5 Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate ke ShopeePay

Ingin mencairkan komisi Shopee Affiliate, tapi tidak tahu bagaimana cara melakukannya? Sekarang kamu tidak usah khawatir lagi karena kamu akan segera menemukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Kini banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus repot keluar rumah. Salah satunya yakni dengan bergabung dalam program Shopee Affiliate.

Program Shopee Affiliate

Shopee Affiliate merupakan sebuah program dari Shopee yang memberikan kesempatan kepada para content creator yang ingin memperoleh penghasilan tambahan lewat promosi produk yang dijual di marketplace Shopee melalui media sosial.

Promosi bisa dilakukan di berbagai platform, seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, hingga Twitter. Program ini boleh diikuti oleh siapa saja dan prosesnya pun mudah.

Tidak terdapat peraturan terikat mengenai produk apa yang harus dipromosikan dan platform apa yang harus digunakan untuk berpromosi. Semua dapat ditentukan oleh content creator masing-masing.

Content creator lalu tinggal menunggah custom link dari produk yang telah dipilih sebelumnya ke media sosial. Komisi akan didapatkan saat orang lain melakukan pembelian melalui custom link yang dibagikan.

Kemudian, sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara mencairkan komisi Shopee Affiliate, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai beberapa ketentuan yang berkaitan dengan komisi Shopee Affiliate sebagaimana yang telah dirangkum dari shopee.co.id!

Ketentuan Komisi Shopee Affiliate

Shopee memberikan komisi 20% maksimal Rp 10.000 jika pesanan berasal dari pembeli pengguna baru Shopee yang belum pernah bertransaksi sebelumnya. 

Sedangkan untuk pesanan dari pembeli lama yang sudah pernah bertransaksi memperoleh komisi 10% maksimal Rp 10.000.

Baca juga:  Cara Mengubah Tanggal Jatuh Tempo Shopee Paylater

Beberapa ketentuan komisi yang berkaitan dengan komisi Shopee Affiliate di antaranya:

  • Setiap yang telah resmi terdaftar dalam program Shopee Affiliate akan mendapatkan komisi sebesar 2,5% hingga 20% dari setiap transaksi, dengan nilai maksimum komisi sebesar Rp 10.000.
  • Pembayaran komisi yang telah masuk ke dalam saldo akun akan dibayarkan setiap 2 minggu sekali, dengan catatan minimal saldo akun adalah Rp10.000.
  • Jika saat jadwal pembayaran komisi saldo akun belum mencapai Rp10.000, maka pembayaran akan ditunda dan diakumulasikan pada jadwal berikutnya, hingga saldo mencapai nilai Rp 10.000.
  • Pembayaran melalui transfer bank akan diproses ke nomor rekening yang telah terdaftar untuk nilai komisi di atas Rp 1.000.000. Sementara pembayaran melalui ShopeePay akan diproses ke akun Shopee yang telah terdaftar, khusus untuk komisi dengan nominal di bawah Rp 1.000.000.
  • Komisi hanya bisa didapatkan dari transaksi produk yang berasal dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.
  • Komisi akan dikenakan pajak PPh 21 dan langsung dipotong dari jumlah yang dicairkan.

Lantas, bagaimana cara mencairkan komisi Shopee Affiliate yang telah terkumpul? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate ke ShopeePay

Pencairan komisi Shopee Affiliate akan dilakukan melalui dua metode pembayaran. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank dan ShopeePay.

Namun sebelum itu, kamu perlu melengkapi informasi yang diperlukan terlebih dahulu, seperti rekening bank hingga NPWP, serta mengaktivasi ShopeePay-mu. Nah, berikut merupakan cara mencairkan komisi Shopee Affiliate.

1. Masuk ke Halaman Saya dan Klik Shopee Affiliate Program

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni membuka aplikasi Shopee-mu. Setelah terbuka, kamu bisa masuk ke halaman Saya dengan cara klik ikon yang berada di pojok kanan bawah layar.

Baca juga:  Pengalaman Telat Bayar Shopee Pinjam, DC Tidak ke Rumah
Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Gulir saja ke bawah hingga menemukan Shopee Affiliate Program. Kemudian kamu bisa klik Shopee Affiliate Program tersebut.

2. Klik Menu Pengaturan Pembayaran

Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Selanjutnya, kamu akan dibawa masuk ke halaman akun Shopee Affiliate Program milikmu. Terdapat beberapa pilihan di sana dan kamu klik saja bagian Pengaturan Pembayaran.

3. Lengkapi Semua Informasi yang Diperlukan

Masuk ke Pengaturan Pembayaran, maka akan muncul sederet isian yang harus kamu lengkapi, seperti informasi terkait affiliate, bank, dan pajak.

Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Setelah semua isian telah terisi secara lengkap, jangan lupa untuk memastikan bahwa akunmu sudah diatur untuk dalam tipe Perorangan Lokal.

4. Klik Konfirmasi

Jika semua informasi sudah terisi dengan lengkap, kamu bisa klik bagian konfirmasi.

Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Setelahnya, kamu tinggal menunggu validasi dan proses pencairan komisi Shopee Affiliate pun akan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

5. Pastikan ShopeePay Telah Teraktivasi

upgrade shopee pay

Langkah-langkah sebelumnya digunakan untuk pembayaran komisi di atas Rp1.000.000. Sementara untuk pembayaran komisi dengan nominal mulai dari Rp10.000 hingga di bawah Rp1.000.000, kamu harus memastikan jika ShopeePay-mu telah teraktivasi dengan baik.

Selain itu, pastikan juga saldo ShopeePay dari akun Shopee yang terhubung belum mencapai batas transfer (Rp 2.000.000 setelah aktivasi dan Rp 10.000.000 setelah upgrade ke ShopeePay Plus).

Sebagai tambahan, kamu juga harus memastikan telah meng-update aplikasi Shopee ke versi yang paling baru dan membersihkan cache agar fitur dapat berjalan dengan baik.

Berbicara mengenai pencairan komisi, terkadang ada juga yang mengalami masalah komisi Shopee Affiliate yang tak kunjung masuk. Lalu, bagaimana cara menanganinya?

Baca juga: Cara Mencairkan Shopee Paylater

Hal yang Harus Diperhatikan saat Komisi Shopee Affiliate Belum Masuk

Untuk menangani masalah komisi Shopee Affiliate yang belum berhasil masuk ini, terlebih dahulu kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Baca juga:  Cara Melihat Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi

1. Rekening yang Didaftarkan

Kamu bisa mengecek kembali rekening bank yang pernah didaftarkan sebelumnya. Apakah rekening tersebut sudah benar atau belum.

2. Periode Waktu Pembayaran

Proses pembayaran komisi berlangsung selama satu minggu. Hal ini juga tergantung dengan proses yang dilakukan di bank terkait.

Jika periode waktu satu minggu tersebut belum selesai, maka proses pembayaran masih berjalan dan tidak dikategorikan sebagai keterlambatan.

3. Limit Akumulasi Saldo Masuk ShopeePay per Bulan

Kamu perlu memastikan ShopeePay-mu belum mencapai limit akumulasi saldo masuk per bulan, yaitu sebesar Rp20.000.000 untuk akun yang belum upgrade ke ShopeePay Plus dan Rp40.000.000 untuk akun yang sudah upgrade ke ShopeePay Plus.

4. Nominal Komisi

Kamu juga perlu mengecek apakah nominal komisi yang terkumpul sudah memenuhi ketentuan atau belum.

Sebab, pembayaran nominal komisi di bawah Rp10.000 akan ditunda dan diakumulasikan dengan komisi di jadwal pembayaran berikutnya hingga mencapai nominal Rp10.000.

Demikian ulasan mengenai cara mencairkan komisi Shopee Affiliate dan beberapa hal yang berkaitan. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar