Cara Sewa Mobil untuk Grab Car 2019, Mudah dan Cepat!

By | Agustus 29, 2019

Masih banyak orang yang bingung bagaimana cara sewa mobil untuk grab car. Selain itu, masih banyak yang salah paham mengenai sewa mobil grab car dengan order layanan grab car. Padahal keduanya jelas jauh berbeda.

Jika anda hanya mengorder, maka anda hanya bisa menikmati perjalanan dengan mobil tersebut dalam waktu yang relatif singkat. Sementara itu, apabila anda menyewa nya maka mobil bisa dinikmati bahkan bisa dikemudikan sendiri asal telah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Cara sewa mobil untuk Grab Car

Namun sayangnya, sewa mobil untuk grab car masih belum bisa dirasakan oleh semua daerah. Hanya orang-orang yang tinggal di wilayah Jabodetabek yang bisa menyewanya. Untuk daerah lainnya untuk sementara ini masih belum. Selain itu, sewa grab car hanya tersedia untuk pengguna IOS di area Jabodetabek.

Mengapa Saya Harus Sewa Mobil Untuk Grab Car?

Di awal Grab merilis layanan ini, hanya wilayah terbatas yang tercover, yakni area Jabodetabek saja. Ditambah lagi, Grab Rent alias sewa mobil Grab hanya bisa dinikmati di gawai berbasis iOS saja. Entah apa pertimbangan Grab hingga sebelumnya membuat batasan demikian. Untungnya, saat ini Grab Rent sudah bisa dinikmati secara luas.

Adanya layanan ini membuat anda bisa merasakan kendaraan yang nyaman sudah disertai driver terlatih dan terpilih. Mendekatkan anda pada berbagai destinasi yang masih berada dalam satu kota. Selain itu, berikut ini beberapa alasan menarik mengapa anda harus menyewa mobil melalui aplikasi grab :

1. Pesan Secara Cepat

Kini untuk booking mobil anda tidak perlu jauh-jauh datang ke rental mobil. Apalagi jika jaraknya jauh tentu membuat anda lelah dan menghabiskan cukup banyak bensin. Tetapi cukup install aplikasi grab, pesan mobilnya, dan driver langsung datang untuk menjemput anda. Cukup simpel bukan?

2. Waktu yang Fleksibel

Dengan menyewa grab car anda bisa memilih waktu kapan driver bisa menjemput anda. Tidak ada jadwal khusus yang harus anda ikuti, pemesanan bisa dilakukan pada saat itu juga. Durasinya memang dibatasi dalam jangka waktu tertentu, namun apabila anda ingin menambah tentu saja bisa dengan tarif yang masih terjangkau. Anda bisa menyewa dalam waktu  4, 6, 8, 10 dan 12 jam. Adapun biaya tambahan yang ditetapkan adalah Rp1.500/menit. Murah bukan?

3. Tarif Transparan dan Pembayaran Mudah

Tarif bisa langsung diketahui oleh penumpang setelah mereka memilih waktu yang dibutuhkan. Soal pembayaran juga begitu mudah. Anda bisa membayar secara tunai ataupun non tunai atau via ovo. Harga sewa tersebut sudah termasuk biaya sewa, bensin, ongkos makan dan tip untuk mitra pengemudi. Namun, tarif tersebut belum termasuk biaya tol, parkir, ataupun biaya tiket masuk ke objek wisata.

4. Layanan yang Handal

Driver grab car telah terlatih dan mampu mengemudikan mobil dengan lancar. Jadi anda tidak perlu khawatir soal keamanan selama perjalanan. Tak hanya itu saja, grab car juga dilengkapi dengan layanan pelanggan 24 jam. Luar biasa bukan?

Cara Sewa Mobil Grab Car Bersama Pengemudinya

Sewa mobil untuk grab car

Sumber gambar : grab.com

Untuk melakukan penyewaan layanan grab yang satu ini, tetap dilakukan melalui aplikasi grab yang bisa anda install melalui google play store. Untuk cara lengkapnya bisa anda ikuti panduannya berikut ini :

  1. Download dan install aplikasi grab di play store (bila anda belum memilikinya).
  2. Daftar akun terlebih dahulu dan lakukan konfirmasi nomor ponsel dan email.
  3. Pilih layanan sewa atau rent dan tentukan lokasi penjemputan (bilamana anda tinggal di luar wilayah Jabodetabek maka fitur tersebut tidak akan muncul).
  4. Selanjutnya pilih waktu sewa yang diinginkan. (Ada 2 jam, 4 jam, 6 jam, 8 jam, dan 10 jam).
  5. Klik pesan. Selesai.

Sayangnya, Grab belum mendukung format sewa mobil tanpa pengemudi atau lepas kunci. Menurut perwakilan Grab Indonesia, layanan tersebut tengah dirancang untuk dirilis sesegera mungkin. Mempertimbangkan risiko rental kendaraan tanpa pengemudi, dapat dimengerti bila perusahaan multinasional seperti Grab pun berhati-hati dalam memberikan kemudahan tersebut.

Cara Daftar Driver Grab Dengan Sewa Mobil Grab Car

Selain sewa mobil untuk Grab Car bagi penumpang, perusahaan jasa transportasi online ini juga menyediakan opsi sewa kendaraan untuk driver. Dengan kata lain, pengemudi tidak harus memiliki mobil pribadi atau menyewa ke pihak ketiga ketika mendaftar layanan Grab. Driver bisa langsung mendaftar dengan opsi sewa armada pada perusahaan.

Opsi ini tentunya lebih menguntungkan karena Grab menerapkan tarif sewa yang lebih rendah dibandingkan pihak rental. Opsi sewa kendaraan tergantung kebutuhan pengemudi. Bisa menyewanya dengan hitungan harian, atau mingguan, dan durasi yang paling lama adalah bulanan. Adapun syarat pendaftaran dengan opsi sewa kendaraan Grab :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah, memiliki kartu identitas yang masih berlaku dan berdomisili di dalam kawasan republik ini.
  • Berusia lebih dari 17 tahun.
  • Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) A yang berlaku untuk kendaraan komersil roda empat berpenumpang, tepatnya mobil.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  • Surat pernyataan tidak memiliki kendaraan pribadi di atas materai sekaligus pengajuan penyewaan kendaraan Grab.

Syarat-syarat sederhana di atas sudah cukup untuk mendaftar Grab dengan kendaraan rental perusahaan. Setelah pengajuan persyaratan administratif, Grab akan meninjau tentang kelayakan calon driver untuk bergabung sebagai mitra perusahaan. Jika diterima, pihak Grab akan sesegera mungkin menghubungi pelamar bersangkutan.

Namun, tentunya memilih opsi rental mobil Grab memiliki pros and cons atau keunggulan dan kelemahan sendiri :

  1. Biaya sewa mobil dari perusahaan relatif lebih rendah, tapi tetap saja potongan akhir dari gaji lumayan besar.
  2. Risiko mengemudikan kendaraan sewa 2x lipat dibandingkan dengan kendaraan pribadi.
  3. Biaya sewa dipotong dari deposit atau kredit pengemudi, sehingga kadang driver tidak merasakan besarnya biaya sewa yang dibebankan.
  4. Kendaraan yang disewakan oleh pihak Grab umumnya seri terbaru atau dari produsen otomotif yang bekerja sama dengan perusahaan. Secara fisik, tampilan kendaraan tentu lebih menawan dan terawat dibandingkan kendaraan pribadi. Ini berkaitan dengan penilaian langsung dari komsumen.

Sebab itu, jika merasa risiko dalam penyewaan kendaraan untuk dijadikan transportasi Grab Car terlalu tinggi, Grab juga menyediakan opsi selain rental. Apa itu? Kredit kendaraan pada perusahaan. Jadi, pengemudi tetap tidak wajib memiliki mobil pribadi ketika mendaftar. Alih-alih menyetor biaya rental, driver mencicil angsuran kendaraan pada pihak Grab.

Dalam hal ini, pihak perusahaan menjalin kerja sama langsung dengan perusahaan otomotif yang menyuplai beberapa jenis mobil yang cocok untuk dikemudikan driver Grab. Perusahaan mengambil posisi sebagai penjamin. Dari perspektif ini, risiko untuk pengemudi lebih rendah karena tidak berurusan dengan leasing dan cicilan pun terjangkau.

Cara Sewa Mobil Grab Car Menggunakan Kendaraan Pribadi Sudah Dibuka Kembali

Sewa mobil untuk grab car

Gambar via kaskus

Bila Anda ingin menyewa mobil Grab Car, tak selalu harus menggunakan kendaraan milik perusahaan. Tetapi, dengan kendaraan sendiri pun Anda bisa melakukannya. Bahkan sudah banyak yang merentalkan mobilnya ke perusahaan transportasi daring asal Singapura ini.

Anda bisa menyewakannya langsung ke perusahaan Grab atau ke perusahaan yang menjadi mitra Grab salah satunya yaitu  PT. Trans Mitra Nusantara. Layanan ini sempat dihentikan oleh Grab karena faktor keamanan yang belum terakomodasi dengan baik. Namun, saat ini sewa mobil untuk Grab Car dengan kendaraan pribadi sudah dibuka kembali.

Tentu, tidak sembarang mobil bisa Anda sewakan. Mobil harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu supaya bisa langsung bermitra dengan Grab. Seperti apa persyaratan mobil untuk direntalkan pada pihak Grab? Sejatinya, dari segi aturan kurang lebih sama dengan kendaraan pribadi milik driver Grab :

  • a) Usia kendaraan harus di bawah lima tahun atau rilisan tahun 2014. Otomatis untuk tahun rilisan menyesuaikan tiap tahunnya.
  • b) Kapasitas mesin minimal 1300cc.
  • c) Kapasitas penumpang minimal 5 orang dengan asumsi 1 orang adalah driver Grab.
  • d) Kendaraan yang direntalkan berjenis SUV, MVP, Hatchback, Mini Bus, dan Sedan.
  • e) Kendaraan berstatus sebagai milik pribadi. Jika milik orang lain, harus ada surat pernyataan kuasa untuk mobil dikomersilkan pada pihak Grab dari pemilik sah.
  • f) Kondisi fisik kendaraan baik dalam artian diservis secara rutin untuk meminimalisir permasalahan mesin. Selain itu harus terjaga kebersihannya demi kenyamanan penumpang.
  • g) Kendaraan berstatus diasuransikan all risk. Sehingga jika terjadi insiden kecelakaan bisa tercover oleh jasa asuransi.

Dalam proses sewa mobil untuk grab car ini kesepakatan mengenai tarif sewa, apakah akan menggunakan tarif flat atau tidak. Selain itu, yang tidak kalah penting pembicaraan masalah jaminan tentang mobil yang anda sewakan.

Biasanya, kendaraan tidak boleh dibawa diluar jalur peta yang terdapat pada aplikasi grab. Dan juga yang tidak kalah penting mengenai kondisi mobil selama di sewa juga harus kembali dalam kondisi yang bagus.

Adanya layanan yang tergolong baru dari perusahaan grab ini tentu saja bertujuan mempermudah para penggunanya agar bisa menikmati jalan-jalan keliling Jabodetabek dalam waktu yang relatif lama. Tentu anda juga bosan bukan jika hanya pergi ke suatu tempat menggunakan grab car tetapi dibatasi waktu? Maka dari itu, hadirnya layanan sewa grab car adalah solusi bagi keinginan para penumpang.

Begitupun pemilik mobil yang bisa menyewakan mobilnya ke grab sehingga bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan dari hasil kerja sama tersebut. Bagaimana, sangat menarik bukan? Semoga layanan seperti ini juga bisa dirasakan di daerah-daerah lainnya dalam waktu dekat ya.

Bagaimana tidak sulit bukan? Nah bagi anda yang ingin menyewa layanan mobil grab car atau “menyewakan” mobil untuk digunakan oleh perusahaan grab bisa diikuti cara di atas ya. Selain itu untuk mengetahui update terbaru mengenai aturan dan perkembangan tentang sewa mobil untuk grab car bisa anda akses website resmi perusahaan grab yakni https://www.grab.com, oke?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *