank ketika wawancara sungguhan.

Pertanyaan Interview Indomaret dan Jawabannya

Wawancara merupakan tahapan seleksi Indomaret setelah Anda dinyatakan lolos psikotes Indomaret dan keterampilan. Tahap ini bisa berlangsung satu kali hanya dengan HRD atau ditambah wawancara lain dengan user.

Pertanyaan interview Indomaret sejatinya tidak jauh berbeda dengan wawancara perusahaan manapun. Umumnya menanyakan latar belakang, pengalaman, juga mengetahui pengetahuan Anda seputar perusahaan tersebut. Berikut beberapa pertanyaan yang jamak ditanyakan HRD ketika melakukan wawancara.

1. Ceritakan tentang diri Anda

pertanyaan interview indomaret

Tak kenal maka tak sayang, katanya. Begitu juga para recruiters yang ingin mengetahui ‘siapa Anda’ menurut pandangan Anda sendiri. Tahapan ini pun bertujuan untuk memverifikasi antara data pada dokumen yang diserahkan dengan peserta wawancara.

Untuk pertanyaan ini, Anda hanya perlu memperkenalkan diri. Jelaskan nama, latar belakang pendidikan, domisili, keahlian, dan skill yang mungkin diperlukan pada bidang pekerjaan Anda lamar. Misalnya, karena Indomaret bergerak di bidang pelayanan, Anda bisa menambahkan kelebihan seperti komputasi dan input data.

Sampaikan sejelas mungkin dengan smiling voice agar lebih enak terdengar. Selain itu, hindari bertele-tele, tetapi juga tidak terlalu singkat. Yang terpenting, pastikan identitas dan pengalaman yang Anda ceritakan adalah asli dan bukan sekadar karangan.

2. Apa alasan anda melamar kerja di Indomaret

Alasan paling realistis ketika melamar kerja di Indomaret tentu untuk mendapatkan pemasukan. Anda boleh saja menjelaskan hal ini, tetapi bukan sebagai alasan utama ketika menjawab pertanyaan interview Indomaret. Ada baiknya untuk menjawab sesuai dengan posisi yang tersedia dan kontribusi Anda terhadap perusahaan.

Baca juga:  Keuntungan Franchise Indomaret, Apakah Masih Menjanjikan?

Misalnya, saya ingin mempraktikkan secara langsung pengetahuan yang sudah saya dapatkan. Atau, mengaplikasikan pengalaman dengan improvisasi untuk bersama-sama dengan tim memaksimalkan pendapatan. Sebisa mungkin hindari jawaban dengan preferensi personal meski sangat rasional.

3. Sebutkan kelebihan dan kelemahan diri Anda

Untuk menjawab pertanyaan kelebihan dan kelemahan, Anda perlu ‘mengenali diri sendiri’ terlebih dahulu. Baru kemudian dicocokkan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Usahakan kelebihan yang Anda sampaikan adalah nilai plus untuk mendukung peran Anda di perusahaan. Sementara kelemahannya tidak berkaitan atau akan mengganggu pekerjaan Anda.

Misalnya, kelebihannya adalah mampu menjelaskan keterangan produk dengan detail dan santun. Hal ini tentu mendukung pekerjaan Anda di perusahaan Indomaret yang bergerak di bidang pelayanan.

Adapun untuk kelemahan, pastikan mengimbanginya dengan usaha untuk meningkatkan kemampuan diri. Contohnya, belum memiliki pengalaman profesional di bidang jual beli. Meski demikian, saya tetap berusaha untuk meningkatkan kemampuan dengan mengikuti kelas online marketing. Tentu saja jawaban tersebut hanya contoh, sesuaikan dengan kondisi Anda.

4. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan Indomaret

pertanyaan interview indomaret

Pertanyaan ini bisa muncul salah satu atau keduanya sekaligus. Maka dari itu, pastikan untuk mencari informasi seputar perusahaan dan jobdesk yang dilamar. Setidaknya, kumpulkan informasi dasar seputar dua hal tersebut.

Jika pertanyaannya tentang perusahaan, Anda bisa menyebutkan induk perusahaan, kapan didirikan, dan merupakan perusahaan di bidang apa. Apabila ada, jelaskan pula nilai plus dari perusahaan yang hendak kamu lamar. Contohnya, waralaba dengan toko terbanyak di Indonesia.

Adapun terkait peran yang dilamar, Anda perlu menjelaskan pengetahuan tentang tugas-tugas peran tersebut. Selain tanggung jawab, juga skills atau kemampuan yang diperlukan. Anda bisa menambahkan pandangan Anda dalam jawaban pertanyaan interview Indomaret ini.

Baca juga: Tugas Store Crew Indomaret

5. Apa rencana tahun-tahun ke depan

Sekali lagi, pertanyaan ini mungkin muncul bisa juga tidak. Namun, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan jawabannya. Pertanyaan seputar rencana ke depan bertujuan untuk mengetahui langkah yang hendak Anda ambil. Hindari menjawabnya dengan pertanyaan ‘tidak tahu’ atau ‘tidak punya rencana’ karena ini dapat memengaruhi pendapat HRD terhadap Anda.

Baca juga:  Cara Belanja di Indomaret Pakai Shopee Paylater

Jawab dengan goals yang ingin Anda capai. Misalnya, dalam tiga tahun saya memiliki rencana agar bisa diangkat sebagai supervisor. Atau, sebutkan capaian pribadi, termasuk menikah dan sebagainya.

6. Pertanyaan ya-tidak

pertanyaan interview indomaret

Ada berbagai pertanyaan interview Indomaret yang mungkin membutuhkan jawaban ya atau tidak. Misalnya, ‘siapkah Anda ditempatkan di lokasi toko yang berbeda dengan domisili?’, ‘apakah Anda siap dengan sistem shift kerja Indomaret?’, ‘apakah Anda siap jika harus bekerja melebihi jam yang ditetapkan?’. dan sebagainya.

Perusahaan tentu mengharapkan jawaban ‘ya’ sebagaimana bentuk tanggung jawab pegawai nantinya. Jelaskan pula kenapa Anda menjawab demikkian. Di luar itu, Anda bisa menanyakan kembali terkait hak-hak yang diberikan seiring dengan tanggung jawab peran Anda. Misalnya, ketika harus lembur, apakah ada tunjangan tambahan.

7. Lebih suka kerja sendiri atau kelompok

Pertanyaan interview Indomaret ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Anda ketika bekerja. HRD tentu mengharapkan pekerja yang flexible dengan kemampuan menjalankan tugas secara individu maupun kelompok. Maka dari itu, usahakan menjawabnya secara netral.

Misalnya: “Saya pribadi bisa keduanya, Pak/Bu. Saya bisa menjalankan peran individu secara mandiri. Meski demikian, saya tetap bisa bekerja sama dengan orang lain guna bersama-sama mencapai tujuan dari perusahaan”. Sesuaikan kembali dengan gaya bahasa Anda.

8. Bagaimana respons Anda jika..

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Indomaret bergerak di bidang jual beli dan pelayanan yang mungkin memosisikan pegawai di banyak situasi. Keadaan tersebut mungkin di luar perkiraan, contohnya mendapati pembeli yang marah-marah.

Apabila mendapatkan pertanyaan interview Indomaret ini, Anda tidak perlu terburu-buru menjawab. Pikirkan dengan tenang dan sebisa mungkin menjawab dengan jawaban yang menunjukkan sisi positif. Misalnya, bagaimana respons Anda jika ada pembeli yang marah-marah?

Maka, bisa dijawab dengan tahapan-tahapan yang Anda ambil. “Saya akan berusaha untuk tetap tenang, tidak ikut tersulut emosi. Sebaliknya, saya akan mendengarkan keluhan dan mencoba mencari alternatif solusi untuk memberikan win-to-win bagi pembeli maupun perusahaan”.

9. Alasan mengapa perusahaan harus menerima Anda

pertanyaan interview indomaret

Pertanyaan interview Indomaret ini merupakan waktu Anda untuk ‘menjual’ kemampuan diri di depan HRD. Anda bisa menjelaskan skills yang Anda miliki dan keuntungannya bagi perusahaan. Pastikan jawaban Anda mengandung poin kontribusi baik dari Anda untuk perusahaan dan sebaliknya.

Baca juga:  Soal Tes Kompetensi Manajerial POLRI 2023 dan Jawabannya

Selain jawabannya, Anda juga perlu memperhatikan cara penyampaian. Usahakan untuk menjelaskan alasan mengapa perusahaan harus menerima Anda dengan cara yang antusias dan menunjukkan nilai positif. Perhatikan pula pemilihan kata agar tidak terkesan memaksa.

10. Berapa gaji yang Anda harapkan?

Rasanya ingin menjawab dengan nominal sebesar-besarnya, bukan? Namun, hal tersebut bukanlah jawaban bijak. Agar bisa menjawab pertanyaan interview Indomaret seputar gaji karyawan Indomaret, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Ketahui berapa besaran pendapatan dari peran yang akan Anda jalani ketika diterima di perusahaan. Besarannya juga bisa berbeda tergantung lokasi Anda bekerja. Anda bisa menanyakannya pada teman atau kerabat dengan peran yang sama, atau mencarinya di internet.

Dengan mengetahui besaran gaji umumnya, Anda bisa mengenali range pendapatan yang sesuai. Anda pun tidak mengharapkan terlalu besar yang memberatkan perusahaan, juga tidak menilai kecil skill yang nantinya akan diberikan pada perusahaan.

11. Ada pertanyaan?

pertanyaan interview indomaret

HRD biasanya akan menutup sesi wawancara dengan melemparkan pertanyaan. Pertanyaan interview Indomaret ini memungkinkan Anda mengetahui banyak hal seputar perusahaan, lingkungan kerja, bahkan peran yang akan Anda jalani. Usahakan untuk tidak melewatkan pertanyaan ini dengan jawaban ‘tidak ada’.

Alih-alih demikian, sebaiknya siapkan pertanyaan sejak sebelum wawancara dimulai. Anda bisa menanyakan apa saja. Termasuk fasilitas kerja, kontrak kerja, jam kerja, jenjang karir, dan sebagainya. Adanya pertanyaan pada HRD menunjukkan bahwa Anda antusias dan bersemangat mengusahakan peran dalam perusahaan tersebut.

Kemunculan pertanyaan interview Indomaret di atas akan sangat bervariasi pada setiap pelamar. Alangkah lebih baik jika mempersiapkan jawaban serta cara menjawab yang tepat. Termasuk memperhatikan intonasi, tidak buru-buru dalam menjawab, juga menampilkan jawaban yang Anda berikan. Dengan begitu, Anda akan meninggalkan kesan yang baik pada pewawancara. Anda pun memiliki peluang besar untuk diterima.

Bagikan: