Cara Mencairkan Koperasi Alfamart dan Jadwal Pencairannya

Alfamart dikenal sebagai minimarket yang hanya menjual barang saja. Tapi siapa sangka, Alfamart juga mengajukan pinjaman untuk karyawannya melalui koperasi Alfamart.

Karena pinjaman ini diberikan kepada internal Alfamart, informasi tentang pinjaman ini sangat sedikit. Tak jarang karyawan mencari cara mencairkan koperasi Alfamart.

Apabila Anda adalah salah satu karyawan Alfamart, koperasi ini akan menjadi kesempatan yang baik. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang koperasi ini dan cara mencairkan koperasi Alfamart.

Produk Koperasi Alfamart

Alfamart merupakan minimarket yang memiliki hampir 10.300 gerai di seluruh Indonesia. Jumlah gerai yang mencapai ribuan ini tentunya diisi karyawan yang jumlahnya tidak sedikit.

Untuk membantu meningkatkan produktivitas karyawannya tersebut, Alfamart menyediakan koperasi bagi karyawannya yang membutuhkan dana pinjaman.

Koperasi Alfamart tidak hanya menyediakan layanan pinjaman berupa uang saja. Ada beberapa produk koperasi Alfamart yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Belanja Member

Jika Anda tergabung dalam koperasi Alfamart, Anda dapat menikmati layanan belanja Alfacart dengan sistem cicilan. Pengajuan cicilan untuk belanja ini terbilang sangat mudah karena Anda hanya perlu checkout, kemudian pilih angsurannya.

2. KPR

Anda ingin memiliki rumah impian? Tenang saja, koperasi Alfamart juga menyediakan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang merupakan hasil kerja sama dengan PT Bank Syariah Mandiri (BSM).

KPR koperasi Alfamart menggunakan cicilan bunga flat untuk setiap angsurannya. Jadi, Anda tidak perlu risau dengan jumlah angsuran per bulan karena jumlahnya akan tetap sama hingga angsuran jatuh tempo.

Perlu Anda ketahui, koperasi Alfamart tidak hanya menyediakan KPR tapi juga pinjaman untuk renovasi, pembelian properti, dan take over.

Baca juga:  Koperasi Alfamart untuk Karyawan : Kopkar & Simpan Pinjam

Baca juga: Cara Menghitung Cicilan KPR dengan Excel

3. Tabungan

Koperasi Alfamart juga menyediakan produk tabungan bagi Anda yang ingin menyimpan uang. Ada beberapa jenis tabungan yang bisa digunakan oleh anggota koperasi yakni meliputi :

  • Simpanan pokok merupakan simpanan yang sudah ditentukan oleh semua anggota koperasi dalam nominal tertentu.
  • Simpanan wajib merupakan simpanan yang wajib disetorkan anggota koperasi setiap bulan.
  • Simpanan sukarela merupakan simpanan sukarela seperti penggalangan dana.

Cara Mencairkan Koperasi Alfamart

Satu hal yang perlu diperhatikan pada cara mencairkan koperasi Alfamart yakni proses pengajuan. Apabila pengajuan sudah disetujui, Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari pihak koperasi Alfamart.

Namun meskipun pengajuan sudah disetujui, cara mencairkan koperasi Alfamart hanya bisa dilakukan sesuai dengan tanggal input ketikan pinjaman.

Jadwal pencairan koperasi Alfamart dibagi menjadi 3 tahapan atau periode. Ketiga periode tersebut sesuai dengan tanggal pengajuan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

  • Periode 1 : Apabila input data pengajuan dilakukan mulai dari tanggal 1 hingga 10, maka pencairan hanya bisa dilakukan tanggal 25.
  • Periode 2 : Apabila input data pengajuan dilakukan mulai dari tanggal 11 hingga 20, maka pencairan hanya bisa dilakukan tanggal 5 di bulan berikutnya.
  • Periode 3 : Apabila input data pengajuan dilakukan mulai dari tanggal 21 hingga 30/31, maka pencairan hanya bisa dilakukan tanggal 15 di bulan berikutnya.

Periode ini berlaku setiap bulannya. Jadi, jika data pengajuan Anda diinput tanggal 17 Januari, maka pengajuan yang sudah disetujui akan dicairkan di tanggal 5 Februari. Cara mencairkan koperasi Alfamart akan ditransfer melalui rekening yang terdaftar.

Baca juga: Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek

Plafon dan Tenor Koperasi Alfamart

Koperasi Alfamart juga menyediakan batas maksimal untuk plafon dan tenor pinjaman. Maksimal tenor yang dapat diajukan oleh anggota koperasi tidak boleh dari 75% total saldo simpanan sukarela.

Baca juga:  6 Bank yang Melayani Kredit Sertifikasi Guru Hingga 100 Juta

Sementara maksimal jumlah angsuran tidak diperbolehkan melebihi 30% penghasilan karyawan. Di samping itu, maksimal tenor untuk melunasi pinjaman selama 24 tahun.

Syarat Mengajukan Pinjaman Koperasi Alfamart

Berbeda dengan koperasi simpan pinjam yang bisa diakses oleh semua kalangan, koperasi Alfamart ini hanya diperuntukkan bagi karyawan saja.

Tak hanya karyawan Alfamart, pinjaman yang disediakan Alfamart juga bisa diakses oleh pekerja Alfamidi, Alfatrex, DAN+DAN, dan Lawson.

Nah, apabila Anda ingin mengajukan pinjaman di koperasi Alfamart. Ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi, yaitu :

Syarat umum

  1. Karyawan yang sudah menjadi anggota koperasi minimal 6 bulan
  2. Jumlah angsuran tidak boleh melebihi 30% dari penghasilan
  3. Sistem angsuran per bulan menggunakan potong gaji
  4. Tidak ada pinjaman aktif di koperasi Alfamart
  5. Memiliki rekening bank pribadi
  6. Maksimal tenor yang dapat diambil adalah 24 bulan
  7. Mengisi formulir pengajuan pinjaman.

Ketentuan pinjaman

  1. Pengajuan pinjaman telah disetujui oleh pihak koperasi Alfamart
  2. Bunga dibayarkan maksimal selama 24 bulan
  3. Pencairan pinjaman koperasi Alfamart sudah ditentukan tanggalnya
  4. Apabila masih memiliki pinjaman maka perlu dilunasi terlebih dahulu baru bisa mengajukan pinjaman
  5. Angsuran yang sudah disetorkan tidak dapat diambil kembali.

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Alfamart

Anda hanya bisa mencairkan pinjaman setelah proses pengajuan, bukan? Oleh karena itu, sebelum Anda mengetahui cara mencairkan koperasi Alfamart, ada baiknya Anda mengetahui cara mengajukan pinjaman terlebih dahulu.

Langkah pertama saat ingin mengajukan pinjaman koperasi adalah memenuhi syarat pengajuan pinjaman. Setelah itu, Anda bisa mengakses website resmi koperasi Alfamart atau datang ke kantor Alfamart. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan cara mengajukan pinjaman secara lengkap.

Melalui website

Koperasi Alfamart menyediakan fasilitas yang mudah bagi anggota yang ingin mengajukan pinjaman. Adapun cara mengajukan pinjaman di koperasi Alfamart meliputi :

  1. Kunjungi website Koperasi Alfamart : Apabila semua syarat sudah terpenuhi, Anda dapat membuka alamat intranet.sat.co.id di browser. Tunggu beberapa saat hingga tampilan website terlihat.
  2. Pilih SAT untuk Alfamart : Langkah selanjutnya, Anda dapat memilih SAT untuk Alfamart pada pilihan perusahaannya. cara mencairkan koperasi alfamart
  3. Masukkan NIK dan PIN : Kemudian masukkan NIK yang terdaftar beserta PIN yang terdiri dari minimal 6 digit.cara mencairkan koperasi alfamart
  4. Klik Peminjaman : Apabila Anda ingin melihat besaran cicilan, pilih menu Simulasi. Untuk mengajukan pinjaman, Anda dapat memilih menu Peminjaman, lalu isi formulirnya secara lengkap. Lalu, klik Proses.cara mencairkan koperasi alfamart
  5. Setelah langkah di atas, pengajuan Anda sudah diterima oleh pihak koperasi Alfamart, Anda hanya perlu menunggu hingga disetujui.
Baca juga:  Gaji Pegawai Alfamart 2024 Beserta Tunjangan dan Tugasnya

Datang ke Kantor

Selain pengajuan secara online, Anda juga bisa mengajukan pinjaman secara langsung ke kantor koperasi Alfamart. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu :

  1. Datanglah ke kantor koperasi Alfamart, kemudian minta formulir pengajuan pinjaman.
  2. Isi formulir pengajuan tersebut dengan lengkap.
  3. Serahkan formulir yang sudah Anda isi dan tunggu hingga proses pengajuan disetujui oleh atasan tingkat AC/AM.
  4. Lalu, pengajuan akan diproses oleh PDM. Namun apabila pinjaman menggunakan tenor lebih dari 12 bulan maka perlu persetujuan dari Branch Manager.
  5. Apabila pengajuan pinjaman disetujui, Anda akan dihubungi oleh pihak koperasi Alfamart.

Anda sudah mengetahui cara mencairkan koperasi Alfamart, bukan? Sebenarnya cara mencairkan koperasi Alfamart ini sangat mudah. Anda hanya perlu memenuhi persyaratan yang diminta supaya pengajuan pinjaman segera diterima oleh pihak koperasi Alfamart.

Bagikan:

Tinggalkan komentar