Pengalaman Mengaktifkan Suspend Akun Driver Gojek, Work!

Cerita Suspend Akun Driver GOjek – Suspend adalah momok bagi driver gojek dan driver ojol lainnya, para driver sering menyebut sakaratul maut sistem. Suspend tak mengenal waktu bisa berlangsung kapan saja dan terkadang tanpa sebab tahu sebabnya apa. Sistem dan kecanggihan Artificial Intelligence (AI) gojek bagaikan malaikat pencabut nyawa aplikasi dan bisa menimpa siapa saja tak pandang bulu.

mengatasi akun gojek suspend

Ya… meski begitu tak usah berkecil hati dan tetap semangat, asalkan tak melakukan kecurangan dan melayani pelanggan sepenuh hati semua pasti ada jalan. Akun yang terkena suspend bukan akhir dari segalanya, masih ada banding yang bisa dilakukan driver untuk mengaktifkan akun.

Per 19 Agustus 2019 gojek memberikan kemudahan bagi Driver untuk mengurus akun yang terkena suspend melalui fitur halaman ”Bantuan”. Ini sangat memudahkan driver hanya dengan menjelaskan kronologi melalui aplikasi dan tak perlu antri panjang di kantor DSU banding bisa diterima dan akun aktif kembali.

Berikut ini 5 langkah-langkah penting yang harus dilakukan jika akun anda terkena suspend.

1. Pastikan Status Akun 

Akun driver masih aktif atau terkena suspend harus dipastikan telebih dahulu, mengapa hal ini harus dilakukan karena pada saat sistem melakukan suspend tak semuanya dibarengi dengan notifikasi ke driver. Notifikasi biasanya dikirim melalui pesan singkat (SMS) ke nomer yang terdaftar resmi di gojek dan melalui notifikasi di fitur pesan aplikasi driver.

Repotnya jika tidak menerima notifikasi suspend dan tiba-tiba akun jadi gagu dan tidak menerima order. Cara cepat mengatasinya adalah melakukan pengecekan dengan cara penarikan deposit atau withdraw. Selama saldo di aplikasi driver masih bisa ditarik maka akun masih aktif.

Cara lainnya adalah telepon ke Customer Service Gojek, nemanyakan status akun apakah masih aktif atau suspend. Cara yang terakhir ini lebih valid dan mendetail karena bisa berbicara langsung dengan pihak gojek dan mendapatkan jawaban pasti apakah akun aktif atau terkena suspend.

2. Banding melalui fitur Bantuan

Berdasarkan pengalaman para driver senior yang memiliki jam terbang tinggi, banding melalui fitur bantuan tergolong efektif dan ini merupakan penyelesaian awal dan cepat ketika akun terkena suspend. Sejak dibuka 19 Agustus 2019 kemarin, fitur ini digunakan kebanyakan driver untuk melakukan banding tanpa harus datang ke DSU kantor gojek.

fitur bantuan gojek

menu fitu bantuan gojek

Bagaimana caranya menggunakan fitur bantuan ini? Caranya, klik fitur bantuan diaplikasi driver anda dan pilih judul artikel ‘’Saya ingin mengajukan banding atas sanksi yang saya terima’’. Tulis kronologinya dan kemudian kllik kirim.

kolom menulis kronologi

kolom menulis kronologi

Selama anda tidak melakukan kecurangan jangan takut terkena suspend, ceritakan kronologi dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tuliskan secara runtut dan gamblang kendala apa yang anda alami, apakah ada riwayat order penumpang yang sama berkali-kali dalam satu waktu atau persoalan lainnya.

3.Banding melalui Kantor DSU

Banding yang paling efektif dan hasilnya memuaskan adalah datang ke kantor DSU. Dari sinilah driver semacam mendapatkan ruang untuk melaporkan kejadian yang dialami sehingga petugas DSU akan melihat gestur secara langsung apa yang diceritakan oleh driver.

Tipsnya adalah, tidak usah takut menghadapi petugas DSU, bersikap sopan dan menceritakan apa adanya tidak ada yang ditutup-tutupi. Petugas DSU akan menangkap argumentasi driver kemudian mengambil keputusan saat itu juga atau diajukan dulu ke kantor pusat, biasanya tergantung kasusnya seperti apa. Jika banding dikabulkan maka akun bisa aktif dalam waktu minimal tiga hari.

Atau juga bisa memakan banyak waktu lebih dari tujuh hari bila harus nunggu keputusan kantor pusat. Jika diajukan ke kantor pusat ada dua kemungkinan, banding diterima dan akun diaktifkan atau banding ditolak dan dilakukan putus mitra (PM) artinya akun dibekukan selamanya.

Ketegori pelanggaran ringan atau berat akan menjadi pertimbangan petugas DSU untuk memutuskan segala sesuatu tentang driver. Pelanggaran paling berat adalah order fiktif dan mendapatkan komentar buruk dari pelanggan dan dapat bintang satu, ini yang sulit untuk diampuni.

4. Manfaatkan Fitur ‘’Ketemu DSU’’

Untuk bertemu DSU di kantor operasional gojek, anda bisa memanfaatkan fitur ”Ketemu DSU”. Ini adalah cara melakukan pesanan atau booking secara online antrian melalui aplikasi driver. Jadi tak perlu repot-repot antri panjang dan menunggu lama di kantor gojek.

fitur ketemu dsu

fitur ketemu dsu

Fitur ini sudah berlaku sejak November 2018 untuk driver di wilayah Jabodetabek, tapi sekarang sudah bisa digunakan juga untuk driver di luar jabodetabek pada Maret 2019. Fitur ini bisa muncul di aplikasi driver jika melakukan update aplikasi versi terbaru.

Keunggulan fitur ini anda bisa dengan mudah mengatur tanggal dan waktu untuk datang ke kantor operasional. Ini artinya menghemat waktu dan bisa datang sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Proses penanganan laporan anda menjadi lebih efektif.

5. Pantau Status Akun dengan cara Withdraw

Setelah banding, bagaimana mengetahui bahwa akun sudah aktif lagi? Tidak semua akun yang sudah kembali aktif mendapatkan notifikasi dari gojek, karena itu dibutuhkan pemantauan secara khusus untuk mengetahui bahwa akun sudah aktif kembali.

Beberapa langkah untuk memantau status akun, pertama lakukan beberapa kali login dan logout aplikasi kemudian kedua melakukan withdraw deposit, jika belum berhasil dicoba lagi dan lagi. Lihat notifikasi paling bawah mengenai status aktif atau tidak aktif.

halaman withdraw

halaman withdraw

Bagaimana dengan akun yang tidak kunjung aktif? Jadi begini biasanya setelah melakukan banding gojek memberi durasi waktu tiga hari untuk menunggu keputusan atau menunggu pengaktifan tapi setelah durasi waktu itu habis akun belum juga aktif langkah selanjutnya datang ke kantor DSU atau telepon ke Customer Service Gojek untuk mengkonfirmasi status akun.

Nah gampangkan bagaimana menangani akun yang terkena suspend alias tidak aktif, intinya jangan panik ketika tertimpa masalah suspend. Selama anda tidak melakukan pelanggaran maka ada jalan keluar yang ditawarkan untuk mengaktifkan kembali akun anda. Selamat mencoba salam satu aspal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *