Bagaimana Cara Server Grab Memberi Order? Ini Algoritmanya!

Untuk orang yang tidak bekerja dan berkaitan dengan server dan program (sistem), banyak yang tidak tahu bagaimana cara server Grab memberi order. Umumnya, yang diketahui adalah jika ada permintaan untuk menggunakan aplikasi Grab, langsung diambil agar bisa menyelesaikan permintaan tersebut.

Tidak jarang, driver mengeluh kenapa tidak mendapatkan order padahal berada di lokasi yang dekat dengan permintaan dari pemesan. Akan tetapi, sistem dan server dari Grab tidak sembarangan untuk memberikan order. Agar lebih jelas, simak ulasan berikut ini.

Cara Server Grab Memberi Order

Cara Server Grab Memberi Order Terbaru 2020

Seperti yang diketahui, sistem atau cara server Grab memberi order berdasarkan pada algoritma yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, untuk lebih lengkapnya, cara kerjanya adalah sebagai berikut ini.

1. Step 1: Sistem Menerima Permintaan Dari Pengguna

Cara server Grab memberi order yang pertama adalah sistem Grab akan menerima permintaan dari penumpang. Permintaan tersebut bisa jadi untuk grab bike, makanan ataupun yang lainnya. Kemudian dari permintaan tersebut akan ditampung lebih dahulu di server sebelum meneruskannya ke driver sesuai dengan permintaan konsumen.

Sebelum memberikan orderan atau permintaan ke driver, server akan menyeleksi terlebih dahulu sesuai dengan 5 algoritma (landasan sistem) berikut:

  • Jarak antara driver dengan konsumen. Jarak yang menjadi perhitungan algoritma grab yaitu sekitar 1 km di radar GPS. Saat pengguna memesan grab, maka driver yang berada dalam radius 1 KM tersebut kemungkinan besar menerima orderan dari algoritma Grab.
  • Kecepatan dalam berkendara. Dari GPS, sistem  Grab bisa melihat bagaimana kecepatan driver dalam berkendara. Maka sebaiknya, berkendara lah dengan kecepatan normal, 20 – 40 Km/jam.
  • Argo kakap atau perjalanan jauh. Misalnya setelah perjalanan jauh, server akan menunggu sekitar 5-15 menit sebelum memberikan order kembali. Namun, ada pengecualian ketika permintaan order meningkat.
  • Taat SOP Grab. Semakin taat seorang driver terhadap sistem Grab, maka semakin besar peluangnya untuk memperoleh orderan.
  • Mapping google map. Maksudnya, penerimaan orderan berdasarkan visual map algoritma Grab. Tergantung dari poin poin seeblumnya.

Selain itu, server juga akan mempertimbangkan mengenai driver yang pemilih dan tidak suka melakukan cancel. Jika hal tersebut Anda miliki, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan orderan.

Driver itu sendiri ada driver grab food, bike dan express. Secara umum, driver itu sendiri dibagi 2: yaitu paruh waktu dan full time. Driver paruh waktu hanya bekerja di waktu tertentu dan biasanya jika mendapatkan orderan agak lama dibandingkan driver full time. Driver full time itu sendiri bekerja dari pagi hingga sore.

Cara Server Grab Memberi Order

Driver full time itu sendiri ada 2 jenis yaitu driver yang siap dan yang tidak siap. Driver yang tidak siap biasanya adalah driver yang suka memilih orderan, mengabaikan. Anda tetap akan mendapatkan orderan yang harus Anda kerjakan.

Akan tetapi, jika Anda termasuk salah satunya, order yang masuk ke Anda biasanya akan lebih lama atau mengalami delay. Karena itu hasil yang akan Anda peroleh juga tidak bisa maksimal.

Sedangkan driver siap adalah driver yang tidak pilih-pilih orderan. Kemanapun permintaan sebisa mungkin dipenuhi. Misalnya yang harus menempuh jarak jauh sekalipun. Driver jenis ini tentunya akan mendapatkan prioritas dari Grab.

Hal tersebut disebabkan karena Grab merupakan salah satu penyedia layanan jasa. Karena hal tersebut, segala bentuk pelayanan terkait grab yang diberikan akan menjadi faktor penting bagi Grab.

Step 2: Memilih Driver Siap

Bila Anda merupakan driver siap, maka server akan memprioritaskan dalam memilih Anda. Namun, pastikan juga jika Anda sudah melakukan pengaturan agar akun Anda mendapatkan orderan.

Cara Server Grab Memberi Order

Jangan lupa untuk mengatur aplikasi Anda. walaupun Anda termasuk driver atau mitra grab yang siap kapan saja, jika tidak Anda melakukan pengaturan pada aplikasi, tetap tidak mendapatkan prioritas.

Lakukan Top Up Saldo Dompet Kredit yang Anda miliki terutama untuk berjaga-jaga jika ada orderan dengan nilai tinggi. Caranya adalah masuk ke akun Anda. lalu pilih Dompet GrabPay dan pilih dompet kredit.

Setelah itu, pilih isi ulang dengan pink dan masukkan 16 digit kode uniknya. Klik konformasi dan pengisian dompet Grab Anda sudah selesai.

Step 3: Memilih Layanan yang Driver Terima

Pastikan aplikasi sedang dalam kondisi online. Lalu, aktifkan semua jenis layanan dari Grab. Anda bisa mengaktifkannya dengan masuk ke akun Anda lalu pilih profil saya. Lanjutkan dengan memilih Pengaturan lalu jenis layanan. Nantinya Anda dapat memilih layanan apa saja yang akan Anda terima.

Cara Server Grab Memberi Order

Gunakan Heat Maps untuk melihat dimana saja area yang ramai orderan. Jika di peta tersebut memiliki warna merah berarti area tersebut memiliki permintaan tinggi.

Step 4: Order Prioritas

Cara server Grab memberi order yang berikutnya adalah aktifkan order prioritas. Dengan mengaktifkan fitur ini maka Anda akan memiliki kemungkinan yang lebih besar dibandingkan jika Anda tidak mengaktifkan fitur ini sama sekali. Adanya fitur ini juga memungkinkan Anda untuk tetap fokus saat orderan sedang dijalankan.

Cara Server Grab Memberi Order

Matikan fitur yang kurang diperlukan, misalnya fitur tujuan saya. Fungsinya adalah agar peluang Anda mendapatkan orderan juga semakin tinggi.

Itulah cara server Grab memberi order kepada Anda. Pada dasarnya selain dengan algoritma, server akan ‘menilai’ performa Anda secara keseluruhan. Dengan begitu, mau tidak mau Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik misalnya tidak cancel tanpa konfirmasi agar bintang Anda semakin banyak. Ini karena semakin bagus pelayanan Anda, orderan juga akan semakin tinggi. Jadi, tetap semangat, tingkatkan dan pertahankan performa pelayanannya.

4 pemikiran pada “Bagaimana Cara Server Grab Memberi Order? Ini Algoritmanya!”

  1. Ada hal yang masih mengganjal dalam pemikiran saya pribadi
    1. Pihak grab tidak bertindak cepat terhadap resto pilihan/reguler yang tidak menutup aplikasinya …disaat kondisi resto tutup…yang mengakibatkan performa driver menurun….apalagi saat kondisi sekarang pandemic yang rentan resto pada tutup
    2. Pihak Server driver seperti tidak mengacuhkan driver yang menggunakan fake gps…yang sampai sekarang masih merajalela dilapangan….( bahkan saya dengar ada yang member dari orang dalam supaya akunnya gacor )
    3. Bukti kenyataan di lapangan seperti yang anda sampaikan berbanding terbalik…..
    4. Ada kecendurungan permainan otak atik server dari It nya….seperti di stop orderan….( eks laskargrabfood anyep)
    5. Saya pribadi selalu menjaga performa tidak pilih2 order…bahkan saldo kredit dan tunai selalu di atas 300k…..buktinya setelah jadi reguler…dikalah sama saldo yang sama sekali 0
    6. Saya selalu berusaha mengikuti basic prosedural sebagai driver supaya mudah dapat orderan…. But in fact ….none

    Balas
    • I see, saya senang kalau mas membuka fakta lapangan seperti ini, sayangnya saya bukan dari pihak Grab, tapi akan saya coba untuk kontak mereka.
      Btw, mas sudah coba kontak langsung ke pihak Grab nya?

      Balas
      • Dilapangan tidak seperti itu kejadiannya saya bintang 5 seratus persen pickup elite plus, rating peneriamaan terakhir 99,85 persen….No pilih pilih , super ikhlas..grab academy kupas tuntas , undangan grab apapun pasti hadir….selalu mobile ….no base….wilayah kerja Jabodetabek Monggo ……area terjauh Bekasi – Kuta bumi Tanggerang Banten santuy….. saya punya 12 layanan PD aplikasi ..Tetep aja di lapangan bggak kaya gitu algoritmanya.. Tetap terkesan ada setting tahan order . Prio lady….or dipaksa gabungan deh kalau yang main food…Dilihat dr sisi financial. Masuk akal juga…he he. Saya juga pernah pegang server ( logistik ) dengan sistem kerja staff saya sama seperti ojol sekarang …pada kerja sebelumnya sangat mudah bagi saya buat bagi bagi order tinggalbsetting server buat partisi sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat itu.. ( auto pilot ) .Maslah suka dan nggak suka atau ada yg komplain sudah ada FAQ.. he he….staff saya SDH kaya robot. Mau pertanyaan apapun jawaban nya sama.

        Balas
  2. Tinggqlkan sistem yg g manusiawi mengapa masih bertahan.

    Balas

Tinggalkan komentar