2 Cara Driver Cancel Pesanan Grab Tanpa Menurunkan Performa

Cara cancel pesanan grab bike dan car tanpa mempengaruhi nilai – Mendapatkan jumlah penumpang yang besar memang merupakan tujuan utama dari setiap driver Grab, dari Grabbike dan juga Grabcar. Namun, tidak jarang beberapa penumpang memberikan order fiktif yang memaksa driver untuk membatalkan pesanan dan akan berpengaruh pada nilai dari driver itu sendiri. Lalu, bagaimana cara cancel orderan Grab tanpa mempengaruhi nilai?

1. Menghubungi Pusat Bantuan Grab

Cara cancel pesanan Grab tanpa mempengaruhi nilai yang paling tepat adalah dengan menghubungi pusat bantuan yang ada di aplikasi Grab. Hal ini akan membantu driver untuk membatalkan pesanan dari pusat dan tidak akan mempengaruhi nilai pembatalan dari driver itu sendiri.

cara cancel pesanan grabbike grabcar
Menghubungi pusat bantuan

Untuk melakukan cara cancel pesanan grabbike oleh driver dan juga grabcar ini, driver hanya perlu menghubungi nomor pusat bantuan Grab yang tertera di aplikasi. Setelah menghubungi pihak Grab, driver akan diberikan beberapa pilihan untuk dipilih dan driver hanya perlu memilih nomor 3 untuk membatalkan pesanan.

Setelah nomor dipilih, driver akan diarahkan untuk berbicara dengan customer service dari pihak Grab. Sebelumnya, driver akan diberikan pertanyaan status keanggotaan sebagai driver atau penumpang. Driver hanya perlu menjawab status keanggotaan sebagai driver dan untuk membatalkan pesanan, driver akan diminta untuk memberikan informasi lengkap berupa nomor plat mobil, nomor telepon, dan juga nama untuk verifikasi data.

Baca:

Jika data diri telah diverifikasi, pihak Grab akan menanyakan keluhan dari pihak driver tersebut. Jelaskan bahwa driver ingin membatalkan pesanan dan mengapa pesanan ingin dibatalkan. Kemudian, customer service Grab akan menanyakan detil perjalanan kepada driver. Detil perjalanan yang akan ditanyakan adalah seperti nama pemesan, titik penjemputan, dan juga titik penurunan. Kemudian, pihak Grab akan menindaklanjutinya untuk akhirnya pesanan dibatalkan. Jika driver menggunakan cara ini, driver akan dapat membatalkan pesanan dan hal ini tentunya tidak akan mempengaruhi nilai pembatalan.

2. Menunggu Penumpang di Lokasi Penjemputan

Selain menghubungi pusat bantuan, driver bisa membatalkan pesanan dengan menunggu penumpang di lokasi penjemputan. Namun, cara ini hanya berlaku sebagai cara cancel pesanan Grabcar oleh driver. Cara ini juga tidak akan mengurangi nilai pembatalan driver dan driver juga tidak perlu repot-repot menghubungi pusat bantuan.

cara cancel pesanan grabbike grabcar
Silahkan dilaporkan!

Untuk bisa membatalkan pesanan dari penumpang, driver hanya perlu menunggu di lokasi penjemputan selama 10 menit dan mengeklik tombol Saya Sudah Sampai untuk memulai waktu hitung. Setelah waktu 10 menit berlalu, penumpang bisa membatalkan pesanan dengan menekan tombol Lainnya yang ada di aplikasi. Pada menu tersebut, penumpang akan melihat beberapa tombol, seperti tombol untuk menelepon penumpang, tombol untuk mengirimi sms, dan juga tombol batal. Driver hanya perlu menekan tombol Batal untuk membatalkan pesanan tersebut.

Setelah driver menekan tombol Batal, driver akan melihat beberapa alasan pembatalan dan driver bisa memilih Penumpang Tidak Muncul sebagai alasan. Setelah berhasil, driver akan diarahkan ke jendela baru dan menerima pemberitahuan bahwa pesanan telah dibatalkan. Pada jendela tersebut, driver juga akan menerima pemberitahuan bahwa pembatalan tersebut tidak akan mempengaruhi nilai. Namun, cara ini hanya terbatas sebanyak 5 kali saja dalam sehari dan jika lebih, driver akan menerima sanksi dari pihak Grab.

Orderan fiktif akan sangat merugikan para driver dan mengetahui cara cancel pesanan Grab tanpa mempengaruhi nilai akan sangat berguna bagi para driver. Hal ini karena jika driver memiliki nilai pembatalan lebih dari 10%, maka driver tidak akan mendapatkan bonus dan insentif.

Tinggalkan komentar