Koperasi Alfamart untuk Karyawan : Kopkar & Simpan Pinjam

Alfamart dikenal sebagai salah satu franchise minimarket terbesar di Indonesia. Cabangnya tersebar di berbagai wilayah bahkan di pelosok sekali pun.

Tidak hanya minimarket, ritel ini ternyata juga memiliki koperasi karyawan yang biasa disebut Koperasi Alfamart.

Apa Itu Koperasi Karyawan Alfamart?

Koperasi karyawan atau yang biasa disebut ‘Kopkar Alfamart’ merupakan koperasi milik PT Sumber Alfaria Trijaya (PT SAT).

Menurut data Euromonitor, hingga tahun 2022 Alfamart telah memiliki 17.394 gerai. Jumlah karyawannya mencapai 120 ribu, di mana 60 ribu di antaranya telah menjadi anggota koperasi. 

Kopkar Alfamart cukup diminati karena menyediakan berbagai layanan bagi karyawan, seperti tabungan, kredit barang, hingga pinjaman dana.

Namun, untuk bisa menikmati layanan tersebut seorang karyawan harus memenuhi kriteria tertentu.

Syarat Menjadi Anggota Kopkar Alfamart

Tidak sembarang karyawan bisa menjadi anggota Kopkar Alfamart. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya:

  1. Tercatat Sebagai Pegawai Resmi : Syarat utama menjadi anggota koperasi adalah tercatat sebagai karyawan resmi Alfamart. Mereka yang sudah bekerja selama 6 bulan dan telah melewati masa training akan dipromosikan menjadi pegawai tetap.
  2. Memiliki Identitas Asli : Syarat berikutnya yang tidak kalah penting adalah memiliki identitas asli dan bisa dibuktikan melalui KTP. Identitas ini berguna untuk verifikasi data agar pendaftaran berjalan dengan mudah. Selain itu, jika kemudian hari ingin mengajukan pinjaman, kartu identitas ini menjadi salah satu syaratnya.
  3. Mendapat Rekomendasi dari Atasan : Rekomendasi dari atasan menjadi bagian penting untuk bergabung menjadi anggota koperasi. Kepala toko atau supervisor dapat dijadikan pilihan, tunjukkan kepada mereka komitmen yang besar terhadap koperasi. 
  4. Melakukan Prosedur Pendaftaran : Setelah memenuhi persyaratan sebelumnya, kamu bisa lanjut dengan mengikuti alur pendaftaran yang tersedia. Kopkar Alfamart sendiri memberikan dua pilihan, yaitu secara offline dan online.

Secara offline, kamu bisa langsung mengunjungi kantor perwakilan Alfamart terdekat di daerahmu.

Pegawai di sana akan menjelaskan keanggotaan Kopkar Alfamart beserta informasi penting lainnya. Tetapi jika berhalangan datang, kamu bisa mendaftar secara online melalui laman ini.

Baca juga:  Daftar Harga Gadai HP di Pusat Gadai 2024 Semua Merek

Setelah semua persyaratan terpenuhi, artinya kamu resmi bergabung sebagai anggota koperasi karyawan Alfamart.

Setiap anggota memiliki tanggung jawab untuk membayar iuran wajib, iuran pokok dan iuran sukarela. Selanjutnya, anggota sudah bisa mengakses layanan keuangan koperasi, termasuk pinjaman.

Koperasi Simpan Pinjam Alfamart

Koperasi Simpan Pinjam Alfamart

Seperti lembaga keuangan lainnya, Kopkar Alfamart juga menyediakan pinjaman dana. Akan tetapi hanya sedikit yang mengetahui informasi ini karena layanan koperasi simpan pinjam online ini memang dikhususkan bagi pegawai Alfamart saja. 

Namun, jika sudah menjadi anggota koperasi dan ingin mengajukan pinjaman, kamu harus memahami informasi sebagai berikut:

Syarat Mengajukan Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman, karyawan Alfamart harus tercatat sebagai anggota koperasi minimal 6 bulan. Jika sudah terpenuhi maka persyaratan lainnya adalah:

  • Tidak memiliki tagihan atau tunggakan hutang di koperasi.
  • Sudah memperoleh persetujuan dari pejabat Alfamart terkait.
  • Keanggotaan tetap aktif apabila memiliki kewajiban pembayaran yang belum selesai.
  • Tidak ada istilah ‘top up pinjaman’. Bagi peminjam yang belum melunasi pembayaran maka belum bisa mengajukan pinjaman baru.

Cara Mengajukan Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Alfamart

Kopkar Alfamart memberi kemudahan bagi anggotanya dengan menyediakan dua alur pendaftaran, yaitu secara online dan offline. Keduanya bisa diakses dengan mudah melalui langkah-langkah berikut:

Pengajuan Pinjaman secara Online

  1. Login HC Alfamart pada laman intranet.sat.co.id
  2. Pada halaman login, pilih SAT untuk Alfamart. Kemudian masukkan NIK atau Nomor Induk Karyawan berupa PIN yang terdiri dari 6 digit, lalu klik ‘Masuk’.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan menu utama koperasi Alfamart, lalu pilih ‘Simulasi’ untuk mengecek cicilan. Tuliskan jumlah pinjaman dan pilih jenis angsuran. Berikutnya pilih ‘Proses’ hingga muncul informasi maksimal pinjaman yang bisa didapatkan, angsuran perbulan, dan bunga.
  4. Setelah itu, isi formulir lengkapnya pada menu ‘Peminjaman’ dan akhiri dengan tekan ‘Proses’.
  5. Apabila pengajuan sudah berhasil dilakukan, kamu tinggal menunggu persetujuan dari pihak terkait.

Pengajuan Pinjaman secara Offline

  1. Mengisi formulir pengajuan pinjaman dari atasan, pastikan data yang diinput sudah benar dan valid sebelum menyerahkan ke petugas. 
  2. Selanjutnya, tunggu proses pengajuan disetujui oleh atasan tingkat Area Manager (AM) atau Area Coordinator (AC).
  3. Jika sudah disetujui, formulir tersebut akan naik ke Manajemen Data Produk (PDM). Karyawan wajib mendapatkan persetujuan dari Branch Manager (BM) jika pengajuan yang diminta memiliki harga tinggi dan cicilan di atas 12 bulan.
  4. Apabila pengajuan sudah disetujui maka pencairan dana dilakukan sesuai periode berlaku.
Baca juga:  5 Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga 2024

Limit Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Alfamart

Jumlah maksimal plafon pinjaman di Kopkar Alfamart adalah tiga kali tabungan. Limit pinjaman berkisar antara Rp600.000 sampai Rp14.000.000.

Tetapi untuk memperoleh limit tersebut, pihak koperasi akan mengecek kelayakan keuangan anggota terlebih dahulu. Survei ini meliputi pendapatan, riwayat pinjaman, hingga kemampuan anggota dalam membayar cicilan pinjaman.

Bunga Pinjaman Koperasi Alfamart

Besaran bunga yang ditetapkan Alfamart lebih rendah dibandingkan suku bunga Bank. Sedangkan jumlah cicilan di koperasi tidak boleh melebihi 30 persen dari gaji pegawai Alfamart.

Pembayaran angsuran menggunakan sistem autodebet atau potong gaji otomatis yang dilakukan pada tanggal 28 setiap bulannya.

Tenor Pinjaman Koperasi Alfamart

Tenor pinjaman di Kopkar Alfamart umumnya berkisar antara 3 bulan untuk pinjaman konsumtif. Sedangkan untuk pinjaman usaha akan diberikan tenor maksimal 24 bulan atau 2 tahun.

Baca juga: Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga

Pencairan Pinjaman di Kopkar Alfamart

Setelah mengetahui proses pengajuan pinjaman, anggota koperasi akan mendapatkan update informasi melalui email. Lamanya pencairan pinjaman tergantung pada persetujuan dari pengurus koperasi. 

Pencairan pinjaman di Kopkar Alfamart terbagi menjadi tiga periode, yaitu:

  1. Periode Pertama, pengajuan pada tanggal 1-10, maka pencairan tanggal 25. 
  2. Periode Kedua, pengajuan pada tanggal 11-20, maka pencairan tanggal 5 bulan berikutnya. 
  3. Periode Ketiga, pengajuan pada tanggal 21 hingga 31, maka pencairan tanggal 15 bulan berikutnya. 

Setelah mengetahui periode pencairan, biasanya muncul pertanyaan seperti bagaimana pencairan Koperasi Alfamart setelah resign?

Jika anggota koperasi sudah tidak lagi menjadi karyawan Alfamart tapi masih memiliki cicilan yang belum lunas, maka kewajiban tersebut masih terus berjalan. Tetapi untuk pengajuan pinjaman baru kemungkinan sudah tidak bisa, karena syarat sebagai karyawan tidak terpenuhi.

Baca juga:  Cara Mencairkan Koperasi Alfamart dan Jadwal Pencairannya

Baca juga: Cara Mencairkan Koperasi Alfamart

Layanan Keuangan Lain di Kopkar Alfamart

Selain pinjaman dana, Kopkar Alfamart juga menyediakan layanan lain yang tidak kalah menarik. Beberapa merupakan bentuk kerja sama dengan pihak eksternal, antara lain:

1. KPR Koperasi Karyawan Alfamart

Kopkar Alfamart bekerjasama dengan PT Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk menyediakan layanan pembiayaan rumah atau KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bagi karyawan. Pembiayaan ini meliputi kepemilikan apartemen, rumah, renovasi rumah, take over, serta kavling siap bangun. 

Jangka waktu pembiayaan berkisar antara setahun hingga 15 tahun. BSM juga memberikan bunga yang kompetitif dengan skema angsuran syariah. Selain itu, biaya yang dikenakan termasuk murah sehingga bisa dijangkau karyawan.

2. Belanja Member Koperasi Karyawan Alfamart

Anggota koperasi juga dapat mengakses fasilitas belanja di Alfamart dengan sistem cicilan, caranya mudah, cukup checkout dan memilih angsuran. Sementara untuk kredit barang, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi laman alfacart.com, kemudian masukkan barang yang dipilih ke dalam keranjang.
  • Jika sudah, lanjutkan sampai tahap checkout dan sertakan promo jika ada.
  • Kemudian pilih alamat pengiriman serta metode pembayaran corporate atau koperasi.
  • Selanjutnya tentukan tenor dan angsuran.
  • Terakhir ajukan kredit barang, apabila disetujui kamu tinggal menunggu barang dikirim.

3. Tabungan Koperasi Karyawan Alfamart

Selanjutnya ada layanan lain berupa tabungan atau simpanan anggota yang bisa disetorkan sesuai kemampuan anggota. Koperasi Alfamart menyediakan tiga jenis tabungan, antara lain:

  • Tabungan wajib, yaitu merupakan jenis simpanan yang harus disetorkan ke koperasi tiap bulannya.
  • Tabungan pokok, yaitu simpanan yang hanya disetorkan satu kali saat pertama kali menjadi anggota koperasi.
  • Tabungan sukarela, yaitu simpanan yang bersifat sukarela dengan waktu setor fleksibel dan bisa diambil kapan saja.

Keberadaan koperasi Alfamart memberikan banyak manfaat bagi karyawan melalui layanan keuangan yang beragam. Pinjaman dengan bunga rendah dan tenor fleksibel juga menjadi daya tarik koperasi ini.

Bagikan:

Tinggalkan komentar