Besaran Gaji di IKEA: Profil, Tunjangan dan Fasilitas

Siapa yang tak bercita-cita bekerja di sebuah perusahaan multinasional? Kebanyakan pencari kerja memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan multinasional. Sebab gajinya yang terbilang besar, banyaknya koneksi, dan pengalaman yang berharga.

Dari banyaknya perusahaan multinasional di Indonesia, ada sebuah perusahaan ritel perabotan yang produknya digemari oleh berbagai kalangan. Nah, apakah Anda penasaran dengan besarnya gaji di perusahaan ini? Yuk, simak penjelasan lengkap tentang gaji di Ikea di bawah ini.

Profil IKEA

gaji di ikea
Gedung IKEA. (Detik Finance)

IKEA merupakan perusahaan yang memproduksi perabotan rumah tangga. Perusahaan yang didirikan oleh Ingvar F. Kamprad ini pertama kali berlokasi di Swedia. Kemudian berekspansi ke 46 negara dan kantor pusatnya dipindah ke Belanda. Secara keseluruhan IKEA telah memiliki 364 toko di seluruh dunia.

Di Indonesia, satu-satunya toko IKEA berada di Alam Sutera, Tangerang, Banten. Perusahaan ini juga melakukan kerja sama berupa bahan baku dengan berbagai industri lokal seperti di Solo dan Yogyakarta.

Karena peminat dari produk IKEA cukup besar, tentunya banyak karyawan yang dibutuhkan perusahaan ini. Lalu, apa saja jenis pekerjaan di IKEA dan berapa jumlah gajinya? Berikut ini pemaparannya.

Gaji di IKEA

gaji di ikea
Pegawai IKEA sedang bekerja. (Warta Kota)

Semakin baik sebuah perusahaan, apalagi brand produknya cukup terkenal. Makin banyak pula ekspektasi terkait gaji yang diberikan pada karyawan. Nah, dari pada penasaran berikut ini jabatan dan gaji di IKEA, yaitu :

  • Manajer Divisi IT mendapatkan gaji sebesar Rp. 37.950.000/bulan.
  • Spesialis Logistik dan Transportasi mendapatkan gaji sebesar Rp. 11.300.000/bulan.
  • Spesialis Manajemen Produk mendapatkan gaji sebesar Rp. 8.500.000/bulan.
  • Magang Desain mendapatkan gaji sebesar Rp. 5.150.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer Profesional mendapatkan gaji sebesar Rp. 4.900.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer Engineering mendapatkan gaji sebesar Rp. 6.250.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer Desain mendapatkan gaji sebesar Rp. 5.500.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer Finance/Akunting mendapatkan gaji sebesar Rp. 4.900.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer HR/Admin mendapatkan gaji sebesar Rp. 6.250.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer CS/Pelayanan mendapatkan gaji sebesar Rp. 5.435.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer Marketing memperoleh gaji sekitar Rp. 10.300.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer Manajemen Produk memperoleh gaji Rp. 4.700.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer Logistik & Transportasi memperoleh gaji Rp. 5.690.000/bulan.
  • Staff/Executive/Officer Sales memperoleh gaji Rp. 3.870.000/bulan.
  • Supervisor Logistik & Transportasi memperoleh gaji Rp. 5.100.000/bulan.
  • Supervisor Finance/Akunting memperoleh gaji Rp. 9.200.000/bulan.
  • Supervisor CS/Pelayanan memperoleh gaji Rp. 6.150.000/bulan.
  • Supervisor Marketing memperoleh gaji Rp. 4.200.000/bulan.
  • Supervisor Bussiness Development/konsultan memperoleh gaji Rp. 10.270.000/bulan.

Itulah jabatan dan gaji di IKEA, beberapa karyawan memang mendapatkan gaji yang lebih besar tergantung dengan jabatan, kesulitan divisi, dan lamanya bekerja. Oleh karena itu, jika Anda ingin memperoleh gaji yang tinggi lamarlah posisi yang cukup tinggi di perusahaan ini.

Tunjangan dan Fasilitas Karyawan di IKEA

gaji di ikea
Tempat makan di IKEA. (Kumparan)

Tak hanya gaji, seorang calon karyawan biasanya juga mempertimbangkan tunjangan dan fasilitas. Sebab ini juga dapat mempengaruhi kinerja dan kesejahteraan karyawan. Bagaimana dengan IKEA? Perusahaan ini juga memberikan tunjangan dan fasilitas bagi karyawan yang meliputi :

1. Tunjangan karyawan IKEA

Perusahaan retail ini mengusung kultur kekeluargaan. Sehingga beberapa tunjangan yang diberikan berdasarkan kebutuhan karyawan. Salah satunya adalah memberikan cuti berbayar pada karyawan part time maupun full time (minimal memiliki masa kerja selama 1 tahun).

2. Fasilitas karyawan IKEA

Apabila menjadi karyawan di IKEA, Anda berhak menggunakan fasilitas yang tersedia di perusahaan. Fasilitas tersebut meliputi ruang loker dan shower, ruang ibadah, fasilitas lab komputer, kantin, dan ruang menyusui.

Tunjangan di atas tentu akan menguntungkan bagi karyawan perempuan karena memiliki kesempatan untuk mengurus anaknya.

Produk IKEA

gaji di ikea
Produk IKEA. (BP Guide)

Karena IKEA bergerak dalam bidang furniture, maka perusahaan ini memiliki banyak produk. Inilah beberapa produk berdasarkan kategorinya, yaitu :

1. Ruang Keluarga

IKEA telah meluncurkan produk yang biasanya ada di ruang keluarga, diantaranya adalah lemari pajangan, meja TV, karpet, sofa, tempat tidur tamu, kotak penyimpanan, lemari buffet, rak dinding, rak buku, tempat lilin, tanaman hias, bunga tiruan, mangkuk, pengharum ruangan, dan masih banyak lagi.

2. Perkantoran dan ruang kerja

Tak hanya furniture rumah tangga, IKEA juga memiliki produk untuk perkantoran. Misalnya meja kerja, kursi kantor, aksesoris meja, alat tulis, perabot gaming, papan, lampu gantung, lampu plafon, penyimpanan kantor, dan aksesoris pengaturan.

3. Perhotelan dan pariwisata

Terus berinovasi, IKEA mengeluarkan produk perhotelan dan pariwisata. Produk tersebut diantaranya adalah perabot kamar mandi, meja wastafel, handuk, tirai shower, sarung quilt, bantal kursi, gelas minum, lemari laci, dan lain sebagainya.

4. Dapur dan ruang makan

Pada kategori ini, produk yang dijual adalah keran dapur, kulkas, freezer, kompor masak, mesin cuci piring, perlengkapan masak, perkakas dapur, microwave, meja dan kursi makan luar ruangan, dan masih banyak lagi.

5. Kamar tidur dan kamar mandi

Beberapa produknya antara lain rak sepatu, alas kasur, aksesoris wastafel, bantal, penyimpanan handuk, kasur busa, tirai elektrik, pengait, tempat tidur anak, dan lain sebagainya.

6. Luar ruang

Beberapa produk luar ruang milik IKEA adalah lampu luar ruang, lantai luar ruang, tenda payung, gazebo, penyimpanan luar ruang, sofa luar, kursi santai, dan lain-lain.

7. Dunia anak

Beberapa produk IKEA kategori ini yaitu mainan bayi, meja dan kursi anak, aksesoris anak, kursi makan anak, tekstil bayi, pengaman bayi, seni dan kerajinan tangan.

8. Laundry

Kategori yang terakhir adalah laundry. Beberapa produk yang dikeluarkan melalu ia aksesoris dan peralatan kebersihan.

Cara Melamar Pekerjaan di IKEA

Apabila Anda tertarik dengan perusahaan ini, tidak ada salahnya jika mencoba melamar menjadi pegawainya. Anda bisa mencari informasi ke website resmi IKEA. Sebab biasanya apabila ada lowongan, IKEA akan mengunggahnya di website resmi atau di website pencari kerja.

Beberapa persyaratan yang perlu Anda lengkapi, yaitu melampirkan CV dan portofolio, berpengalaman, dan memiliki kemampuan sesuai lowongan pekerjaan.

Nah, itulah ulasan mengenai jabatan dan info gaji di IKEA yang bisa menjadi pertimbangan apabila ingin melamar di perusahaan tersebut.