Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Untuk Bulan April, Mei dan Juni 2020

By | April 14, 2020

Wacana subsidi token listrik gratis yang direncanakan pemerintah beberapa waktu lalu akhirnya direalisasikan. Berdasarkan Perpu No. 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan dengan mengeluarkan anggaran sebesar Rp 3,5 triliun sebagai subsidi listrik penuh untuk rumah atau pelanggan yang memakai listrik 450 VA dan 50% untuk pengguna listrik 900 VA.

Token Listrik Gratis

Token Listrik Gratis

Kebijakan ini diambil ditengah merebaknya wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia. Wabah ini kemudian menyebabkan kegiatan ekonomi bergerak lesu. Karena terdapat anjuran dari pemerintah untuk tidak masuk bekerja atau bekerja dari rumah. Anjuran ini jadi hal baik bagi pekerja kantoran, namun untuk pekerja lepas di jalanan akan kesulitan karena tidak bisa memperoleh penghasilan.

Peraturan ini tentu menjadi angin segar bagi warga kurang mampu sehingga tidak direpotkan dengan biaya listrik selama tiga bulan penuh. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk mengetahui hal ini agar bisa memperoleh keuntungan dari kebijakan ini.

Baca juga:

Prosedur Cara Memperoleh Token Listrik Gratis PLN

PLN

PLN

Ada dua jenis pelanggan PLN saat ini yaitu pelanggan prabayar dan pascabayar. Pelanggan prabayar lebih populer dengan sebutan pengguna listrik berpulsa dimana mereka akan membeli token terlebih dahulu untuk bisa menikmati listrik dari PLN. Sedangkan pelanggan pascabayar lebih sering disebut pelanggan dengan tagihan bulanan, artinya, mereka akan menggunakan listrik terlebih dahulu baru membayar tagihan sesuai dengan banyaknya penggunaan.

Kebijakan subsidi listrik dari pemerintah ini tentu berlaku untuk kedua jenis pelanggan tersebut. Pelanggan pascabayar tentu akan mendapatkan subsidi dengan mekanisme tidak mendapatkan tagihan selama bulan April, Mei, dan Juni 2020 (untuk pengguna 450 VA) atau mendapat tagihan yang sudah disubsidi 50% selama tiga bulan tersebut (untuk pengguna 900VA).

Lantas bagaimana dengan pelanggan listrik prabayar yang harus membeli token listrik terlebih dahulu? Tentu pemerintah akan memberikan token gratis sesuai dengan penggunaan maksimal selama 3 bulan terakhir. Tapi untuk mendapatkannya Anda harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh PLN.

IDE BISNIS: Resep Dalgona Coffee Tanpa Mixer Versi Chef Devina MasterChef 2020!

Untuk memperoleh token listrik dari PLN ini sangatlah mudah karena bisa dilakukan melalui WhatsApp ataupun web PLN secara langsung. Perlu diketahui bahwa mendapatkan token listrik gratis melalui web PLN sudah bisa dilakukan sejak tanggal 4 April 2020 kemarin. Artinya, Anda sudah bisa mendapatkannya saat ini juga.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelumnya, seperti:

  • Subsidi listrik secara penuh diberikan kepada pelanggan 450 VA
  • Sedangkan subsidi untuk pengguna 900 VA hanya sebesar 50%. Namun, pengguna ini memiliki dua kategori yaitu mampu (R1M) atau subsidi (R1) yang bisa diketahui dari struk tagihan listrik PLN.
  • Pengguna 900 VA yang berhak mendapatkan subsidi sebesar 50% adalah pengguna dengan kategori R1. Adapun kategori R1M sayangnya tidak bisa mendapatkan subsidi ini.

    cara dapat token listrik gratis

    contoh struk pengguna kategori R1M (tidak berhak mendapatkan subsidi 50%)

  • Proses perhitungan dilakukan setelah melewati masa 3 bulan melalui biaya pemakaian listrik tertinggi dan pihak PLN serta ESDM akan langsung memotong setengah dari biaya yang ada.
  • Untuk pengguna listrik di atas 900 VA tidak memperoleh potongan atau subsidi.

Setelah mengetahui ketentuan tersebut, selanjutnya adalah bagaimana cara memperoleh token listrik gratis saat ini. Setidaknya terdapat 2 cara yang bisa Anda coba, yaitu:

1. Via Web PLN

Cara pertama untuk memperoleh token listrik gratis adalah dengan akses website pln.co.id. Setelah akses halaman tersebut Anda akan terhubung ke layanan.pln.co.id. Pada halaman ini Anda sudah bisa melakukan klaim token listrik secara free. Adapun langkah praktisnya adalah sebagai berikut:

Pelayanan Online

Pelayanan Online

  • Masuk pada web pln kemudian langsung ke laman layanan.pln.co.id.
  • Kemudian, klik Stimulus Corona (Covid-19). Perhatikan ilustrasi!

    cara dapat token listrik gratis

    panduan mendapatkan token listrik gratis 2020

  • Selanjutnya silahkan masukan nomor IDPEL (Identitas Pelanggan) atau nomor meter (pilih salah satu). Setelah itu klik “cari” untuk memproses permintaan token listrik gratis Anda.

    cara mendapatkan token listrik gratis

    ikuti tahapan dalam ilustrasi

  • Setelah itu token listrik gratis akan muncul dilayar.

    cara mendapatkan token listrik gratis

    token listrik gratis berhasil didapatkan!

  • kemudian, Anda tinggal input 20 digit angka token yang tertera pada meteran listrik di rumah dan nikmati listrik gratis tersebut.

Cara ini merupakan yang paling praktis dilakukan untuk saat ini karena prosesnya cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama. Namun, Anda harus memperhatikan waktu aksesnya karena trafik website yang tinggi sehingga loadingnya lama. Hal ini menunjukkan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang mengakses website ini secara bersamaan.

Karena menurut data PLN pengguna listrik 900 VA yang memperoleh subsidi ada 7.290.720 pelanggan dan pengguna 450 VA ada 23.832.071 pelanggan. Jika semua pelanggan mengakses web secara bersamaan maka website tersebut akan melambat. Lebih baik jika akses dilakukan saat tengah malam atau dini hari ketika trafik web tidak tinggi.

Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Lengkap Tahun 2020, Persiapan Kerja!

2. Via WhatsApp

Via WA

Via WA

Cara berikutnya adalah dengan melalui WhatsApp yang telah disediakan oleh PLN. Cara ini sangat praktis karena bisa dilakukan kapan saja melalui smartphone masing-masing. Namun, disarankan untuk mengajukan token listrik gratis ketika jam kerja agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar. Adapun cara pengajuan token listrik gratis  via WhatsApp adalah:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Lalu chat ke WA dengan nomor 08122-123-123, ketik apa saja yang penting sopan, perhatikan ilustrasi

    token listrik gratis via Whatsapp

    chat apa saja ke nomor PLN

  • kemudian ikuti semua petunjuk yang diberikan. Salah satunya adalah input nomor ID pelanggan (IDPEL).

    cara dapat listrik gratis via whatsapp

    balas dengan ketik angka 1 lalu Anda akan diminta input IDPEL/no meter

  • Setelah itu kode token listrik akan muncul bagi ID pelanggan yang berhak menerima subsidi listrik.

    token listrik gratis via whatsapp

    token listrik gratis siap digunakan

  • Kemudian, Anda input kode token tersebut pada meteran yang ada dirumah.
  • Listrik gratis untuk 3 bulan ke depan siap untuk dinikmati. Sebagai catatan pemberian token listrik gratis via Whatsapp akan diberikan per-bulan, bukan sekaligus seperti via web PLN.

Walaupun terkesan mudah dan praktis akan tetapi layanan dari WhatsApp belum bisa dilakukan secara optimal karena terjadi kendala di pihak WA tersebut. Kebetulan WA sedang melakukan update server, terlebih trafik layanan WA ini sangat tinggi sehingga layanan yang diberikan tidak berjalan dengan baik. Namun, menurut pihak PLN layanan ini akan stabil pada tanggal 6 April 2020.

Namun, masyarakat Indonesia harus bersabar dahulu, karena bisa saja Anda salah satu pelanggan yang memperoleh subsidi namun belum tertera di WA atau web. Karena terdapat 31 juta data pelanggan listrik yang harus di input kedalam sistem. Menurut pihak PLN proses input ini membutuhkan waktu sampai seminggu atau paling lama tanggal 11 April 2020.

Siapa Bilang Bekerja Online Itu Gampang? Ini Faktanya!

Jadi, ketika tidak memperoleh kode token listrik secara free hari ini maka cobalah lagi besok harinya atau maksimal tanggal 11 April 2020 nanti. Setelah itu dipastikan Anda akan dapat menikmati kebijakan baik dari pemerintah ini.

Itulah 2 cara klaim token listrik gratis PLN selama 3 bulan kedepan yang bisa Anda coba. Pastikan juga jika ID pelanggan yang dimiliki memang berhak memperoleh subsidi agar Anda bisa menerima diskon atau terbebas dari biaya listrik selama bulan April, Mei dan Juni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *