3 Cara Mengetahui Pengajuan Kredit Mobil di ACC atau Tidak

Untuk bisa mendapatkan persetujuan kredit mobil, ada proses cukup lama yang harus dilalui. Setelah proses survey, Anda harus menunggu beberapa hari untuk mendapat info status pengajuan kredit.

Harap-harap cemas sering melanda nasabah di fase ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada cara mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak yang bisa Anda simak melalui artikel ini.

Cara Mengetahui Pengajuan Kredit Mobil di ACC atau Tidak

Setelah proses survey leasing terlampaui, cara mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Berikut beberapa opsi yang dapat dicoba:

1. Menghubungi Pihak Leasing

Anda bisa menghubungi pihak leasing atau perusahaan pembiayaan tempat Anda mengajukan kredit mobil. Anda dapat menghubungi nomor telepon sales atau kantor mereka melalui telepon atau mengunjungi cabang terdekat secara langsung.

Sedangkan cara mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak secara online bisa dengan melihat ciri-ciri pengajuan kredit mobil bawah ini.

2. Cek Pemberitahuan Melalui Email

Cara mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak bisa Anda lihat dari ciri-cirinya. Salah satu ciri-ciri pengajuan kredit mobil di ACC adalah terdapat pesan masuk dari pihak leasing di email Anda yang memberi informasi bahwa pengajuan Anda di ACC.

Oleh karena itu, saat di formulir pengajuan terdapat perintah untuk memasukkan alamat email, isi alamat email yang masih aktif agar Anda tidak ketinggalan informasi.

3. Pemberitahuan Melalui Aplikasi

Cara Mengetahui Pengajuan Kredit Mobil di ACC atau Tidak

Cara mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak adalah melalui aplikasi. Saat ini banyak lembaga pembiayaan yang telah memiliki aplikasi untuk memberi kemudahan pada nasabah dalam mendapatkan informasi ataupun proses transaksi lainnya.

Lembaga pembiayaan yang sudah tidak asing lagi adalah Adira Finance dan FIF. Melalui aplikasi dan website resmi, Anda bisa mengecek status pengajuan kredit. Jika menggunakan aplikasi anda bisa melihatnya di menu Profile kemudian masuk ke menu Status Pengajuan.

Baca juga:  Tabel Angsuran FIF 2024 : Syarat, Bunga, dan Simulasi

Biasanya akan ada notifikasi masuk bila pengajuan Anda telah disetujui. Tanda tanda kredit mobil disetujui sama seperti tanda tanda kredit motor di ACC yakni Anda akan dihubungi oleh pihak sales untuk menandatangani kontrak kredit.

Tahapan Pengajuan Kredit Mobil

Sebelum membahas cara mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak, Anda perlu mengetahui alur atau proses pengajuan kredit mobil terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tahap untuk mengajukan kredit mobil.

1. Cari Informasi Penyedia Kredit

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari info mengenai kredit mobil. Dengan begitu Anda bisa membandingkan persyaratan, harga, bunga, DP, tenor, dan lain sebagainya antara dealer satu dengan yang lain dan antara leasing satu dengan yang lain.

2. Kunjungi Dealer Mobil Pilihan

Setelah Anda mendapat informasi mengenai dealer yang sesuai, Anda bisa langsung mengunjunginya. Ketika di dealer, konsultasikan lebih lanjut mengenai mobil yang ingin Anda beli. Pihak dealer akan memberi informasi lebih detail mengenai mobil tersebut.

3. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Pilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda terbawa nafsu untuk memilih mobil yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan budget. Hal itu bisa menyusahkan Anda ketika proses pembayaran angsuran.

4. Ajukan Kredit ke Bank atau Leasing

Tahap selanjutnya adalah mengajukan kredit ke pihak bank atau leasing. Lengkapi semua dokumen persyaratan agar pihak bank atau leasing bisa memproses pengajuan Anda dengan baik, benar, dan cepat.

Setelah mengajukan kredit ke pihak bank atau leasing, Anda akan menuju ke tahap survey. Pada proses survey leasing ini petugas akan meninjau lebih lanjut terkait dokumen yang Anda ajukan.

5. Tunggu Persetujuan Bank atau Leasing

Setelah proses survey dilakukan, Anda hanya perlu menunggu persetujuan dari pihak bank atau leasing. Terkadang pihak survey akan menghubungi Anda bila ada dokumen yang perlu diverifikasi lebih lanjut.

Baca juga:  Cara Take Over Kredit Mobil dari Leasing ke Bank 2024

Itulah beberapa alur pengajuan kredit mobil. Jika Anda tidak sabar untuk mengetahui hasil akhir, ada beberapa cara mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak. Informasi selengkapnya mengenai ciri-ciri pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak bisa Anda simak di artikel ini.

Baca juga: Cara Take Over Kredit Mobil dari Leasing ke Bank

Proses Kredit Mobil Setelah Survey

Setelah alur pengajuan kredit mobil terlampaui sampai dengan survey, proses selanjutnya adalah tindakan yang dilakukan oleh pihak kreditur (bank atau leasing). Proses kredit mobil setelah survey adalah tindakan kreditur untuk memberi penilaian terhadap keadaan nasabah. Apakah nasabah tersebut layak untuk menerima pinjaman atau tidak.

Penilaian ini dilakukan dengan mengacu dari dokumen yang diberikan oleh nasabah dan hasil survey yang dilakukan petugas survey. Biasanya, bank atau leasing memiliki departemen kredit mobil yang terpisah dari bagian lain yang diisi oleh orang-orang berpengalaman dalam melakukan analisis kredit mobil dan penilaian kelayakan nasabah.

Lalu, berapa lama proses kredit mobil setelah survey sampai ke proses tanda tangan kontrak mobil? Proses kredit mobil setelah survey untuk bisa mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak berbeda-beda.  Bisa jadi hanya membutuhkan waktu selama 4 hari, seminggu, atau bahkan sampai dua minggu. Semua ini tergantung dari kelengkapan dokumen yang diberikan oleh nasabah.

Tips Lolos Survey Kredit Mobil

Karena tidak semua pengajuan berakhir dengan mendapat persetujuan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar pengajuan Anda di ACC. Berikut ini tips lolos survey kredit mobil yang bisa Anda ikuti.

1. Dokumen Persyaratan Lengkap

Tips lolos survey kredit mobil yang pertama adalah kelengkapan dokumen persyaratan (KTP, KK, rekening tabungan, NPWP, slip gaji, dan lainnya).

Pastikan dokumen yang Anda berikan pada pihak leasing telah lengkap sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan agar proses ACC pengajuan bisa berjalan dengan mudah.

2. Skor Kredit Bagus

Memiliki skor kredit atau riwayat kredit yang bagus sangat penting untuk kelangsungan proses kredit kedepannya. Semua kegiatan kredit yang dilakukan seorang nasabah akan terekam di BI checking atau Slik OJK.

Baca juga:  Mau Gadai Sertifikat Bukan Atas Nama Sendiri, Ini Syaratnya!

Rekaman riwayat kredit nasabah bisa diakses oleh lembaga pembiayaan yang memiliki legalitas. Dengan begitu, lembaga pembiayaan dapat melihat skor kredit calon nasabah.

Biasanya, pihak lembaga pembiayaan akan mempertimbangkan ulang nasabah yang memiliki skor kredit buruk. Hal ini dianggap bahwa nasabah tersebut tidak memiliki komitmen dan tidak serius untuk melunasi kredit.

Oleh karena itu, untuk mempermudah proses kredit selanjutnya, pastikan Anda selalu membayar angsuran tepat waktu untuk mempertahankan skor kredit yang Anda miliki.

Baca juga: Kredit Mobil Tanpa BI Checking

3. Memiliki Penghasilan yang Cukup

Penghasilan yang dimiliki oleh nasabah juga menjadi bahan pertimbangan di ACC atau tidaknya suatu pengajuan kredit. Untuk mengukur besaran gaji yang harus dimiliki adalah dengan menggunakan rasio gaji terhadap cicilan, yakni maksimal sebesar 30% dari total gaji.

Pihak bank atau leasing akan menilai apakah penghasilan tersebut bisa mencukupi pembayaran angsuran tiap bulannya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kredit macet di kemudian hari.

4. Bersikap Kooperatif

Sikap kooperatif dengan mengajukan dokumen yang sesuai dengan data di lapangan juga menjadi bahan pertimbangan. Setelah proses pengajuan, pihak bank atau leasing akan melakukan survey guna meninjau lebih lanjut kesesuaian dokumen persyaratan dengan keadaan di lapangan.

Jadi, pastikan semua data yang Anda berikan bukan data atau informasi yang palsu. Ikuti juga semua tahapan yang telah ditentukan oleh pihak bank atau leasing. Kerjasama yang baik bisa menjadikan proses penilaian berlangsung tanpa ada masalah dan pengajuan kredit bisa cepat di ACC.

Demikianlah uraian mengenai cara mengetahui pengajuan kredit mobil di ACC atau tidak. Selalu perhatikan skor kredit agar proses kredit selanjutnya tidak ada kendala. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar