2 Contoh Rekening Koran Mandiri : Syarat dan Cara Cetak

Meskipun rekening koran memiliki fungsi sangat penting, namun beberapa nasabah Bank Mandiri mungkin masih merasa asing dengan istilah ini. Jika Anda termasuk salah satunya, tak ada ruginya untuk menyimak ulasan tentang contoh rekening koran Mandiri dalam artikel ini.

Mengingat rekening koran dapat digunakan untuk pengajuan pinjaman dan pengajuan visa ke luar negeri. Untuk itu, mari simak penjelasan tentang rekening koran Mandiri beserta cara cetak dan contohnya.

Apa itu Rekening Koran?

Rekening koran merupakan catatan transaksi nasabah secara menyeluruh baik pada rekening individu maupun badan usaha. Bedanya dengan buku rekening adalah rekening koran menampilkan lebih banyak detail seperti kegunaan aliran dana.

Biasanya rekening koran lebih banyak digunakan oleh perusahaan atau badan usaha. Sebab banyak manfaat yang diberikan untuk perusahaan seperti audit keuangan perusahaan, pengajuan pinjaman, dan bukti hukum.

Akan tetapi, rekening koran juga berguna untuk individu yang ingin membuat visa. Hal tersebut bertujuan untuk memeriksa kondisi keungan bagi pihak yang mengajukan visa agar tidak kekurangan dana saat berada di luar negeri.

Syarat Cetak Rekening Koran

Sebelum memberikan contoh rekening koran Mandiri, Anda perlu mengetahui apa saja syarat cetak rekening koran bagi nasabah bank Mandiri. Berikut ini dokumen yang perlu disiapkan, yaitu :

  1. Kartu identitas (KTP)
  2. Kartu ATM Bank Mandiri
  3. Buku tabungan Bank Mandiri
  4. Membayar biaya cetak sesuai jumlah lembar yang ingin dicetak

Syarat di atas diperlukan untuk pengajuan cetak rekening koran karena untuk menghindari adanya kejahatan seperti pencurian.

Baca juga:  9 DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah 2022

Cara Cetak Rekening Koran Mandiri

Bagi Anda nasabah Bank Mandiri yang ingin mencetak rekening koran, ada dua cara yang bisa digunakan. Cara tersebut adalah cara offline dengan datang langsung ke kantor cabang dan secara online.

Cetak rekening koran di kantor cabang Bank Mandiri

Setelah Anda melengkapi persyaratan dokumen, Anda dapat mendatangi kantor cabang Bank Mandiri. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Datang ke kantor cabang Bank Mandiri

Anda dapat mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Akan tetapi, jika Anda ingin mencetak rekening koran lebih dari setahun maka Anda harus datang ke kantor cabang tempat membuka rekening.

2. Ambil nomor antrean

Setelah datang di kantor cabang, ambil nomor antrean yang berada di dekat pintu. Ambillah nomor antrean untuk Customer Service (CS).

3. Jelaskan keperluan pada CS

Apabila nomor Anda sudah dipanggil, Anda dapat mendatangi CS. Selanjutnya jelaskan keinginan untuk mencetak rekening koran beserta jumlah periode yang ingin dicetak. 

4. Serahkan dokumen persyaratan

Setelah memberi tahu informasi keperluan Anda, serahkan dokumen persyaratannya kepada CS.

5. Pembayaran biaya cetak

Selanjutnya petugas akan menjelaskan berapa biaya yang diperlukan. Anda dapat membayar setelah rekening koran selesai dicetak.

Cetak rekening koran Mandiri livin

Apabila Anda tidak punya waktu untuk datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Anda bisa melakukan pengajuan cetak rekening koran secara online melalu internet banking. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu :

1. Kunjungi situs ibank.bankmandiri.co.id

contoh rekening koran mandiri

Sebelum mengunjungi situs internet banking Bank Mandiri di atas, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen persyaratannya. Kemudian masukkan User ID dan password, Anda perlu mendaftar internet banking terlebih dahulu di ATM.

Baca juga:  Tabel Pinjaman Akulaku 2022: Bunga, Biaya, dan Tenor

2. Pilih Rekening Tabungan dan Giro Mandiri

contoh rekening koran mandiri

Ada beragam pilihan jenis tabungan, Anda bisa memilih Rekening Tabungan dan Giro Mandiri.

3. Terakhir pilih periode transaksi

contoh rekening koran mandiri

Pada pilihan periode transaksi, Anda bisa memilih periode yang diinginkan. Anda bisa mengambil rentang waktu maksimal 1 bulan. Setelah memilih periode transaksi, Anda bisa klik Cari.

4. Klik Unduh

contoh rekening koran mandiri

Setelah tampilan rekening koran terlihat, Anda bisa klik Unduh untuk mendapatkan rekening koran dalam bentuk pdf.

Setelah melalui beberapa langkah di atas, Anda bisa menerima rekening koran Mandiri. Nah, untuk contoh rekening koran Mandiri dapat Anda lihat di bawah ini.

Contoh Rekening Koran Mandiri

Sama seperti cara cetak rekening koran Mandiri, bentuk rekening koran Bank Mandiri juga terdiri dari dua bentuk. Berikut ini contoh rekening koran Mandiri, yaitu :

1. Contoh rekening koran Mandiri bentuk fisik

contoh rekening koran mandiri
Contoh rekening koran Mandiri. (Paylaterin)

Contoh rekening koran Mandiri di atas adalah rekening koran yang diperoleh dari kantor cabang Bank Mandiri. Rekening koran akan berbentuk lembaran dengan header berwarna biru sesuai dengan nuansa Bank Mandiri. Selain itu, ada logo Bank Mandiri di pojok atas kanan.

2. Contoh rekening koran Mandiri bentuk online

contoh rekening koran mandiri
Contoh rekening koran Mandiri online. (Scribd)

Berbeda dengan rekening koran dalam bentuk fisik, versi online memiliki bentuk lebih sederhana, namun informasi yang ditampilkan tetap sama.

Biaya Cetak Rekening Koran Mandiri

Biaya untuk mencetak rekening koran Bank Mandiri akan berbeda sesuai dengan jenis tabungan yang dimiliki. Di bawah ini daftar biaya yang perlu Anda keluarkan jika ingin cetak rekening koran mandiri, yaitu :

JenisTransaksiBiaya cetak/ lembar
Tabungan3 bulanRp2.500
Tabungan Rencana Valas3 bulanUS$0.5
Tabungan Rencana Rupiah3 bulanRp3.000
Giro Rupiah< 3bulan 3-6bulan 6-9bulan 9-12bulan >12 bulanRp2.500 Rp5.000 Rp10.000 Rp15.000 Rp20.000

Cara Membaca Rekening Koran Mandiri

Pada contoh rekening koran Mandiri, Anda akan menemukan beberapa informasi penting yang kemungkinan masih asing di telinga orang awam. Supaya lebih mudah memahami isi rekening koran, berikut ini penjelasan untuk bagian-bagian penting pada rekening koran yaitu :

Baca juga:  6 Cara Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey

1. Informasi bank

Di lembar rekening koran tercantum informasi nama bank, alamat bank, dan nomor telepon customer service. Fungsi dari informasi ini adalah untuk memudahkan Anda ketika terjadi masalah atau kesalahan pada mutasi rekening.

2. Informasi bisnis

Rekening koran juga menyediakan informasi tentang perusahaan Anda, seperti nama pemilik usaha, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya.

3. Informasi akun

Pada setiap rekening koran yang dicetak akan ada informasi akun pemilik rekening, seperti nama pemilik dan nomor rekening.

4. Tanggal periode

Biasanya nasabah tidak akan mencetak seluruh transaksi dari awal kepemilikan, jadi inilah fungsi adanya tanggal periode. Hal tersebut untuk memberikan informasi yang lebih detail dan terpercaya.

5. Ringkasan akun

Ringkasan akun terdiri dari saldo rekening awal dan akhir, total deposito, dan total penarikan.

6. Ringkasan transaksi

Dalam rekening koran Mandiri akan ada informasi mengenai ringkasan transaksi yang menampilkan daftar transaksi yang urut. Oleh karena itu, ringkasan transaksi terdiri dari tangga transaksi, nominal transaksi, deskripsi transaksi (debit/ kredit), dan saldo akun.

Penutup

Itulah informasi mengenai rekening koran dan contoh rekening koran Mandiri. Anda bisa menyimpan informasi ini untuk berjaga-jaga jika memerlukan rekening koran. Mengingat rekening koran sangat diperlukan apalagi jika Anda memiliki bisnis.

Bagikan: