Tarif Grabbike Terbaru 2019, Penumpang Harus Tau!!!

Setiap tahunnya, selalu ada perubahan tarif grabbike yang berlaku untuk para penumpang. Grabbike sendiri merupakan salah satu layanan dari perusahaan grab dimana seseorang bisa menggunakan jasa ojek berbasis daring yang siap mengantarkan anda ke tempat tujuan. Grabbike beroperasi selama 24 jam, dari senin hingga Minggu dan beroperasi di daerah Jabodetabek (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi). Selain itu grabbike juga ada di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Tarif grabbike terbaru 2019

Grabbike juga merupakan salah satu dari beberapa layanan grab yang paling populer dan sudah sering diorder. Layanan grabbike dipilih mungkin karena beberapa alasan. Diantaranya, bisa menghindari kemacetan karena menggunakan roda dua, pengemudi yang terdaftar dan berlisensi dengan atribut lengkap serta catatan perjalanan yang transparan. Tak sekadar itu saja, tarif perjalanan juga pasti karena secara otomatis langsung muncul pada bagian aplikasi milik penumpang tersebut.

Tarif Grabbike Terbaru 2019

Grab sebagai salah satu dari  layanan transportasi daring yang ada di Indonesia memiliki sistem pembayaran yang berbeda jika dibandingkan dengan ojek konvensional. Berbeda dengan tukang ojek pengkolan yang pada umumnya tidak menetapkan tarif pasti kepada penumpangnya, untuk ojek online tarifnya lebih pasti dan tidak ada proses tawar menawar.

Kalau ada kendala perihal Grab, silahakn langsung hubungi CS grab: Daftar Lengkap Alamat Kontak CS Grab di Indonesia

Tarif layanan grabbike selalu mengalami dinamika dalam beberapa tahun terakhir ini. Pernah turun dan akhirnya naik kembali. Mungkin sebagai penumpang kamu bertanya-tanya sebenarnya bagaimana sih perhitungan tarif grabbike untuk tahun 2019 ini? Berikut ini adalah penjelasannya.

Menghitung Tarif yang Harus Dibayar Penumpang Bila Naik Grab

Berdasarkan sumber terbaru yang pernah saya baca, bahwa sejak tahun 2018 dan masih berlaku hingga 2019, tarif grab untuk semua layanannya termasuk grabbike mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Menurut berbagai sumber, tarif minimal grabbike kini adalah Rp 7000. Argo per kilometer kini menjadi Rp 2300.

Jadi apabila kamu ingin bepergian ke suatu tempat yang berjarak kira-kira 4 km maka dana yang harus kamu bayarkan adalah sejumlah :

Rp 2300 x 4 km = Rp 9.200

Selain itu grab juga menetapkan ketentuan khusus mengenai tarif yang sudah mereka tetapkan. Diantaranya ketentuan mengenai jam sibuk terutama untuk daerah  Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, dan juga Kota Bekasi.

Cara Cek Tarif Grabbike

Tarif grabbike
Sumber gambar : salah satu postingan Facebook

Mungkin juga bagi Anda yang masih baru menggunakan jasa transportasi daring yang satu ini bertanya-tanya, bagaimana sih cara mengecek tarif grabbike untuk perjalanan kita? Untuk mengecek hal tersebut bisa diketahui bila anda melakukan pemesanan secara langsung melalui aplikasi resmi grab yang ada di google play store. Dari aplikasi itulah akan ketahuan berapa tarif yang harus anda bayarkan.

Untuk melihat tarif jasa Grabbike, anda cukup buka aplikasi Grab penumpang, memasukkan alamat jemputan, tujuan, dan tarif Grabbike sudah terlihat. lebih lengkapnya, baca cara menggunakan aplikasi Grab.

Bukan hanya itu saja, ada cara lain untuk mengecek tarif grabbike. Bagaimana caranya? Aplikasi yang perlu anda persiapkan sebenarnya hanya google maps saja + aplikasi grab juga jangan lupa. Selengkapnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi google maps anda. Pastikan perizinan lokasi sudah diaktifkan.
  • Selanjutnya set lokasi perjalanan. Klik ikon Transit (lambang Taxi), maka akan muncul daftar layanan transportasi online dengan masing-masing tarifnya termasuk juga grab dan anda pun sudah bisa mengetahui tarifnya. Sangat mudah bukan?

Apakah Tarif Grabbike Tergolong Mahal?

Tarif grabbike

Apakah tarif yang ditetapkan oleh perusahaan asal Singapura ini tergolong mahal jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang sejenis? Terutama dengan Gojek yang notabene pesaing bisnis yang paling serius di Indonesia. Bayangkan saja, kedua perusahaan ini telah banyak membuka cabangnya di tanah air dari Sabang hingga Merauke, dari Mianggas hingga Pulau Rote.

Berbicara soal tarif, grab maupun gojek selalu mengalami perubahan dan dinamika. Jika hari ini harga 3000 per km belum tentu 1 Minggu lagi harga akan tetap seperti itu. Harga yang tidak pasti disebabkan karena kedua layanan ini terkadang mengadakan promo untuk memanjakan para penumpangnya. Jadi kapan saja bisa berubah tanpa diketahui. Akan tetapi untuk tarif per km sudah ada ketentuannya seperti apa yang sudah saya sampaikan di atas.

Oh ya, tarif grab dinilai menguntungkan karena murah, terutama jika anda menggunakan kode promo. Ya walaupun kode promo tersebut hanya diberikan kepada pelanggan tertentu saja. Apabila anda beruntung maka ada pemberitahuan yang masuk pada aplikasi grab yang anda miliki. Jika tidak, berarti anda masih belum beruntung.

Sementara itu kekurangannya, Grab menerapkan tarif juga berdasar kondisi cuaca. Bilamana cuaca sedang sedang tidak bersahabat, misal saat hujan atau gerimis, anda akan mendapatkan tarif yang lebih mahal dari biasanya. Tak sekadar itu saja, masa promo grab juga bersifat terbatas. Biasanya hanya dua atau tiga hari saja.

Selain itu, promo grab terbatas hanya untuk sekali perjalanan. Jadi penumpang harus gerak cepat jika ingin mencari dan mendapatkan promo dari perusahaan ini. Grab juga berhak untuk mengubah promo tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Penutup

Sementara itu dari sisi driver atau mitra, bila tarif semakin mahal tentunya akan semakin menguntungkan bagi mereka. Hal ini dikarenakan penghasilan yang didapatkan juga semakin besar. Berbeda halnya jika tarif per km sedang turun maka penghasilan juga ikut turun. Jadi baik untuk pengemudi maupun penumpang masing-masing merasakan dampak dari dinamika tarif yang sudah ditetapkan.

Jadi, apakah tarif grabbike terbaru mahal? Jawabannya semua tergantung penilaian anda masing-masing. Mungkin setiap orang memiliki pandangan yang tidak saya. Ada yang beropini bahwa harganya murah dan bukan tidak mungkin juga banyak yang berpendapat bahwa harganya terlampau mahal. Jika anda ingin memesan layanan ini, bisa langsung order melalui aplikasi grab.

Tinggalkan komentar