4 Cara Cek Angsuran PNM Mekaar dan ULaMM

Ingin mengecek angsuran PNM yang Anda miliki, tapi bingung bagaimana cara melakukannya? Nah, sekarang Anda tak perlu bingung lagi. Anda bisa menyimak pembahasannya dalam artikel ini hingga selesai.

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan pembiayaan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Perusahaan ini didirikan oleh pemerintah pada 1 Juni 1999.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai jenis produk pinjaman yang diberikan oleh PNM kepada para pelaku UMKM.

Jenis Produk Pinjaman PNM

cek angsuran pnm

PNM memiliki beberapa jenis produk pinjaman, di antaranya yaitu PNM ULaMM dan PNM Mekaar. Untuk penjelasan lebih lanjutnya ada di bawah ini.

1. PNM ULaMM

PNM meluncurkan produk PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) pada Agustus 2008. PNM ULaMM ini ditujukan untuk para pelaku usaha mikro dan kecil, baik perorangan maupun badan usaha.

Tak hanya menawarkan modal usaha saja, nasabah juga dibantu untuk mengembangkan usahanya dengan berbagai dukungan teknis, seperti pelatihan, jasa konsultasi, pendampingan, serta dukungan pengelolaan keuangan dan akses pasar bagi nasabah.

PNM ULaMM juga memiliki layanan pembiayaan yang dilakukan sesuai dengan prinsip syariah, yakni bernama PNM ULaMM Syariah. Semua ketentuan dalam PNM ULaMM Syariah ini didasarkan pada fatwa dan/atau pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, baik dari sumber pendanaan hingga penyaluran pembiayaannya.

Nasabah PNM ULaMM dan PNM ULaMM Syariah dapat mengajukan pinjaman hingga sebesar Rp 250 juta dengan pilihan tenor angsuran selama 12-48 bulan.

Baca juga:  Tabel Angsuran BPR KS 2024

2. PNM Mekaar

Selanjutnya, pada tahun 2016, PNM meluncurkan PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Layanan pinjaman modal ini dikhususkan untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro. PNM Mekaar dilakukan secara berkelompok dengan minimal terdiri dari 10 nasabah.

PNM Mekaar menerapkan sistem kelompok tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan para nasabah. Setiap kelompok wajib mengadakan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) setiap seminggu sekali untuk membayar angsuran mingguan sekaligus pembinaan usaha.

Sama seperti PNM ULaMM, PNM Mekaar juga memiliki layanan pembiayaan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum Islam, yakni bernama PNM Mekaar Syariah.

Semua ketentuan dalam PNM Mekaar Syariah ini didasarkan pada fatwa dan/atau pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Sebelum memperoleh pinjaman nasabah wajib menaati janji nasabah PNM Mekaar.

Besaran pinjaman yang dapat diperoleh para nasabah PNM Mekaar berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per nasabah, dengan skema cicilan (untuk pinjaman Rp 2 juta) Rp50.000 per minggu selama 50 minggu atau Rp90.000 per minggu selama 25 minggu.

Usai mengetahui mengenai jenis produk pinjaman yang ditawarkan oleh PNM, lantas bagaimana cara cek angsuran PNM ULaMM dan PNM Mekaar? Yuk, temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini!

Cek Angsuran PNM ULaMM

Pertama, untuk mengecek angsuran PNM ULaMM dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat melakukannya secara online maupun offline.

1. Cek angsuran PNM melalui Virtual Account

cek angsuran pnm

Cara untuk mengecek angsuran melalui Virtual Account dapat berbeda-beda untuk setiap bank. Berikut merupakan cara cek angsuran melalui Virtual Account untuk BNI dan BRI.

ATM BNI

  • Masukkan kartu ATM dan PIN BNI
  • Pilih “Menu Lainnya” > “Transfer” > “Virtual Account Billing”
  • Masukkan nomor Virtual Account
  • Kemudian tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar
Baca juga:  6 Cara Cek Angsuran Adira Finance Secara Online

Mobile Banking BNI

  • Masuk ke menu utama Mobile Banking BNl
  • Pilih menu “Transfer” > “Virtual Account Billing”
  • Pilih rekening debet
  • Masukkan nomor Virtual Account
  • Setelah itu, akan muncul detail tagihan yang harus dibayarkan

ATM BRI

  • Masukkan kartu ATM dan PIN BRI
  • Pilih menu “Transaksi Lain” > “Pembayaran” > “Menu Lainnya” > “BRIVA”
  • Masukkan nomor Virtual Account
  • Kemudian informasi mengenai angsuran akan muncul pada layar

Mobile Banking BRI

  • Masuk ke menu utama Mobile Banking BRI
  • Pilih menu “BRIVA”
  • Masukkan nomor Virtual Account
  • Selanjutnya, nominal tagihan pembayaran akan muncul pada layar

2. Cek angsuran PNM melalui Virtual Klik Indomaret

Cek angsuran PNM melalui Virtual Klik Indomaret

Cara yang bisa Anda coba selanjutnya adalah dengan mengeceknya melalui Virtual Klik Indomaret. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengecek tagihan yang harus dibayarkan melalui Virtual Klik Indomaret.

  • Buka website Virtual Klik Indomaret
  • Pilih menu “Multi Finance” > “Permodalan Nasional Madani (PNM)” atau cari di kolom pencarian dengan mengetik “Permodalan Nasional Madani (PNM)”
  • Masukkan Nomor Kontrak/ID Pelanggan, klik “Bayar”
  • Pada halaman berikutnya akan muncul informasi terkait tagihan yang harus dibayarkan

3. Cek angsuran PNM melalui kantor cabang

cek angsuran pnm

Tak hanya dua cara di atas, Anda juga bisa menanyakan perihal angsuran ini dengan mengunjungi kantor cabang PNM terdekat. Anda bisa menanyakannya langsung pada petugas di kantor terkait besaran tagihan angsuran yang Anda miliki. Hingga kini PNM sendiri telah memiliki 200 lebih kantor cabang yang tersebar di banyak kota/kabupaten di Indonesia.

Cek Angsuran PNM Mekaar

Berbeda dengan PNM ULaMM, cara untuk mengecek angsuran PNM Mekaar dapat dilakukan dengan menanyakannya langsung pada saat melakukan kegiatan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) yang diadakan setiap minggu sekali.

Baca juga:  Besaran Gaji PNM Mekaar 2024 dan Tunjangannya

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai jenis produk pinjaman PNM hingga cara mengecek angsuran PNM ULaMM dan PNM Mekaar yang bisa Anda coba ikuti. Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar