10 Strategi Buat Driver Ojek Online Dalam Menghadapi Lock Down [Buat Gojek dan Grab]

Virus Corona yang muncul di akhir bulan Desember 2019 sangat amat berdampak bagi kegiatan perekonomian seluruh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, bagi yang berprofesi harian dan penuh dengan resiko seperti ojek online. Orang lebih menyukai diam dirumah dan bepergian pun cenderung menjaga jarak dari sentuhan yang berpotensi menularkan virus corona ini.

Semenjak Pemerintah menerapkan sistem Lockdown atau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pendapatan ojek online terjun bebas hingga menuju titik nol. Hampir tiap hari orderan sepi karena orang takut menggunakan jasa ojek online karena dikhawatirkan menularkan virus. Bahkan ada pula yang seharian tidak mendapatkan orderan sama sekali.

Strategi Driver Ojol dalam Menyikapi Lockdown Agar Penghasilan Tidak Memburuk

Baiklah, kali ini kita akan bagikan Tips dan Trik bagaimana di masa-masa Lockdown / PSBB ini pendapatan Anda sebagai ojek online tidak terlalu parah, paling tidak bisa mencukupi kehidupan keluarga pada saat itu.

1. Sosialisasikan bahwa menggunakan ojek online aman

Strategi driver ojek online selama lockdown

Jika Anda pengemudi ojek online, tidak ada salahnya membantu perusahaan Anda secara massif dilapangan. Anda bisa meyakinkan melalui media-media sosial bahwa menggunaan jasa ojek online aman dan sesuai dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti pemakaian dan pemberian masker gratis, memakai sarung tangan, dan menyediakan handsanitizer.

2. Selalu membawa APD (Alat Pelindung Diri ) lengkap

Strategi driver ojek online selama lockdown

Ketika promosi telah dilakukan, masyarakat pasti butuh kebenaran fakta dilapangan. Apakah setiap ojek online telah siap dengan perlengkapan pelindung diri atau tidak seperti sarung tangan, masker, handsanitizer dan lain-lain yang sesuai dengan arahan pemerintah. Sosialisasikan kepada rekan-rekan Anda, dan pastikan rekan-rekan Anda telah siap dengan APD sebelum onbid supaya antara sosialisasi dengan fakta riil dilapangan sama dan costumer tidak terkecoh yang pada akhirnya berkuranglah rasa kepercayaan.

3. Jangan tolak order, lakukan setiap order tanpa pilih-pilih kecuali yang membahayakan keselamatan

Penting sekali di masa pandemi  ini, Anda jangan pilih pilih order. Karena selain order sepi, setelah order baik yang diselesaikan maupun dibatalkan, order selanjutnya akan datang dengan waktu yang cukup lama itu pun jika ada order, jika tidak maka aplikasi tidak akan bunyi orderan. Jalankan order tersebut siapa tahu ada orang baik yang ketika orderannya dilaksanakan ketika banyak yang menolak, Anda mendapatkan tip baik dalam bentuk tip maupun barang / makanan sebagai ungkapan rasa senang atas pelayanan maksimal Anda.

4. Setel maksimal pada penerimaan order

Strategi driver ojek online selama lockdown

Dengan setel maksimum nominal penerimaan order maka Anda berpeluang dengan cepat mendapatkan order. Biasanya orderan dengan nominal yang tinggi banyak ditolak oleh beberapa driver dan costumer akan mengapresiasi dengan tip apabila ada driver yang mengambil orderannya.

5. Pelajari jam-jam ramai dan buka Resto

Ditengah virus pandemi ini, setiap restoran pasti ditutup oleh pemerintah guna memperlambat laju pertumbuhan virus. Ada pula restoran yang buka namun dibatasi waktunya. Nah, Anda harus pandai mencari resto rumahan karena hanya resto rumahan yang tidak terdampak PSBB atau lockdown karena tidak terlalu ramai pengunjung dan tidak dipinggir jalan sehingga tampak oleh petugas pemerintah.

6. Mendekatlah ke pasar

Strategi driver ojek online selama lockdown

Mendekat ke pasar adalah salah satu alternative cara mendapatkan order. Di masa pandemi virus korona ini orang takut keluar untuk belanja bahan kebutuhan pokok. Dengan mendekat ke pasar diharapkan Anda mendapatkan orderan Goshop yaitu belanja kebutuhan pokok konsumen dan biasanya pula jarang driver yang mengambil orderan Goshop di pasar karena mereka menganggap belanja dipasar akan cukup memakan waktu lama ketika belanja, padahal jika Anda telah mengenal betul pasar maka waktu belanja Anda tidak akan lama. Dan, kadang orderan belanja Goshop lebih banyak di pasar saat-saat ini. Jadi manfaatkan momen pandemi virus ini dengan menjadikan pasar sebagai obyek mangkal.

7. Menambah jam onbid namun harus yang bisa menghemat energy

Strategi driver ojek online selama lockdown

Menambah jam tayang onbid membuka kesempatan penerimaan order jauh lebih besar. Biasanya, jam tayang yang jarang sekali driver yaitu di jam-jam tidur seperti jam 12 malam hingga subuh. Namun, harus diperhatikan pula cara onbidnya,  usahakan jangan terlalu banyak memakan energy. Anda buat santai aja ketika menjalankan onbid. Dan pastikan , ukur kekuatan mata ketika malam hari dan pagi hari sehingga kondisi tubuh tetap fit dan mata tidak kantuk.

8. Mendekat ke rumah sakit

Strategi driver ojek online selama lockdown

Meskipun lockdown berlaku hampir di seluruh kota.Namun pasti akan ada orang yang membutuhkan bantuan. Di rumah sakit, pasti ada orang yang membutuhkan bantuan ojek online. Kadang orang malas bolak balik dari rumah sakit ke rumah atau ke suatu tempat bawa sepeda, atau malas bawa sepeda ke rumah sakit, pergantian jam jaga dan sebagainya. Fenomena ini bisa Anda manfaatkan dengan mendekat ke rumah sakit, dijamin pasti akan ada orang yang memesan entah itu untuk pulang ,mengambil darah atau untuk keperluan medis.

9. Membuat event sosial

Strategi driver ojek online selama lockdown

Membuat event sosial penting untuk membuat kembali rasa empati hadir kembali. Dengan membuat event sosial menunjukkan kepedulian kepada sesama dan menghadirkan rasa kebersamaan antara ojek online dengan masyarakat.Ketika rasa kebersamaan dihadirkan maka akan muncul rasa kepercayaan sehingga hubungan antara ojek online dengan masyarakat tidak hanya sebatas hubungan pemilik jasa dengan pengguna jasa. Namun lebih dari itu, kedekatan sosial dan emosional akan terbentuk sehingga muncul rasa saling memenuhi. Maka dari itu, buatlah event sosial, ajak seluruh rekan-rekan Anda dan ajak pula kantor operasional di tempat Anda sehingga satu sama lain menganggap bahwa ini adalah tanggung jawab bersama, susah senang bersama yang pada akhirnya terwujud sikap harmonis.

10. Melakukan riset dan survey

Kadang memang riset dan survey adalah tugas perusahaan,namun bagi Anda yang berprofesi sebagai ojek online perlu untuk melakukan riset dan survey demi kelangsungan pekerjaan Anda sebagai ojek online. Tinggal diam menunggu bola pun tidak akan mengubah keadaan. Ingat, pekerjaan ojek online adalah pekerjaan tiap hari Anda.  Jika Anda tidak berpikir bahwa pekerjaan ojek online adalah bukan pekerjaan Anda maka hasilnya pun tidak akan memuaskan. Menganggap pekerjaan ojek online sebagaimana pekerjaan milik sendiri akan membuat dan membuahkan hasil yang maksimal, karena Anda akan serius untuk mengembangkannya.

Baik, itu adalah strategi-strategi yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Semoga dapat meningkatkan pendapatan Anda di masa –masa sulit saat ini . Dan tentunya bisa membantu rekan – rekan semua selama dalam menjalankan order . Sukses Selalu Salam Satu Aspal

Satu pemikiran pada “10 Strategi Buat Driver Ojek Online Dalam Menghadapi Lock Down [Buat Gojek dan Grab]”

  1. Terimakasih atas bimbingan nya semoga sehat selalu dilancarkan Rizki nya dan segala urusan nya

    Balas

Tinggalkan komentar