Pengalaman Daftar Gojek Teman Saya (Perjuangan Driver Gojek)

By | Oktober 17, 2019

Pasti sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kalimat “GO-JEK”.salah satu aplikasi transportasi online buatan PT. karya anak bangsa ini, mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

selain itu, GO-JEK juga memberikan peluang bagi para driver untuk mendapatkan penghasilan yang lebih.

dengan syarat lebih aktif saat menerima orderan serta insentif tambahan dari pihak   GO-JEK. Tapi tak semudah itu mereka bisa menjadi driver  GO-JEK.

kali ini saya akan menceritakan pengalaman “teman saya sendiri” ,saat melamar sebagai driver GO-JEK. Hingga ” manis pahitnya”  melamar menjadi seorang driver GO-JEK.

Picture by : www.gojek.com

Teman saya adalah salah satu dari ribuan driver GO-JEK asal Lampung. dulu dia bekerja sebagai karyawan di salah satu rumah makan dekat rumah saya. Ada banyak hal yang dipertimbangkan ketika  dia bekerja sebagai “buruh” pada seseorang.  Seperti waktu yang tidak flexible, tidak bisa kumpul bareng teman  karena bekerja, tidak ada weekend.

Dia bekerja full satu bulan dari pagi sampai malam, gajinya pun bisa dibilang “cukup buat jajan saja”. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk resign dari tempat kerjanya tersebut. Dan memilih untuk menjadi driver GOJEK. Berikut ini adalah pengalaman teman saya saat melamar.

PERJUANGAN MELAMAR GOJEK

Pendaftaran GOjek Secara Online (Cepat Selesai)

Teman saya  mendaftarkan diri secara online melalui website ini http://daftar.go-ride.co.id.  dan mengisi form formulir pada Website tersebut, seperti  :

1. Nama Depan

isi  data  Nama Depan harus sesuai dengan KTP yang aktif, karena data tersebut akan menjadi data asli dan tidak dapat diubah sewaktu-waktu. Dan tidak sembarang bisa mengganti nama depan untuk akun.

2. Nama Belakang

isi  data  Nama Belakang pun harus sesuai dengan KTP yang aktif, karena data tersebut akan menjadi data asli dan tidak dapat diubah sewaktu-waktu. Dan tidak sembarang bisa mengganti nama  belakang untuk akun.

3. E-mail

Beri akun E-mail/Gmail yang aktif, jangan pernah memasukkan alamat E-mail/Gmail palsu.karena akan berpengaruh pada saat verifikasi akun GO-JEK.

4. Nomor Telepon

Beri Nomer Telepon aktif atau Nomor yang mudah dihubungi. Jangan pernah memasukkan nomer telepon yang sudah dekat  dengan masa  aktif, karena sangat beresiko pada akun anda nantinya.

5. Kota

Tekan dropdown pada bagian kanan,pilihlah kota sesuai dengan domisili anda. Sekali lagi, jangan pernah memberikan data palsu, karena akan berakibat fatal.

Setelah melakukan pendaftaran online ,teman saya berencana untuk pergi ke “KANTOR GOJEK” untuk verifikasi akunnya tersebut, karena tidak juga mendapatkan SMS verifikasi.

Perjalanan Menuju Kantor Gojek

Teman saya berangkat dari rumah pukul 06:00 WIB . untuk menghindari hari sibuk,serta mengurangi resiko kecelakaan. Karena banyak pengendara ngebut-ngebutan.

Selain itu,berangkat pagi juga untuk menghindari dari kata “Terlambat”. Teman saya ingin memberikan kesan pertama yang terbaik,seperti DISIPLIN WAKTU.

Setelah dua jam perjalanan menuju kantor GO-JEK,akhirnya teman saya sampai. Tepatnya pukul 07:45 WIB. Lebih awal dari jam kantor. Lalu teman saya menyempatkan diri untuk sarapan sebelum masuk ke dalam kantor GO-JEK.

Usai sarapan,teman saya segera berbegas menuju kantor  GO-JEK yang tidak jauh dari warung tersebut. Tak seindah yang dibayangkan. Teman saya justru mendapatkan perlakuan yang sama sekali tidak ia duga sebelumnya.

Teman saya “diusir” oleh satpam sebelum sempat menyerahkan berkas terlampir pada form formulir pendaftaran online kemarin. Kecewa pasti,karena dia berharap ada respon yang lebih baik. Tidak  hanya teman saya, ada beberapa orang yang datang kesana dan bernasib sama seperti teman saya.

Bukan salah satpam atau pihak GO-JEK. Karena memang sudah menjadi prosedur dari pihak GO-JEK.

Untuk MENOLAK “siapapun” yang ingin melamar menjadi “Mitra GO-JEK” sebelum dibuka PENDAFTARAN secara umum. Semua salah teman saya sendiri, karena minimnya informasi yang ia peroleh.

NOTE : SEBELUM PERGI KE KANTOR GO-JEK,PASTIKAN ANDA SUDAH MENGETAHUI JADWAL KAPAN DIADAKANNYA PEMBUKAAN PENDAFTARAN SECARA UMUM. AGAR PERJALANAN ANDA TIDAK TERBUANG SIA – SIA .

Seleksi Mitra GOjek

Sebelum kembali datang  lagi ke kantor GO-JEK, teman saya mencari informasi via Internet dan Sosial Media. Tentang jadwal pelaksanaan seleksi. singkat cerita, teman saya bersiap pada pagi hari yakni jam 06:00 WIB.

Seperti sebelumnya, Teman saya berangkat dari rumah pukul 06:00 WIB . untuk menghindari hari sibuk, serta mengurangi resiko kecelakaan. Karena banyak pengendara ngebut-ngebutan.

Selain itu,berangkat pagi juga untuk menghindari dari kata “Terlambat”. Teman saya ingin memberikan kesan pertama yang terbaik,seperti DISIPLIN WAKTU.

Bedanya jika hari itu dia sudah menyiapkan semua, seperti hal kecil yakni sarapan.

Teman saya terkejut, karena ada “ratusan orang” berkumpul disana,untuk mengikuti seleksi tersebut.

Ada beberapa orang yang “diusir” karena tidak berpakaian sopan saat menghadapi seleksi .

Ada juga peserta yang tidak lengkap melampirkan persyaratan. Alhasil ia gagal untuk lolos menjadi Mitra GO-JEK.

Setelah itu teman saya mendapat gilirannya,bagi peserta yang sudah mengisi form pendaftaran online,mereka tinggal memverifikasi akunnya tersebut dengan menyerahkan berkas yang terlampir pada pendaftaran GO-JEK tersebut.

1. Pengecekan berkas

apakah data yang diisi pada form pendaftaran online  sesuai dengan data berkas yang diajukan,dan berkas yang dibawa adalah fotokopian  dari berkas asli dan berstatus aktif pada setiap kartu atau surat.

2. Pengecekan Kelayakan Kendaraan & Pengendara

Tak semudah itu untuk bisa diterima menjadi mitra GO-JEK. Seperti kondisi kendaraan harus  memenuhi kelayakan saat beroperasi nantinya.untuk menjamin keamanan para cutomer dan terutama para driver GO-JEK itu sendiri.

SYARAT MENJADI MITRA GO-JEK

syarat daftar gojek

Adapun syarat sebagai driver GOJEK,adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai kendaraan bermotor minimal tahun 2011
  2. Usia minimal 18 tahun dan sudah memiliki KTP
  3. Memiliki SIM aktif, SKCK aktif, dan STNK

GO-JEK juga memiliki  jasa lain seperti GOCAR, berikut ini adalah  syarat untuk menjadi seorang driver GOCAR:

  1. Harus memiliki SIM A atau SIM B1,ini adalah syarat utama anda untuk menjadi driver GO-CAR
  2. Kondisi mobil harus baik,seperti kondisi mesin dan memenuhi syarat kelayakan.
  3. Jika anda ingin menggunakan mobil pribadi,anda harus menyertakan fotokopi STNK aktif dan surat asuransi kendaraan anda.
  4. Kendaran mobil anda harus minimal tahun 2012.

Cara mendaftarnya sama,  baik GO-JEK maupun GO-CAR. hanya saja ada beberapa syarat pembeda pada masing-masing pilihan.

Jenis Mobil Buat Gocar

Contoh Jenis mobil dan asuransi sebagai berikut:

  1. Jazz, Ayla, Agya, Avanza , Xenia, Vios, dll. dengan kapasitas CC diangka 1000-2000
  2. mobil anda harus mendukung asuransi,untuk berjaga-jaga apabila terjadi kecelakaan pada anda dan penumpang anda.

INTERVIEW (BAGI YANG LOLOS)

Teman saya mendapatkan banyak pertanyaan seputar kehidupannya dan pekerjaan yang akan ia jalani nantinya. Serta apa saja yang akan ia dapatkan ketika menjadi Mitra GOJEK. Tantangan kerja dan pengalaman.

dan akhirnya ia berhasil memverifikasi akunnya tersebut. sekarang teman saya sudah resmi menjadi “Mitra GO-JEK”. dia memulai hidup barunya, memulai untuk mengatur pendapatannya sendiri, bisa mengatur jadwal untuk kumpul bareng teman, mengatur waktu liburnya sendiri , bisa sambil kuliah dan kursus. tanpa harus takut datang  terlambat, tanpa teguran bos, tanpa harus potong gaji.

Setelah membaca artikel ini, pasti terbesit pertanyaan

Bukannya harus nunggu email/ SMS dulu dari pihak gojek baru datang ke kantor ya kak?, dan saya baca di sini, teman kakak langsung datang begitu aja tanpa pemberitahuan, betul?

iya betul ,karena teman saya tidak kunjung mendapat SMS/ pesan verifikasi akun. jadi dia berinisiatif untuk datang ke kantor Go-jek.

Bagaimana teman kakak menemukan jadwal pembukaan pendaftaran gojek? Ini penting untuk diketahui juga

teman saya mencari informasi  lewat internet dan sosial media seperti : facebook

intinya, sebelum memulai sebuah tindakan kita perlu melakukan persiapan.

pengalaman diatas  adalah  sedikit pengalaman dari teman saya yang berprofesi sebagai  driver GO-JEK. tetap semangat dalam menjalani pekerjaan. semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi gambaran sebelum anda ” ingin bergabung”, atau menjadi motivasi bagi anda yang sudah bergabung menjadi driver GO-JEK. Sekian dan terima kasih

2 thoughts on “Pengalaman Daftar Gojek Teman Saya (Perjuangan Driver Gojek)

  1. Joko Putro Prihatin

    Bagus untuk menambah semangat. Terima kasih postingannya. Semoha berlanjut.

    Reply
  2. Purwanto

    Saya daftar online dah masuk,,tapi kok belum ada konfirmasi dari pihak kantor ya,mohon pencerahan boskuh

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *