3 Langkah Tepat Menghilangkan Suspend Gocar, 100% Ampuh!

By | Agustus 13, 2019

Bagaimana cara menghilangkan suspend gocar? Sebagaimana yang kita ketahui setiap pengemudi atau mitra perusahaan go car bisa saja terkena sanksi apabila terbukti melakukan pelanggaran atau tidak memenuhi target tertentu. Suspensi pun bermacam-macam tergantung seberapa berat pelanggaran yang dilakukan. Ada yang 1 hari, 3 hari bahkan lebih. Jangan, jangan sampai hal seperti ini terjadi pada driver yang belum mengalaminya.

Suspend membuat seorang driver kehilangan penghasilan. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang merugikan. Apalagi jika pekerjaan menjadi tukang ojek daring adalah sumber penghasilan utama. Belum lagi apabila driver memiliki keluarga, tentu merasa terugikan karena pendapatan mereka di stop untuk sementara.

Cara menghilangkan suspend gocar

Apabila sampai anda terkena hukuman suspend, sejatinya hal tersebut bisa diusahakan agar sanksi tersebut dihapus. Tetapi, sebelum saya menjelaskan tentang cara menghilangkan suspend gocar, anda harus tau terlebih dahulu mengenai hal-hal yang membuat akun seorang driver diblokir oleh pihak gojek.

Apa Penyebab Suspend Gocar?

Tentu, tidak ada ada asap kalau tidak ada api. Tidak mungkin rasanya seorang driver tiba-tiba saja di-suspendĀ  tanpa alasan yang jelas. Sudah pasti jika hal tersebut sampai terjadi, ada pelanggaran yang dilakukan. Menurut aturan Go-Jek ada 3 pilar atau kategori pelanggaran yang biasa dilakukan oleh driver, yaitu :

  • Ancaman keamanan : segala tindakan yang mengancam keselamatan anda sendiri sebagai mitra, pelanggan, sesama mitra gocar lainnya, atau masyarakat sekitar. Contoh pelanggaran yang dimaksud adalah melanggar peraturan lalu lintas dan kebuy-kebut-kebutan di jalan.
  • Pelayanan buruk : segala perilaku yang anda lakukan sehingga membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Alhasil mereka memberikan rating rendah yang mengakibatkan anda mendapatkan hukuman atau sanksi. Contoh pelanggaran ini adalah terlambat menjemput penumpang dan berbicara kasar/tidak sopan kepada penumpang.
  • Tindakan curang : tindakan yang bertujuan memperkaya diri, memanipulasi data dan sistem yang merugikan pelanggan, mitra lain, atau perusahaan. Contoh dari pelanggaran ini adalah menerima order fiktif, memberikan kembalian yang tidak sesuai, menggunakan aplikasi tambahan yang dipakai demi keuntungan pribadi semata.

Lalu pelanggaran seperti apakah yang membuat mitra harus terkena suspend. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Melanggar peraturan lalu lintas.
  • Berkendara secara ugal-ugalan.
  • Plat nomor kendaraan berbeda dengan yang telah tertulis di aplikasi.
  • Dokumen resmi tidak lengkap atau belum diperbarui.
  • Membawa orang lain atau keluarga saat menjalankan order.
  • Meminta bayaran lebih kepada penumpang.
  • Memberi kembalian yang kurang kepada penumpang.
  • Menekan tombol selesai, padahal penumpang tidak dijemput.
  • Bertindak curang dengan menyelesaikan pesanan dari akun pelanggan.
  • Sengaja membatalkan pesanan tetapi tetap menjalankan order.
  • Menggunakan Gopay untuk transaksi ilegal atau tindakan penipuan.
  • Mitra menyelesaikan order dari pelanggaran yang disinyalir memiliki perangkat yang sama dengan milik mitra tersebut.
  • Terlambat menjemput penumpang tanpa alasan yang jelas.
  • Berkali-kali menolak melewati rute yang diminta oleh penumpang.
  • Sering meminta pelanggan membatalkan pesanan.
  • Menggunakan kendaraan di bawah standar. Seperti motor butut atau motor yang sudah banyak dilepas onderdilnya.
  • Sering melakukan pembatalan order di salah satu waktu tertentu.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengetahui Akun di Suspend

Bagaimana driver bisa mengetahui bahwa akunnya sudah disuspend? Ternyata sangat mudah mengetahuinya. Setiap mitra yang terbukti melakukan pelanggaran hingga terkena suspend akan mendapatkan SMS notifikasi ke nomor hp yang didaftarkan pada aplikasi.

Selain itu driver juga mendapatkan email yang berisi pemberitahuan bahwa akun telah disuspend. Atau cara lain, coba tarik saldo gopay anda jika tidak bisa itu bisa jadi pertanda bahwa hukuman suspend berlaku untuk anda.

Cara Menghilangkan Suspend Gocar

Min, memangnya bisa ya menghilangkan hukuman seperti itu? Jawabannya bisa dong. Jika ibaratkan seseorang yang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menurut pengadilan dan dipenjara bisa saja dibebaskan karena ia berhasil melakukan banding dengan berbekal bukti-bukti yang ada.

Baca juga:

Begitupun halnya dengan sanksi dari gojek ini yang bisa saja dihilangkan atau dihapus bila anda mengajukan banding dan terbukti tidak melakukan kesalahan. Maka, akun anda akan dikembalikan lagi seperti sedia kala? Bagaimana caranya? Tak perlu bingung, berikut ini cara menghilangkan suspend go car yang bisa anda lakukan :

1. Telepon Customer Service Terlebih Dahulu

Sebenarnya ketika sudah terbukti melakukan pelanggaran dan telah disuspend akan mendapatkan pemberitahuan seperti apa yang sudah dijelaskan. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga bila anda tetap menghubungi customer service Go-Jek guna menanyakan hal tersebut. Jika memang benar adanya anda bisa langsung melakukan langkah berikutnya.

2. Kumpulkan Bukti yang Kuat

Jangan lupa kumpulkan bukti-bukti kuat yang bisa membuat anda terbebas dari jerat hukuman ini. Ya, walaupun belum menjamin 100% tetapi setidaknya anda telah berusaha melakukan pembelaan atas kesalahan yang tidak pernah dilakukan.

3. Datang Langsung ke Kantor Gojek

Setelah bukti-bukti sudah anda siapkan, kini saatnya untuk pergi ke kantor gojek. Cara menghilangkan suspend gocar dengan mendatangi tempat tersebut bertujuan untuk mengusahakan agar akun bisa dikembalikan sehingga anda sebagai driver bisa bekerja kembali seperti sedia kala. Sampaikan keluhan tentang sanksi suspend tersebut. Jika bukti yang dibawa dirasa cukup kuat, maka gojek akan mempertimbangkan untuk membuka kembali akun yang terkena suspend tersebut.

Nah bagaimana? Mudah bukan? Jika akun anda kembali tentunya hal tersebut bisa dijadikan pembelajaran supaya lebih berhati-hati lagi dalam melakukan pekerjaan. Jangan pernah sekalipun berbuat curang dan melakukan pelanggaran-pelanggaran yang lainnya.

Selalu berikan pelayanan yang terbaik ke penumpang sekalipun pada kondisi yang terburuk. Akhir kata, demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara menghilangkan suspend gocar semoga bermanfaat semua. Terima kasih.

One thought on “3 Langkah Tepat Menghilangkan Suspend Gocar, 100% Ampuh!

  1. Mujiharjo

    Setelah membaca dari awal hingga akhir, tidak disinggung bagi mitra yang mengalami suspend korban yabg akun terbajak hingga mengalami putus mitra, apa tidak ada solusi untuk mitra tetap menjadi mitra digojek sebagai driver gocar, karena para mitra telah berani mengambil unit untuk bekerja sebagai mitra digojek, tapi karena suatu hal kejadian yang tidak diinginkan oleh mitra hingga akhirnya mendapat pemutusan mitra sekiranya itu keluhan dan semoga mendapat sokusi untuk tetap menjadi mitra digojek.

    Terima kasih

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *