5 Contoh Soal Psikotes Astra dan Jawabannya

PT Astra International Tbk adalah perusahaan multinasional terkemuka di Indonesia yang bergerak dalam berbagai sektor bisnis, termasuk otomotif, agribisnis, infrastruktur, properti, dan lainnya. Bekerja di PT Astra dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan membantu mengembangkan karir bagi profesional yang berdedikasi dan memiliki kemampuan yang baik.

Untuk bekerja di PT Astra, seseorang biasanya harus melamar melalui situs web perusahaan atau melalui lowongan pekerjaan yang tersedia. Proses seleksi biasanya meliputi tahap wawancara, tes keterampilan, dan psikotes astra. Bagi mereka yang diterima, akan berhak atas gaji PT Astra yang tinggi serta lingkungan kerja yang kompetitif dan mengembangkan karir.

Tahapan Seleksi Psikotes PT Astra

Pendaftaran sampai dengan training di perusahaan Astra sejatinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa mencapai waktu sampai tiga bulan lamanya. Kendati demikian, Anda masih bisa menjalankan proses rekrutmen melalui beberapa tahapan.

Adapun tahapan yang dilakukan mulai dari pendaftaran, dilanjutkan dengan psikotes, lalu wawancara. Di beberapa anak perusahaan Astra, tidak jarang dilakukan medical check-up sebelum resmi dilakukan training dan tanda tangan kontrak.

Bicara mengenai psikotes, umumnya ada beberapa jenis tes yang akan diujikan sehingga dapat menjadi penilaian yang detail terhadap kemampuan dan gambaran performa seorang kandidat. Adapun tes psikotes yang umumnya diberikan yakni sebagai berikut.

1. TIU 5

Tes Intelegensi Umum (TIU 5) merupakan psikotes yang digunakan sebagai seleksi karyawan berupa soal bergambar di mana kandidat bertugas memilih atau mencocokkan gambar yang benar dengan mengubah bentuk, posisi, bahkan menambahkan gambar yang sesuai.

Soal psikotes Astra menggunakan TIU 5 ini akan menguji cara penalaran hingga kemampuan mental dan berpikir rasional. Adapun penilaian tes ini yakni 1 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah. Kandidat dengan nilai yang sesuai kriteria dapat lanjut ke tahapan selanjutnya.

Baca juga:  Soal Tes Perangkat Desa 2023 dan Kunci Jawaban

Pengerjaan tes ini dapat dilakukan dengan membandingkan gambar yang ada di sebelah kiri dengan lima kemungkinan jawaban yang ada di bagian kanan. Berikan coretan (garis) di bawah gambar tersebut sebagai opsi yang menurut Anda benar.

2. Wartegg Test

Tes Wartegg merupakan salah satu psikotes yang populer dan banyak digunakan dalam seleksi karyawan Astra. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis seseorang dari segi potensi hingga masalah yang dimilikinya.

Psikotes ini disajikan dalam bentuk pola yang belum terselesaikan seperti garis lurus, titik, atau lengkungan. Tugas Anda yakni melanjutkan pola gambar tersebut menjadi gambar yang utuh, kemudian menuliskan urutan sesuai dengan yang paling disukai, tidak disukai, sulit, hingga mudah menurut Anda.

Tes ini akan menilai beberapa hal seperti imajinasi, intelektual, emosi, hingga keaktifan. Dengan demikian, Anda yang akan mengerjakan tes ini harus mengerahkan daya imajinasi dan visualisasi supaya dapat menyelesaikan gambar dengan baik.

3. Tes Kraepelin

Contoh soal psikotes Astra selanjutnya yang biasa diujikan yakni tes Kraepelin dengan penekanan pada skoring dan interpretasinya. Dalam perkembangan selanjutnya, tes ini digunakan sebagai tes bakat karena didasarkan pada hasil tes secara obyektif.

Tes ini umumnya berbentuk satu lembar kertas berukuran double kuarto 4 halaman dengan bentuk memanjang dan tercetak bolak balik. Halaman pertama berupa tempat pengisian identitas diri dan contoh pengerjaan.

Halaman kedua dan ketiga merupakan lembar pengerjaan soal, sementara halaman terakhir berupa skoring, pembuatan grafik, hingga interpretasi tes. Adapun aspek yang diukur dalam tes ini yakni kecepatan, ketelitian, kestabilan/keajegan, hingga ketahanan kerja.

4. Tes Gambar Pohon

Psikotes gambar pohon menjadi salah satu tes seleksi untuk menilai bagaimana kepribadian seseorang melalui kreasinya menggambar sebuah pohon di kertas kosong. Setelah menggambar pohon secara detail, Anda juga akan diminta menulis esai atau ulasan singkat mengenai pohon yang Digambar tersebut.

Baca juga:  Soal Tes Kompetensi Manajerial POLRI 2023 dan Jawabannya

Sama seperti tes sebelumnya, penilaian bukan dilakukan berdasarkan estetika pohon, namun lebih kepada detail gambar yang dilukiskan. Dengan begitu, pihak rekruter psikotes Astra dapat menilai seorang kandidat dari bagaimana kestabilan emosinya, rasa tanggung jawabnya, hingga mengungkapkan bagaimana rasa kepercayaan dirinya.

5. Draw-A-Man (DAM) Test

Atau yang juga kerap disebut dengan Draw-A-Person (DAP) Test merupakan psikotes yang dilakukan dengan cara menggambar bentuk orang secara penuh dan keseluruhan. Tidak hanya menggambar orang, namun Anda juga mendeskripsikan jenis kelamin, usia, serta aktivitas yang sedang dilakukan.

Penilaian tes ini sejatinya bukan berdasarkan bagus tidaknya gambar, namun lebih kepada beberapa aspek kuantitatif tertentu seperti proporsi anggota tubuh, kelengkapan, hingga detail gambar. Hal-hal tersebut akan menjadi dasar penilaian untuk mengukur rasa tanggung jawab, emosi, hingga kepercayaan diri masing-masing kandidat.

Baca juga: Soal Psikotes Indomaret 2023 dan Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Astra dan Jawabannya

Bicara mengenai soal-soal psikotes, tentu tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui seperti apa bentuk tes yang diujikan. Dalam kesempatan kali ini, berikut beberapa contoh latihan soal psikotes Astra beserta jawaban dan sedikit penjelasannya.

Tes TIU

1. Seremoni = ….

  • a. Pertemuan
  • b. Perpisahan
  • c. Perjalanan
  • d. Perayaan
  • e. Pengumuman

Jawaban: D. Perayaan

Penjelasan: Soal di atas merupakan soal psikotes mengenai sinonim. Seremoni memiliki persamaan makna dengan kata Perayaan.

2. Karnivora : Harimau : Vivipar

  • a. Omnivora : Ayam : Ovipar
  • b. Herbivora : Kuda : Ovovivipar
  • c. Mamalia : Harimau : Ovipar
  • d. Karnivora : Beo : Vivipar e. Herbivora : Ular : Ovipar

Jawaban: A. Omnivora : Ayam : Ovipar

Penjelasan: Harimau merupakan hewan Karnivora yang berkembang biak dengan cara beranak (Vivipar). Analogi yang setara dengan pernyataan tersebut adalah Ayam yang merupakan hewan Omnivora dan berkembang biak dengan cara bertelur (Ovipar).

Baca juga:  Kisi Kisi Soal Psikotes PT Mayora Indah Tbk dan Pembahasan

3. Umur Melani lima tahun lebih muda dari umur Erin dan dua tahun lebih tua dari Dinda. Berapakah umur Dinda jika umur Melani 20 tahun?

  • a. 15
  • b. 18
  • c. 22
  • d. 25
  • e. 27

Jawaban: B. 18 Penjelasan: Jika umur Melani 20 tahun, maka umur Dinda adalah 2 tahun lebih muda, yakni 18 tahun

Wartegg Test

Psikotes Astra

Berdasarkan kolom soal di atas, dapat dilengkapi dengan beberapa contoh gambar seperti:

Psikotes Astra

Keterangan:

  • 1. Bunga Matahari
  • 2. Bebek
  • 3. Pagar
  • 4. Gedung
  • 5. Pedang
  • 6. Komputer
  • 7. Ulat daun 8. Kura-kura

Tes Gambar Pohon

Dalam tes ini, Anda hanya akan diberikan kertas HVS polos dan pensil sebagai media gambar. Tentunya, gambar pohon yang dibuat bebas dan disesuaikan dengan kreativitas Anda, namun usahakan agar pohon tersebut memiliki banyak daun, ranting, hingga akar.

Contoh pohon yang bisa digambar seperti pohon mangga, jambu, apel, atau durian. Hindari menggambar pohon tebu, kelapa, pisang, hingga semak-semak. Berikut gambar pohon yang bisa Anda contoh.

Psikotes Astra
Tes Gambar Pohon PT Astra

Baca juga: Soal Psikotes PT Mayora dan Pembahasannya

Itulah beberapa contoh soal psikotes Astra yang bisa Anda temukan di tahapan seleksi untuk bekerja di perusahaan Astra. Apabila lolos tes tersebut, tahapan selanjutnya adalah wawancara dan medical check-up sebelum kemudian dinyatakan lolos ke tahap training. Nah, semoga berhasil!

Bagikan:

Tinggalkan komentar