Mengintip Daftar Perusahaan Kemitraan Ayam Broiler, Peternak Wajib Tahu!

By | September 11, 2020

Seperti yang kita ketahui, konsumsi akan daging ayam begitu tinggi. Inilah yang kemudian membuat para pengusaha ayam broiler harus terus memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam bisnis ayam broiler sendiri, terdapat dua cara yakni mandiri dan kemitraan. Sistem kemitraan bagi para peternak memang bukanlah hal asing. Namun untuk anda yang baru terjun dalam bisnis ini, berikut beberapa daftar perusahaan kemitraan ayam broiler yang wajib anda ketahui.

Mengenal Sistem Kemitraan Pada Bisnis Ayam Broiler

 Daftar Perusahaan Kemitraan Ayam Broiler

Dalam bisnis ayam, sistem kemitraan juga dikenal dengan sistem kontrak yang nantinya, perusahaan inti akan memiliki beberapa kewajiban. Kewajiban tersebut mulai dari tenaga pembimbing teknis dalam hal ini bisa berupa dokter hewan dan PPL. Selain itu juga wajib untuk menyediakan sapronak yaitu pakan, OVK dan DOC. Sementara bagi peternak, memiliki kewajiban menyiapkan kandang, tenaga kerja, operasional dan juga peralatan yang dibutuhkan.

Dengan sistem ini, maka peternak dan juga perusahaan inti harus menyepakati kerjasama. Agar kesepakatan ini berjalan dengan baik, tertuanglah kerjasama tersebut dalam sebuah kontrak kerja. Dimana di dalam isi kontrak, disebutkan harga jual ayam, SOP, harga sapronak hingga bonus prestasi yang tertuang dengan begitu rinci dan jelas. Masing masing perusahaan inti tentunya akan memberikan penawaran yang berbeda untuk sistem kerjasamanya.

Anda juga harus mengetahui, jika dalam menjalankan sistem kemitraan terdapat dua pihak yang bermitra. Kedua belah pihak tersebut yakni Perusahaan Inti dan juga Plasma. Perusahaan inti akan memiliki fungsi utama agar sistem kemitraan ini berjalan dengan sukses dan umumnya merupakan anak perusahaan pakan yang paling besar juga terkenal di Indonesia. Sementara pihak kedua adalah Plasma atau peternak, dalam hal ini adalah anda.

Keuntungan Bergabung dengan Sistem Kemitraan Dalam Bisnis Ayam

Daftar Perusahaan Kemitraan Ayam Broiler

Sebelum mengetahui daftar perusahaan kemitraan ayam broiler, anda perlu untuk mengetahui keuntungan serta kelemahan dari sistem kemitraan ini. Bergabung dengan sistem kemitraan, anda akan mendapatkan jaminan pemasaran serta harga ayam yang pasti. Peternak juga akan mendapatkan bantuan modal kredit sapronak hingga bimbingan teknis. Hal ini akan membuat peternak menjadi lebih fokus beternak dan menghasilkan ayam berkualitas.

Bahkan untuk meningkatkan kualitas, akan didampingi oleh pengawas lapangan yang akan membantu. Pengawas lapangan ini juga sekaligus membantu untuk memanajemen kandang. Peternak tidak akan lagi pusing untuk memikirkan penjualan, sebab penjualan juga akan langsung di atur oleh perusahaan. Sebagai peternak, anda memang akan lebih fokus dan terus berusaha dengan maksimal agar ayam yang diternak kondisinya tetap prima.

Kendati demikian, dalam menjalankan bisnis ini kedua belah pihak harus memahami satu sama lain dengan baik. Sebab ada beberapa kondisi dimana mitra mengalami keuntungan, sementara perusahaan inti mengalami kerugian atau sebaliknya. Masing masing perusahaan inti juga memiliki SOP atau sistem kerja yang berbeda. Untuk itu jika anda berniat bergabung dengan kemitraan, harus dipahami dan tahu daftar perusahaan kemitraan ayam broiler.

Daftar Kemitraan Ayam Di Indonesia Yang Perlu Diketahui

 Daftar Perusahaan Kemitraan Ayam Broiler

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan yang menawarkan kemitraan dalam usaha ayam. Dan perusahaan yang menawarkan kemitraan pertama adalah Charoen Pokphand Group atau CP Group. Yang hingga kini masih menjadi perusahaan raksasa yang juga menjadi perusahaan pakan dan juga bibit paling tua di Indonesia. Dahulunya, perusahaan satu ini sampai berani untuk memberikan pinjaman sebagai modal membangun kandang.

Kandang clouse house ini yang dibangun juga disertai dengan kontrak dalam jangka waktu berpuluh puluh tahun. Tujuannya agar mitra tidak berpindah perusahaan. Namun itu merupakan sistem yang dahulu digunakan. Kemitraan satu ini dikenal dengan pakan dan bibitnya yang cukup bagus. Pakan yang digunakan banyak macamnya, seperti 711 dan 611. Sementara untuk DOC nya dinamakan dengan CP 707.

Charoen Pokphand Group

Pokphand sudah mencakup banyak daerah di Indonesia, dan anda bisa mudah menemukannya di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. Sudah berdiri sejak tahun 1972, tentunya menjadikan perusahaan inti satu ini sudah sangat berpengalaman dalam dunia kemitraan ayam. Kemitraan yang dimiliki Pokphand juga terbilang unggul, karena selain mendapatkan DOC dan pakan berkualitas, anda juga mendapatkan pengawas lapangan.

Japfa Comfeed Indonesia

Selain Pokphand, dalam daftar perusahaan kemitraan ayam broiler, PT. Japfa Comfeed Indonesia masuk dalam urutan kedua. Memiliki kantor pusat di Jakarta, Japfa sudah mampu untuk mamasok hingga di negara negara yang ada di Asia Tenggara lainnya. Dalam metode peternakannya, Japfa terus gencar agar mitranya beralih dan menggunakan peternakan tertutup atau yang dikenal dengan Closed house yang dirasa lebih menguntungkan.

Tidak hanya menawarkan metode peternakan, Japfa juga memberikan jaminan akan pendapatan para peternak serta produk unggulan. Karena pendapatan yang didapatkan oleh peternak tidak akan dipengaruhi oleh turun maupun naiknya harga di pasaran. Untuk pemasarannya juga terjamin, bahkan peternak bisa mendapatkan insentif apabila berhasil menunjukkan performa dan produksi yang melampui standar.

Perusahaan Lain…

Selain kedua perusahaan tersebut, daftar perusahaan kemitraan ayam broiler di Indonesia cukup banyak. Perusahaan yang sedang berkembang tersebut terdiri dari PT. Cipendawa Farm Enterprise yang juga memiliki daya saing yang begitu tinggi. Kemudian ada PT. Malindo Feedmill, PT. Anjawani Mitra Madani, PT. Sierard Poduce dan lain sebagainya yang juga menawarkan kemitraan untuk ayam broiler.

Prosedur Cara Menjadi Mitra?

 Daftar Perusahaan Kemitraan Ayam Broiler

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masing masing perusahaan memiliki ketentuan sendiri dalam sistem kemitraannya. Begitu juga dengan cara bergabung menjadi kemitraan yang memiliki persyaratan tersendiri. Namun penting bagi anda ketahui bahwa selain persyaratan secara dokumen, prosedur untuk menjadi mitra juga berbeda. Secara umum, anda akan diminta terlebih dahulu untuk mengajukan permohonan menjadi mitra.

Untuk informasi pengajuan, biasanya anda bisa langsung mengakses pada situs resminya. Apabila anda memang merasa kantor inti lebih dekat, tidak ada salahnya untuk saling mengunjungi kantornya. Dalam proses pengajuan, anda juga harus memenuhi persyaratan yang memang harus dipenuhi. Guna bisa menjadi mitra atau plasma, anda harus memiliki sarana kandang yang sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketentuan tersebut bisa berupa syarat teknis, ukuran kandang hingga kontruksinya yang sesuai perusahaan inti. Kandang juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan tersedia akan kebutuhan listrik hingga air sepanjang tahun. Anda juga perlu memperhatikan, jika kandang tidak berada di daerah yang dekat pemukiman. Ada baiknya jika lokasi kandang memang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat di lokasi anda.

Prosedur lainnya yang juga harus dipenuhi adalah mampu untuk menyediakan tenaga kerja. Tenaga kerja ini nantinya akan bertanggung jawab penuh dan memastikan jika ayam ayam yang ada tetap dalam kondisi prima. Jika anda sudah memenuhi prosedur utama, maka langkah selanjutnya adalah membuat perjanjian kerja sama dengan perusahaan Inti. Anda tentunya sudah tahu daftar perusahaan kemitraan ayam broiler yang bisa dijadikan pilihan.

Dalam menjalin kemitraan ayam broiler ini, terdapat juga persyaratan dokumen yang harus anda penuhi. Umumnya perusahaan kemitraan akan meminta data diri anda secara lengkap. Data diri ini bisa tercantum dalam fotocopy KK, KTP serta tabungan rekening. Beberapa perusahaan juga memberikan syarat untuk memberikan jaminan. Jaminan ini bisa berupa BPKB kendaraan atau juga bisa surat tanah. Hal ini tergantung dari kebijakan masing masing perusahaan.

Layaknya pinjaman di bank, para perusahaan tentunya tidak ingin dirugikan dalam sistem kemitraan ini. Apalagi dalam akadnya, kedua belah pihak yakni anda dan perusahaan inti dalam kerjasama yang saling menguntungkan. Inilah mengapa di dalam kontrak akan disebutkan, bahwa plasma dilarang untuk menjual sapronak dari perusahaan secara bebas. Baik harga daging hingga harga pakan maupun OVK juga akan tertuang jelas dalam kontrak tersebut.

Perlu anda tekankan sekali lagi, bahwa setiap perusahaan akan memiliki aturan yang berbeda. Baik dari cara bergabung menjadi kemitraan hingga bagaimana sistem membagi keuntungan. Dalam hal ini, kemitraan bertujuan untuk saling menguntungkan. Maka anda juga memiliki kebebasan yang luas untuk menjatuhkan pilihan dengan siapa anda bermitra. Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda memperhatikan prosedur dan keuntungan setiap perusahaan.

Itulah sedikit informasi mengenai bisnis ayam broiler dengan sistem kemitraan. Memiliki banyak keuntungan, sebaiknya para peternak tetap harus mengetahui seluk beluk perusahaan intinya. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan kemudahan dan juga keuntungan yang menjanjikan. Bisnis satu ini hingga kini masih menjadi yang banyak diminati dan cukup menjanjikan, mengingat daging ayam juga masih menjadi favorit masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *