5 Tips Agar Pinjaman di ACC Bank Dengan Cepat

Kebutuhan hidup terkadang lebih besar daripada pendapatan. Salah satu jalan untuk memenuhinya adalah dengan mengajukan pinjaman melalui bank. Namun, tidak semua pengajuan pinjaman akan membuahkan hasil yang baik.

Ada banyak pengajuan pinjaman yang berakhir dengan status ditolak. Untuk menghindari hal itu, Anda bisa menyimak tips agar pinjaman di ACC bank dalam artikel ini.

Syarat Umum Pinjam Uang di Bank

Sebelum membahas tips agar pinjaman di ACC bank, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui syarat meminjam uang di bank. Mengajukan pinjaman di bank harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Persyaratan meminjam uang antara bank yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan meski hanya satu atau beberapa persyaratan.

Perbedaan ini juga dipengaruhi oleh jenis pinjaman yang diajukan, seperti pinjaman usaha, pinjaman pensiun, pinjaman kredit kendaraan, dan lain sebagainya.

Misalnya saja, syarat pinjam uang di bank BRI tanpa jaminan untuk usaha akan berbeda dengan syarat meminjam uang di bank BRI untuk kredit kendaraan. Namun, pasti ada persyaratan umum yang ditetapkan setiap bank. Berikut ini syarat umum pinjam uang di bank

  • Minimal usia 21 tahun atau sudah menikah
  • Fotocopy E-KTP
  • Fotocopy KK
  • Slip gaji
  • Fotocopy rekening
  • Fotocopy NPWP

Itulah syarat umum untuk mengajukan pinjaman di bank. Syarat lain menyesuaikan dengan jenis pinjaman yang Anda ajukan. Seperti misalnya jenis pinjaman usaha biasanya terdapat syarat tambahan berupa laporan keuangan usaha atau SIUP atau syarat lain berupa dokumen kepemilikan agunan seperti sertifikat rumah atau BPKB (jika diperlukan).

Alasan Pengajuan Kredit Ditolak

Meski bank menyediakan beragam produk untuk memudahkan Anda mendapatkan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi, tidak berarti semua pengajuan akan mendapatkan persetujuan. Ada pengajuan kredit yang ditolak dengan beberapa alasan. Berikut ini alasan pengajuan kredit ditolak oleh pihak bank.

  1. Persyaratan Kurang Lengkap, Kelengkapan dokumen persyaratan adalah salah satu hal dasar untuk diterimanya pengajuan kredit. Banyak pengajuan yang ditolak karena tidak menyertakan dokumen persyaratan (seperti identitas diri dan keluarga, NPWP, rekening koran BCA, BRI, atau bank lain, dan lainnya) secara lengkap.
  2. Data Tidak Valid/Kesalahan Verifikasi, Data tidak valid atau terdapat kesalahan saat melakukan verifikasi seperti kurangnya 1 digit nomor telepon atau swafoto yang diinput tidak jelas bisa menyebabkan sistem atau verifikator tidak bisa membacanya dengan benar. Jika seperti itu, ada kemungkinan pengajuan yang Anda ajukan tertolak.
  3. Pemalsuan Data, Jika Anda memasukkan data palsu saat mengisi form atau pada dokumen persyaratan, bisa dipastikan pengajuan Anda masuk dalam blacklist dan akan ditolak.
  4. Jaminan Tidak Sesuai, Jaminan yang diajukan saat mengajukan pinjaman juga berpengaruh pada diterima atau tidaknya pengajuan kredit. Apabila nilai jaminan atau agunan yang diajukan tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan, maka pengajuan pinjaman akan tertolak.
  5. Riwayat Kredit Buruk, Riwayat kredit yang buruk bisa dikatakan menjadi faktor penting alasan pengajuan kredit ditolak. Saat ini setiap bank atau lembaga pembiayaan lainnya bisa dengan mudah mendeteksi riwayat kredit seorang debitur melalui BI checking atau SLIK OJK.
  6. Pengajuan Pinjaman Terlalu Tinggi, Alasan pengajuan kredit ditolak yang terakhir adalah nominal pengajuan yang terlalu tinggi. Biasanya pihak bank akan mempertimbangkan nominal pengajuan dengan kesanggupan Anda untuk membayar angsuran.
Baca juga:  Tabel Angsuran Clipan Finance 2024 Jaminan BPKB & Sertifikat

Itulah beberapa alasan pengajuan kredit ditolak oleh pihak bank. Lalu, apakah pinjaman online mempengaruhi pinjaman di bank? Riwayat pinjaman yang Anda lakukan melalui aplikasi pinjol yang masuk SLIK OJK pasti memberikan pengaruh pada pinjaman di bank.

Data yang Anda masukkan ketika melakukan pinjaman online akan terekam di BI checking atau SLIK OJK yang bisa diketahui oleh pihak bank. Jika Anda memiliki riwayat kredit buruk yang buruk di pinjaman online besar kemungkinan pengajuan pinjaman di bank akan tertolak.

Jadi, bagaimana cara pinjam uang agar berhasil? Anda bisa mengikuti tips agar pinjaman di ACC bank di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengetahui Pengajuan Kredit Motor di ACC atau Tidak

Tips Agar Pinjaman di ACC Bank

Tips Agar Pinjaman di ACC Bank

Untuk menghindari pengajuan pinjaman ditolak oleh pihak bank, Anda bisa mengikuti beberapa tips agar pinjaman di ACC bank berikut ini.

1. Lengkapi Dokumen Persyaratan

Tips agar pinjaman di ACC bank yang pertama adalah melengkapi dokumen persyaratan. Jadi sebelum pergi ke bank untuk mengajukan pinjaman, pastikan Anda telah menyiapkan seluruh persyaratan yang ditetapkan. Pastikan juga Anda tidak melakukan pemalsuan dokumen.

2. Memiliki Skor Kredit yang Baik

Tips agar pinjaman di ACC bank yang selanjutnya adalah memperhatikan skor kredit. Seperti yang telah dijelaskan di atas, skor atau riwayat kredit menjadi salah satu elemen penting yang menjadi alasan pengajuan kredit ditolak atau diterima.

Skor kredit yang Anda miliki akan dievaluasi menggunakan skala 1-5 yang disebut dengan Kolektibilitas. Berikut ini penjelasan kolektibilitas untuk setiap tingkatan.

  • Kredit lancar (Kol 1): ini adalah tingkatan kredit baik yang menunjukkan bahwa nasabah bisa memenuhi semua kewajiban pinjaman seperti membayar angsuran, utang pokok, dan bunga tanpa ada masalah atau keterlambatan
  • Kredit Dalam Perhitungan Khusus (Kol 2): nasabah memiliki tunggakan pembayaran selama 1-2 bulan yang diakibatkan oleh keterlambatan pembayaran
  • Kredit Tidak Lancar (Kol 3): skor ini didapat ketika nasabah memiliki tunggakan pembayaran selama 3-4 bulan
  • Kredit Diragukan (Kol 4): nasabah tidak bisa membayar hingga 5-6 bulan
  • Kredit Macet (Kol 5): ini merupakan tingkatan kredit yang terburuk di mana nasabah tidak membayar angsuran selama lebih dari 6 bulan
Baca juga:  Gaji Wealth Management Program BCA dan Sekuritas 2024

Pihak bank akan menggunakan skor kredit ini untuk menentukan diterima atau tidaknya suatu pengajuan kredit. Melakukan pembayaran angsuran dengan tepat waktu di pinjaman sebelumnya memiliki dampak baik untuk pengajuan kredit selanjutnya.

Baca juga: Trik Agar Pinjaman Online Di ACC

3. Mengajukan Pinjaman Sesuai Kemampuan

Tips agar pinjaman di ACC bank selanjutnya adalah dengan mengajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan. Pihak bank juga akan menilai tingkat kemampuan Anda untuk membayar angsuran. Biasanya hal ini akan disesuaikan dengan penghasilan yang Anda miliki.

4. Tambahkan Agunan

Tips agar pinjaman di ACC bank yang berikutnya adalah dengan menambahkan agunan, baik berupa sertifikat rumah/tanah, barang berharga, atau BPKB. Dengan mengajukan agunan bisa menambah keyakinan pihak bank bahwa Anda berkomitmen untuk melunasi pinjaman.

5. Pembukuan Keuangan yang Rapi

Jika Anda mengajukan pinjaman untuk usaha, salah satu syaratnya ialah laporan keuangan yang keluar atau masuk dari usaha Anda. Tips agar pinjaman di ACC bank ialah buatlah pembukuan keuangan yang rapi. Dari sini pihak bank bisa melihat potensi dari usaha yang Anda jalankan. Pihak bank juga bisa melihat kecakapan Anda dalam mengelola keuangan.

Demikianlah beberapa tips agar pinjaman di ACC bank dari Tipkerja.com. Perhatikan selalu syarat yang ditentukan ketika akan mengajukan pinjaman. Pastikan juga Anda memiliki skor kredit yang baik agar pengajuan pinjaman selanjutnya berpotensi besar untuk di ACC. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar