Prosedur Cara Membuat Paspor Online Via WhatsApp Terbaru 2020, Langsung Jadi!

Cara Buat Paspor Via WhatsApp – Zaman sekarang ini teknologi sudah berteman baik dengan kehidupan kita sehari-hari, beberapa diantaranya justru ketergantungan dengan teknologi. Industri 4.0 sudah merambah ke berbagai kegiatan yang dilakukan.

Kita merasa diuntungkan dengan adanya teknologi ini, terasa dapat mengatur waktu dengan baik dan segalanya menjadi lebih cepat. Seperti berbelanja pakaian hanya mengunduh aplikasi saja sudah dapat berbelanja dari toko yang ada di daerah maupun luar daerah.

Terdapat pula aplikasi chatting online, salah satunya adalah WhatsApp Messenger. Aplikasi pesan yang dapat digunakan untuk bertukar pesan pastinya, dokumen, gambar, kontak, dan sejenisnya. Tanpa menggunakan biaya SMS kan tetapi menggunakan data internet.

Buat Paspor Online Via WhatsApp

Pastinya sangat kenal dengan aplikasi ini dan hampir seluruh masyarakat yang memiliki smartphone memiliki aplikasi ini. Bahkan beberapa pekerjaan dilakukan via WhatsApp.

Kini teknologi itu sudah merambah ke bidang imigrasi. Baru-baru ini kantor imigrasi mengeluarkan layanan WhatsApp SIGAP (Sistem Indormasi Gateway Paspor) yang bertujuan mempermudah masyarakat mengurus paspor.

Utamanya adanya SIGAP ini untuk mengecek status paspor, pemberian informasi, dan pengaduan paspor. Sehingga tidak sepenuhnya paspor dapat dibuat via WhatsApp. Pengambilan antrian paspor sendiri tetap dilakukan di website kantor imigran atau via aplikasi yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Diharapkan dengan adanya layanan ini akan mengurangi jumlah antrian yang ada di tempat, meminimalkan proses birokrasi, dan menghindari pungutan liar atau calo.

Ingin Buat Paspor? Buat Online Aja! Ini Cara Daftar Passport Online [Update 2020]

Nah beralih ke cara pembuatan paspor dengan mudah via whatsApp. Untuk mendapatkan layanan SIGAP ini sangat mudah sekali. Hanya perlu mengirim pesan ke nomer whatsApp kantor imigran pilihan kita.

Sayangnya baru-baru ini hanya tersedia 4 kantor saja di Indonesia:

  • Kantor Imigran Kelas 1 Batam dengan No. WhatsApp 0822 8886 2017
  • Kantor Imigran Kelas 1 Jakata Pusat dengan No. WhatsApp 0812 9900 4406
  • Kantor Imigran Kelas 1 Tangerang dengan No. WhatsApp 081 1811 9000
  • Kantor Imigran Kelas 1 Bogor dengan No. WhatsApp 081 111 0033

Caranya sangat mudah sekali:

Cara Membuat Paspor Via WhatsApp 2020 Terbaru

1. Menentukan Kantor Imigran

Tahap pertama, kita harus menentukan kantor mana yang akan dikunjungi dan pastikan dekat dengan rumah ya. Misalnya jika kita mau mengurusi paspor di kantor imigran daerah Bogor maka kantor yang dipilih juga harus Kantor Imigran Kelas 1 Jakarta Pusat. Hal ini supaya mempermudah pencarian berkas dan file kita.

paspor

2. Mengubungi Kantor yang Sudah Dipilih

Setelah menentukan kantornya, langkah selanjutnya menghubungi kantor tersebut. Sebelum itu terlebih dahulu menyimpan No. WhatsApp kantor yang akan dikunjungi. Ada dapat mengirimkan pesan seperti “selamat pagi kantor imigran daerah Bogor”

paspor

3. Memilih Layanan yang Disediakan

Terdapat beberapa layanan yang dapat kita pilih seperti cara pembayaran paspor, persyaratan permohonan paspor, mengecek jadwal layanan paspor dan layanan lainnya. Kita dapat memilih layanan yang diinginkan.

Misalnya mengecek penjadwalan layanan paspor dengan mengetikkan: Nama#TanggalLahir#TanggalKedatangan, misalnya Adhipurwoko#14021986#12012020

Nah setelah itu kita akan mendapat balasan tanggal dan jam pelayanan paspor dan kode booking yang akan ditunjukkan di kantor imigrasinya.

paspor

4. Mendatangi Kantor Imigran yang Dipilih Sesuai Jadwal

Kita dapat datang pada jadwal yang sudah ditentukan dan tidak perlu antre lagi. Karena tujuan utama pembuatan SIGAP ini untuk mengurangi antrean di tempat.

paspor

Nah tentunya sudah paham bagaiman cara mengurus paspor via whatsApp tanpa perlu antre dan ribet. Kita dapat melakukannya sendiri tanpa melibatkan calo atau semacamnya, lebih menghemat biaya bukan.

10 Syarat Pembuatan Paspor Anak Usia di Bawah 17 Tahun Terbaru 2020

So, sekian dulu postingan kali ini, selalu kunjungi blog Infokerjakuu.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan lainnya mengenai info kerja.

Tinggalkan komentar