Cara Login KlikBCA Bisnis Menggunakan VPN Tarumanagara

Cara Login KlikBCA Bisnis – Seperti yang Anda tahu, BCA (Bank Central Asia) menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia yang selalu mengutamakan kepuasan nasabahnya dengan cara memberikan layanan terbaik melalui berbagai inovasi.

BCA melakukan inovasi untuk layanan perbankan itu sendiri dan inovasi untuk layanan proteksi keuangan. BCA juga melakukan inovasi layanan khusus individual dan inovasi layanan khusus pelaku bisnis.

Fasilitas layanan internet banking untuk pelaku bisnis bernama KlikBCA Bisnis. Berdasarkan ketentuan dalam mendapatkan layanan ini, Anda harus memiliki akun nasabah dan mengaksesnya menggunakan VPN BCA (VPN Tarumanagara).

Mengenal KlikBCA Bisnis

KlikBCA Bisnis

KlikBCA Bisnis merupakan layanan internet banking dari Bank BCA yang bisa diakses melalui laptop atau komputer. Layanan ini telah rilis sejak 2001, sebagai solusi kemudahan nasabah dari segmen pebisnis dalam mengelola keuangan bisnisnya.

Berbeda dengan KlikBCA Individu yang memang dikhususkan bagi nasabah perorangan. KlikBCA bisnis hadir bagi nasabah korporasi dan badan. Artinya, layanan ini hanya diperuntukkan bagi perusahaan, badan hukum, yayasan, dan lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

Namun, per 2019, nasabah perorangan bisa juga mendapat layanan fasilitas KlikBCA Bisnis. Asalkan, nasabah tersebut memenuhi syarat di bawah ini:

  • Nasabah adalah pedagang.
  • Rekening utama KlikBCA Bisnis adalah Tahapan Gold, Giro Rupiah, dan Tapres. Jika tidak, bisa menggunakan rekening Tahapan dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Rekening dimiliki oleh orang yang sama.
  • Registrasi dilakukan di kantor cabang asal tempat dimana Anda membuka rekening.

Mengenal VPN Tarumanagara

Sudah tahu apa itu VPN Tarumanagara?

VPN (Virtual Private Network) sendiri merupakan koneksi antar jaringan melalui jaringan internet secara privat. Teknologi ini memungkinkan Anda terhubung ke berbagai jaringan, termasuk jaringan umum, yang tetap terenkripsi dalam sistem secara baik. Sehingga, Anda tidak akan takut jika rahasia data pribadi bocor.

VPN yang digunakan nasabah KlikBCA Bisnis bukanlah VPN Client yang bisa merepotkan pemegang rekening. Dulu mungkin iya, nasabah harus mengunduh aplikasi VPN Client terlebih dahulu sebelum login ke KlikBCA Bisnis. Akhirnya, BCA merilis VPN BCA (VPN Tarumanagara) yang bisa memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi.

Kelebihan VPN Tarumanagara

Menariknya, VPN Tarumanagara juga menawarkan sejumlah kelebihan untuk para nasabahnya. Berikut sejumlah kelebihan VPN Tarumanagara:

  1. VPN bisa diakses dari berbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, Android, hingga iOS.
  2. Meskipun masuk ke KlikBCA Bisnis melalui VPN Tarumanagara. Tetapi saat melakukan aktivitas lain, jaringan Anda akan tetap stabil.
  3. Akes VPN Tarumanagara tidak mengharuskan Anda mengunduh aplikasinya. Anda bisa mengakses VPN Tarumanagara melalui browser, seperti Google Chrome, Mozilla, dan Safari.

Itulah sejumlah kelebihan VPN Tarumanagara. Jelas berbeda dengan VPN Client lainnya, bukan?

Fitur-Fitur KlikBCA Bisnis VPN Tarumanagara

Ada sejumlah fitur KlikBCA Bisnis VPN Tarumanagara yang bermanfaat bagi Anda. Berikut sejumlah fiturnya:

  1. Informasi Rekening. Anda bisa melihat informasi saldo, mutasi rekening, e-statement, rekening koran, laporan debit BCA, laporan portofolio nasabah, tagihan kartu kredit, laporan kartu kredit, laporan pembayaran, dan laporan MT940.
  2. Transfer dana. Layanan ini bisa transfer antar rekening BCA< transfer LLG/RTGS, transfer BCA Virtual Account, hingga kirim valas ke rekening bank lain.
  3. Business Card.
  4. Registrasi Kartu.
  5. Pembayaran pinjaman,.
  6. Informasi pinjaman.
  7. B2B e-Commerce.
  8. e-Billing Pajak.
  9. Pembayaran tagihan. Tagihan telepon, internet, kartu kredit, PAM, pajak, BPJS, dan PLN.
  10. Account sweeping yang berguna untuk mengelola rekening-rekening yang terdaftar di KlikBCA.
  11. Virtual Account.
  12. Multi Transfer yang berguna mentransfer payroll, auto credit, dan auto collection.
  13. Lain-lain, seperti informasi kurs, histori transaksi, suku bunga, contact BCA, batas penggunaan transaksi.

Itulah sejumlah fitur-fitur VPN Tarumanagara yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari fitur registrasi, login, dan lain-lainnya.

Cara Registrasi KlikBCA Bisnis Buat VPN Tarumanagara

Sebelum masuk ke cara login KlikBCA Bisnis menggunakan VPN, tentu Anda harus mendaftarkan akun KlikBCA terlebih dahulu.

  • Anda bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat atau kantor pusat untuk melakukan registrasi membuat akun KlikBCA bisnis buat akses VPN Tarumanagara. Lakukan pengajuan permohonan pengajuan layanan ke petugas, maka petugas akan membantu Anda mendaftarkan bisnis atau usaha untuk mendapatkan akun resmi.
  • Isi formulir KlikBCA Bisnis secara lengkap dengan menunjukkan bukti-bukti legalitas usaha (Fotokopi KTP, NPWP, dan SIUP).
  • Tunggu proses pembuatannya selesai.

Pada kolom Limit dan User ID KlikBCA Bisnis di dalam formulir, Anda harus mengisi:

  • Nama.
  • Nomor KTP/ SIM/ Paspor/ KITAS/ KITAP.
  • User ID yang berwujud alfanumerik.
  • Nomor HP.
  • Email.
  • Pilih Level User ID: M untuk Maker, R untuk Releaser, atau MR untuk Maker dan Releaser.

Maker merupakan user ID yang bertugas membuat transaksi sekaligus mengirimnya ke Releaser untuk disetujui. Releaser merupakan user ID yang bertugas mengizinkan transaksi atau membatalkan transaksi yang akan dikirim ke BCA.

  • Limit per transaksi.
  • Pilih Keterangan : Baru, Ubah, atau Hapus.

Setelah mengisi formulir, akan ada Approver yang akan memberi izin transaksi yang dibuat Maker dan sudah disetujui Releaser. Ada dua jenis transaksi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan perusahaan:

  • Perizinan tunggal berupa 1 Maker dan 1 Releaser.
  • Perizinan berkelipatan berupa 1 Maker, 0-9 Approver, dan 1-9 Releaser.

Cara Login KlikBCA Bisnis Menggunakan VPN Tarumanagara

Cara Login KlikBCA Bisnis

Setelah proses registrasi selesai, bank akan memberi Anda :

  • Corporate ID.
  • User ID.
  • KeyBCA.
  • PIN KeyBCA
  • VPN Installer.
  • Manual penggunaan.

Semua hal yang Anda dapat akan dikirim secara terpisah guna menjamin keamanan data nasabah saat bertransaksi di BCA Business Internet Banking.

Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan sejumlah hal di bawah ini:

1. Jangan sampai User ID, KeyBCA, dan PIN KeyBCA Anda diketahui oleh orang lain. Setelah melakukan transaksi dan meninggalkan komputer, selalu logout akun.
2. Hindari melakukan akses menggunakan jaringan publik (warung internet) guna menjaga keamanan dan kenyamanan transaksi.
3. Pastikan jaringan koneksi internet yang Anda gunakan aman dan lancar.

Berikut cara login KlikBCA Bisnis  menggunakan VPN Tarumanagara yang dikutip dari Buku Panduan KlikBCA Bisnis:

cara login klikBCA Bisnis
  1. Pertama pahami apa itu VPN Tarumanagara (Baca sampai akhir).
  2. Buka link vpn klikbca.
  3. Masukkan username rekening bisnis BCA.
  4. Masukkan password dari KeyBCA. Berarti, Anda harus login terlebih dahulu ke KeyBCA > pilih APPLI > muncul password KeyBCA berupa 8 digit angka > Input Corporate ID, User ID, dan Password (KeyBCA Response) yang sama dari KeyBCA.
  5. Tekan Login.
  6. Muncul layar Beranda “Selamat Datang (Namamu) di KlikBCA Bisnis”. Transaksi terkait urusan bisnis perusahaan sudah bisa dilakukan.

Itulah cara login KlikBCA Bisnis menggunakan VPN Tarumanagara. Sebagai user baru, lebih baik jika Anda mengganti PIN KeyBCA terlebih dahulu.

Keuntungan Menggunakan KlikBCA Bisnis

Aktivitas transaksi bisnis bisa terjadi setiap hari, baik itu untuk mitra bisnis, pelanggan, maupun karyawan. Jika untuk melakukan transaksi bisnis Anda harus mengantri di bank, maka akan sangat merepotkan dan memusingkan. Hadirnya KlikBCA Bisnis yang bisa diakses secara daring akan memberikan keuntungan bagi para penggunanya.

  1. Transaksi Bisnis Menjadi Lebih Efisien dan Praktis

Dengan layanan KlikBCA Bisnis yang user friendly, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan antrian panjang setiap hari di bank. Cukup menggunakan PC, laptop, maupun HP sederhana, transaksi bisa dilakukan dengan praktis. Mulai dari membayar tagihan, mengirim saldo ke rekening tujuan, muti transfer, melihat informasi saldo, dan banyak lainnya.

  1. Keamanan Terjamin Melalui Jaringan VPN

Banyak sekali fenomena cyber crime yang membuat sebagian nasabah merasa khawatir mengenai keamanan data serta transaksinya. Sebagai nasabah KlikBCA Bisnis, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi.

Layanan ini dilengkapi dengan jaringan VPN yang memungkinkan Anda untuk login melalui jaringan internal BCA, tanpa harus login secara umum. Sehingga, akses internet banking nasabah semakin aman.

Nasabah juga memiliki User ID, Corporate ID, dan password. Yang mana, semuanya harus Anda rahasiakan.

  1. Transaksi Perbankan Digital Tanpa Batasan Wilayah

Berbeda dengan yang lainnya, layanan perbankan digital BCA bisa Anda akses dimana saja tanpa memandang wilayah. Anda bisa bertransaksi di jaringan lokal saja, maupun internasional, selama memiliki koneksi internet yang memadai.

Fasilitas seperti ini tentu menjadi kelebihan tersendiri. Bagi pebisnis, dengan memanfaatkan fasilitas seperti ini akan menguntungkan, mengingat mobilitas pebisnis cukup tinggi.

  1. Tampilan User Friendly

Tampilan dari layanan KlikBCA Bisnis ini ramah terhadap penggunanya. Sehingga, sebagai nasabah yang baru memiliki akun tentu tidak akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.

Itulah penjelasan mengenai cara login KlikBCA Bisnis. Layanan perbankan selalu berlomba-lomba menghadirkan inovasi terbaiknya untuk kepuasan nasabah. Mengingat banyak ragam pilihan yang ditawarkan, Anda sebagai nasabah harus lebih cermat memilih layanan perbankan digital.