Berapa Lama Suspend GoJek? Baca Penjelasannya

Pelayanan Ojek online memang kini sedang naik daun. GoJek sebagai salah satu penyedia layanan ini, semakin bersinar karena dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, berbagai aturan dan standarisasi layanan semakin disempurnakan. Salah satunya mengenai aturan suspend mitra GoJek. Apakah yang dimaksud dengan suspend? Apa sajakah yang membuat driver mitra terkena supend? Berapa lama suspend GoJek? Baca penjelasannya berikut ini.

Berapa Lama Suspend GoJek
Berapa Lama Suspend GoJek?

Berapa Lama Suspend Gojek, dan Apa Artinya?

Menjalankan profesi sebagai mitra GoJek tentu harus mengetahui berbagai peraturan yang berlaku. Ada ketentuan-ketentuan umum yang harus dipatuhi selama menjalankan tugas. Sebelum membahas tentang berapa lama suspend GoJek, tentu harus mengetahui terlebih dahulu tentang suspend.

Suspend berasal dari bahasa Inggris yang berarti penangguhan. Sehingga apabila terdapat driver yang terkena suspend, artinya akun yang bersangkutan ditangguhkan sebagai mitra GoJek. Akibatnya dia tidak bisa menerima orderan karena akun tersebut tidak bisa login ke server GoJek. Bisa juga dikatakan bahwa akun tersebut sedang dinonaktifkan karena sesuatu hal.

Artikel rekomendasi:

Ada dua tipe suspend atau penonaktifan akun driver GoJek, yaitu manual dan otomatis. Suspend manual dilakukan oleh petugas GoJek pusat untuk penonaktifan akun driver GoJek karena terdapat pelanggaran. Biasanya pelanggaran tersebut berdasarkan laporan langsung pengguna layanan GoJek yang merasa dirugikan. Sementara autosuspend dilakukan oleh sistem secara otomatis.  Tujuannya untuk menonaktifkan akun driver GoJek yang terindikasi melakukan kecurangan secara sistem.

Berapa Lama Suspend GoJek
Aplikasi terlarang berakibat suspend GoJek

Contoh kejadian yang mengakibatkan suspend manual adalah ketika driver mengendarai motor secara ugal-ugalan atau  mengendarai melebihi batas kecepatan maksimal. Selain itu bisa juga karena driver bertengkar dengan customer. Yang lebih fatal lagi adalah akibat kelalaian driver sehingga menyebabkan barang customer hilang atau mengirim barang pesanan yang tidak sesuai dengan orderan customer.

Kejadian yang menyebabkan autosuspend antara lain mendapatkan tiga kali orderan atau lebih, secara berturut-turut dengan customer yang sama pada hari yang sama. Melakukan order fiktif atau memanipulasi orderan dari orang terdekat. Menggunakan aplikasi yang membuat orderan menjadi lebih banyak, dan lain sebagainya.

Apa Sajakah yang Membuat Driver Mitra GoJek Terkena Suspend?

Hukuman suspend akan diberikan apabila driver melakukan beberapa pelanggaran. Berikut ini adalah tiga pilar pelanggaran utama penyebab suspend serta berapa lama suspend GoJek.

  1. Ancaman Keamanan

Yaitu segala tindakan yang dapat mengancam driver GoJek sendiri, mitra Gojjek lainnya, penumpang serta masyarakat sekitar.

  • Melanggar peraturan lalu lintas serta mengendarai secara ugal-ugalan. Dikenakan suspend selama 1 hari kerja. Apabila dilakukan secara berturut-turut akan mengakibatkan suspend menjadi 3 hari kerja.
  • Plat nomor yang berbeda dengan aplikasi. Dikenakan suspend hingga putus kerja.
  • Kelengkapan dokumen mengalami perubahan. Dikenakan suspend hingga data dokumen diperbaharui.
  • Membawa anak, istri, atau orang lain saat mengambil orderan. Dikenakan suspend hingga putus kerja.
  1. Tindakan Curang

Yaitu segala bentuk tindakan kecurangan yang dilakukan untuk memperkaya diri sendiri, memanipulasi data dan sistem yang mengakibatkan kerugian pelanggan, mitra GoJek yang lain, atau perusahaan.

Berapa Lama Suspend GoJek
Contoh tampilan aplikasi yang akunnya disuspend
  • Memberikan jumlah uang kembalian yang kurang atau meminta uang lebih dari ketentuan yang sudah tertera di aplikasi. Dikenakan suspend selama 1 hari kerja. Apabila dilakukan secara berturut-turut akan mengakibatkan suspend menjadi 3 hari kerja.
  • Menekan tombol selesai tanpa melakukan pengantaran atau penjemputan customer. Dikenakan suspend selama 1 hari kerja. Apabila dilakukan secara berturut-turut akan mengakibatkan suspend menjadi 3 hari kerja.
  • Melakukan kecurangan atau manipulasi harga barang yang tidak sesuai dengan struk atau nota belanjaan (GoFood, GoResto, GoShop). Dikenakan suspend selama 1 hari kerja. Apabila dilakukan secara berturut-turut akan mengakibatkan suspend menjadi 3 hari kerja.
  • Menggunakan aplikasi yang memanipulasi data seperti fake GPS. Dikenakan suspend hingga putus kerja.
  1. Layanan Buruk

Yaitu segala tindakan yang dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi Pelanggan sehingga menimbulkan penilaian buruk bagi driver.

  • Berbicara kepada pelanggan diluar standar kesopanan sehingga dianggap menggangu oleh pelanggan. Dikenakan suspend selama 3 hari kerja. Apabila dilakukan secara berturut-turut akan mengakibatkan suspend menjadi 5 hari kerja.
  • Tidak menggunakan atribut lengkap saat menjalankan orderan seperti Helm dan jaket GoJek. Dikenakan suspend selama 1 hari kerja. Apabila dilakukan secara berturut-turut akan mengakibatkan suspend menjadi 3 hari kerja.
  • menekan tombol “Pick Up” sebelum bertemu pelanggan. Dikenakan suspend selama 1 hari kerja. Apabila dilakukan secara berturut-turut akan mengakibatkan suspend menjadi 3 hari kerja.
  • Customer tidak menerima perlengkapan GoRide seperti helm, masker wajah dan penutup kepala. Dikenakan suspend 1 hari kerja apabila dilakukan secara berturut-turut.
  • Dengan sengaja terlambat menjemput customer. Dikenakan suspend 1 hari kerja apabila dilakukan secara berturut-turut.
  • Menolak melalui rute yang diminta customer. Dikenakan suspend 1 hari kerja apabila dilakukan secara berturut-turut.
  • Meminta pelanggan melakukan cancel booking (pembatalan). Dikenakan suspend 1 hari kerja apabila dilakukan secara berturut-turut.
  • Menggunakan kendaraan di bawah standar layanan. Dikenakan suspend 1 hari kerja apabila dilakukan secara berturut-turut.
  • Terlalu sering melakukan cancel dalam waktu berturut-turut. Dikenakan suspend 30 menit.
  • Terlalu sering mengabaikan orderan atau menolak dalam waktu berturut-turut. Dikenakan suspend 15 menit.
  • Merokok dana melakukan kegiaan yang mengganggu pelanggan. Dikenakan suspend 1 hari kerja apabila dilakukan secara berturut-turut.

Itulah tadi rincian penjelasan berapa lama suspend GoJek yang dirangkum dari ketentuan resmi Kebijakan Mitra GoJek. Pelayanan driver yang prima dan sesuai ketentuan akan memberikan penilaian yang baik dan terhindar dari suspend. Semoga bermanfaat.

8 pemikiran pada “Berapa Lama Suspend GoJek? Baca Penjelasannya”

  1. apa penyebab akun saya tidak dapat di aktifkan

    Balas
    • Karena suspend, dan suspend tentu ada penyebabnya

      Balas
      • saya sudah meewati masa suspen 3 hari menunggu tetapi belum aktif

        Balas
      • Penyebabnya sistem bro….
        Kalau pas hujan sistem pasti error’ betul kan …..
        Tp kl suspend atau pm di bilang error'(sistem) g mau di bilang gitu lucu ya PT gojek….

        Balas
        • Wah, ajukan banding aja bro. Kalau penyebabnya tidak masuk akal gitu

          Balas
      • ya seharusnya pt gojek lbh punya super power dalam kebijakan terhadap mitranya.. Ini salah sedikit main putus mitra aja. baru tau rasa PTGojek diberhentikan, alasan biar Indonesia gak macet, padahal tujuan utamanya bukan itu melainkan jualan jaket ama helm dengan harga yg tidak normal Belum ngerasain terkena azab Allah swt kali.

        Balas
  2. Sya terkena suspend permanent Dan tamu saya senggaja komen yang tidak baik

    Balas
  3. Seharusnya PT gojek menyediakan Aplikasi Gojek yang akurat.. jd costumer yang mau daftar gojek, harus pake foto, ktp, .. jd gak sembarang nerima Costumer begitu aja.. Emang udah sengaja PT gojek itu… Yah namanya juga yg buat orang Indonesia yang dibantu sama orang yahudi… Jdnya gak berkah< liat aja nanti

    Balas

Tinggalkan komentar