3 Contoh Rekening Koran BCA : Syarat, Biaya, dan Cara Cetak

Bagi para nasabah Bank BCA yang ingin mengajukan kredit/ pinjaman. Anda perlu mengetahui seluk beluk dan contoh rekening koran BCA. Sebab rekening koran merupakan salah satu syarat dokumen saat mengajukan kredit/ pinjaman.

Pihak kredit/ pinjaman akan menggunakan rekening koran Anda untuk melihat bagaimana riwayat penggunaan uang Anda selama ini. Ini juga akan menjadi pertimbangan apakah kredit/ pinjaman Anda disetujui atau tidak. Oleh karena itu, simaklah penjelasan mengenai rekening koran BCA di bawah ini.

Syarat dan Biaya Cetak Rekening Koran BCA

Bagi Anda yang ingin mencetak rekening koran BCA di kantor cabang, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan. Tak usah khawatir, dokumen ini sangat mudah disiapkan. Dokumen tersebut diantaranya adalah :

  1. Identitas diri (KTP)
  2. Buku tabungan
  3. Kartu ATM

Selain dokumen di atas, Anda juga perlu menyiapkan biaya cetaknya. Anda bisa menyiapkan uang sebesar Rp2.500 untuk per lembarnya. Jadi jika Anda ingin mencetak rekening koran sekitar 3 bulan, sebaiknya siapkan uang sekitar Rp7.500 hingga Rp10.000 untuk berjaga-jaga.

Ada cara lain juga untuk membayar biaya cetak rekening koran BCA. Anda bisa langsung membayar dengan uang di rekening. Untuk prosesnya, bisa diserahkan langsung kepada customer service.

Biaya dan dokumen tersebut tidak perlu disiapkan jika Anda mencetaknya melalui m-banking. Untuk syarat dokumen, Anda hanya perlu user ID dan password untuk masuk di akun m-banking.

Cara Cetak Rekening Koran BCA

Untuk mencetak rekening koran BCA, ada dua cara yang bisa dilakukan yakni langsung datang ke kantor cabang dan secara online. Berikut ini penjelasan lebih rinci tentang kedua cara tersebut.

Baca juga:  3 Cara Memulihkan Akun Kredivo Terblokir Sementara

Cara cetak rekening koran di kantor cabang

Setelah melengkapi dokumen persyaratan pengajuan, Anda bisa pergi ke kantor cabang BCA terdekat. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Ambil nomor antrean

Ketika sudah berada di kantor cabang terdekat, jangan lupa untuk segera mengambil nomor antrean customer service. Anda bisa datang lebih pagi agar mendapatkan nomor antrean lebih awal.

2. Sampaikan tujuan

Setelah nomor antrean dipanggil, Anda bisa menyampaikan keperluan yakni ingin mencetak rekening koran. Pada kesempatan ini, Anda bisa sekaligus menyerahkan dokumen persyaratan.

3. Sampaikan periode waktu

Apabila customer service sudah selesai memeriksa dokumen persyaratan, biasanya nasabah akan diminta menyebutkan periode rekening koran. Anda bisa minta untuk mencetak rekening koran minimal 1 bulan.

4. Lakukan pembayaran

Jika rekening koran sudah dicetak, Anda bisa melakukan pembayaran secara tunai atau melalui pemotongan rekening. Jika Anda ingin pembayaran dilakukan dengan pemotongan rekening, Anda bisa langsung menyampaikannya kepada customer service.

Cara cetak rekening koran BCA lewat m-Banking

Bagi Anda nasabah BCA yang memiliki m-Banking akan lebih mudah untuk mencetak rekening koran. Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang BCA. Caranya pun juga cukup mudah, diantaranya adalah :

1. Buka BCA m-Banking

Cara cetak rekening koran

Buka BCA m-Banking, kemudian pilih KlikBCA dan buka pada browser Anda.

2. Klik Full Site

Cara cetak rekening koran

Selanjutnya setelah terlihat tampilan Klik BCA, klik Full Site untuk mendapatkan tampilan versi desktop.

3. Pilih e-Statement

Cara cetak rekening koran

Setelah tampilan desktop terlihat, perbesar layar. Kemudian pilih e-Statement yang berada di samping kiri.

4. Pilih Tabungan dan Giro

Cara cetak rekening koran

Pada menu e-Statement akan ada pilihan bentuk tabungan. Pilih Tabungan dan Giro untuk mengambil rekening koran tabungan.

Baca juga:  Cara Aktifkan DANA Paylater dengan Cepat dan Mudah

5. Pilih periode waktu

Cara cetak rekening koran

Selanjutnya Anda dapat memilih periode waktu yang ingin Anda cetak rekening korannya. Anda dapat memilih minimal 1 bulan.

6. Klik Download

Untuk mendapatkan rekening koran dalam bentuk pdf, pilih menu download di bagian paling bawah.

Contoh Rekening Koran BCA

Supaya Anda lebih memahami dan tidak mudah ditipu, Anda perlu mengerti bagaimana bentuk rekening koran melalui contoh rekening koran BCA di bawah ini.

1. Contoh rekening koran BCA online

Contoh Rekening Koran BCA

Apabila Anda mencetak rekening koran BCA melalui m-Banking, tampilan rekening koran akan seperti contoh rekening koran BCA di bawah ini.

2. Contoh rekening koran BCA 3 bulan terakhir

Contoh Rekening Koran BCA

Bentuk rekening koran yang diambil secara online dengan di kantor cabang terdekat memiliki bentuk yang sama. Terdiri dari logo bank BCA dan informasi pribadi pengguna.

3. Contoh rekening koran BCA Xpresi

Contoh Rekening Koran BCA

Bagi pengguna BCA Xpresi yang ingin mencetak rekening koran di kantor cabang terdekat. Anda hanya perlu membawa kartu ATM dan KTP, sebab pengguna produk ini tidak memiliki buku tabungan.

Untuk perbedaannya dengan rekening koran secara umum, rekening koran ini memiliki tulisan Xpresi di bagian atas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh rekening koran BCA yaitu :

Baca juga: Contoh Rekening Koran Mandiri

Cara Membaca Rekening Koran BCA

Ada beberapa istilah yang masih terdengar awam untuk nasabah pada rekening koran. Berikut ini penjelasan beberapa istilah yang sulit dipahami di rekening koran BCA, yaitu :

1. SWITCHING DB

SWITCHING DB merupakan nominal transfer keluar ke bank yang berbeda. Contohnya dari BCA (Anda) ke Bank BNI (orang lain).

2. SWITCHING CR

SWITCHING CR merupakan transferan masuk dari bank yang berbeda. Contohnya Anda menerima transferan dari bank BNI (orang lain).

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar Akulaku: Denda, Resiko, dan DC

3. TRSF E-BANKING DB

Tulisan ini merupakan jumlah uang yang keluar dari rekening BCA. Ini bisa menunjukkan transfer ke bank BCA lainnya ataupun pembayaran melalui Virtual Account BCA.

4. TRSF E-BANKING CR

Tanda ini merupakan jumlah uang yang masuk dari rekening yang sama atau dari BCA.

5. KR-OTOMATIS

Keterangan ini digunakan untuk menjelaskan transaksi yang terjadi secara otomatis, misalnya payroll.

6. BI-Fast

BI-Fast merupakan transaksi transfer dengan layanan dari Bank Indonesia. Jika menggunakan layanan transfer ini transfer beda bank hanya akan lebih murah, yakni Rp2.500 saja.

Contoh rekening koran BCA beserta cara mencetak dan cara membacanya. Informasi ini akan bermanfaat ketika Anda ingin membuat rekening koran. Selain itu, bagi Anda yang bekerja sebagai credit analysis atau pegawai pembuatan visa ini dapat menjadi bekal yang baik untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.  

Bagikan:

Tinggalkan komentar