4 Tempat Gadai Sertifikat Rumah 1 Jam Cair Tanpa Ribet

Dalam kondisi finansial yang terdesak, tidak jarang orang menjadikan gadai sebagai solusi mendapatkan pinjaman dengan cepat.

Bukan hanya emas, kendaraan atau perangkat elektronik, kini gadai sertifikat rumah 1 jam cair juga menjadi penawaran menarik lainnya yang cukup menjanjikan untuk mendapat kucuran dana dalam waktu singkat.

Umumnya, proses gadai sertifikat tanah maupun rumah membutuhkan proses panjang.

Mulai dari pengajuan hingga survei, solusi mendapatkan dana pinjaman cepat cukup sulit diperoleh mengingat pihak layanan pinjaman juga membutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan informasi catatan kredit nasabah di Bank Indonesia.

Meski begitu, ada beberapa perusahaan atau layanan pinjaman yang menawarkan pinjaman instan ini. Berikut daftar tempat gadai sertifikat rumah 1 jam cair, limit besar dan tanpa BI checking!

Tempat Gadai Sertifikat Rumah 1 Jam Cair

Memilih tempat gadai untuk sertifikat rumah memang tidak selalu mudah sebab Anda juga perlu mempertimbangkan kredibilitas perusahaan yang memberikan layanan pinjaman.

Hal ini penting mengingat solusi instan sekalipun tetap harus diimbangi dengan jaminan keamanan aset yang akan digadaikan.

Berikut ini beberapa tempat gadai sertifikat rumah 1 jam yang bisa menjadi pertimbangan saat Anda membutuhkan dana pinjaman cepat. 

Pegadaian

Pegadaian telah menjelma menjadi ‘sahabat’ masyarakat saat membutuhkan dana instan melalui proses gadai, mulai dari emas, kendaraan, hingga peralatan elektronik.

Kini Pegadaian bahkan menyediakan fasilitas gadai sertifikat, baik rumah maupun tanah, dengan persyaratan dokumen dan cara pengajuan yang mudah melalui Pegadaian Syariah.

Plafon yang ditawarkan mulai dari Rp 5.000.000 sampai dengan Rp200.000.000 dengan tenor minimal 12 bulan dan maksimal 60 bulan.

Sebagai Sahabat Pegadaian yang menggadaikan sertifikat, nantinya Anda akan dibebankan biaya sewa maksimal 8.40% per tahun.

Terkait simulasi angsuran, pihak Pegadaian Syariah sendiri memberikan informasi yang jelas dalam perjanjian pinjamannya.

Misalnya, untuk nilai taksiran rumah senilai Rp 105.000.000 dan pinjaman dana Rp 100.000.000, Anda akan dibebankan angsuran Rp 10.118.333/bulan dengan biaya sewa 0.7% tenor 12 bulan.

Persyaratan Dokumen

Terkait persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk proses gadai sertifikat di Pegadaian Syariah antara lain sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP (calon nasabah dan pasangan), KK, dan surat nikah/surat cerai
  • Surat Keterangan domisili (jika ada)
  • Fotokopi IMB (untuk uang pinjaman di atas Rp 100 juta) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB)
  • Sertifikat asli
  • Surat keterangan usaha (SKU) khusus untuk pelaku usaha mikro/kecil
  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun saat jatuh tempo akad
  • Memiliki pendapatan rutin dibuktikan slip gaji 2 bulan terakhir.
Baca juga:  6 Tempat Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair Tanpa Ribet

Ketentuan Jaminan Sertifikat Tanah atau Rumah

Sedangkan untuk memenuhi persyaratan tersebut, ada ketentuan jaminan sertifikat tanah atau rumah diperhatikan nasabah, yaitu:

  • Status tidak dalam sengketa atau sedang dijaminkan
  • Berada di lokasi yang mudah dijangkau, bisa diakses kendaraan minimal roda dua, dan berada di wilayah kantor Pegadaian yang sama
  • Memiliki IMB (pinjaman lebih dari Rp 50 juta)
  • Bukan daerah banjir dalam dua tahun terakhir atau bencana lain
  • Jarak dari SUTET minimal 20 meter

Cara Pengajuan

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti tahapan pengajuan pinjaman di Pegadaian dengan datang langsung ke kantor Pegadaian dan membawa jaminan serta dokumen persyaratan. N

antinya verifikasi berkas oleh tim Pegadaian, survei lokasi, dan persetujuan atau penolakan gadai akan dilakukan pada hari yang sama. Jika pengajuan disetujui, dana akan diberikan dalam bentuk tunai atau transfer.

Baca juga: Tabel Angsuran Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Pusat Gadai Indonesia

PT. Pusat Gadai Indonesia adalah perusahaan penyedia layanan gadai swasta yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan ratusan cabang yang tersebar di berbagai kota.

PGI menyediakan produk pinjaman melalui gadai untuk peralatan elektronik, BPKB motor atau mobil, sampai sertifikat rumah.

Bahkan PGI menawarkan pinjaman dengan syarat pengajuan hanya berupa kartu identitas dan barang yang ingin digadaikan. Khusus untuk gadai sertifikat rumah di PGI, Anda bisa mendapatkan plafon yang beragam dengan bunga ringan.

Plafon pinjaman mulai dari Rp 20.000.000 sampai Rp 170.000.000 yang tergolong cukup tinggi karena hampir sama dengan harga jualnya.

Selain itu, proses pencairannya hanya 10 menit tanpa survei dengan biaya jasa yang terbilang ringan hanya 5% per 2 minggu dan tenor 12 sampai 36 bulan.

Baca juga: Tabel Angsuran Pusat Gadai

Cara Pengajuan

Untuk cara pengajuannya, Anda bisa menggunakan aplikasi PGI, website resmi PGI di pusatgadaiindonesia.id, atau jika ingin lebih efektif bisa datang langsung ke kantor PGI terdekat.

Selanjutnya, petugas akan melakukan verifikasi sertifikat dan menjelaskan besaran pinjaman, tenor, hingga skema pembayaran.  Jika disetujui, Anda akan langsung menandatangani kontrak perjanjian gadai.

Baca juga:  Tempat Gadai Motor Tanpa BPKB Jakarta dan Sekitarnya

BFI Finance

BFI Finance sebagai perusahaan pembiayaan yang telah berizin dan diawasi oleh OJK juga menyediakan fasilitas gadai untuk sertifikat rumah dengan plafon mulai dari Rp 300 Juta hingga Rp 3 Miliar.

Selain itu, gadai sertifikat di BFI memiliki suku bunga flat mulai 1,3% per bulan dengan tenor pinjaman 12 hingga 84 bulan dan biaya provisi 1,5%. 

Syarat Pengajuan

Terkait syarat pengajuannya, ada beberapa ketentuan sebagai berikut yang harus dipenuhi.

  • WNI berusia 21 – 65 tahun
  • Status tempat tinggal rumah sendiri, pasangan, keluarga, kontrak tahunan
  • Profesi karyawan minimal diangkat tetap 2 tahun atau wiraswasta dengan usaha minimal berjalan 2 tahun
  • Rumah ditempati atau dihuni dan bangunan permanen
  • Rumah yang dapat dibiayai harus berlokasi di cluster, komplek atau pemukiman
  • Rumah tidak berada dalam gang atau bisa dilewati 1 mobil
  • Rumah tidak dekat dengan fasilitas umum, sutet, kuburan
  • Rumah tidak dalam proses jual
  • Jaminan bersertifikat SHM/SHGB atas nama sendiri, pasangan, orang tua kandung (keduanya wajib masih hidup), mertua (keduanya wajib masih hidup)
  • Lokasi di Jabodetabek, Sidoarjo, Surabaya, Gresik & Malang.

Dokumen Persyaratan

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menyiapkan dokumen persyaratan awal yang dibutuhkan oleh BFI Finance, seperti:

  • KTP pemohon & pasangan (jika sudah menikah)
  • Kartu Keluarga
  • PBB 2 Tahun Terakhir
  • Rekening Tabungan
  • NPWP
  • Sertifikat dan IMB Rumah atau Ruko.

Cara Pengajuan

Untuk cara pengajuannya, BFI menawarkan kemudahan melalui cara online melalui aplikasi BFI mobile atau di website resmi BFI Finance di https://www.bfi.co.id/ yang menampilkan informasi lengkap, mulai dari persyaratan, estimasi angsuran, hingga cara pengajuan dana.

Jika ingin mengajukan pinjaman dengan cara gadai sertifikat rumah di BFI Finance, Anda hanya perlu mengisi formulir online melalui https://www.bfi.co.id/id/pinjaman/form-rumah.

Nantinya, Anda diwajibkan untuk mengikuti petunjuk dalam 5 tahapan, yaitu pengisian data diri, data dan alamat aset, data pendukung, penghitungan, serta konfirmasi data.

BFI Finance juga menyediakan pilihan cara pembayaran yang beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan calon nasabahnya. Mulai dari bank swasta maupun pemerintah hingga beberapa merchant di minimarket, Gojek, hingga e-commerce.

Baca juga: Tabel Angsuran BFI Finance

Tempat Gadai Sertifikat Rumah Perorangan

Tempat Gadai Sertifikat Rumah Perorangan

Terakhir, anda bisa mencoba untuk menggadaikan sertifikat tanah di perorangan/individu yang dikenal seperti saudara atau sahabat. Gadai perorangan biasanya memiliki biaya dan bunga yang lebih rendah dibanding tempat gadai konvensional.

Baca juga:  Cara Gadai BPKB atas Nama Orang Lain Dengan Mudah

Tetapi perlu diingat bahwa transaksi gadai sertifikat perorangan dapat membawa risiko yang cukup besar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggadaikan sertifikat rumah perorangan kepada saudara atau teman:

  1. Persiapan Dokumen Secara Hukum: Meskipun hubungan antara pemberi gadai dan penerima gadai bersifat pribadi, disarankan untuk menyusun dokumen resmi yang mencakup detail transaksi, syarat-syarat, dan ketentuan. Dokumen ini dapat berupa perjanjian gadai yang disetujui bersama dan ditandatangani oleh kedua belah pihak.
  2. Nilai Sertifikat Rumah: Pastikan bahwa nilai sertifikat rumah yang digadaikan sesuai dengan jumlah pinjaman yang diminta. Memahami nilai pasar properti dapat membantu mencegah terjadinya masalah di kemudian hari.
  3. Suku Bunga dan Jangka Waktu: Tentukan suku bunga dan jangka waktu pembayaran kembali dengan jelas. Persetujuan tertulis mengenai hal ini dapat membantu menghindari kebingungan atau ketidaksepakatan di masa mendatang.
  4. Risiko Hubungan Pribadi: Pertimbangkan risiko terkait dengan hubungan pribadi. Transaksi keuangan dengan saudara atau teman dapat memiliki dampak emosional dan sosial, terutama jika terjadi masalah pembayaran atau perubahan keuangan yang tidak terduga.
  5. Konsultasi Hukum: Disarankan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional hukum sebelum membuat kesepakatan gadai sertifikat rumah. Seorang ahli hukum dapat memberikan nasihat hukum yang diperlukan dan membantu menyusun dokumen secara sah.
  6. Pemahaman Risiko dan Konsekuensi: Pahami dengan baik risiko dan konsekuensi dari transaksi gadai sertifikat rumah, termasuk kemungkinan kehilangan kepemilikan rumah jika tidak dapat membayar kembali pinjaman.

Meskipun meminjam atau menggadaikan sertifikat rumah kepada saudara atau teman bisa menjadi solusi yang lebih fleksibel, kehati-hatian dan persiapan hukum yang baik tetaplah kunci.

Pastikan semua persyaratan dan perjanjian dicatat secara jelas dan disepakati bersama agar dapat menghindari konflik di masa depan.

Melalui ketiga referensi tempat gadai sertifikat rumah 1 jam cair, limit besar dan tanpa BI checking di atas, Anda bisa menentukan dimana lokasi pengajuan dana pinjaman yang dianggap paling sesuai serta memudahkan.

Dengan fasilitas gadai sertifikat rumah 1 jam cair, Anda akan mendapatkan pinjaman cepat dan aman serta limit yang cukup menguntungkan.

Bagikan:

2 pemikiran pada “4 Tempat Gadai Sertifikat Rumah 1 Jam Cair Tanpa Ribet”

    • Pegadaian Syariah tidak memerlukan BI Checking karena Pegadaian hanya menggunakan jaminan gadai sebagai penentu plafon pinjaman.

      Balas

Tinggalkan komentar