Pengalaman Dapat Penghasilan dari Website, by Firdaus

Cobalah tanya ke orang tua kalian, apa cita-cita semasa kecil? Saya yakin rata-rata pada menjawab dokter, guru, atau bahkan PNS. Sangat beda jauh dengan para milinieal yang rata-rata kini ingin jadi Youtuber atau selebgram. Katanya sih pendapatannya lumayan menjanjikan. Dan memang hal tersebut benar adanya.

Ya ya ya ya. Semua pekerjaan itu pada dasarnya halal dan tidak ada yang salah. Jika kamu bekerja dengan baik, maka bukan tidak mungkin pundi-pundi uang datang kepadamu. Tapi taukah kamu ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang yang cukup banyak, apa itu?

Baca Juga: Pengalaman Kerja Sambil Kuliah, Penting Bagi Waktu!

Jawabannya Yaitu dengan Membuat Sebuah Website ataupun Blog

Website? Blog? Yang isinya tulisan curhat-curhatan itu kan? Ya ya ya, ente bener kok. Tapi website dan blog itu bisa diisi apa saja sesuka kita. Tulisan aja, gambar aja, atau perpaduan gambar dan tulisan. Saya adalah seorang content writer yang sudah menulis sejak tahun 2018 dan alhamdulilah mayoritas pemasukan saya berasal dari job nulis yang datangnya bisa dari mana aja.

Tapi yang pasti saya tentu punya website pribadi dan juga blog yang dijadikan sebagai portofolio : Firdaus Artikel, Blog Firdaus, dan Ayo Berbahasa. Itu isinya bukan curhatan, tapi informasi-informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk pembaca.

Baca Juga: Pengalaman Pindah Bidang Industri dari Manufaktur ke Startup IT

Lantas, Bagaimana Sebuah Website atau Blog Bisa Mendatangkan Pundi-pundi Uang?

Jawabannya dari tulisan itu sendiri. Setelah kamu sudah membuat sebuah blog atau website, maka rawatlah dan isilah dengan tulisan-tulisan yang bagus, cantik, dan bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu cobalah kamu sesekali belajar bagaimana cara menulis dengan teknik SEO friendly.

Nah, loh apaan lagi tuh SEO Friendly? Pokoknya search di si Mbah, ada semua di sana. Tulisan ini ga kelar-kelar kalo sampe bahas soal SEO.

Oh ya, perlu kamu ketahui juga bahwa mendapatkan uang dengan membuat website tidak bisa didapatkan secara cepat. Butuh proses. Bagi kamu yang terdesak bayar utang ke tetangga tidak disarankan berharap uang dari websitemu yang masih sangat unyu dan belum berisi sama sekali.

Mau dapat duit dari blog atau website? Ada banyak jalannya. Yang penting kamu terus aktif menulis di situs tersebut. Jika kamu punya usaha, promosikan usahamu melalui website tersebut semenarik mungkin sehingga pembeli bisa berdatangan. Ini mungkin cara yang agak cepat untuk mendapatkan uang dari web, tapi yang namanya dagang terkadang pasti ada saja yang kondisi dimana produk yang kita jual ga laku-laku.

Biar lebih percaya, saya berikan salah satu bukti penghasilan saya sebagai seorang freelancer writer. Tidak segede penghasilan sultan Brunei, tapi alhamdulilah sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari di rumah.

Bila kamu sudah punya blog yang bagus dan sudah berumur semakin banyak orang atau perusahaan yang datang menawarkan kerjasama. Bahkan kerjasamanya terbilang mudah loh! Kamu cukup posting artikel yang telah disediakan oleh perusahaan.

Enak sekali bukan? Kita ga perlu repot-repot mikir nulis, cuma posting saja justru kita mendapatkan bayaran. Ini namanya content placement. Sekali lagi, 2 cara yang sudah saya singgung di atas hanyalah sebagian kecil cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari Website.

Baca Juga: Rasanya Kerja di Startup IT Tanpa Background IT, Ini Ceritanya!

Mas, Selain Itu Penghasilan Mas Sebagai Freelancer Writer Didapat darimana saja?

Mayoritas penghasilan saja (sekitar 70%) berasal dari jasa, tentunya jasa penulisan sesuai dengan minat dan keahlian saya. Selain itu, saya juga menjadi penulis di salah satu website dan menjadi kontributor di sana. Dan yang pasti saya dibayar. Hehehe.

Saya juga cukup sering mendapatkan tawaran kerja sama menulis. Mereka menganggap website dan blog saya bagus sehingga tertarik menaruh tulisannya di situs saya. Dalam sebulan Alhamdulillah ada saja yang menawarkan kerja sama walau hanya 1 atau 2 orang.

Apalagi jika websitemu semakin bagus, maka semakin besar juga peluang perusahaan lain ingin menjalin kerjasama. Baik itu kerjasama menulis, pemasangan iklan, promosi produk, dan masih banyak lagi yang lainnya Percayalah, saya sudah membuktikan hal tersebut sejak tahun 2018 silam dan masih terus berjalan hingga saat ini.

Membangun website itu ibarat kita sedang berinvestasi. Kita memang tidak bisa merasakan langsung hasilnya hari ini juga. Tetapi di masa yang akan datang kita bisa memetik hasilnya. Sedikit tulisan yang kamu bagikan tentu bisa bernilai lebih bagi siapapun yang membacanya. Jadi dengan menulis, bukan sekadar uang yang kamu dapatkan, insyaallah kamu juga mendapatkan pahala dengan memberi ilmu kepada banyak orang.

Terlebih lagi di era modern seperti saat ini, sebenarnya cari uang lebih mudah kok daripada zaman dahulu yang harus keluar panas-panasan demi mendapatkan sebuah pekerjaan. Di zaman serba digital seperti saat ini, cuma modal laptop/smartphone, koneksi internet, dan skill saja pundi-pundi uang sudah bisa kamu dapatkan.

Jadi jika kamu belum mendapatkan pekerjaan dari perusahaan ternama, tidak ada salahnya untuk menjadi freelance terlebih dahulu selama belum ada pekerjaan yang baru. Lumayan Lo buat beli uang rokok, daripada ga ada pemasukan sama sekali

Maka dari itu yuk buat blog dari sekarang, menulislah yang benar dan di masa yang akan datang kamu akan mendapatkan penghasilan dari berbagai jalan!

“Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”. (Imam Al Ghazali, Ulama Termasyhur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *