Cara Buat Masker 100% Murah, Efektif dan Praktis: Jaga Kesehatan!

Cara buat masker murah saat ini menjadi sebuah keharusan. Terlebih dengan merebaknya virus Corona yang dimulai di Wuhan, China  dahulu. Virus ini dapat menyebabkan kematian sedangkan yang paling ringan dapat membuat anda lemas sehingga tidak bisa melakukan aktifitas seperti sedia kala. Setidaknya anda punya sesuatu yang digunakan (masker buatan), ketimbang tidak menggunakan apa apa ketika virus menyebar dan harga masker melambung naik.

Penggunaan Masker
Penggunaan Masker

Virus ini ternyata telah menyebar ke berbagai kota serta negara lainnya sehingga diperlukan berbagai penanganan untuk mencegahnya. Salah satu cara pencegahan yang efektif adalah dengan memakai masker ketika beraktifitas diluar ruangan. Namun, jumlah masker yang dijual semakin menipis sedangkan yang membutuhkan semakin banyak. Oleh karena itu, cara buat masker murah ini menjadi semakin penting.

Masker ini tidak hanya berguna untuk mencegah penyebaran virus tapi juga menjaga diri sendiri dari kuman, bakteri, debu dan sumber penyakit lainnya. Selain itu anda dapat mencegah penularan penyakit kepada orang lain dengan memakai masker tersebut.

Bekerja Sebagai Guru Honorer, Butuh Keikhlasan, Gaji Tak Seberapa!

Cara Buat Masker Murah Berkualitas Terbaru 2020

Cara buat masker murah ini dapat dilakukan oleh siapapun. Karena bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh, selain itu cara pembuatannya juga sangatlah mudah, sehingga masker ini dapat dibuat oleh siapapun. Sebelum melakukan langkah pembuatan masker tersebut, teman-teman perlu tahu apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Masker Murah

  • Kain katun dengan panjang 50 cm dan lebar 16 cm. Ukuran dapat diubah sesuai selera masing-masing.
  • Benang jahit (bisa dijahit tangan atau menggunakan mesin jahit). Namun, agar hasilnya lebih baik dan rapi maka gunakanlah mesin jahit.
  • Kain katun tambahan
  • Karet untuk masker
  • Gunting
  • Setrika
  • Meteran atau penggaris

Langkah Membuat Masker Terbuat Dari Kain

Membuat masker sebenarnya sangatlah mudah dan murah. Teman-teman dapat melakukannya sendiri. Cara dibawah ini digunakan agar hasilnya kelihatan rapi sehingga menggunakan mesin jahit. Namun, teman-teman dapat melakukannya sendiri dengan jahit tangan. Tentu hasilnya akan berbeda, tapi hal ini lebih baik karena masker di pasaran jumlahnya semakin sedikit. Adapun langkah membuat masker murah tersebut adalah:

Kain

  • Teman-teman dapat memilih kain katun dengan corak ataupun kualitas tertentu sesuai pilihan masing-masing. Bisa juga memakai kain lainnya seperti perca ataupun sutra. Namun kain katun mudah diperoleh, bahannya lembut dan harganya murah. Kemudian, potong kain tersebut dengan ukuran panjang sekitar 50 cm dan lebarnya 16 cm.

Lipat

  • Kain katun yang ukurannya telah disesuaikan tersebut kemudian dilipat dua dengan ujungnya dilipat kedalam. Lipat dengan rapi kemudian jahit agar kain yang telah dilipat tertutup dengan rapat. Kemudian, bagian pinggir lainnya gunting agar bahan kain yang berlebih dapat dibuang.

Jahit

Lipat

  • Setelah itu, teman-teman pilih bagian mana yang diluar dan di dalam. Pada bagian luar ukur kembali sekitar 2-3 cm. Setelah itu lipat bagian tersebut seperti pada gambar. Setelah semua bagian luar dilipat dengan baik, teman-teman setrika agar lipatan pada masker menjadi kuat dan rapi.

Tambah

  • Langkah selanjutnya, teman-teman menambahkan kain katun lainnya di dua sisi lainnya. Kain ini berfungsi untuk merapikan tampilan masker sekaligus untuk menempatkan karet maskernya.

Karet Masker

  • Berikutnya teman-teman pasang karet masker kemudian jahit kembali agar terpasang dengan kuat. Kemudian lakukan hal yang sama pada sisi lainnya. Setelah itu teman-teman lipat kedalam kain katun yang berlebih untuk menutup karet dan bagian pinggir masker.

Selesai

  • Setelah dilipat jahit bagian pinggir tersebut agar seluruh bagian masker tersambung dengan kuat dan rapi. Setelah selesai teman-teman sudah dapat menggunakan masker tersebut untuk keperluan sehari-hari.

Teman-teman bisa membuat lubang kecil dibagian tengah lipatan luar masker sebagai tempat untuk memasukkan tisu basah. Tisu ini bisa dipakai untuk membantu menyaring udara luar, menyegarkan udara yang dihirup dan lainnya. Namun, hal ini merupakan opsi bagi teman-teman. Karena tanpa menerapkan hal tersebut masker yang dibuat dengan cara di atas sudah sangat mumpuni.

Alat Jahit Tangan
Alat Jahit Tangan

Teman-teman tidak harus menggunakan mesin jahit besar layaknya penjahit. Karena terdapat alat jahit tangan yang lebih praktis dan mudah digunakan. Alat ini bisa diperoleh di toko yang menjual peralatan dan bahan jahit di berbagai kota dan daerah.

Pengalaman Berwirausaha Totebag, Simak Ceritaku!

Nah, itulah cara buat maker murah, mudah dan efisien. Cara ini bisa teman-teman lakukan dimanapun dan kapanpun. Karena bahannya mudah diperoleh dengan harga murah sehingga teman-teman tidak perlu membeli masker kembali. Jangan sampai anda berpikir dengan masker ini ada jaminan terhindar dari Corona, tidak!!! Anda harus tetap menjaga pola hidup sehat terutama selalu menjaga kebersihan tangan setiap saat. Kalau harga masker sudah kembali normal, sebaiknya anda membeli langsung karena lebih terjamin dari pada masker yang hanya dibuat dengan tangan seperti di atas.

Tinggalkan komentar