IDE BISNIS: Resep Dalgona Coffee Tanpa Mixer Versi Chef Devina MasterChef 2020!

By | April 6, 2020

Resep dalgona coffee saat ini viral setelah muncul di acara TV Korea pada bulan Januari 2020 lalu. Minuman ini diberi nama Dalgona oleh Jung Il-Woo ketika ia pergi ke Makau beberapa waktu sebelumnya. Menurutnya, minuman ini mirip dengan permen spons tradisional Korea dan terasa enak dan gurih.

Resep Dalgona Coffe by Chef Devina

Resep Dalgona Coffe by Chef Devina

Setelah itu, banyak orang yang mulai mencoba membuat dan mencicipi minuman ini diberbagai penjuru negara di dunia termasuk Indonesia. Proses pembuatan minuman ini sangatlah mudah dan praktis. Selain karena bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh, proses pembuatannya juga cukup singkat jika memiliki alat yang pas. Resep ini bisa menjadi ide bisnis baru bagi cafe kopi dan menjadi salah satu satu menu andalan yang dapat dijual.

Secara umum, minuman ini terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan bawah yang terbuat dari susu dan lapisan atas berupa kopi yang dibuat sangat kental. Untuk membuat kopi kental ini biasanya membutuhkan mixer agar proses pembuatannya cepat selesai. Namun, Chef Devina memiliki cara tersendiri sehingga siapa saja bisa membuat Dalgona tanpa menggunakan mixer.

Bahan dan Alat dari Resep Dalgona Coffee Ala Chef Devina

Resep Dalgona Coffee yang dibagikan oleh Chef Devina di akun Youtube-nya mengatakan bahwa bahan untuk membuat minuman ini sangat sederhana dan mudah diperoleh. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah:

  • 2 sdm kopi bubuk instan tanpa ampas. Bisa kopi sachet-an berbagai merek sesuai selera masing-masing.
  • 2 sdm brown/ white sugar
  • 2-3 sdm air hangat.
  • Susu sapi secukupnya
  • Es batu
  • Evaporated milk/ santan

Bahan-bahan di atas seperi kopi instan bisa menggunakan merek dan jenis kopi yang berbeda-beda. Selain itu, Anda juga bisa mengganti susu sapi dengan varian rasa coklat, strawberry dengan berbagai merek bergantung kepada selera masing-masing. Namun, resep dari Chef Devina menggunakan varian rasa vanilla.

Alat yang diperlukan:

  • Cangkir, sendok kopi (agar takaran lebih akurat)
  • Mangkuk ceper
  • Saringan teh sebagai pengganti mixer

Cara Membuat Minuman Dalgona Coffee

Setelah mengetahui resep dalgona coffee dan alat yang diperlukan, maka langkah berikutnya adalah cara pembuatan minuman tersebut. Caranya sangatlah mudah dan Anda bisa mengetahui hal tersebut melalui langkah-langkah dibawah ini, yaitu:

  • Hal pertama yang dilakukan adalah membuat dalgonanya terlebih dahulu.

dalgona

  • Campurkan kopi instan, air hangat dan gula (brown sugar) dengan rasio 1:1:1 ke mangkuk ceper. Rasio ini penting agar bisa menghasilkan foam/ busa dalgona yang halus. Air hangat yang dipakai boleh lebih sedikit namun tidak boleh lebih banyak. Karena jika air lebih banyak maka akan menghasilkan busa yang semakin kasar.
  • Mengukur bahan dalgona menggunakan sendok kopi agar lebih akurat karena desain sendok ini berbeda dengan sendok biasa. Jadi, kemungkinan untuk salah takaran sangat minim.
  • Penggunaan air hangat diperlukan agar gula dan kopi mudah larut.
  • Penggunaan mangkuk ceper agar ketika diaduk dengan saringan dapat mencapai dasar mangkuk sehingga semua bahan tercampur dengan merata.

dalgona

  • Kemudian gunakanlah saringan dan aduk bahan dalgona tadi sampai warnanya berubah pucat, mengental dan mengembang seperti busa/ foam. Menggunakan cara ini membutuhkan waktu kurang lebih 3-3,5 menitan. Relatif lebih cepat daripada harus menggunakan whisk manual ataupun sendok yang membutuhkan waktu sampai 10 menitan.

dalgona

  • Setelah dalgona selesai, selanjutnya siapkan cangkir dan isi dengan susu sapi merek apapun tergantung selera Anda. Tambahkan es batu jika diperlukan. Isi sekitar setengah gelas.

dalgona

  • Tambahkan santan ataupun evaporated milk sekitar 1-2 sdm untuk membuat minuman menjadi lebih gurih.  Hal ini tidaklah wajib, Anda bisa tidak menggunakan dua bahan ini jika tidak diinginkan.

dalgona

  • Setelah itu tambahkan dalgona dibagian atas susu.
  • Anda bisa menikmati minuman ini secara langsung atau diaduk terlebih dahulu dengan sendok agar semua minumannya tercampur merata.

Resep dalgona coffee buatan Chef Devina ini sangat mudah dipraktikkan oleh siapa saja bahkan bagi Anda yang tidak memiliki peralatan dapur yang lengkap. Selain itu cara ini lebih praktis, mudah, menghemat waktu dan tenaga daripada menggunakan sendok ataupun whisker. Karena beberapa orang yang menggunakan dua alat ini membutuhkan waktu lebih dari 10 menit dan pegal-pegal di pergelangan tangan sebelum dapat menikmati dalgona coffee.

Bisnis: Cocok Untuk Dijual, Hasilkan Keuntungan!

Resep ini juga bisa digunakan oleh para chef, barista atau pemilik cafe kopi dan menjadikan dalgona coffee sebagai menu andalannya saat ini. Mengingat minuman ini sedang viral dan peminatnya sangatlah tinggi sehingga prospeknya sangat menjanjikan.

Selain itu, pemilik warung/restoran kecil sampai yang besar juga bisa menyajikan minuman ini. Coba saja dulu untuk menyajikan minuman ini kemudian lihat penjualannya. Kalau bagus, maka ini artinya lampu hijau untuk anda untuk terus menyajikan minuman ini.

Nah, itulah seluruh rangkaian resep dalgona coffee ala Chef Devina yang bisa Anda terapkan di rumah. Cara ini sangat praktis dan bisa dipakai oleh orang awam sekalipun sehingga siapa saja bisa merasakan kenikmatan minuman dalgona coffee yang viral ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *