Cara Pakai Aplikasi Grab, Simple Kok!

Cara menggunakan aplikasi grab – Masih bingung gimana cara memakai aplikasi Grab? Sebenarnya, ada beberapa cara menggunakan aplikasi Grab yang mudah dan tidak sulit untuk dilakukan, bahkan oleh pengguna baru.

Terdapat tiga layanan pada aplikasi Grab yang dapat digunakan, yaitu :

  • Transportasi (Grabbike, Grabcar, Grabhitc, Grab taxi, dsb.)
  • Makanan (GrabFood )
  • Express (pengiriman barang atau kurir)

Sebelum menggunakan layanan Grab, tentunya pengguna harus mendownload dan menginstal terlebih dahulu aplikasinya di Playstore. Kemudian, daftarkan data diri. Jika sudah selesai, kini calon pelanggan sudah bisa menggunakan aplikasi Grab dan mencoba layanannya. Pertama, untuk menggunakan layanan transportasi, silakan buka terlebih dahulu aplikasi Grab.

Cara menggunakan aplikasi grab
Buka app grab untuk memulai

Perhatikan gambar diatas. Untuk memilih layanan, langsung tap bagian yang ditunjukkan panah merah di gambar. Kemudian, akan muncul tiga layanan grab yang dapat digunakan di layar ponsel. Lihat gambar dibawah ini:

Cara menggunakan aplikasi grab
Service grab

Karena kita akan membahas bagaimana cara menggunakan aplikasi Grab untuk memesan layanan transportasi, silahkan pilih bagian transportasi (pojok kiri).

Cara pesan Grabbike, Grabcar, Grabtaxi, Grabhitc, dll.

  • Pengaturan Lokasi Antar-Jemput

Setelah memilih layanan transportasi, perhatikan kembali gambar pertama; angka nomor 1 pada kotak berwarna merah menunjukkan titik lokasi dimana anda berada saat membuka aplikasi. Untuk memesan ojek atau taksi online di lokasi lain (misalnya untuk teman atau saudara di lokasi berbeda), silahkan ganti dengan lokasi penjemputan.

Cara menggunakan aplikasi grab
Setting Pick Up Drop Down

Lalu, isi kotak nomor 2 dengan lokasi tujuan Anda. Sebagai contoh, pada gambar dibawah ini saya akan memesan grabbike dengan titik penjemputan dari Universitas Trisakti menuju Monumen Nasional.

Dapat dilihat dalam gambar, titik penjemputan dan tujuan sudah diisi. Nah, apabila pelanggan ingin mendapat layanan transportasi Grab, maka kedua kotak tersebut harus diisi. Jika pelanggan ingin menambahkan tujuan, silakan tap tanda (+) yang dilingkari dengan warna merah. Memesan dua tujuan sekaligus berguna apabila pelanggan ingin mampir terlebih dahulu ke suatu tempat sebelum menuju tujuan utama. Jadi, pelanggan sebagai pengguna layanan tidak perlu untuk memesan dua kali.

  • Buat Perjalanan Anda ‘Personal’
Baca juga:  Alamat Kantor Grab Bandung 2019 Buat yang Daftar/ Bermasalah
Cara menggunakan aplikasi grab
Personal travel

Bila ingin melanjutkan layanan, mari coba lihat kembali gambar pada kotak berwarna hijau. Di dalam kotak tersebut terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Pertama, pelanggan dapat memilih tipe perjalanan (pribadi atau bisnis)
  2. Kedua, terdapat pilihan transaksi (tunai alias dengan uang cash dan non-tunai atau Grabpay). Pengguna dapat melakukan transaksi non-tunai dengan cara melakukan top up atau menghubungkan rekening bank ke akun Grab terlebih dahulu.
  3. Ketiga, pengguna bisa mendapat layanan saat ini juga (alias ‘sekarang’) atau menjadwalkannya di lain waktu.
  4. Keempat, pengguna dapat memanfaatkan kode promo. Kode promo biasanya didapatkan pada kotak notifikasi di aplikasi Grab. Promo yang ditawarkan bisa meliputi potongan harga mulai dari 10% hingga 100% dengan batas tertentu. Hal yang menarik adalah Grab sering kali menawarkan promo dari waktu ke waktu kepada pelanggan. Biasanya pelanggan hanya perlu memperhatikan kode promo yang berlaku saat itu.
  5. Kelima, pengguna dapat menuliskan catatan untuk pengemudi mengenai posisi atau ciri-ciri fisik seperti warna baju, tas, dan lainnya agar driver dapat menemukan pelanggan dengan mudah dan layanan berjalan lebih lancar.
  • Pilih Layanan dan Cek Harga
Cara menggunakan aplikasi grab
Pilih jenis layanan dan lihat harganya

Jika sudah mengisi semua kotak, pelanggan akan bisa melihat estimasi biaya pada bagian yang ditunjukkan panah merah sesuai layanan yang dipesan. Bila ingin memesan layanan selain Grabbike silakan tekan pada tulisan Grabbike. Kemudian, akan muncul opsi lain yang dapat dipilih seperti Grabcar, Grabbike, Grab Hitch Car, Grab Hitch Bike, Grab Taxi, dll.

  • Cabut ke Tujuan Anda!

Sudah siap dijemput? Tekan tombol pesan berwarna hijau dibawah dan tunggu driver Anda tiba. Bila tidak ingin menunggu, gunakanlah fitur Grabnow jika ada driver grab yang berada di dekat lokasi Anda.

Baca juga:  10 Perbandingan Jenis Mobil Grab 2019 VS 2018

Jadi, cara menggunakan aplikasi Grab untuk memesan layanan transportasi sebenarnya tidak rumit. Selain fiturnya sudah bisa langsung ditemukan begitu pelanggan membuka aplikasinya, tampilan aplikasinya pun sederhana sehingga memudahkan pengguna. Siap mencoba menggunakan layanan Grab?

Bagikan:

Tinggalkan komentar