Peluang Usaha Pertanian dan Peternakan yang Lagi Hits di Tahun 2020

Ada banyak pandangan negatif dari seorang petani atau peternak yang pekerjaannya hanya angon hewan atau mengurus sawah. Padahal, di tahun 2020 ini sudah banyak sekali contoh usaha pertanian dan peternakan yang lagi hits dan terbukti dapat meraup keuntungan yang besar. Berbisnis di dunia pertanian maupun peternakan memang tidak mudah, namun jika sudah terbiasa bisa menghasilkan omzet yang sangat besar.

Usaha Pertanian dan Peternakan

Bisnis atau usaha di dunia pertanian maupun peternakan saat ini bisa dibilang sedang naik daun dan banyak diminati oleh pelaku bisnis. Tak sedikit pula dari kalangan mahasiswa atau pelajar SMA/SMK sederajat yang mulai tertarik atau bahkan sudah belajar mengembangkan bisnis di bidang pertanian atau peternakan. Banyak sekali contoh usaha pertanian dan peternakan yang bisa dilakukan oleh kalangan mudah hingga dewasa. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengurusnya, maka bisa bekerja sama dengan para petani atau peternak di desa maupun kampung di dekat tempat tinggal Anda.

Contoh Usaha Pertanian dan Peternakan yang Lagi Hits

Beberapa contoh usaha pertanian dan peternakan umumnya dilakukan oleh orang desa. Namun, saat ini Anda bisa berbisnis di mana pun dan dengan siapa pun. Contohnya saja berbisnis tanaman hidroponik yang bisa dilakukan di lahan sempit dan tetap menghasilkan untung banyak. Dengan perkembangan teknologi, ada banyak ide bisnis yang bisa Anda kembangkan.

Namun, untuk membangun bisnis yang berkembang di dunia pertanian atau peternakan, sangat disarankan untuk memiliki lahan. Lahan tersebut juga bisa jadi investasi untuk Anda karena Kita semua tahu bahwa harga tanah setiap tahun pasti naik. Nah, langsung saja di bawah ini ada beberapa contoh usaha pertanian dan peternakan yang cocok untuk Anda, antara lain:

1 Budidaya Tanaman Hidroponik

Usaha Pertanian dan Peternakan

Anda mungkin sudah kenal dengan salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan yang satu ini. Namanya tanaman hidroponik, yaitu berbagai jenis sayuran yang ditanam dengan cara atau teknik hidroponik. Teknik ini dipercaya menghasilkan tanaman yang lebih sehat, bersih dan enak dimakan. Selain itu, daya tarik utama dari teknik hidroponik adalah tidak perlu lahan yang luas untuk memulai bisnis ini.

Jika tertarik dengan salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan, ada banyak sekali tutorial budidaya tanaman hidroponik yang bisa Anda pelajari. Beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam antara lain selada, pak choy, sawi, tomat dan lain sebagainya. Bisnis tanaman hidroponik sangat populer belakangan ini dan banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini.

2 Budidaya Jamur Tiram

Usaha Pertanian dan Peternakan

Nah, contoh usaha pertanian dan peternakan selanjutnya adalah budidaya jamur tiram, yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan lahan kosong. Meski tak begitu terkenal seperti bawang yang sering masuk berita di TV, jamur tiram ternyata juga banyak diminati di masyarakat. Permintaan atau pembelian jamur tiram di pasaran ternyata cukup laku, bahkan harganya bisa mencapai 10 ribu per kilogram. Memulai usaha budidaya jamur tiram pun tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan lahan yang luas. Dengan lahan sempit pun, Anda sudah bisa menyusun rumah jamur tiram.

3 Budidaya Tanaman Rempah

Usaha Pertanian dan Peternakan

Salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan yang bisa Anda lakukan adalah membudidayakan tanaman rempah yang banyak dibutuhkan masyarakat. Seperti yang Kita ketahui, tanaman rempah di Indonesia cukup banyak dan melimpah hingga para penjajah zaman dulu pun memperebutkannya. Saat ini, negara Kita pun turut mengekspor tanaman rempah karena banyaknya permintaan dari dalam hingga luar negeri. Namun sayangnya, belakangan ini tanaman rempah menjadi lebih sulit didapatkan karena jumlahnya berkurang.

Akibatnya, harga tanaman rempah tersebut menjadi lebih mahal karena suplai dari petani sangat sedikit. Nah, hal ini bisa dijadikan kesempatan untuk memulai bisnis tanaman rempah sebagai salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan yang menjanjikan. Tanaman rempah yang bisa Anda budidayakan antara lain bawang merah, bawang putih, merica, kepulaga, pala, kau manis dan lain sebagainya. Anda pun bisa bekerja sama dengan para petani untuk memberdayakan tenaga mereka sebagai petani tradisional yang mulai kalah dengan teknologi.

4 Ternak Sapi dan Kambing

Usaha Pertanian dan Peternakan

Di Indonesia, daging sapi dan kambing sangat diminati untuk berbagi macam kebutuhan mulai dari kebutuhan rumahan, restoran hingga perayaan tertentu seperti Idul Adha dan lain sebagainya. Daging sapi maupun kambing juga banyak dipilih oleh umat Islam karena termasuk salah satu hewan ternak yang halal dan bisa dimakan.  Memelihara sapi atau kambing merupakan salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan yang cukup menguntungkan.

Saking tingginya permintaan daging sapi di Indonesia, negara Kita hingga perlu impor sapi untuk memenuhi permintaan masyarakat. Jadi, salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan ini akan sangat menguntungkan bagi Ada dan juga sebagai investasi jangka panjang. Meski harga sapi terus meningkat, Anda pasti mendapat banyak keuntungan dari bisnis ini. Selain dagingnya, susu sapi maupun kambing juga banyak diminati oleh masyarakat, bahkan kotoran sapi bisa dimanfaatkan untuk bio gas.

5 Ternak Ayam Kampung atau Ayam Daging

Usaha Pertanian dan Peternakan

Baik ayam kampung maupun ayam daging sama-sama diminati oleh masyarakat karena keduanya cukup laku di pasaran. Itulah sebabnya, bisnis ini merupakan salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan yang bisa Anda lakukan. Daging ayam kampung biasanya dipilih untuk perayaan acara tertentu atau untuk mereka yang memiliki alergi atau penyakit sehingga tidak bisa makan ayam pedaging. Sedangkan ayam pedaging biasanya banyak dimanfaatkan untuk ayam krispi yang banyak dijual di pasaran, begitu pun dengan menu daging ayam lainnya.

Baca juga : Peluang Dan Analisa Usaha Ternak Ayam Potong Kemitraan, Peternak Wajib Tahu!

Untuk harganya, biasanya daging ayam kampung lebih mahal dan lebih susah didapatkan. Di zaman modern yang lebih banyak menawarkan menu fast food dengan bahan dari ayam pedaging, ayam kampung pun masih banyak disukai. Selain itu, ayam kampung juga lebih sehat dan aman dikonsumsi. Memelihara ayam bisa menggunakan kandang ayam yang biasanya terbuat dari bahan bambu. Sedangkan pakannya bisa meracik sendiri atau beli pakan dari toko ternak agar lebih praktis.

6 Ternak Ikan Lele

Usaha Pertanian dan Peternakan

Ikan lele adalah salah satu menu makanan favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari masakan rumahan, lalapan pinggir jalan hingga restoran besar pun kerap kali menyajikan menu olahan lele. Ternak ikan lele bisa jadi salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan yang cukup menguntungkan, mengingat permintaannya cukup banyak.

Dengan menjadi peternak lele, Anda bisa menjadi supplier bagi para pemilik warung hingga restoran di kawasan tempat Anda tinggal. Pilihan lainnya, Anda juga bisa membuka warung makan yang menyediakan berbagai menu olahan lele. Salah satu contoh usaha pertanian dan peternakan yang satu ini memang sangat menjanjikan dan sudah dilakukan oleh banyak orang. Sekarang giliran Anda, mulailah membangun usaha ternak milik Anda sendiri dan dapatkan banyak keuntungan.

Dari berbagai macam contoh usaha pertanian dan peternakan yang telah disebutkan di atas, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana usaha ini bisa sangat menjanjikan. Bidang pertanian dan peternakan saat ini memang sedang ramai dibicarakan dan banyak mengalami perkembangan. Selain berbagai macam jenis usaha di atas, Anda pun bisa membuka usaha lainnya dengan menjual peralatan pertanian dan peternakan. Usaha ini juga sangat cocok dalam memenuhi kebutuhan peralatan untuk bisnis pertanian dan peternakan yang sedang trend.

Tinggalkan komentar