Wartawan Adalah? Mulai Tugas, Tanggung Jawab, dan Perannya

Wartawan Adalah – Bekerja di industri media atau jurnalistik cukup menyenangkan. Pasalnya, Anda dapat bertemu dengan banyak orang dan mengulik beberapa informasi darinya. Meskipun begitu, semua pekerjaan tentu memiliki tantangan, tidak terkecuali sebagai wartawan.

Wartawan adalah orang yang tugasnya mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyajikan berita kepada masyarakat luas melalui media, baik cetak maupun elektronik. Oleh karena itu, wartawan memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. Kehadirannya memberikan dampak yang cukup besar dalam mempengaruhi opini masyarakat (publik).

Lalu, bagaimana wartawan menjadi alat kontrol sosial di masyarakat dan pemerintahan? Berikut informasi selengkapnya seputar wartawan, tugas dan tanggung jawab yang diemban, serta peran penting seorang wartawan. Lebih jelasnya, maka Anda dapat menyimak ulasan di bawah ini ya.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Wartawan

Menurut UU RI No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik, yaitu mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Biasanya wartawan akan melakukan wawancara kepada pihak yang bersangkutan untuk memperoleh informasi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sumber yang kredibel, akurat, dan dapat dipercaya. Karena infromasi yang baik tidak akan menyesatkan maupun menimbulkan opini lain yang tidak sesuai dengan faktanya.

Pada umumnya, setiap berita yang disajikan dalam media akan menimbulkan opini bagi masyarakat. Oleh karena itu, penyajian berita harus mengikuti aturan kode etik yang berlaku sebagai wartawan. Berikut kode etik jurnalistik yang harus diperhatikan:

  1. Melakukan pekerjaan secara professional dan tidak menyalahgunakan profesi maupun menerima suap dari pihak lain.
  2. Bersifat independen dan tidak membuat berita bohong, fitnah ataupun menyudutkan salah satu pihak.
  3. Selalu menguji informasi yang diperoleh untuk menyajikan berita yang akurat, berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta selalu menerapkan asas praduga tak bersalah.
  4. Tidak menyajikan berita hanya berdasarkan prasangka belaka, diskriminasi maupun hal-hal yang bersifat merendahkan orang lain.
  5. Melindungi identitas pelaku maupun korban kejahatan asusila.
  6. Berani mencabut, meralat, dan memperbaiki berita yang keliru disertai permintaan maaf kepada pembaca.
  7. Memberi layanan hak jawab dan koreksi secara proporsional.

Untuk mematuhi kode etik jurnalistik seperti yang tersebut di atas, diperlukan kepribadian yang baik dari seorang wartawan. Paling tidak, wartawan harus memiliki rasa ingin tahu yang besar disertai dengan berpikir kritis. Hal itu untuk memudahkannya dalam mengumpulkan informasi secara detail dari narasumber.

Lebih dari itu, wartawan juga harus memiliki kepribadian yang jujur dalam mencari maupun menyajikan berita, disiplin dalam mengatur waktu, kreatif menciptakan ide-ide yang artistik, obyektif dalam melihat suatu kejadian atau peristiwa, bersikap netral, tidak memihak siapapun dalam mendalami suatu berita, serta dapat menjadi pendengar yang baik bagi narasumbernya.

Baca Juga: Pengalaman Kerja Dokumentasi Event

Tugas dan Tanggung Jawab Wartawan

wartawan adalah
ilustrasi wartawan foto: freepik

Tugas utama seorang wartawan adalah reporting, yaitu melaporkan berbagai topik yang telah ditulis melalui outlet berita seperti surat kabar, stasiun televisi berita, radio berita, dan lain-lain. Selain itu, tugas dan tanggung jawab seorang wartawan adalah sebagai berikut:

  1. Authenticator

Memeriksa dan memastikan bahwa berita atau informasi yang diperoleh autentik (valid, reliabel, dan dapat dipercaya).

  1. Sense Maker

Mampu menjelaskan bahwa berita atau informasi yang di dapat adalah masuk akal.

  1. Investigator

Wartawan adalah pengawas dan pembongkar kejahatan di masyarakat. Wartawan harus siap akan hal itu.

  1. Withness Bearer

Memantau dan meneliti setiap kejadian tertentu dan bekerja sama dengan reporter.

  1. Empowerer

Mampu bekerja sama dan melakukan pemberdayaan terhadap warga untuk menghasilkan informasi sedetail mungkin melalui percakapan yang dibangun secara terus menerus.

  1. Smart Aggregator

Mampu melaporkan dan menyajikan berita yang andal dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat luas.

  1. Organizer

Mampu mengelola berita lama maupun berita baru dengan baik.

  1. Role Model

Wartawan adalah role model. Menjadi contoh bagi masyarakat melalui sikap dan tingkah laku yang baik di ranah publik, tanpa mengesampingkan kualitas karya yang dihasilkan.

Dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh wartawan, beberapa ahli politik mengatakan bahwa wartawan menjadi kekuatan ke empat Negara setelah legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Hal itu disebabkan wartawan mampu membentuk opini publik berdasarkan berita-berita yang disajikan kepada masyarakat. Sehingga, kekuatan besar dalam masyarakat pun dapat tergerak. Lalu, bagaimana peran wartawan di masyarakat dan pemerintahan?

Peran Wartawan di Masyarakat dan Pemerintahan

Wartawan adalah orang yang memiliki peran penting sebagai penyampai informasi, pendidikan, dan alat kontrol sosial di masyarakat dan pemerintahan. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menyebarluaskan informasi positif yang mendukung kemajuan masyarakat serta menyampaikan segala bentuk informasi berdasarkan fakta yang objektif dan selektif guna menyeimbangkan arus informasi yang ada.

Selain itu, wartawan dituntut untuk selalu tanggap terhadap isu-isu terkini, melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran yang berkaitan dengan kepentingan umum. Serta, selalu berupaya untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran bagi semua pihak. Beberapa peran penting lainnya yang dimiliki wartawan adalah sebagai berikut:

  1. Wartawan menjadi alat penghubung bagi pemerintah dan masyarakat

Melalui informasi yang disajikan oleh wartawan di berbagai outlet berita, masyarakat dapat mengetahui setiap perkembangan kerja yang ada di pemerintahan terutama kebijakan-kebijakan yang ditetapkan pemerintah kepada masyarakatnya.

  1. Wartawan berperan penting dalam pembangunan Negara

Dalam hal ini, mereka memiliki peranan penting untuk mengawal gelaran demokrasi sehingga berjalan dengan kondusif. Selain itu, wartawan juga selalu konsisten untuk memberikan dukungan, masukan dan kritik kepada pemerintahan dalam upaya membangun Negara yang lebih baik.

  1. Wartawan menjadi alat pencegah kriminalitas

Berita-berita yang disajikan wartawan umumnya berupa tindak kriminalitas, narkoba, dan lainnya. Ini menjadi salah satu upaya untuk mengedukasi masyarakat akan bahayanya tindak kriminalitas. Informasi yang mengungkap segala bentuk kejahatan dan hukuman yang berlaku bagi pelaku kejahatan dimaksudkan agar masyarakat dapat belajar dan turut membantu mencegah terjadinya tindak kejahatan terutama di lingkungan terdekat masyarakat.

  1. Wartawan menjadi alat promosi pariwisata bagi Negara

Peran lainnya yang dimiliki seorang wartawan adalah memberikan informasi tentang keindahan pariwisata Indonesia kepada masyarakat luas. Selain itu, juga memberikan edukasi tentang keindahan alam dan kekayaan Indonesia yang menjadi asset bangsa.

Peran wartawan dalam kehidupan masyarakat dan pemerintahan sangat besar. Tidak hanya sebagai media informasi dan hiburan semata, namun memiliki tanggung jawab yang lebih besar lagi. Yaitu sebagai kontrol pemerintahan dan media edukasi masyarakat. Memperjuangkan keadilan dan kebenaran bagi semua pihak dalam upaya membangun bangsa.

Lebih dari itu, masyarakat pun turut memiliki andil dalam membantu wartawan mewujudkan peran dan tugasnya. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita turut memberikan dukungan positif dan tetap selektif memilih informasi yang tersedia, serta tidak menyebarluaskan berita hoax yang ada. Wartawan adalah orang cerdas yang menyampaikan berita. Sedangkan, masyarakat adalah orang cerdas yang bisa memilah informasi yang tersedia. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar