Arti Tipe Kemitraan Shopee Affiliate Beserta Keuntungannya

Penting bagi Anda untuk mengetahui tipe kemitraan Shopee Affiliate secara menyeluruh sebelum bergabung demi mendapatkan penghasilan tambahan.

Program Shopee Affiliate sendiri memang tengah populer dan banyak dijadikan ladang cuan serta keuntungan lainnya yang cukup menjanjikan.

Jika Anda juga tertarik untuk bergabung, tidak ada salahnya untuk menyimak lebih dulu pembahasan tentang tipe kemitraan Shopee Affiliate beserta syarat dan cara daftarnya berikut ini.

Program Shopee Affiliate

Sebelum membahas tentang tipe kemitraan, beberapa orang mungkin masih cukup asing dengan program Shopee Affiliate.

Program Shopee Affiliate adalah sebuah program dari Shopee yang mengajak para content creator dan penggiat media sosial untuk bergabung melakukan promosi berbagai macam produk Shopee. Melalui program ini Anda bisa jualan di Shopee tanpa stok barang.

Layaknya tim marketing, nantinya Anda akan memperoleh komisi sebagai imbalan atas pembelian produk yang sudah dipromosikan di Instagram, YouTube, TikTok, Twitter, hingga Facebook.

Tidak asal pamer produk jualan, para affiliate ini akan mendapatkan custom link produk yang harus dicantumkan dalam konten promosi di akun media sosial masing-masing.

Syarat Bergabung Shopee Affiliate

Menurut lansiran dari laman resmi Shopee, sebenarnya tidak terdapat syarat bergabung Shopee Affiliate yang rumit bagi calon affiliate baru.

Anda hanya perlu menyediakan akun media sosial yang aktif dan terbuka untuk umum atau tidak di-private yang memiliki unggahan konten original.

Selain itu, Anda juga wajib memastikan jika akun Shopee dan media sosial tersebut merupakan akun pribadi serta bukan akun penjual Shopee atau toko di Shopee.

Khusus akun media sosial, Anda harus memiliki setidaknya 1 follower, subscriber, atau teman di Instagram, YouTube, TikTok, Twitter, atau Facebook.

Baca juga:  Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater Tanpa Aplikasi

Sebagai catatan tambahan, pastikan untuk memilih produk dari Shopee Mall, Star+, Star Seller, dan Shopee Supermarket serta hindari promosi barang palsu, produk dewasa, rokok, vape, hingga obat-obatan terlarang.

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Saat mendaftar dalam program ini, ada beberapa tipe kemitraan Shopee Affiliate yang ditawarkan kepada partner untuk Anda pilih.

Sebelum memilih, Anda perlu memahami perbedaan dari masing-masing tipe kemitraan tersebut, antara lain sebagai berikut.

1. Tipe Mitra Situs Cashback/Kupon

Tipe kemitraan Shopee Affiliate yang pertama adalah situs cashback atau kupon yang umumnya diperuntukkan bagi para affiliate yang memiliki blog dan menyediakan cashback atau kupon belanja.

Situs blog semacam Shopback, Cashback, hingga komunitas promo di Facebook yang Anda kelola mencantumkan link Shopee Affiliate atau nama-nama toko online yang menyediakan cashback atau kupon.

2. Tipe Mitra Perbandingan Harga

Untuk mitra perbandingan harga umumnya dipilih bagi afiliator yang mengoperasikan situs dengan informasi perbandingan harga produk beserta spesifikasinya dari berbagai merek.

3. Tipe Mitra Network

Bagi Anda yang memiliki jaringan atau komunitas online yang luas, tipe mitra network bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pastikan jaringan tersebut merupakan komunitas yang Anda buat sendiri, baik melalui WhatsApp, Telegram, Facebook, dan sejenisnya.

4. Tipe Mitra Blogger/Media Sosial

Selanjutnya, ada tipe mitra blogger/media sosial yang umumnya adalah blogger atau influencer di media sosial yang membuat konten promosi produk Shopee kepada para pengikutnya.

5. Tipe Mitra Brand/Seller

Jika Anda memiliki produk sendiri di toko Shopee yang ingin dipromosikan, sebaiknya pilih tipe mitra brand/seller.

Tidak menutup kemungkinan penjual Shopee juga ingin bergabung sebagai affiliator dan memilih tipe kemitraan Shopee Afiliate ini bisa dipertimbangkan.

6. Tipe Mitra Lainnya

Namun, jika Anda tidak termasuk dalam kategori tipe mitra sebelumnya, silakan pilih tipe mitra lainnya saat mendaftar.

Meski begitu, sebaiknya Anda tetap memiliki media sosial karena langkah promosi melalui penyebaran link produk yang dilakukan akan lebih maksimal.

Baca juga:  Sistem Gaji Kurir Shopee Express 2024 : Bonus & Jam Kerja

Cara Mendaftar Shopee Affiliate

Bagi Anda yang sudah bisa memenuhi persyaratan untuk bergabung, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar Shopee Affiliate. Berikut panduan langkah-langkahnya.

  1. Silakan buka situs affiliate.shopee.co.id atau melalui menu Shopee Affiliate pada aplikasi Shopee
  2. Daftarkan diri di Program Afiliasi Shopee sebagai affiliates
  3. Pilih tipe kemitraan Shopee Affiliate yang diinginkan
  4. Pastikan untuk mengisi semua kolom informasi yang dibutuhkan
  5. Tunggu email konfirmasi dalam 3×24 jam yang memastikan akun Shopee Affiliate Anda sudah terdaftar
  6. Selanjutnya, Anda bisa mulai melakukan promosi produk sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh Shopee dengan cara mengunggah konten promosi beserta custom link produk ke media sosial Anda.

Keuntungan Bergabung Shopee Affiliate

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagai affiliate Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan jika bergabung dalam program Shopee Affiliate. Berikut beberapa di antaranya.

  • Komisi Shopee Affiliate : Keuntungan pertama dari bergabung Shopee Affiliate yaitu komisi dengan persentase hingga 4% dari Shopee untuk semua pesanan.
  • Komisi Tambahan : Komisi tambahan juga berpotensi Anda dapatkan dari penjual hingga lebih dari 5% dengan membagikan link affiliate produk bertanda “Komisi XTRA”.
  • Shopee Affiliates Community : Bukan sekadar promosi, Anda juga akan tergabung dalam grup affiliate yang memungkinkan perluasan networking dan wawasan tambahan melalui Shopee Affiliates Community.

Baca juga: Cara Download Video Shopee Tanpa Watermark

Tips Sukses Menjadi Mitra Shopee Affiliate

Untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih dan meraih sukses, ada beberapa tips kemitraan Shopee Affiliate yang wajib Anda perhatikan yang antara lain sebagai berikut.

Kenali Produk yang Akan Dipromosikan

Sebelum membuat video promosi, pastikan untuk mengenali produk-produk yang akan Anda promosikan terlebih dahulu.

Cari tahu informasi produk tersebut secara lengkap, mulai dari detail ukuran, hingga warna yang akan membuat konten Anda semakin detail hingga menarik minat pembeli.

Baca juga:  Begini Cara Bayar Shopee Pakai Gopay atau Gopaylater

Pilih Produk yang Sedang Tren

Usahakan untuk memilih produk yang sedang tren, viral, atau banyak diminati konsumen. Anda bisa mencari tahu melalui media sosial atau memilih produk berdasarkan momentum.

Misalnya, berjualan produk mukena, gamis, hingga baju koko saat menjelang Lebaran yang memang banyak dicari konsumen.

Buat Konten Promosi yang Kreatif

Tips selanjutnya yaitu dengan membuat konten promosi yang kreatif demi menarik perhatian calon pembeli melalui format video dan reels hingga thread.

Jika Anda affiliate pemula, perhatikan format konten dari affiliate lain sebagai gambaran dan panduan lalu buat dalam versi sendiri yang lebih menarik.

Beli dan Coba Produk

Totalitas dalam menjalankan promosi juga wajib Anda terapkan, seperti dengan membeli dan mencoba produk yang akan dipromosikan.

Anda bisa membagikan review jujur yang mendetail dalam konten promosi agar pembeli tertarik karena melihat testimoni pribadi lengkap dengan gambaran riil produk tersebut.

Namun, jika tidak membelinya sendiri, Anda bisa menyiasati dengan mencantumkan informasi detail lainnya meliputi nama toko, harga, dan rating produk.

Manfaatkan Peluang

Tidak menutup kemungkinan jika konten promosi Anda memiliki engagement tinggi hingga para seller Shopee akan mengajak kerja sama.

Memanfaatkan peluang tersebut untuk meningkatkan penghasilan Anda melalui program kemitraan Shopee Affiliate yang semakin luas.

Itulah tadi pembahasan tentang tips kemitraan Shopee Affiliate beserta syarat dan cara daftarnya untuk memudahkan pemahaman sekaligus sebagai gambaran umum bagi Anda yang tertarik bergabung sebagai afiliator.

Pastikan untuk memahami setiap detail informasi di atas dan segera bergabung sebagai mitra Shopee Affiliate untuk mendapatkan penghasilan tambahan ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar