Cara Tukar Poin Grab Dengan Makanan, Pulsa, dan Perjalanan

Menemukan para ojol dengan jaket hijau dan helm bertuliskan Grab merupakan pemandangan yang lazim. Demi bisa bersaing di kalangan penyedia ojol, Grab pun melakukan inovasi tersendiri melalui poin Grab/Grab point atau yang dikenal dengan nama GrabRewards. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat sehingga cara tukar poin Grab begitu dibutuhkan.

Cara Tukar Poin Grab

Bahkan bagi Anda yang sehari-hari cukup sering menggunakan Grab, keberadaan poin Grab ini bisa dibilang menguntungkan. Namun, apakah sudah semua dari Anda cukup paham dengan poin Grab? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa Sih Poin Grab Itu?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, poin Grab ini sebetulnya merupakan sebutan lain dari GrabRewards. Nah, GrabRewards adalah sebuah produk yang merupakan bentuk apresiasi Grab kepada para konsumen setianya. Namun wajib diingat, bahwa poin Grab ini hanya diberikan kalau Anda menggunakan layanan perjalanan Grab seperti GrabBike, GrabCar dan GrabTaxi.

Baca juga:

Seperti layaknya penilaian, semakin sering Anda menggunakan maka bakal semakin banyak pulai poin didapat, konsep inilah yang diberikan oleh Grab. Namun GrabRewards bukan sekedar mengumpulkan poin semata, karena poin-poin dari transaksi pelanggan itu memiliki manfaat lebih sehingga informasi cara tukar poin Grab dengan pulsa begitu banyak peminatnya.

Bahkan tak sedikit pelanggan Grab yang melakukan transaksi bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun karena memanfaatkan poin Grab ini. Memang, seperti apa saja sih manfaat poin Grab ini?

Apa Manfaat Poin Grab Bagi Pelanggan?

Sebagai penyedia transportasi online, Grab tahu betul bahwa kepuasan konsumen adalah hal utama. Salah usaha memberikan kepuasan itu selain pelayanan maksimal, diperlihatkan lewat GrabRewards atau poin Grab. Sebelum Anda mencari tahu cara tukar poin Grab dengan makanan, berikut ini adalah beberapa manfaat poin Grab untuk konsumen:

  1. Poin Grab yang sudah terkumpul banyak, bisa Anda tukarkan dengan berbagai voucher yang disediakan Grab. Kendati mungkin poin Grab cuma bisa diperoleh dari layanan perjalanan seperti GrabCar, GrabBike dan GrabTaxi, poin Grab bisa ditukar dengan berbagai voucher asal sesuai ketentuan. Anda bisa dapat voucher diskon makan, diskon belanja bahkan pulsa HP atau token listrik.
  2. Khusus untuk layanan transportasi, poin Grab bisa langsung ditukarkan dengan voucher potongan harga. Diskon ini sangatlah variatif mulai dari potongan lima ribu rupiah, sepuluh ribu rupiah, dua puluh ribu rupiah hingga empat puluh ribu rupiah. Tentu hal ini benar-benar sangat membantu apalagi jika Anda mendadak ingin mengemat pengeluaran bulanan.
  3. Tak seperti kode promo, poin Grab yang Anda miliki punya masa kadaluarsa yang cukup panjang asalkan belum ditukar menjadi voucher. Melalui website resminya, Grab Indonesia menyebut jika poin Grab bisa bertahan dalam jangka waktu satu tahun. Sehingga Anda bisa menabung dulu poin Grab, dan jika ada voucher yang disukai atau dibutuhkan, langsung ditukarkan.
  4. Demi meningkatkan antusias konsumen atas poin Grab, Grab memiliki sistem perhitungan yang dibedakan dengan kategori pelanggan. Setidaknya ada empat kategori pelanggan yang dikelompokkan oleh Grab yakni Member, Silver, Gold dan Platinum. Platinum adalah kategori pelanggan teratas yang membuat mereka memperoleh penggandaan poin GrabRewards tertinggi.

Sehingga bisa dibilang, semakin sering Anda pakai Grab, maka akan mendapatkan kategori pelanggan terbaik. Dan semakin tinggi kategori pelanggan, maka jelas perhitungan penggandaan poin Grab jauh lebih menguntungkan yang artinya manfaatnya lebih banyak.

Inilah Cara Perhitungan Poin Grab/Grab Rewards

Sebelum melangkah ke cara tukar poin Grab dengan pulsa, Anda harus tahu bahwa Grab memiliki perhitungan tersendiri untuk GrabRewards mereka. Dan melalui website resmi Grab Indonesia, pihak Grab menjelaskan mengenai tata cara perhitungan poin Grab yang didapat dari layanan perjalanan.

Meskipun ada perhitungan terbaru, tetap setiap kali pembayaran kelipatan Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) Anda akan mendapatkan satu poin dasar. Dan untuk tambahannya, Anda akan memperoleh penggandaan poin dari tiga hal berikut ini:

  1. Pengganda Kategori Konsumen

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Grab memiliki empat kategori konsumen. Kategori ini dibedakan dari seberapa banyak transaksi dan loyalitas mereka yakni Member, Silver, Gold dan Platinum. Kategori konsumen teratas adalah Platinum di mana dirinya mendapat penggandaan poin terbesar dari Grab. Berikut ini perhitungannya yang lebih terperinci.

Cara Tukar Poin Grab

Salah satu kelebihan menjadi kategori Platinum dan Gold adalah bisa menukarkan poin Grab dengan jumlah sedikit yakni 10. Di mana 10 poin GrabRewards bisa ditukarkan dengan beberapa merchant online menjadi bentuk diskon produk atau voucher belanja.

  1. Pengganda Jenis Layanan

Hampir seluruh jenis layanan transaksi perjalanan dari Grab memiliki pengganda poin sebanyak enam kali. Terlepas dari Anda menggunakan GrabBike, GrabCar hingga GrabFood dan GrabExpress, semua memiliki penggandaan poin yang sama.

  1. Pengganda OVO

Keberadaan metode pembayaran cashless alias non-tunai memang menjadi gaya hidup masa kini. Untuk konsep uang digital ini, Grab menggaet OVO. Ada banyak sekali promosi yang diperoleh jika membayar transaksi layanan Grab dengan OVO, termasuk penggandaan poin. Semakin sering Anda membayar dengan OVO, GrabRewards yang didapat pun meningkat.

Nah, sudah tahu kan mengenai cara perhitungan poin Grab? Untuk hal berikutnya, maka Anda harus tahu bagaimana cara tukar poin Grab dengan pulsa.

Bagaimana Cara Tukar Poin Grab?

Tidak serumit perhitungan GrabRewards, cara tukar poin Grab sangatlah mudah. Agar Anda tak kesulitan, berikut ini adalah tutorialnya untuk dicoba:

1. Buka Aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda wajib membuka aplikasi Grab untuk penumpang. Ada banyak menu yang tersedia, Anda tinggal mencari menu GrabRewards yang berupa simbol tiga garis paralel di kiri atas aplikasi Grab.

2. Pastikan Jumlah Poin

Jika Anda ingin memperoleh diskon perjalanan, maka Anda tinggal memiliki kategori Grab dalam menu GrabRewards. Ada banyak besaran voucher yang bisa ditukarkan dengan poin Grab. Hanya saja pastikan dulu poin Grab Anda sesuai dengan ketentuan yang diminta oleh setiap voucher diskon perjalanan. Jika sesuai, langsung saja tekan tombol TUKAR POIN dan gunakan vouchernya.

Beberapa besaran poin yang dapat Anda pilih ini bahkan memiliki nominal terendah sebesar 40 poin yang ditukarkan dengan voucher potongan Rp 1.500 untuk layanan GrabCar. Wajib diingat bahwa voucher yang dibeli punya masa tenggat sehingga setelah Anda pahami dan lakukan cara tukar poin Grab, voucher yang diperoleh langsung saja dipakai.

3. Cara Tukar Poin Grab dengan Pulsa

Kalau Anda ingin menukarkan poin Grab dengan pulsa, caranya pun relatif sama. Setelah masuk ke layar GrabRewards, Anda langsung saja pilih kategori SERVICES atau ketik GrabPulsa dalam tab JELAJAHI. Ada beberapa besaran jenis voucher pulsa dengan yang terpopuler adalah GrabPulsa Rp 50.000 yang membutuhkan 2.400 poin atau GrabPulsa Rp 25.000 dengan 1.200 poin.

Cara Tukar Poin GrabJika poin Anda cukup, tinggal tekan TUKAR POIN dan muncul pop-up konfirmasi penukaran pulsa. Kalau voucher sudah benar, langsung tekan KONFIRMASI dan GUNAKAN SEKARANG. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP tujuan sesuai dengan operator voucher. Pastikan lagi nomor tujuan dan selesai sudah cara tukar poin Grab dengan pulsa.

4. Cara Tukar Poin Grab dengan Makanan

Untuk Anda yang ingin tahu cara tukar poin Grab dengan makanan, langkahnya pun sama. Hanya saja di halaman GrabRewards, yang dipilih adalah menu FOOD & BEVERAGE (MAKANAN & MINUMAN). Setelah itu Anda akan diajak ke berbagai voucher yang disediakan oleh merchant. Ada banyak jenis voucher mulai dari diskon, gratis minuman hingga promo beli satu dapat satu.

Lagi-lagi pastikan kalau poin Anda memang memenuhi supaya bisa ditukarkan. Pastikan juga jika merchant tersebut ada di sekitar lingkungan Anda tinggal supaya mudah mendapatkannya. Dengan begitu Anda tak akan sia-sia menukarkan poin Grab yang sudah diperoleh.

Nah, bagaimana? Sangat mudah bukan ternyata cara tukar poin Grab? Tak heran kalau akhirnya saat ini semakin banyak saja konsumen yang menggunakan layanan transportasi online. Berbagai keuntungan inilah yang pastinya membuat ojol selalu menarik perhatian. Terutama bagi mereka masyarakat perkotaan yang membutuhkan segala hal terselesaikan efektif dan efisien, jelas ojol jawabannya.

Tinggalkan komentar