14 Cara Mendaftar GrabFood Untuk Pemilik Restoran Terbaru 2020, Worked!

Bagi para pemilik usaha restoran, rumah makan, warung, atau sejenisnya, usaha yang maju pasti menjadi impian yang ingin dicapai. Terlebih lagi, maju karena usaha makanan menjadi sangat ramai.

Salah satu cara untuk membuat usaha rumah makan atau sejenisnya menjadi lebih ramai adalah dengan mendaftarkannya ke GrabFood. Akan tetapi, masih banyak pemilik restoran, rumah makan, atau sejenisnya yang masih bingung tentang cara mendaftar GrabFood untuk pemilik restoran.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai cara mendaftar GrabFood untuk pemilik restoran terbaru 2020. Mengapa terbaru? Karena ada beberapa tutorial di internet yang saat ini sudah tidak relevan lagi dengan sistem yang digunakan oleh pihak Grab.

Seperti apa caranya? Berikut ulasan cara mendaftar GrabFood untuk pemilik restoran terbaru 2020 untuk kamu.

Panduan Cara Mendaftar GrabFood untuk Pemilik Restoran Terbaru 2020

1. Cara mendaftar GrabFood untuk pemilik restoran terbaru 2020 yang pertama, kamu harus membuka situs resmi Grab. Kamu bisa mengaksesnya lewat url grab.com/id/. Jika sudah terhubung, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

Jika sudah muncul tampilan seperti di atas, pilih menu “Jadilah Mitra Kami” seperti yang diberi gambar kotak berwarna biru di atas. Setelah memilih menu “Jadilah Mitra Kami”, pilih submenu “Mitra GrabFood” untuk nantinya kamu akan diarahkan menuju situs GrabFood.

2. Setelah kamu memilih submenu “Mitra GrabFood”, kamu akan diarahkan ke situs GrabFood langsung. Kamu akan diarahkan ke url grab.com/id/merchant/food/. Jika sudah terhubung, kamu akan diarahkan ke halaman seperti di bawah ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

Di bagian kanan dari arah kamu melihat, akan ada kotak permohonan yang berjudul “Kerjasama dengan Kami Menjadi Restoran Pilihan”. Nah, form inilah yang perlu kamu isi untuk pertama kalinya jika kamu ingin mendaftarkan restoran kamu sebagai mitra GrabFood.

3. Isi nama restoran kamu, alamat lengkap restoran milik kamu, kota tempat restoranmu berada. Kamu juga perlu mengisi nama lengkapmu sebagai pemilik restoran atau rumah makan. Selain itu, sertakan juga nomor handphone dan alamat email pribadimu.

Nomor handphone dan alamat email yang kamu cantumkan nanti akan dijadikan sebagai contact person untuk dihubungi oleh pihak Grab.

Selanjutnya, ada bagian yang berjudul “Jumlah pembeli setiap hari”. Kamu tinggal pilih salah satu dari submenu yang akan muncul sesuai dengan jumlah pelanggan yang datang ke restoran atau rumah makan tiap harinya.

Lalu di bagian bawahnya lagi ada bagian yang berjudul “Jenis Restoran di Grabfood”. Pada bagian tersebut kamu harus memilih “Restoran saya belum terdaftar” untuk mendaftarkan restoran atau rumah makanmu. Jika sudah kamu isi semua, kamu perlu klik Captcha yang ada dan klik “DAFTAR”.

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

4. Jika sudah klik “DAFTAR” dan seluruh data sudah kamu isi, maka pihak GrabFood akan merespon dengan mengarahkanmu ke halaman yang memberitahu bahwa proses pendaftaranmu sedang diproses. Kamu tinggal menunggu email konfirmasi dari pihak GrabFood. Berikut ini gambaran halaman jika kamu sudah berhasil mendaftar.

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

5. Kamu perlu menunggu beberapa saat untuk mendapatkan email konfirmasi dari pihak GrabFood. Mengapa demikian? Karena pihak GrabFood akan memastikan dulu data yang kamu masukkan benar-benar asli atau tidak. Tapi, biasanya sih untuk bagian ini lebih mudah proses konfirmasinya.

Setidaknya, kamu butuh waktu sekitar 15-30 menit untuk mendapat email konfirmasi dari pihak GrabFood. Jika sudah ada email masuk dari pihak GrabFood, kurang lebih tampilannya akan seperti di bawah ini dan judulnya seperti yang ada di dalam kotak berwarna biru.

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

Jika email dari GrabFood sudah masuk, scroll email ke bagian bawah hingga kamu menemukan tulisan “Mohon klik di sini untuk verifikasi email Anda dalam waktu 72 jam”. Kamu tinggal klik pada tulisan “klik di” yang sudah berwarna biru dan bergaris bawah.

Jika sudah kamu klik, secara otomatis email kamu akan terverifikasi dan kamu akan diarahkan ke halaman seperti bawah ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

6. Tunggu beberapa saat, cara mendaftar GrabFood untuk pemilik restoran pada langkah ini memang memakan waktu yang cukup lama. Kamu akan menerima email lagi dari GrabFood. Kali ini email yang kamu terima adalah berupa link menuju form pendaftaran dan juga daftar data dan dokumen yang kamu perlukan.

Kira-kira kamu hars menunggu sekitar 15-30 menit untuk menunggu email kedua dari GrabFood masuk. Jika sudah ada email masuk dari GrabFood, tampilan dari email saat kamu buka kurang lebih akan seperti ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

Nah, kamu tinggal scroll ke bawah email yang sudah kamu terima sampai ketemu tulisan “Klik di sini untuk isi Data Anda & Restoran Anda” yang berwarna biru dan digarisbawahi. Klik pada kalimat itu, maka kamu akan di bawa ke halaman form pendaftaran GrabFood.

Oh iya, jangan lupa catat kode verifikasi yang ada di bawahnya ya, kode itu akan berguna untuk masuk ke akses pendaftaran GrabFood. Gambarnya kurang lebih seperti ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

7. Nah, kalau kamu sudah mengklik tulisan “Klik di sini untuk isi Data Anda & Restoran Anda” yang berwarna biru dan digarisbawahi, kamu akan diarahkan kepada halaman formulir registrasi GrabFood. Nantinya akan banyak data yang harus diisi oleh pihak pemilik restoran.

Selain itu, kamu sebagai pemilik restoran wajib banget untuk menyiapkan segala dokumen yang diperlukan. Seluruh dokumen yang diperlukan bisa kamu lihat di body email pada langkah nomer 6. Kurang lebih tampilan halaman formulirnya seperti di bawah ini. Kamu tinggal klik “Berikutnya”.

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

Jika sudah kamu klik, kamu akan diarahkan pada halaman yang meminta kamu untuk memasukkan kode verifikasi. Kode verifikasi bisa kamu ambil dari body email kiriman GrabFood yang sebelumnya sudah kamu buka.

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

Kalau kode verifikasi sudah kamu masukkan, klik “Berikutnya”.

8. Setelah kode verifikasi kamu masukkan, kamu akan mulai diarahkan untuk mengisi “Informasi Penjual Merchant Details”. Pada bagian ini, kamu akan diminta untuk mengisi data mengenai diri kamu sebagai pemilik restoran dan juga data usaha kamu.

Pastikan kamu memiliki dua email dan nomor telepon ya, masing-masing untuk data penjual dan masing-masing untuk data restoran kamu. Kalau kamu menggunakan email dan nomor telepon yang sama, GrabFood akan memintamu untuk mengganti email dan nomor telepon yang kamu gunakan.

Nah, tampilan formulirnya kurang lebih seperti yang ada di bawah ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

9. Jika data sudah kamu isi semuanya, kemudian klik “Berikutnya”. Kamu akan diarahkan ke halaman “Kontak Sama dengan Kontak Penanggung Jawab”. Di bagian ini, kamu harus memasukkan kontak kamu sebagai pihak yang mendaftarkan restoran milikmu.

Selain itu, kamu juga harus memasukkan kontak penanggung jawab dari restoran kamu. Kalau kamu sebagai pendaftar sekaligus pemilik, kamu bisa masukkan data yang sama. Tapi, kalau kamu cuma sebagai pendaftar saja, kamu harus mengisi sesuai dengan data yang kamu miliki.

Tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

11. Selanjutnya, kalau sudah selesai, seperti biasa, klik “Berikutnya”. Kamu akan diarahkan ke halaman yang di situ hanya ada satu pertanyaan. Kamu cukup mengisi berapa jumlah outlet restoran atau rumah makan yang kamu miliki.

Pastikan sesuai dengan data yang benar-benar kamu miliki ya. Data ini nantinya akan sangat membantu seluruh outlet cabangmu untuk mendapatkan pelanggan.

Nah, nanti tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

11. Kalau sudah kamu masukkan berapa jumlah outletmu, klik “Berikutnya”. Nah, langkah dari cara mendaftar GrabFood untuk pemilik restoran terbaru 2020 adalah mengisi rincian data tiap cabangmu.

Nah, sayangnya pada bagian ini hanya ada kolom untuk dua cabang. Bagi kamu yang punya banyak cabang, kami masih belum tahu apakah sudah bisa mendaftar semuanya. Tapi, yang pasti kamu bisa langsung mendaftarkan dua cabangmu di GrabFood lewat formulir ini.

Seperti biasa, kamu diminta untuk memasukkan nama restoran, alamat tiap cabangmu, nomor kontak yang bisa dihubungi, dan alamat email yang digunakan. Tampilannya nanti kurang lebih seperti ini.

Oh iya, pada bagian ini juga nantinya kamu akan diminta untuk mengunggah daftar menu dari restoranmu. Nah, saran kami siapkan file daftar menu yang restoranmu miliki ya. Itu akan memudahkan pembeli untuk mengetahui produk yang kamu jual.

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

12. Jika seluruh data cabangmu sudah kamu isi, kamu akan diarahkan ke halaman jam operasional tiap cabangmu. Nah, pada bagian ini, jika cabangmu jam operasionalnya sama dan berbarengan, kamu tinggal pilih “Iya”.

Nantinya, kamu akan diminta untuk memilih jam mulai dan jam akhir dari operasional restoran milikmu. Ingat, sesuaikan dengan jam operasional restoranmu yang sesungguhnya ya, biar para pengemudi GrabFood bisa beli sesuai dengan jam operasionalmu.

Tampilannya kurang lebih seperti ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

13. Langkah ini adalah bagian terakhir dari proses pengisian formulir pendaftaran restoranmu ke GrabFood. Pada bagian ini, kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan swafoto dengan KTP sebagai data diri.

Selain itu, kamu juga diminta untuk mengirimkan foto restoranmu tampak depan dantampak dalam. Jika kamu memiliki logo restoran, kamu bisa mengunggahnya juga sebagai identitas dari restoranmu.

Ada juga bagian mengunggah foto NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan buku rekening bank. Tapi, dua data ini tidak wajib diunggah demi keamanan pemilik. Jika kamu merasa itu penting untuk diunggah, silakan diunggah saja. Kurang lebih tampilannya seperti ini:

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

14. Dan untuk eksekusi terakhir, kamu tinggal klik “Berikutnya”. Nah, kalau registrasimu berhasil, kamu akan diarahkan ke halaman seperti di bawah ini:

Jika halaman seperti di atas sudah muncul, tandanya kamu sudah berhasil melakukan pengisian formulir untuk mendaftarkan diri menjadi merchant GrabFood. Kamu hanya perlu menunggu kontrak elektronik yang akan diberitahukan oleh pihak GrabFood melalui telepon dan email.

cara mendaftarkan grabfood untuk pemilik restoran terbaru 2020

15. Setelah proses penandatanganan kontrak, sebenarnya masih ada langkah lain, yakni membuat akun GrabFood di aplikasi Grab dan juga aktivasi OVO. Tapi, karena langkahnya cukup banyak, jadi mungkin akan dibahas di artikel yang lain.

Nah, itu tadi dia cara mendaftar GrabFood untuk pemilik restoran terbaru 2020. Proses pendaftarannya memang cukup panjang dan memakan waktu, tapi setelah itu kamu akan mendapat untung berlipat karena restoranmu lebih banyak dikenal.

Cukup sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar