Cara Pinjam Uang di Livin Mandiri Tanpa Kartu Kredit

Jika biasanya mengajukan pinjaman harus datang ke kantor cabang terdekat dan membawa banyak dokumen, kini Livin mempermudah nasabahnya dengan meluncurkan fitur pinjaman di aplikasi Livin Mandiri.

Bagi nasabah livin Mandiri, anda bisa mengajukan pinjaman tanpa kartu kredit melalui beberapa produk pinjaman dana cepat. Simak selengkapnya pada penjelasan berikut ini.

Produk Pinjaman Tanpa Kartu Kredit di Livin Mandiri

Untuk memudahkan nasabahnya, Bank Mandiri memberikan fitur pengajuan pinjaman secara online yang bisa diakses dengan mudah lewat aplikasi tanpa kartu kredit.

Namun, sebelum itu ada baiknya Anda mengetahui jenis pinjaman apa saja yang tersedia agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. 

1. Kredit Serbaguna Mandiri (KSM)

Produk pinjaman pertama yang dapat Anda akses di aplikasi Livin adalah Mandiri KSM. Debitur dapat mengajukan pinjaman tanpa menggunakan jaminan atau agunan.

Pinjaman ini dapat dimanfaatkan untuk membiayai berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, usaha, hingga renovasi hunian, serta kebutuhan konsumtif lainnya.

Namun, benefit tadi hanya diperuntukkan bagi PNS, TNI/Polri, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta yang bermitra dengan Bank Mandiri.

Limit pinjaman KSM Mandiri tersedia hingga Rp1,5 miliar dengan bunga sebesar 8,25% per tahun. Jangka waktu pinjaman cukup lama, yaitu sampai 15 tahun.

Untuk bisa mengajukan pinjaman Serbaguna Mandiri, nasabah hanya perlu menyiapkan foto copy KTP dan NPWP.

Khusus untuk pengajuan baru, pengajuan top up, dan pengalihan fasilitas pinjaman dari bank, nasabah akan dibebaskan biaya provisi dan admin.

2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pinjaman selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Kredit Usaha Rakyat atau KUR, yaitu pembiayaan modal kerja atau investasi yang ditujukan kepada individu atau perseorangan berskala UMKM.

Melalui program ini, Bank Mandiri ikut memajukan pertumbuhan ekonomi dengan memberi kesempatan bagi pelaku usaha yang produktif tapi belum memiliki cukup dana.

KUR Mandiri menyasar debitur pemilik UMKM, UMKM dari anggota keluarga berpenghasilan tetap, Pekerja Migran Indonesia (PMI), Tenaga Kerja Indonesia (TKI), UMKM di perbatasan wilayah, hingga ibu rumah tangga.

Lalu jenis KUR apa saja yang diberikan kepada debitur? Ada 5 jenis Kredit Usaha yang ditawarkan oleh Bank Mandiri, di antaranya:

Baca juga:  4 Penyedia Kartu Kredit Tanpa BI Checking, Syarat Mudah!

KUR Super Mikro

Untuk bisa menerima kredit ini, debitur berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Pemberian dana pinjaman maksimal 10 juta dengan jangka waktu pelunasan Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.

Suku bunga yang dikenakan sebesar 3% per tahun dengan agunan pokoknya adalah usaha yang sedang dijalankan.

Syarat lainnya adalah debitur menjalankan usaha kurang dari 6 bulan sudah pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan, tergabung dalam kelompok usaha, atau memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha produktif.

KUR Mikro

Syarat utama penerima KUR Mikro adalah sudah memiliki usaha minimal 6 bulan dan bagi pekerja PHK sudah mengikuti pelatihan serta menjalankan usaha minimal 3 bulan. Besaran dana pinjaman yang akan diterima debitur sebesar Rp10 juta hingga Rp100 juta.

Durasi pelunasan pinjaman sama seperti KUR Super Mikro, tapi yang membedakan adalah suku bunga yang dikenakan.

Suku bunga untuk penerima KUR pertama sebesar 6% per tahun, penerima KUR kedua sebesar 7% per tahun, penerima KUR ketiga sebesar 8% per tahun, dan penerima KUR keempat sebesar 9% per tahun.

Nah, bagi debitur di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan dibatasi hanya menerima KUR sebanyak 4 kali, sementara sektor selain itu sebanyak 2 kali.

KUR Kecil

Berbeda dari dua jenis sebelumnya, pada KUR kecil ini ada agunan tambahan berupa tanah, bangunan, atau kendaraan bermotor. Karenanya pinjaman yang diberikan juga lebih besar, yaitu berkisar antara Rp100 juta hingga Rp500 juta.

Besaran suku bunganya sama seperti KUR Mikro, yang membedakan adalah durasi pelunasan, yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun. Debitur juga harus menjalankan usaha minimal 6 bulan.

KUR PMI dan TKI

Pemberian dana untuk pekerja migran dan tenaga kerja Indonesia ini berkisar hingga Rp100 juta tanpa agunan. Durasi pelunasan KMK maksimal 4 tahun dan KI maksimal 5 tahun dengan bunga 6% per tahun.

KUR Khusus

Terakhir untuk KUR Khusus pemberian pinjaman maksimal Rp500 juta dengan suku bunga 6% per tahun.

Durasi pelunasan seperti KUR PMI dan TKI, tetapi pada KUR Khusus ini disyaratkan ada agunan pokok berupa usaha yang sedang dijalankan dan agunan tambahan tanah, bangunan, atau kendaraan bermotor.

Baca juga:  Review Kartu Kredit Jenius : Kentungan, Biaya, & Limit

Debitur juga disyaratkan telah memiliki usaha minimal 6 bulan. Banyaknya jenis KUR Mandiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda. Selain itu, Anda juga wajib tahu dokumen apa saja yang diperlukan, antara lain:

  • Aplikasi Permohonan Kredit
  • Fotocopy E-KTP, KK, Surat Nikah/cerai (bagi yang sudah menikah atau bercerai)
  • Pas foto terbaru calon debitur dan pasangan
  • Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)
  • NPWP apabila limit kredit lebih dari Rp50 juta.

Perlu dicatat, untuk tahun 2023 program ini akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

3. Kredit Usaha Mikro (KUM)

Pinjaman tanpa kartu kredit lainnya adalah KUM Mandiri yang diberikan kepada pengusaha mikro untuk modal kerja atau investasi.

Debitur berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 61 tahun saat kredit lunas. Selain itu, debitur juga pengusaha mikro yang sudah menjalankan usaha selama 2 tahun.

Dana yang diberikan maksimal Rp500 juta dengan jangka waktu pelunasan 5 tahun. Sedangkan suku bunga yang dikenakan sebesar 0,99% per bulan untuk pengajuan baru dan bunga 0,76% flat untuk pengajuan top up.

Pinjaman ini mensyaratkan adanya agunan pokok berupa objek yang dibiayai. Agunan tambahan dikenakan jika limit pinjaman lebih dari Rp25 juta, agunan berupa tanah, bangunan, atau kendaraan bermotor. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  • Surat Keterangan Usaha (SKU) yang diterbitkan oleh pejabat di daerah setempat.
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan KTP.
  • NPWP untuk limit lebih dari Rp50 juta.
  • Foto copy kartu keluarga.
  • Foto copy surat nikah/cerai bagi debitur yang telah menikah atau bercerai untuk limit lebih dari Rp25 juta.

Baca juga: Kartu Kredit Tanpa BI Checking

Cara Pengajuan Pinjaman Tanpa Kartu Kredit di Livin Mandiri

Cara Pinjam Uang di Livin Mandiri Tanpa Kartu Kredit

Setelah mengetahui jenis pinjaman tanpa kartu kredit di Livin Mandiri, selanjutnya Anda bisa langsung mengajukan pinjaman sesuai produk yang dibutuhkan.

Bagaimana cara mengajukan pinjaman di Bank Mandiri? Ada dua cara tersedia, yaitu secara offline dengan mengunjungi kantor cabang dan secara online melalui aplikasi Livin’by Mandiri. 

Pada artikel ini, kita akan membahas cara mengajukan pinjaman melalui aplikasi Livin. Anda dapat mengikuti langkah sederhana berikut ini:

Baca juga:  Pinjaman Rekening Koran BCA, Plafon Hingga Rp 30 Milyar

Kredit Serbaguna Mandiri (KSM)

Pengajuan pinjaman bank Mandiri untuk produk KSM dapat Anda lakukan secara mandiri melalui aplikasi Livin, berikut langkah-langkahnya:

  1. Cek penawaran Pinjaman Serbaguna Mandiri melalui widget ‘Pinjaman Serbaguna Mandiri’ di halaman utama
  2. Pada halaman produk info, lihat limit pinjaman maksimum beserta tenor dan bunga tahunan, klik ‘Isi Pengajuan Sekarang’
  3. Atur nominal pinjaman dan tenor sesuai kebutuhan
  4. Cek Detail Biaya Pengajuan
  5. Isi biodata diri, ikuti petunjuk berikutnya, pada resume data pengajuan cek kembali data, pastikan seluruh data telah sesuai dan terisi.
  6. Pada halaman notifikasi pengajuan pinjaman sedang diproses, klik cek status pengajuan.
  7. Jika pengajuan berhasil disetujui, cek kembali hasil pengajuan, jika sudah sesuai klik ‘Tanda Tangani Perjanjian Kredit’.
  8. Setelah pencairan, cek ke halaman utama untuk cek saldo rekening dan rekening pinjaman.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Untuk saat ini, pengajuan pinjaman KUR belum bisa dilakukan secara online melalui aplikasi. Hal ini telah disampaikan oleh pihak Bank Mandiri melalui kolom komentar di akun Instagram resmi @bankmandiri pada 20 Februari 2023 silam.

“Mohon maaf Bapak / Ibu, untuk pengajuan Mandiri Kredit Usaha Rakyat (KUR) tidak bisa dilakukan secara online.”

Sebagai gantinya, masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman bisa langsung mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Kredit Usaha Mikro (KUM)

Pengusaha mikro yang ingin mengajukan pinjaman dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Menerima penawaran dari WhatsApp resmi Bank Mandiri atau melalui Banner KUM Digital di Livin 
  2. Mengakses link landing page bank mandiri https://pinjamanmodal.bankmandiri.co.id/ untuk pengisian formulir dan upload persyaratan dokumen 
  3. Menerima konfirmasi telepon dari petugas Bank Mandiri 
  4. Menandatangani perjanjian kredit secara digital.

Itulah cara pinjam uang di Livin Mandiri tanpa kartu kredit, jika Anda sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan maka besar kemungkinan pengajuan Anda disetujui.

Tetapi ingat, sebelum mengajukan pinjaman pastikan sudah mempertimbangkan manfaat dan resikonya. Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar