Tutorial Cara Cancel GrabFood yang Benar, Tidak Sulit!

By | Agustus 8, 2019

Gaya hidup modern memang tak bisa dilepaskan dengan penggunaan gadget alias gawai yang begitu melekat di masyarakat dewasa ini. Bermodalkan gawai seperti ponsel pintar dan akses internet, Anda bisa melakukan apapun. Contohnya, hanya menggunakan aplikasi Grab, Anda bisa memesan makanan dari restoran atau penjual favorit. Menunggu di rumah saja tanpa memedulikan hujan deras atau siang yang terik, ojol akan siap mengantarkan makanan. Namun kalau mendadak tak jadi pesan, apakah Anda sudah cukup tahu mengenai cara cancel GrabFood?

Cara Cancel GrabFood

Meskipun terdengar sederhana, cara cancel orderan GrabFood nyatanya tak diketahui semua konsumen. Alhasil, pihak ojol yang sudah antre menunggu makanan di restoran dan mengantarkan ke pelanggan, harus menelan kecewa karena konsumen tak mau terima. Sungguh merugikan, bukan? Namun sebelum bicara mengenai proses cancel order, ada baiknya Anda memahami GrabFood.

Cara Pesan Makanan di GrabFood

Sebagai salah satu pelaku jasa transportasi online terbesar di Indonesia, Grab bahkan sudah melayani hampir di seluruh provinsi di Tanah Air. Setiap tahunnya, jumlah mitra ojol meningkat seiring dengan permintaan akan Grab. Memperluas bisnis, GrabFood menjadi salah satu layanan unggulan Grab yang begitu bermanfaat bagi khalayak luas.

Baca juga:

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, GrabFood memang mempermudah Anda memperoleh makanan. Tinggal pesan saja di aplikasi, ojol akan mengantarkannya pada Anda. Sama seperti saat order ojol, pemesanan makanan juga melalui aplikasi Grab dan memilih layanan GrabFood.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Grab, berikut ini tata caranya:

  1. Pilih Layanan

Pilih layanan GrabFood pada aplikasi Grab, lalu masukkan alamat tujuan pengantaran makanan. Kalau ingin diantar ke rumah Anda, maka tulis alamat rumah atau pilih langsung lewat peta. Begitu juga jika Anda ingin makanan diantar ke kantor atau sekolah. Bahkan Anda yang ingin mengirim makanan ke orang terdekat, juga tinggal menuliskan alamatnya secara jelas.

  1. Tentukan Menu

Tentukan menu yang Anda inginkan. Ada banyak sekali menu dari ratusan restoran. Bisa pilih makanan berat, sekedar makanan ringan atau minuman. GrabFood biasanya memberikan rekomendasi restoran-restoran favorit yang banyak dipesan oleh konsumen. Atau jika Anda ingin ongkos kirim tidak terlalu mahal, pilih saja restoran yang terdekat dari rumah.

Jika sudah menemukan menu yang disukai entah karena tertarik pada fotonya, percaya pada restorannya atau sesuai harganya, Anda langsung tekan tombol (+).

  1. Pastikan Pesanan

Lanjutkan dengan tekan tombol LIHAT KERANJANG untuk melihat apa saja yang Anda pesan. Kalau keliru, tinggal benahi saja dengan mengurangi (-) jumlah porsi atau ubah menu. Pastikan dulu pemesanan sudah sesuai dan berikan catatan tambahan, misalkan ingin tambah nasi, tidak pedas, atau tanpa sayur agar ojol bisa pesan sesuai keinginan Anda.

  1. Pilih Metode Pembayaran

Tentukan dulu metode pembayaran Anda apakah dengan uang tunai saat makanan sampai di rumah, atau dengan cashless memakai OVO. Bahkan Grab biasanya memberikan kode promo yang bisa menjadi diskon untuk orderan Anda.

  1. Pastikan Alamat Benar

Cek lagi alamat pengiriman. Jika pesanan sudah sesuai baik porsi dan alamat, maka Anda tinggal tekan tombol PESAN. Begitu tombol PESAN ditekan, sistem Grab akan melanjutkan pesanan Anda ke ojol terdekat dengan lokasi.

cara cancel GrabFood

Nah, mudah sekali bukan untuk melakukan pesanan GrabFood? Jika Anda sudah paham, proses ini jelas bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit saja. Biasanya, ojol akan menghubungi Anda melalui layar chatting atau telepon langsung untuk mengkonfirmasi pesanan. Sehingga ada baiknya setelah pesan GrabFood, pastikan nomor HP Anda aktif dan bisa dihubungi.

Cara Membatalkan Orderan GrabFood

Kalau di atas sudah dijelaskan mengenai bagaimana caranya memesan GrabFood, maka hal berikutnya yang dibahas adalah cara membatalkan orderan GrabFood. Ada beberapa hal yang kadang membuat konsumen membatalkan orderan seperti salah pesan hingga tak jadi makan. Ada baiknya kalau proses pembatalan order ini dilakukan secepat mungkin setelah pesan agar kedua pihak tak direpotkan.

Bahkan sebelum Anda mencari tahu cara cancel GrabFood, ada baiknya untuk memberitahu pihak ojol. Jangan sampai Anda seenaknya sendiri membatalkan orderan di saat ojol sudah mengantre pesan, membayar pada restoran dan tinggal mengantarkan ke rumah. Tak sedikit konsumen yang egois malah membatalkan orderan sepihak saat ojol sudah sampai di tujuan.

Agar tidak mengecewakan baik ojol dan pihak konsumen, berikut ini adalah tutorial singkat cara cancel orderan GrabFood:

  1. Pastikan Driver Belum Pesan Makanan

Pastikan dulu kalau saat Anda benar-benar mau membatalkan orderan GrabFood, pihak ojol belum melakukan pesanan makanan ke restoran. Apalagi jika Anda memilih pembayaran tunai, Anda harus bertanggung jawab atas pesanan yang sudah dilakukan sehingga membatalkan sepihak di saat makanan sudah dipesan merupakan hal yang tidak bijaksana.

Cara cancel GrabFood

Kalau pihak ojol yang membatalkan pesanan, Anda juga harus memastikan jika alasannya logis. Misalkan saja menu yang dipesan sudah habis, antrian terlalu panjang sehingga merugikan ojol atau restoran tutup. Namun Anda juga harus siap jika ojol meminta untuk membatalkan dengan alasan pribadi seperti ban motor bocor atau mendadak sakit dan ingin pulang.

  1. Pembatalan Pesanan

Jika alasan pembatalan sudah jelas, maka Anda tinggal menuju layar layanan GrabFood di aplikasi dan pilih tombol PEMBATALAN PESANAN. Grab akan memberikan peringatan terakhir untuk pembatalan, dan jika benar-benar ingin cancel, maka cara membatalkan orderan GrabFood adalah menekan tombol BATALKAN SAJA.

Cara cancel GrabFood

  1. Jelaskan Alasan

Anda akan diminta untuk memilih alasan pembatalan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun jika alasan pembatalan tak ada dalam template alasan di aplikasi, Anda tinggal menuliskannya di kolom yang tersedia. Jika lancar, maka selesai sudah proses pembatalan pesanan.

Tidak sulit bukan? Hanya butuh beberapa menit saja dan orderan akan berakhir. Anda bisa memulai pesan lagi di restoran berbeda tanpa harus membayar orderan yang gagal dipesan itu,

Orderan GrabFood Tak Berubah

Bagi konsumen, cara cancel GrabFood memang jadi hal penting saat mendadak tak jadi pesan makanan. Namun bagi ojol, pembatalan orderan justru bisa berpengaruh kepada performa mereka. Bahkan tak sedikit ojol yang meminta tolong konsumen untuk membatalkan pesanan terlebih dulu di aplikasi supaya performa harian mereka tidak berpengaruh.

Sekedar informasi, ada satu hal mendasar yang membuat ojol enggan mencari tahu cara cancel orderan GrabFood. Semua ini tak lepas dari aksi pembatalan justru memiliki dampak yang sangat buruk bagi kinerja mereka. Grab mengatur bahwa kalau ada orderan GrabFood yang dibatalkan sepihak oleh driver alias ojol, maka itu menjadi salah satu tindakan mengecewakan pelanggan.

Terlepas dari apapun alasannya, aksi driver yang membatalkan pesanan bisa memperburuk citra Grab. Tak heran kalau akhirnya Grab memberikan sanksi yang cukup berat bagi driver yang membatalkan pesanan. Hanya saja kadang kala si ojol yang justru merugi lantaran ulah konsumen yang terlalu lama menekan tombol pembatalan pesanan.

Sekedar informasi saja, semakin lama Anda membatalkan pesanan di aplikasi entah karena lupa, itu membuat nasib ojol seperti ‘digantung’. Karena dalam sistem Grab, si ojol masih dianggap belum menyelesaikan pekerjaan sehingga tak bisa menerima orderan baru. Untuk itulah kalau Anda memang ingin membatalkan pesanan, pastikan segera melakukannya di aplikasi.

Ada banyak sekali cerita ojol yang tidak bisa menerima orderan sekalipun di tempat ramai, hanya karena si konsumen lupa membatalkan pesanan GrabFood. Tentu hal ini merugikannya dan seolah ‘mematikan’ rezeki si ojol. Tak sedikit juga aksi ini dilakukan oleh para pelaku orderan fiktif alias opik demi mencari keuntungan.

Para opik ini melakukan pesanan palsu dan kemudian membiarkannya begitu saja tanpa membalas chatting atau membatalkan pesanan. Tak ingin bukan menjadi pihak yang malah merugikan abang ojol? Untuk itulah sebagai manusia yang beradab, Anda harus tahu cara cancel GrabFood yang tepat agar tidak merugikan semua pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *