10 Tips Cara Mendapatkan Penghasilan Besar Buat Driver Grab Terbaru 2020

By | April 20, 2020

Pada awalnya, menjadi driver Grab Bike hanya penghasilan sambilan karena sebelumnya saya bekerja sebagai buruh pabrik. Namun, setelah beberapa lama saya menjadi driver Grab kok rasanya penghasilannya jauh lebih besar daripada penghasilan sebagai buruh pabrik.

cara meningkatkan penghasilan driver grab

Cara meningkatkan penghasilan driver grab terbaru

Akhirnya saya memutuskan untuk menjadi driver Grab saja dan keluar dari pabrik. Ada cara ampuh untuk menambah penghasilan berdasarkan pengalaman saya pribadi dan cerita-cerita dari teman-teman saya. Ini bisa saja berlaku untuk semua driver grabbike, baik grabbike, grabcar, grabfood dan sebagainya.

Cara Driver Memperoleh Pendapatan Besar [Berdasarkan Pengalaman]

Ini adalah pengalaman saya, alias asli saya lakukan. Ingat kalau tidak ada jaminan anda akan memperoleh hasil yang sama dengan saya. Simak tips memperoleh penghasilan besar (meningkatkan penghasilan) sebagai seorang driver grabbike:

1. Memberikan Pelayanan Maksimal

Hal yang paling penting bagi driver Grab adalah melakukan 3S, yaitu senyum, salam, dan sapa penumpang dengan ramah dan tulus. Penumpang yang senang dan puas dengan pelayanan driver pasti akan memberikan rating yang tinggi dengan bintang 5.

Menurut Asep, dia suka mengajak penumpangnya mengobrol ringan yang tidak menganggu privasi dan sesekali memberikan informasi tentang promo Grab terbaru. Selain tidak akan merasa iseng atau mengantuk saat menyetir, Asep menganggap penumpangnya mungkin bisa menjadi jalan rezeki lainnya. Kebetulan Asep memiliki usaha sampingan sebagai pedagang online, dia sering meminta penumpang untuk follow IG jualannya.

2. Memanfaatkan Rush Hour secara Maksimal

Rush hour (jam sibuk) adalah waktu ramai orderan penumpang Grab, yaitu dari jam 8 hingga 10 pagi dan jam 4 sore hingga 7 malam. Driver Grab mengamini hal ini karena mereka sering kebanjiran order pada jam-jam tersebut. “Saya pasti bangun pagi yang tentunya gak lupa sholat subuh. Sekitar jam 6.30 biasanya mulai keluar rumah. Aplikasi saya langsung banjir orderan sampe jam 10an, ungkap Yanto seorang driver Grab-Bike.

Bahkan menurut seorang driver Go-Car bernama Aziz, pada jam sibuk bisa mendapatkan banyak uang karena argo melonjak drastis karena permintaan atau order sangat banyak. “Setelah rush hour, saya bisa santai-santai karena sudah giat paginya. Jadi saat siang hanya ambil orderan yang lokasinya tidak terlalu jauh,” tambah Aziz.

3. Memilih Order Jarak Jauh

Sistem grab ojek online sama dengan taksi yang mengukur jauh perjalanan yang telah ditempuh driver dengan argo. Perhitungan penghasilan dilakukan berdasarkan jarak perjalanan yang telah dilalui oleh driver. Hal ini juga membuat Grab mempunyai tarif yang lebih terjangkau untuk para konsumennya.

Semakin banyak konsumen yang memakai layanan Grab maka semakin banyak orderan yang masuk ke driver. Para driver mengaku kalau mereka sering ambil order yang jaraknya jauh supaya penghasilan bertambah banyak.

“Dalam sehari saya ambil order sekitar 5-6 aja yang jaraknya jauh karena penghasilannya lebih besar daripada saya ambil order berkali-kali dengan jarak dekat,” tutur Bahar.

4. Mangkal di Lokasi Ramai

Para driver Grab umumnya memanfaatkan akhir pekan untuk menambah penghasilan dengan mangkal di pusat rekreasi atau mall. Akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu termasuk waktu yang ramai penumpang terutama sebelum jam makan siang hingga jam 9 malam. Saldo Ovo driver dan uang tunai pasti akan penuh.

Menurut driver Go-Bike bernama Salman, pemilihan waktu dan lokasi ngeGrab sangat penting. “Saya cuma sambilan ngeGrab ini jadinya Sabtu dan Minggu pasti dimaksimalin untuk narik penumpang. Lumayan banget penghasilannya daripada saya narik malam sepulang kerja pada hari biasa. Saya biasanya mangkal di mall atau pusat kuliner,” tambah Salman.

grab5. Ikut Kerja Sama dengan Mitra Grab

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan maka caranya adalah ikut kerja sama dengan mitra Grab melalui GrabAds yang bekerja sama dengan StickEarn. Cara lainnya adalah menawarkan pengisian pulsa kepada penumpang. Cara lainnya adalah bergabung dengan Grab Benefits berupa penjualan kebutuhan sehari-sehari seperti cuci helm, diskon bahan bakar, perawatan kendaraan, dan makanan.

Jika ingin bekerja sama dengan mitra Grab maka harus memperbarui Driver Profil berupa pengalaman pengemudi sehingga mitra Grab akan mendapat informasi tentang pengemudi. “Mitra akan tahu seberapa bagus pelayanan driver atau sebaliknya. Mereka bisa tahu hal tersebut dengan melihat rating, penilaian, dan pencapaian.

6. Memanfaatkan Fitur Grab

Para driver Grab-Bike bisa memanfaatkan fitur Grab selain menjadi driver Grab-Bike. Mereka bisa menjadi Grab-Food dan Grab-Express. Sedangkan cara lain yang bisa dilakukan oleh driver Grab-Car adalah mengikuti program Driver Refer Driver (DRD). Driver GrabCar tidak memiliki banyak jenis job seperti GrabBike sehingga dengan adanya program Driver Refer Driver sejak Maret 2018 benar-benar membantu.

Sistem program DRD ini sebenarnya cukup simple. Caranya adalah menarik orang lain dan membantunya untuk mendaftar GrabCar melalui kode referral yang diberikan. Kode ini bisa dibagikan di mana saja seperti status whatsapp, media sosial, atau lainnya sehingga memudahkan teman atau keluarga untuk mendaftar sebagai pengemudi GrabCar.

Kemudian bonus akan didapatkan setelah orang itu menjadi driver melalui kode referral.  “Saya pernah memberikan kode referral ke temen, dia join jadi Grab-Car karena mobilnya sering nganggur supaya dapet penghasilan tambahan. Saya dapet bonus deh, Alhamdulillah pokoknya,” ujar Paryadi.

7. Mengisi Saldo Ovo Penumpang

Salah satu cara mudah untuk menambah penghasilan dari Grab adalah mengisi saldo Ovo penumpang. Seorang driver harus selalu menawarkan penumpang untuk top up saldo Ovo.

Seperti penuturan Rahmat, “Saya selalu sedia saldo Ovo jadi saya sering tawarin ke para penumpang untuk top up saldo. Tentu aja gak semua penumpang mau isi sih karena masih ada juga yang lebih suka pake uang tunai. Lumayan bonusnya kalo sering top up Ovo penumpang. Saya biasanya rayu penumpang untuk top up dengan kasih tau promo-promo Ovo biar tertarik.”

8. Selalu Perbarui Aplikasi Grab Driver

Aplikasi driver Grab harus selalu update sehingga bisa tahu fitur atau promo terbaru yang sedang berlangsung. “Saya langsung update tuh aplikasi Grab kalo ada notifnya dari playstore jadi gak ketinggalan info. Saya sering kasih tau penumpang tentang promo atau program baru dari Grab,” kata Imanuel seorang driver Grab-Bike.

grab9. Jaringan Internet Harus On Terus

Internet harus selalu on dan bagus sehingga memudahkan para driver untuk mendapatkan order dari penumpang. Jaringan internet yang bagus akan memudahkan order untuk masuk ke aplikasi driver. “Saya selalu aktifkan internet hp dan pake operator ponsel yang koneksinya paling baik, jadinya orderan selalu masuk,” ungkap Goni, driver Grab-Bike.

10. Mengingatkan Penumpang untuk Memberi Rating yang Bagus

“Saya gak pernah lupa untuk minta penumpang memberikan bintang yang tinggi, yaitu 4 atau 5 setelah turun dari motor. Dengan bintang yang tinggi maka order pasti langsung masuk ke aplikasi saya secara otomatis.,” ujar Dadang, driver Grab-Bike.

Itulah ungkapan pengalaman para driver Grab yang mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi Anda sebagai driver ojek online. Informasi ini juga bisa bermanfaat bagi orang-orang yang berniat untuk menjadi driver Grab. Selamat membaca!

2 thoughts on “10 Tips Cara Mendapatkan Penghasilan Besar Buat Driver Grab Terbaru 2020

  1. siti nuromlah

    jadi istri tukang ojek.makan hati.kesempatan buat selingkuh lebih besar.jadi tukang ojek duwet gak pernah terima dari suami.malah bust selingkuhannya.

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      ya Allah, sabar yah bu, maaf…
      apa ibu nggak coba mencari solusinya?

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *