Livin Paylater Tidak Muncul? Penyebab & Cara Mengatasinya

Tidak kalah dengan dompet elektronik dan BCA paylater, kini PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) juga menawarkan layanan paylater untuk para nasabahnya.

Fitur yang mengusung konsep 3T (Tercepat, Terluas, dan Termurah) ini bisa diakses di aplikasi Livin’ by Mandiri. Namun sangat disayangkan, Livin paylater tidak muncul di beberapa aplikasi nasabah. 

Apa yang menjadi penyebab tidak munculnya paylater Livin’ by Mandiri tersebut? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Plafon, Tenor, dan Bunga Livin Paylater

Untuk plafon, sejauh informasi yang kami dapat, paylater Livin’ menawarkan plafon hingga Rp 10 juta. Limit minimum dan maksimum yang pertama kali nasabah dapatkan bisa berbeda-beda tergantung dari penilaian sistem aplikasi. 

Sementara untuk tenor yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Para nasabah bisa memilih tenor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan masing-masing. Apakah ingin melunasi dalam waktu singkat atau yang lebih panjang. 

Selanjutnya untuk bunga dan biaya yang dibebankan pada pengguna Livin paylater adalah sebagai berikut.

  • Untuk tenor 1 dan 3 bulan, akan dikenakan bunga pinjaman mulai dari 0%
  • Untuk tenor > 3 bulan, akan dibebankan bunga mulai 1,5% flat per bulan
  • Biaya administrasi mulai 0,25% per transaksi
  • Biaya admin dan bunga pinjaman bisa berubah sewaktu-waktu
  • Biaya denda keterlambatan mulai 4% per bulan dari jumlah tagihan yang tertunggak.

Livin Paylater Tidak Muncul

Dilansir dari laman resmi bank Mandiri, fitur paylater saat ini memang diluncurkan secara terbatas. Hanya nasabah dengan kriteria tertentu yang bisa mengaksesnya. 

livin paylater tidak muncul

Namun, untuk kriteria nasabah seperti apa yang bisa mengakses fitur paylater, pihak bank belum memberikan penjelasan resminya. Sebab, pemilihan nasabah yang mendapatkan penawaran paylater itu by system. 

Baca juga:  Cara Menaikkan Limit MyBCA Paylater hingga 20 Juta

Debit kredit tiap nasabah biasanya dihitung oleh EDA (Enterprise Data Analytic). Dari EDA ini akan dianalisa kira-kira mana saja nasabah yang eligible sesuai kriteria yang risk management berikan. Jika sesuai, maka nasabah tersebut bisa mendapat fasilitas penawaran paylater. 

Hal ini dilakukan guna memastikan pengalaman terbaik yang nantinya akan dirasakan oleh nasabah. Jadi sederhananya, nasabah eksisting yang ada di waitlisted Bank Mandiri yang berpeluang untuk mendapatkan penawaran Livin’ paylater. 

Namun, dari hasil penelusuran kami, beberapa poin di bawah ini bisa digarisbawahi terkait pertanyaan kenapa Livin paylater tidak muncul di aplikasi Anda. Meskipun Anda termasuk nasabah lama. Kemungkinannya bisa jadi karena:

1. Tidak Ada Saldo Mengendap

Rekening Anda memang aktif, tetapi saldo yang ada selalu kosong. Misalnya, ketika Anda mendapat transferan gaji, saldo tersebut langsung Anda tarik atau pindahkan di tabungan lain. 

Tidak adanya saldo yang mengendap ini bisa menjadi indikasi bank jika nantinya Anda bisa mengajukan paylater, pembayarannya akan sulit. Akhirnya, sistem tidak memberikan penawaran paylater di aplikasi Anda. 

2. Tidak Ada Transaksi

Kemungkinan lain kenapa Livin paylater tidak muncul di aplikasi Anda karena Anda tidak pernah melakukan transaksi.

Dilihat dari riwayat transaksi, yang ada hanya mutasi biaya administrasi dan bunga di akhir bulan. Padahal, kategori rekening aktif tidak hanya belum lewat expired, tetapi juga sering tidaknya Anda bertransaksi. 

3. Skor BI Checking Buruk

Dimana saja Anda ingin mengajukan paylater, pasti layanan tersebut mengharuskan skor BI checking Anda bagus. Begitupun dengan Livin’ paylater.

Jika skor kredit Anda tidak lolos BI checking, besar kemungkinan Livin paylater tidak muncul di aplikasi Anda. 

4. Masalah Teknis Dalam Aplikasi

Bisa juga penyebab Livin paylater tidak muncul di aplikasi Anda karena ada masalah teknis dalam aplikasi.

Baca juga:  Lazada Paylater Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya

Seperti aplikasi yang belum diinstal pembaruan atau bug tertentu yang perlu diperbaiki oleh developer. Anda bisa mencoba memperbarui aplikasi dan menghapus cache aplikasi. 

Jika poin 4 ini sudah Anda lakukan, silakan coba cara aktivasi paylater di Livin’ Mandiri yang akan kami jelaskan lebih lanjut!

Baca juga: Kenapa Di Livin Mandiri Tidak Ada Pinjaman

Cara Aktivasi Paylater di Livin by Mandiri

Cara Aktivasi Paylater di Livin by Mandiri

Anda bisa mengaktivasi paylater di Livin’ by Mandiri untuk mendapatkan kemudahan transaksi pembayaran lewat QR. Pelajari cara aktivasi dan penggunaannya berikut ini. 

Aktivasi Melalui Notifikasi

Aplikasi Livin’ by Mandiri umumnya akan memberikan notifikasi kepada para penggunanya mengenai penawaran produk terbaru.

Jika Anda menerima notifikasi paylater di Livin’ by Mandiri Anda bisa langsung klik notifikasi tersebut untuk mengakses layanan paylater Mandiri secara cepat dan efisien tanpa harus menavigasi ke berbagai menu aplikasi. 

Aktivasi Melalui Beranda Aplikasi

Jika Anda tidak mendapatkan notifikasi, cara aktivasi paylater di Livin’ by Mandiri yang bisa Anda lakukan adalah dengan masuk di beranda aplikasinya. 

Silakan masuk di Menu Utama > temukan menu Paylater > lalu, klik Aktifkan Sekarang. Lengkapi persyaratan yang dibutuhkan saat proses pengajuan. 

Aktivasi Melalui Menu Promo

Jika dua cara di atas tidak Anda temukan, cara lainnya bisa Anda coba dengan melihat penawaran di menu Promo. 

  1. Buka Menu Promo : Di beranda aplikasi, silakan Anda gulir layar untuk melihat penawaran yang ada di menu Promo
  2. Lihat dan Ajukan Penawaran : Setelah itu, lihatlah penawaran. Baca dengan detail penawaran tersebut. Jika sudah sesuai, Anda bisa klik Ajukan Sekarang.
  3. Lakukan Persetujuan : Baca dengan cermat syarat dan ketentuan yang diajukan. Jika dirasa sudah oke, silakan klik Saya Setuju.
  4. Lengkapi Data Diri, Data Pekerjaan, dan Data Keluarga Tidak Serumah : Ada banyak data yang harus Anda lengkapi, seperti data diri, data pekerjaan, dan data keluarga tidak serumah yang bisa dihubungi oleh pihak Mandiri. Isi masing-masing data dengan benar dan lengkap. Jika sudah, Anda bisa klik Lanjutkan
  5. Pilih Rekening Pembayaran : Ada tiga pilihan rekening pembayaran untuk autodebit pembayaran tagihan Livin’ Paylayer. Silakan pilih salah satu dan klik Lanjutkan.
  6. Konfirmasi Data Pengajuan : Anda akan dibawa di halaman data pengajuan. Teliti sekali lagi, jika apa yang Anda isi sudah sesuai, silakan konfirmasi data dengan memilih Kirim data Pengajuan
  7. Verifikasi Foto Wajah : Lengkapi proses pengajuan dengan foto wajah Anda untuk verifikasi dan pilih Ambil Selfie. Pastikan Anda memakai pakaian yang rapi dan sopan. Foto dengan jelas, jangan blur. 
  8. Proses Pengajuan : Masukkan PIN Livin’ untuk proses pengajuan. Data yang Anda kirimkan akan dicek sementara waktu oleh bank. 
  9. Pengajuan Disetujui : Jika pengajuan sudah disetujui, Anda akan mendapat pop up Notifikasi Pengajuan Disetujui
Baca juga:  Cara Mencairkan Lazada Paylater ke DANA atau Rekening

Silakan gunakan limit paylater yang ada. Pastikan saldo rekening Anda cukup di setiap tanggal jatuh tempo tagihan untuk menghindari denda, ya. Anda bisa mengecek riwayat transaksi dan tagihan terlebih dahulu di halaman detail Livin’ Paylater.  

Nah, itulah pembahasan tentang kenapa fitur Livin paylater tidak muncul di aplikasi Anda. Faktor pastinya memang belum diketahui, tetapi kemungkinan-kemungkinan di atas bisa digarisbawahi. 

Jika Anda bisa mendapatkan penawaran paylater, proses pengajuannya juga mudah dan cepat. Bisa langsung dilakukan di aplikasi Livin’ by Mandiri. Gunakanlah untuk bertransaksi dengan bijak di rekanan Livin’ by Mandiri lewat barcode QR/ QRIS dan minta diubah menjadi cicilan. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar