Besar Gaji & Tunjangan Karyawan PLN Beserta Tugasnya 2020

Salah satu BUMN yang juga menjadi incaran para fresh graduate adalah PLN, karena gaji yang diberikan lumayan di atas rata-rata. Pendapatan mereka juga bukan hanya dari gaji, tetapi juga ada tunjangan-tunjangan lain yang sangat lumayan sebagai tambahan pendapatan sehingga totalnya menjadi lebih besar lagi.

Gaji dan Tunjangan Karyawan PLN

Gaji pegawai PLN ditentukan berdasarkan grade nya atau juga ditentukan dari posisi atau jabatannya. Nilai gaji pokok selanjutnya akan ditambah dengan tunjangan-tunjangan lain seperti BPJS, kesempatan belajar, serta bonus-bonus lainnya.

Gaji Karyawan PLN Serta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Sebelum membahas tentang gaji dan tugas dari karyawan PLN, berikut ini daftar gaji karyawan PLN disesuaikan dengan grade nya, antara lain:

Daftar Gaji Karyawan PLN Berdasarkan Grade Tahun 2020

  • Grade 1 dengan rata-rata gaji pokok 1.800.000 per bulan
  • Grade 2 dengan rata-rata gaji pokok 2.250.000 per bulan
  • Grade 3 dengan rata-rata gaji pokok 2.300.000 per bulan
  • Grade 4 dengan rata-rata gaji pokok 3.100.000 per bulan
  • Grade 5 dengan rata-rata gaji pokok 3.400.000 per bulan
  • Grade 6 dengan rata-rata gaji pokok 3.750.000 per bulan
  • Grade 7 dengan rata-rata gaji pokok 4.100.000 per bulan
  • Grade 8 dengan rata-rata gaji pokok 6.000.000 per bulan
  • Grade 9 dengan rata-rata gaji pokok 7.150.000 per bulan
  • Grade 10 dengan rata-rata gaji pokok 8.600.000 per bulan
  • Grade 11 dengan rata-rata gaji pokok 10.300.000 per bulan
  • Grade 12 dengan rata-rata gaji pokok 12.500.000 per bulan
  • Grade 13 dengan rata-rata gaji pokok 18.000.000 per bulan
  • Grade 14 dengan rata-rata gaji pokok 23.250.000 per bulan
  • Grade 15 dengan rata-rata gaji pokok 30.350.000 per bulan
  • Grade 16 dengan rata-rata gaji pokok 39.000.000 per bulan

Banyak yang mengatakan bahwa kisaran gaji yang diterima oleh fresh graduate karyawan PLN yaitu sekitar 6 hingga 7 jutaan setiap bulannya. Dan seperti di perusahaan BUMN pada umumnya, gaji tersebut akan terus meningkat sesuai dengan lama bekerja dan sesuai perjalanan karier yang juga terus berlanjut. Nah, berikut ini beberapa gambaran besaran gaji karyawan PLN dan tugas-tugasnya, antara lain:

Baca juga: Pengalaman Tes Masuk PLN, yang Mau Masuk, Baca!

Gaji Karyawan PLN dan Tugasnya Update 2020

  • Area Manager : 13-15 jutaan per bulan. Tugas pokoknya bertanggung jawab atas semua pelaksanaan pengelolaan usaha ketenagalistrikan secara efisien dan efektif. Hal itu meliputi pemasaran dan niaga, perencanaan dan pendistribusian energi listrik, keuangan serta SDM dan administrasi, pembinaan hubungan kerja dan kemitraan, serta pembinaan karyawan unit asuhannya.
  • Manager : 8,5-25 jutaan per bulan. Tugasnya mengatur dan mengontrol pekerjaan berkaitan dengan operasional pelayanan teknik di wilayah kerja masing-masing serta mengatur dan mendelegasikan tugas-tugas kepada staff di bawahnya. Selain itu juga bertugas mengembangkan organisasi dan mengatasi masalah lalu melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
  • Supervisor Keuangan : 9-11 jutaan per bulan. Tugasnya bertanggung jawab dalam menyusun anggaran, mengelola keuangan, serta menyelenggarakan kesekretariatan dan rumah tangga kantor serta mengelola SDM. Selain itu juga melaksanakan administrasi pengadaan hingga pendistribusian kebutuhan ATK dan lain-lain.
  • System Information Analyst : 9-11 jutaan per bulan. Tugasnya menganalisa sistem yang nantinya akan dikerjakan oleh programmer dengan membandingkan kelebihan dan kelemahan sistem yang akan dibangun. Analisa juga disesuaikan dan dibandingkan dengan kebutuhan pelanggan PLN serta disesuaikan dengan kebutuhan biaya untuk merealisasikannya.
  • Assistant Manager : 6-12 jutaan per bulan. Tugasnya melakukan koordinasi rencana kegiatan perusahaan untuk tahun berikutnya mulai dari RUPTL, RKAP, LKAO, LKAI, prakiran beban, master plan jaringan dan lain sebagainya. Asisten manager juga bermacam-macam yaitu asisten manager jaringan, konstruksi, pelayanan & administrasi, perencanaan & evaluasi, transaksi energi.
  • Asisten Analis Akuntansi : 7-9 jutaan per bulan. Tugasnya yaitu melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penerimaan pendapatan serta menyiapkan dokumen transaksi keuangan dan melakukan rekonsiliasi pendapatan operasi dengan baik.
  • Accounting Supervisor : 7-9 jutaan per bulan. Tugasnya yaitu memastikan dan memonitor administrasi sumber daya manusia, semua kegiatan kesekretariatan serta semua proses akuntansi dan keuangan. Selain itu juga disesuaikan dengan masing-masing pelayanan antara lain supervisor pemeliharaan meteran transaksi, transaksi energi listrik, PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan), pengendalian susut, administrasi umum dan pelayanan pelanggan.
  • Staff Administrasi : 7-10 jutaan per bulan. Tugasnya mencatat, menghimpun, mengelola, mengirim dan menyimpan data administrasi. Data tersebut meliputi semua hal yang berhubungan dengan informasi dan keterangan pemasukan atau pengeluaran berupa surat, faktur, panggilan telepon dan lain sebagainya.

Tunjangan dan Fasilitas Karyawan PLN

Tunjangan dan Fasilitas Karyawan PLN

PLN adalah salah satu BUMN yang memberikan gaji lumayan besar daripada BUMN lainnya. Hal itu juga bisa dilihat dari berapa besar dan beragamnya tunjangan yang mereka dapatkan sebagai karyawan PLN. Berikut ini berbagai macam tunjangan dan fasilitas yang akan didapatkan karyawan PLN, antara lain:

Sistem kenaikan gaji dengan Merit System

Di PLN, sistem kenaikan gajinya hampir setiap tahun meningkat berdasarkan merit system. Karier Anda akan semakin meningkat dan dibarengi dengan gaji yang terus naik sesuai jabatan. Dengan adanya sistem ini, karyawan PLN bisa terus mengoptimalkan kinerja mereka agar lebih cepat naik jabatan dan mendapatkan lebih banyak penghasilan serta benefit lainnya.

Mendapatkan Bonus

Karyawan PLN juga berkesempatan untuk mendapatkan bonus setiap bulan, setiap tahun dan setiap windu atau 8 bulan. Bonus yang diberikan pun bermacam-macam bentuk dan besarannya. Bonus yang paling umum adalah bonus P3 atau Pay for Performance yang lebih dikenal dengan sebutan semesteran. Bonus tersebut diberikan jika dalam jangka waktu tertentu kinerja sebagai karyawan memuaskan sesuai dengan posisi atau jabatan masing-masing karyawan PLN.

Mendapatkan Dana Pensiun

Dana pensiun merupakan salah satu tunjangan yang diberikan oleh hampir semua perusahaan BUMN atau perusahaan swasta yang cukup besar. di PLN, dana pensiunnya disebut DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan yaitu semacam jaminan hari tua yang sudah diatur secara otomatis oleh sistem PLN.

Baca juga: Sedikit yang Tau Gaji Pegawai Samsat Terbaru 2020, Penasaran?

Mendapatkan Tunjangan BPJS

Sama seperti perusahaan BUMN lainnya, karyawan PLN akan mendapatkan tunjangan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS akan dibayarkan oleh perusahaan dan dapat dinikmati oleh karyawan jika mengalami kecelakaan kerja atau masalah kesehatan lainnya.

Mendapatkan Fasilitas dan Akses Kesehatan

PLN menyediakan kelengkapan dan kemudahan akses fasilitas kesehatan untuk karyawannya. Bahkan, biasanya keluarga karyawan pun ikut di prioritaskan untuk mendapatkan kemudahan akses fasilitas kesehatan yang mereka butuhkan.

COP atau Car Ownership Program

Bagi karyawan PLN yang memenuhi syarat dan kriteria, maka akan mendapatkan COP atau Car Ownership Program.

Mendapatkan kesempatan belajar

Sebagai karyawan PLN, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk sekolah atau melanjutkan pendidikan di berbagai instansi pendidikan. Selain itu, karyawan PLN juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai macam pelatihan khusus lainnya untuk mengembangkan skill dalam bekerja.

Cuti Tahunan Lebih Banyak

Bila dibandingkan dengan karyawan perusahaan swasta, cuti tahunan yang diberikan kepada karyawan PLN terbilang lebih banyak. Jatah cuti tersebut bisa digunakan untuk liburan bersama keluarga dan beristirahat melepas penat.

Nah, itulah berbagai macam informasi seputar gaji dan tunjangan karyawan PLN yang peru diketahui. Dengan mengetahui hal ini, tentu Anda akan semakin bersemangat untuk mengejar karier sukses di masa mendatang. Untuk mendaftar dan melamar pekerjaan di PLN, Anda bisa mengunjungi website resmi PLN dan klik di bagian tab karier. Setelah itu, bisa langsung mendaftar secara online dan semua informasi mengenai persyaratan dan dokumen lamaran kerja sudah tersedia di website tersebut.

Tinggalkan komentar