2 Cara Melihat Rating Maxim Langsung di Aplikasi & Website

Maxim menjadi pilihan baru bagi pelanggan ojol karena tarifnya yang lebih rendah dibandingkan ojol lain. Perusahaan transportasi ini juga banyak diminati driver karena proses seleksi mitra yang cukup mudah.

Bagi driver ojol, sangat penting mengetahui cara melihat rating Maxim agar bisa memaksimalkan jumlah orderan dan meningkatkan gaji Maxim. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap beserta tips menaikkan rating Maxim. 

Cara Kerja Rating Maxim

Rating merupakan indikator yang menunjukkan kualitas driver dalam memberi pelayanan kepada penumpang. Rating berpengaruh besar terhadap banyaknya order yang diterima, semakin tinggi rating maka semakin besar peluang driver menerima banyak order.

Karenanya rating juga sangat mempengaruhi jumlah pendapatan yang diterima driver. Agar rating Maxim bisa muncul, Anda harus memiliki 30 orderan atau lebih.

Sementara jika jumlah order berada pada kisaran 30 sampai 100, maka semuanya akan dihitung. Tetapi jika telah melebihi 100 order, maka yang dihitung adalah orderan terbaru.

Parameter Rating Maxim

Indikator rating Maxim terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Parameter yang menaikkan rating Maxim meliputi:
    • selesai menurut tugas otomatis, 
    • selesai tanpa komunikasi dengan operator, 
    • diselesaikan pada jam sibuk, 
    • order terselesaikan menurut waktu, 
    • jumlah rata-rata order terselesaikan selama sehari, 
    • order prioritas yang diselesaikan, dan
    • komentar positif.
  • Parameter yang menurunkan rating Maxim meliputi:
    • penolakan tugas otomatis, 
    • pembatalan atas inisiatif pengemudi, 
    • penolakan terlambat pemesanan sebelumnya, 
    • jumlah pesan ‘Panggil Saya’, 
    • pelanggaran berdasarkan order, dan
    • ulasan negatif.

Cara Melihat Rating Maxim 

Bagi driver yang ingin akunnya ramai orderan, maka penting untuk memperhatikan jumlah rating. Tetapi tak jarang beberapa driver belum mengetahui cara mengecek rating Maxim, terlebih yang baru memulai karir di sana.

Karenanya Anda dapat menggunakan aplikasi Taxsee Driver yang dapat diunduh melalui Google PlayStore.

Baca juga:  Cara Melihat Penilaian Penumpang Grab? Apa Bisa?

Aplikasi yang rilis pada 27 Oktober 2011 ini sudah banyak digunakan oleh driver ojek online. Taxsee Driver membantu pengemudi Maxim untuk menerima, menjalankan, dan menyelesaikan orderan dari pelanggan. Sementara cara melihat rating Maxim Taxsee Driver adalah sebagai berikut:

Cara Melihat Rating Maxim 
  1. Login aplikasi Taxsee Driver dengan akun yang Anda miliki.
  2. Selanjutnya pada halaman beranda, pilih ikon Menu dengan garis tiga di pojok kanan bawah.
  3. Pilih Tampilkan Profil, kemudian klik menu Rating.
  4. Perolehan rating akan muncul berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.

Rating Maxim yang bagus adalah rating yang mendekati 1 yaitu 0,99 atau 0,98. Pastikan Anda juga bisa mempertahankan rating yang sudah tinggi agar orderan semakin lancar.

Indikator tersebut dapat dijadikan sebagai patokan untuk menaikkan rating akun Maxim, sehingga pendapatan Anda juga semakin bertambah.

Cara Menghitung Rating Maxim Secara Mandiri

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat mengecek rating secara mandiri melalui fitur ‘Kalkulator Rating’ yang tersedia pada web resmi Taxsee Driver.

Dengan alat ini, Anda dapat menghitung berapa jumlah orderan minimal yang harus diperoleh untuk mencapai rating Maxim tertinggi 0,99. Berikut cara menggunakan kalkulator rating:

  1. Buka laman Kalkulator Rating pada website driver.taxsee.com.
  2. kemudian login dengan memasukkan nama akun dan password.
  3. Halaman selanjutnya akan menampilkan semua indikator sebagaimana informasi sebelumnya.
  4. Anda dapat memasukkan perkiraan jumlah orderan yang harus diperoleh dalam sehari. Misalnya Anda memasukkan jumlah orderan sebanyak 10 orderan, maka dapat diperiksa apakah dengan jumlah tersebut rating bisa meningkat. 

Berdasarkan perhitungan tersebut Anda dapat mengatur strategi dalam mencari pelanggan.

Baca juga: Cara Top Up Maxim Driver

Cara Menaikkan Rating Maxim

Setelah berhasil melihat rating Maxim Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan langkah yang tepat untuk menaikkan rating Maxim. Anda dapat mengikuti tips berikut ini agar akun Maxim banjir orderan:

Baca juga:  Sistem Bagi Hasil Go Car? Yakin ini Fair?

1. Menerima Orderan yang Masuk Otomatis

Penugasan otomatis memberikan order yang letaknya tidak jauh dari lokasi Anda, sehingga dapat menghemat waktu dan bahan bakar. Tetapi fitur ini hanya tersedia jika GPS aktif.

Perlu diperhatikan juga, jangan sesekali menolak order yang masuk otomatis karena dapat menurunkan rating Anda.

2. Menyelesaikan Order Tanpa Komunikasi dengan Operator

Beberapa driver merasa kesulitan untuk mengambil atau menyelesaikan order, sehingga mereka menggunakan layanan operator.

Tapi ternyata tindakan ini dapat menurunkan rating Maxim, karenanya sebisa mungkin selesaikan masalah secara mandiri tanpa melibatkan operator. 

3. Menyelesaikan Orderan pada Jam Sibuk

Salah satu tips agar banjir orderan adalah mengetahui waktu terbaik untuk mencari pelanggan. Biasanya order banyak muncul di jam sibuk, yaitu antara pukul 06.00-09.00 saat siswa berangkat sekolah dan pukul 16.00-20.00 saat pulang kerja. 

Anda dapat memaksimalkan orderan dengan stand by di tempat yang ramai dikunjungi, dengan begitu orderan akan lebih mudah masuk.

4. Menyelesaikan Orderan Reservasi

Anda dapat melihat reservasi order yang ditugaskan pada tab “Reservasi Saya”. Akan ada pemberitahuan apakah Anda harus menghampiri pelanggan atau menolak orderan. Order akan ditarik otomatis dalam 2 menit jika tidak ada tindakan apa-apa.

Jika ingin menolak orderan, pastikan melakukannya 30 menit sebelum waktu yang ditetapkan pelanggan. 

5. Memiliki Banyak Orderan dalam Sehari

Jumlah orderan menjadi salah satu pertimbangan bagi Maxim untuk menaikkan rating Anda. Usahakan bisa menyelesaikan lebih dari sepuluh order dalam sehari agar rating bertambah. 

6. Menyelesaikan Orderan Prioritas

Orderan dengan ikon bintang dapat memberikan tambahan rating pada akun Anda. Semakin banyak order orderan prioritas yang diselesaikan, maka poin juga akan bertambah.

7. Dapatkan Komentar Positif dari Pelanggan

Komentar diperoleh setelah Anda selesai melayani pelanggan, penilaian ini berupa ikon jempol. Jika pelanggan menekan jempol ke atas artinya Anda mendapatkan komentar positif, begitu pun sebaliknya. 

Baca juga:  Informasi Tentang Kantor Grab Surabaya Serta Cara Bila Ingin Daftar Menjadi Mitra

Tetapi hindari memaksa pelanggan memberikan komentar positif, karena selain dilarang juga dapat menurunkan rating. Berikan pelayanan terbaik dengan bersikap ramah dan sopan, maka pelanggan akan dengan sukarela memberikan komentar positif.

Pertanyaan Lain Seputar Rating Maxim

Apa yang Dimaksud Akun Prioritas Maxim? 

Akun prioritas merupakan status bagi akun yang telah membeli aksesoris resmi Maxim berupa jaket dan helm seharga 290 ribu untuk motor.

Sementara pada mobil berupa stiker Maxim seharga 250 ribu untuk kaca belakang dan 450 ribu untuk full body mobil.

Akun ini lebih diutamakan dalam memperoleh pelanggan dibandingkan akun non prioritas, sehingga orderan yang masuk juga lebih banyak.

Selain itu, akun dengan status prioritas juga memperoleh saldo sebesar 100 ribu tiap bulan dengan komisi 15%. Pastinya dengan memiliki akun prioritas, rating Anda juga meningkat seiring bertambahnya orderan.

Bagaimana Cara Melihat Rating Maxim Non Prioritas?

Melihat rating Maxim akun non prioritas tidak jauh berbeda dengan cara yang disebutkan sebelumnya, hanya saja jika jumlah order belum mencapai ketentuan maka rating tidak akan muncul.

Bagaimana Jika Rating Maxim Tidak Muncul? 

Jika sudah memiliki 30 order atau lebih tetapi rating tidak muncul, maka yang bisa dilakukan adalah mengecek akun secara berkala.

Tidak perlu khawatir karena orderan tidak dihitung pada hari itu juga, melainkan perlu waktu sinkronisasi data kurang lebih 1-3 hari hingga rating muncul.

Demikian informasi terkait cara melihat rating Maxim beserta tips menaikkan rating. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk memperoleh banyak orderan. Selamat mencoba!

Bagikan:

Tinggalkan komentar